FUNGSI KEDOK LAS DAN PERBEDAANNYA DENGAN HELM LAS

By | November 19, 2021
Thumbnail-Fungsi-Kedok-Las-dan-Perbedaannya-dengan-Helm-Las

Halo sobat tehniq setanah air.. Kalo gw liat-liat di google ya,, ternyata banyak dari temen-temen yang nanyain tentang kedok las. Nah disini kami akan coba menjawab pertanyaan kalian para sobat tehniq ya.. Kami akan coba menjelaskan tentang fungsi kedok las dan perbedaannya apa sih dengan helm las. Semoga dengan membaca ini, kalian bisa terpenuhi kepuasan batinnya ya karena telah terjawab apa yang selama ini kalian pertanyakan. Hmm..

 

Oke jadi akan kami jelaskan dulu perbedaan fungsi dan pengertian dari kedok las dan helm las. Setelah itu kami akan jelaskan masing-masing fiturnya dan kelebihan kekurangannya.

 

KEDOK LAS DAN PERBEDAANNYA DENGAN HELM LAS

Kedok las adalah alat pelindung wajah dari percikan api las dan cahaya api las yang berbentuk seperti topeng dengan tongkat pegangan ataupun dengan pengikat kepala dibagian belakangnya. Jadi ada tipe yang pake tongkat pegangan dan ada yang ada pengikatnya ke kepala. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar dibawah ini :

 

Tipe-Kedok-Las

 

Bisa kalian lihat ya 2 tipe kedok las yang udah kami sebutkan diatas. Ada yang pake gagang, ada yang pake pengikat di kepala. Untuk tipe kedok las yang menggunakan gagang itu lebih sulit dan ribet, karena kita harus mengelas sambil memegang dan memposisikan kedok las ini di depan wajah kita. Tipe ini tidak cocok untuk pengelasan yang menggunakan filer seperti mesin las MMA untuk pengelasan plat tipis dan mesin las TIG.

 

Sedangkan Helm las adalah alat pelindung wajah yang lebih luas yaitu bagian depan, atas dan samping yang melindungi dari percikan api las dan cahaya api las. Semua tipe helm las memiliki pengikat kepala dibagian belakang, sehingga kita tidak perlu memegangnya seperti tipe pada kedok las.

Helm-Las

 

Bisa kalian lihat ya,, bagian samping dan atas lebih lebar sehingga dapat melindungi bagian kepala lebih sempurna. Karena terkadang percikan api las bisa keatas hingga loncat membakar rambut kita. Tapi dengan helm las ini, bagian kepala atas akan lebih terlindungi, sehingga menghindari yang namanya kecipratan api las lebih menyeluruh.

 

PERBEDAAN FITUR KEDOK LAS DAN HELM LAS

Setelah kita membahas tentang fungsi dan perbedaan kedok las dan helm las dari segi bentuknya dan pengertiannya. Maka selanjutnya kita akan membahas tentang fitur kedok las ini sendiri dan apa bedanya dengan fitur yang dimiliki helm las. Dan sebagai tambahan informasi, kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangannya juga ya guys.

 

FITUR KEDOK LAS

Oke jadi pertama gw akan jelasin dulu fitur kedok las ini. Berikut ini adalah beberapa fitur yang perlu kalian catat ya :

  • Menggunakan gagang ( tongkat ) atau menggunakan pengikat kepala
  • Lensa atau kacanya terkadang polos dan terkadang memiliki alat tambahan untuk setting manual dan otomatis

 

Fitur manual dan otomatis ini maksudnya yaitu saat posisi tidak mengelas maka pandangan kita seperti melihat pada umumnya. Tapi saat lensa tersebut menangkap cahaya api las, maka otomatis pandangan kita akan langsung gelap dan dapat melihat jelas api lasnya.

 

Kelebihan dari kedok las sendiri yaitu :

  • Harga lebih murah

Kekurangan dari kedok las yaitu :

  • Jika menggunakan gagang maka kita tidak bisa mengelas menggunakan filler atau kawat las tambahan.
  • Tidak melindungi bagian samping dan atas kepala
  • Jika menggunakan lensa biasa, maka tidak ada beda antara pandangan sebelum dan saat mengelas.

 

FITUR HELM LAS

Untuk helm las sendiri tentunya memiliki fitur yang lebih banyak ketimbang kedok las ya. Jadi tidak heran penggunaannya lebih nyaman dan aman. Jadi langsung aja ya berikut ini adalah beberapa fitur yang dimiliki helm las :

  • Lensa Otomatis
  • Menggunakan pengikat kepala sehingga tidak perlu dipegangi.
  • Ada pengatur tingkat kegelapan lensa dibagian samping, sehingga tidak perlu membuka helm las jika kalian merasa kurang jelas saat melihat.
  • Bentuknya lebih trendi dan keren, apalagi klo dikasih air brush.

 

Nah dari beberapa fitur tersebut, kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari helm las ini.

Kelebihan dari Helm las ini yaitu diantaranya :

  • Tidak perlu dipegang, karena dapat diikat langsung dikepala jadi cocok untuk semua jenis pengelasan.
  • Melindungi bagian wajah depan, samping, atas dan belakang ( lebih luas ).
  • Memiliki fitur lensa otomatis sehingga lebih nyaman digunakan.
  • Dapat diatur tingkat kegelapan lensanya dengan lebih mudah.

Kekurangan dari helm las :

  • Harga lebih mahal

 

Naahhh.. jadi itu tadi ya penjelasan tentang fungsi kedok las berikut perbandingannya dengan helm las. Gimana udh pada jelas kan semua? Semoga penjelasan dari kami bisa kalian resap semua ya. Karena kalian harus belajar dari kanebo kering yang akan meresap air dengan sempurna. hehe

 

Oke kalo gitu sampai disini artikel dari kami ya.. jika kalian tertarik untuk melihat dan bahkan membeli helm las yang kami jual, kalian bisa melihatnya pada katalog kami dibawah ini ya.

 

HELM LAS DAIDEN KANNO

Helm-Las-Daiden-KANNO-500-Auto-Dark

Keunggulan:
1. Pengaturan mudah utk kegelapan layar ada di sebelah kiri helm.
2. Dilengkapi dengan mode sensitivity.
3. Mode Delay utk kecepatan otomatis gelap.
4. Dengan solar panel sehingga tidak membutuhkan baterai.
5. Kaca dapat di gonta ganti jika rusak.
6. Dilengkapi bantalan busa di bagian kepala untuk kenyamanan selama mengelas
7. Cover body dari plastik PVC yg kuat dan lentur sehingga awet dalam pemakaian.
8. Tombol pengaturan besar kecil ukuran untuk kepala.
9. Buatan Daiden Jepang.
10. Dengan teknologi true Color,menjadikan warna di LCD seperti penampakan warna sesungguhnya.

 

BACA JUGA :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *