9 ALAT YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMOTONG KAYU

By | November 22, 2021
Thumbnail-9-Alat-yang-digunakan-untuk-memotong-kayu-untuk-kalian-ketahui

Halo sobat tehniq setanah air.. Kali ini kami mau kasih informasi buat kalian semua tentang 9 alat yang digunakan untuk memotong kayu itu apa aja sih. Dan perlu kalian ketahui ya, banyak banget artikel yang membahas alat pemotong kayu tapi kurang nyambung karena banyak alat-alat yang dibahas itu bukan untuk memotong kayu. Nah pada artikel kami kali ini, kami akan khusus membahas alat-alat yang digunakan untuk memotong kayu.

 

Bukan untuk memahat dan menghaluskan kayu ya,, khusus untuk memotong kayu baik itu kayu berukuran besar maupun kayu yang sudah berukuran kecil karena telah mengalami berbagai macam finishing. Nanti dari kedelapan alat yang kami sebutkan tentunya bisa kalian pilih, mana yang akan kalian pilih untuk dijadikan koleksi di tempat kerja ataupun di rumah kalian.

 

Tapi sebelumnya kami bahas dulu dari sisi penggunaannya ya. Alat-alat pemotong kayu ini dapat dibagi menjadi 3 menurut penggunaannya yaitu :

  1. Manual
  2. Listrik
  3. Baterai

 

Tentunya ketiga jenis tersebut ga perlu gw jelasin ya,, karena kalian udah pasti tau artinya. Jadi selanjutnya kami akan menjelaskan tentang 9 alat pemotong kayu baik alat manual, yang menggunakan listrik ataupun yang menggunakan baterai.

 

9 ALAT UNTUK MEMOTONG KAYU

Oke langsung aja ya, berikut ini adalah 9 alat yang digunakan untuk memotong kayu versi dari kami yaitu tehniq.com. Cekidot..!!

1. KAPAK

Kapak-Alat-pemotong-kayu

Alat pertama yang akan kami jelaskan adalah alat pemotong kayu yang tergolong manual yaitu kapak. Kapak ini adalah alat tradisional yang digunakan untuk memotong ataupun membelah kayu dengan cara dipukulkan atau dihantamkan langsung ke kayu. Karena tergolong alat tradisional, tak heran penggunaan kapak saat ini mulai berangsur berkurang.

Bukan hanya karena berat untuk digunakan dan diayunkan, tetapi butuh ketepatan dalam mengayunkannya. Sehingga tidak sembarang orang bisa melakukannya dengan sempurna. Butuh latihan berkali-kali untuk dapat terbiasa menggunakannya.

 

2. GERGAJI

Alat kedua yaitu gergaji kayu yang juga termasuk alat pemotong kayu manual ya. Untuk tipe dan bentuk dari gergaji ini sendiri sangat beragam ya, tergantung dari ukuran kayu yang ingin dipotong dan ada juga yang tergantung negaranya. Karena beda negara beda bentuk gergaji yang digunakan ya. Berikut ini adalah beberapa contoh kecil tipe dan ukuran gergaji yang ada saat ini. Dan ini masih sebagian kecil ya,, kalian bisa explore lagi tipe dan ukuran gergaji ini lebih banyak di google.

—-

Gergaji-Kayu-Besar

Jika kalian lihat gambar gergaji diatas, tentunya kalian bisa membayangkan ukurannya ya. Ukuran dari gergaji ini sangat cocok untuk memotong batang kayu besar yang dapat dikerjakan satu atau dua orang. Selanjutnya bisa kalian lihat pada gambar dibawah.

—-

Gergaji-Kayu-Kecil

 

Tipe gergaji manual selanjutnya yaitu seperti itu ya.. Untuk desain dan tampilannya tergantung dari produsen gergajinya ya. Tapi rata-rata hampir seperti itu semua desainnya ya, yaitu dengan pegangan tangan dibagian belakang, dan besi bergerigi yang memanjang kedepan.

—-

Japanese-Style-Wood-Saw

Selanjutnya yaitu tipe gergaji yang khusus adanya di Jepang, yaitu japanese style wood saw atau gergaji kayu. Bentuk gergaji ini sangat umum adanya di Jepang, karena memang secara turun temurun bentuk gergaji ini sudah diwariskan ke anak cucu mereka lewat budaya Jepang.

 

3. JIGSAW

Jigsaw-Alat-Pemotong-Kayu

Alat yang digunakan untuk memotong kayu selanjutnya yaitu Jigsaw. Jigsaw adalah alat pemotong kayu listrik dan ada juga yang dioperasikan dengan baterai untuk tipe cordlessnya. Alat ini sangat cocok digunakan untuk memotong kayu papan yang pipih seperti triplek dan kayu-kayu untuk furniture.

Dengan alat ini kalian juga dapat memotong kayu dengan lekukan-lekukan dan bahkan memotong kayu berbentuk lingkaran. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, kalian perlu memberikan garis batas potong pada kayu terlebih dahulu ya.

 

4. CIRCULAR SAW

Circular-Saw-Alat-Pemotong-Kayu

Selanjutnya yaitu mesin pemotong kayu yang dinamakan dengan circular saya. Mesin ini adalah mesin pemotong kayu khusus untuk pemotongan lurus. Untuk kayunya sendiri yang dapat dipotong yaitu kayu balok kecil dan juga kayu papan.

Pokok selama ukuran kayu memadai dengan ukuran mata pisaunya, maka kayu tersebut dapat dipotong dengan mesin ini. Gerakan mata pisaunya yang memutar terus menerus membuatnya sangat cepat untuk memotong kayu berukuran panjang. Dan tetap ingat ya untuk menggunakan garis batas potong untuk mendapatkan hasil potong yang lurus.

 

5. RECIPRO SAW

Recipro-Saw-untuk-memotong-kayu

Alat selanjutnya yaitu recipro saw yang merupakan inovasi dari gergaji manual. Ini adalah versi gergaji tapi yang menggunakan listrik dan juga baterai. Mata gergajinya yang menyerupai gergaji manual membuatnya sangat cocok digunakan untuk menggantikan penggunaan gergaji manual.

Dengan alat ini tentunya proses kerja kalian akan lebih cepat ya. Posisi pemotongan kayu menggunakan alat ini juga lebih flexible ya, karena menggunakan mesin jadi posisi pemotongan akan lebih mudah. Selain dapat digunakan untuk memotong kayu, recipro saw ini juga dapat digunakan untuk memotong pipa besi ya.

 

6. TABLE SAW

Table-Saw-untuk-memotong-Kayu

Alat pemotong kayu yang keenam yaitu Table saw. Kegunaan dari table saw sendiri hampir sama dengan circular saw ya. Yaitu untuk pemotongan kayu panjang dan lurus. Tapi bedanya table saw lebih flexible karena memiliki penampang lebar dan ada pengaturan sudut pemotongannya. Sehingga kalian bisa memotong kayu dengan sudut tertentu sesuai dengan kebutuhan kalian.

Dan perbedaan yang paling mencolok yaitu dari cara pemotongannya. Kalo circular saw alatnya diatas, kayunya dibawah dan alatnya yang kita gerakkan maju. Kalo table saw alatnya dibawah, kayunya diatas dan kayunya yang kita gerakkan maju.

 

7. SCROLL SAW

Scroll-Saw-Alat-Pemotong-Detail-Kayu

Yang ketujuh yaitu scroll saw ya guys.. Dengan konsep pengerjaan yang sama dengan table saw, yaitu memotong dengan menggerakkan kayunya. Tapi scroll saw dapat memotong dengan lebih detail dan berkelok-kelok sesuai dengan lekukan yang kalian inginkan.

Hal ini disebabkan karena mata gergaji scroll saw sangat tipis dan kecil sehingga dapat memotong dengan lebih detail. Penggunaan scroll saw sendiri memang khusus digunakan untuk pembentukan pola pada kayu berukuran kecil. Biasanya proses selanjutnya yaitu penghalusan kayu dengan trimmer untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan lebih sempurna.

 

8. MITTER SAW

Mitter-Saw-untuk-memotong-kayu

Alat yang digunakan untuk memotong kayu selanjutnya yaitu mitter saw atau bisa ditulis mitersaw. Tergantung nyamannya kalian aja ya, pokok intinya alat ini fungsinya untuk memotong kayu ataupun alumunium dengan berbagai sudut potong. Jika kalian lihat bentuknya hampir mirip cut off besi ya, cuma bedanya mitter saw ini lebih banyak penunjangnya untuk pemotongan sudut.

Karena ukurannya yang hanya segitu, berarti bisa kebayang ya ukuran potongan kayunya. Yap bener banget,, mitter saw tidak bisa kalian gunakan untuk pemotongan kayu besar. Penggunaannya hanya sebatar untuk pemotongan kayu yang berukuran kecil hingga sedang, pokok yang muat dengan ukuran mata potongnya.

 

9. CHAIN SAW

Chain-Saw-untuk-memotong-batang-kayu-pohon

Alat yang terakhir yaitu alat yang paling powerfull ya, yaitu chainsaw. Alat ini dapat memotong kayu dan bahkan batang pohon sekalipun dengan cepat. Dibekali dengan motor dan mesin yang berbahan bakar bensin membuatnya sangat bertenaga untuk memotong kayu sekeras dan sebesar apapun.

Tapi karena tenaganya yang terlalu besar, tentunya penggunaan alat ini tidak terlalu membutuhkan kerapian ya. Untuk itu alat ini hanya cocok untuk pekerjaan kasar saja, bukan untuk pekerjaan woodworking yang lebih membutuhkan finishing dan detail kayu.

 

KESIMPULAN

Naahh itu tadi ya 9 alat yang digunakan untuk memotong kayu versi dari tehniq.com. Dan kesemua alat-alat yang udah kami sebutkan diatas memang benar-benar untuk memotong kayu, bukan untuk finishing ataupun memperhalus benda kerja. Jika kalian ingin tau lebih dalam tentang berbagai alat yang dapat digunakan untuk proses finishing kayu kalian dapat melihatnya pada artikel kami berikut.

Baca Juga :

 

Jadi itu tadi ya informasi yang bisa kami sampaikan untuk kalian semua. Semoga pertanyaan kalian selama ini terjawab ya tentang macam-macam alat pemotong kayu ini. Karena memang di artikel lain banyak yang ga nyambung juga sih.. Hehehe

Oke kalo gitu sampai disini ya perjumpaan kita.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *