KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MESIN LAS 450 WATT

By | September 24, 2019

Halo sobat tehniq se tanah air Indonesia.,, artikel kami kali ini kami khususkan untuk para welder dari dalam dan luar negeri nih.. Hehehe. Jadi bagi kalian yang masih penasaran tentang mesin las 450 watt, berikut ini akan kami paparkan kelebihan dan kekurangan mesin las 450 watt untuk kalian pertimbangkan. Maksud dari artikel ini adalah sebagai acuan sumber informasi buat kalian yang saat ini ingin membeli mesin las 450 watt tapi masih ragu akan informasi yang minim tentang mesin las ini.

 

Dengan kalian mengetahui kelebihan dan kekurangan mesin las 450 watt ini, kami harapkan kalian bisa memutuskan untuk membeli mesin las ini atau tidak. Karena tentunya mesin las yang baik adalah mesin las yang dapat anda gunakan dan sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing ya.

 

Jadi buat apa beli mesin las murah tetapi ujung-ujungnya ga kepake. Kan sayang-sayang duit kalian ya guys.. Mending duitnya buat gw,, bisa bakal buat modal gw nikah.. Huehehehe..

 

Oke langsung aja nih gw bahas kelebihan dan kekurangan mesin las 450 watt ini,, daripada ntar gw minta kawin.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MESIN LAS 450 WATT

Jadi intinya jika kalian saat ini bingung apakah kalian mau beli mesin las 450 watt atau tidak, mungkin informasi ini bisa jadi salah satu pertimbangan buat kalian, jadi atau tidaknya kalian membeli mesin las tersebut.

 

KELEBIHAN MESIN LAS 450 WATT

Dan hal pertama yang akan kami bahas disini adalah kelebihannya dulu guys. Apa aja sih kelebihan yang dimiliki mesin las 450 watt ini? disini kita ga bahas merk ya guys.. Tapi keseluruhan dari mesin las 450 watt di Indonesia.

  • Umumnya, ukuran mesin las 450 watt itu lebih kecil dan ramping sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Tapi ada juga sih mesin las Benz yang ukurannya lebih besar. Ya paling tidak merk lainnya itu berukuran kecil dan ramping. Jadi kami jadikan poin ini sebagai poin kelebihan dari mesin las 450 watt ini.
  • Cocok digunakan untuk aplikasi ringan seperti pengelasan hollow, pagar dan plat-plat besi lainnya.
  • Kapasitas daya listrik tidak lebih dari 3000 watt, sehingga cocok digunakan di rumah ataupun bengkel-bengkel kecil.
  • Bisa digunakan untuk menambal lubang besi dan juga menyambung plat dengan kuat dan kokoh.
  • Harga Murah

 

Jadi ada 4 kelebihan mesin las 450 watt ini ya guys.. Kalo kalian punya info lain tentang kelebihan yang dimiliki mesin las ini, langsung aja tulis di kolom komen guys. Karena kelebihan yang kami sampaikan ini adalah hasil dari study dan percobaan yang udah kami lakukan. Jadi ini versi dari tehniq.com guys.

 

Dan untuk mengetahui beberapa pilihan mesin las 450 watt, kalian bisa melihatnya pada link berikut ini >> mesin las 450 watt <<. Nantinya kalian bisa melihat beberapa pilihan merk dan tipe terkait mesin las tersebut.

 

Oke lanjut pada pembahasan selanjutnya tentang kekurangan dari mesin las 450 watt yang juga perlu kalian ketahui dan kalian ingat baik-baik.

 

 

KEKURANGAN MESIN LAS 450 WATT

Jadi apa aja sih kekurangan dari mesin las 450 watt? tentunya kita harus tau ya guys. Karena jangan selalu berpatokan pada kelebihannya saja. Ini berlaku untuk semua jenis barang terutama mesin & alat perkakas yang ingin kalian beli.

 

Dalam mempertimbangkan sesuatu untuk dibeli, kalian juga harus memperhatikan kekurangan dari barang tersebut. Karena mulut marketing itu selalu semanis madu yang mengedepankan terus masalah kelebihan dari barang yang mereka jual. Jadi jangan ragu buat tanya kekurangannya ya guys.

 

Oke langsung masuk pada pembahasan utama kita yaitu kekurangan mesin las 450 watt. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang kekurangan mesin las ini :

  • Hanya bisa digunakan untuk kawat las 2.0 dan 3.2 mm saja, sehingga kalian tidak bisa menggunakan kawat las lebih dari ukuran tersebut sama seperti mesin las MMA 120.
  • Walaupun tertulis 450 watt tetapi mesin las ini tidak dapat digunakan untuk penggunaan di daya listrik 450 watt.
  • Konsumsi daya listrik sama dengan mesin las ukuran 120 ampere, jadi jika kalian bandingkan dengan mesin las MMA 120 atau semacamnya ya hasilnya sama aja. Ga ada bedanya untuk konsumsi daya listriknya.

 

Nah jadi ada 3 hal ya yang menjadi kekurangannnya. Terus kalo kita perhatikan poin satu dan poin tiga diatas harusnya kita berpikir ya.

Kok sama kaya mesin las MMA 120? terus bedanya apa?

Jawabnya adalah beda cuma di ukuran dan harga guys.. Dan tentunya jika kita membandingkan harga murah dan harga yang lebih mahal tentunya ada bagian part-part yang berbeda ya guys.

Pastinya lebih bagus mesin las MMA 120 biasa untuk part dan mesinnya. Maka dari itu harganya lebih murah. Jika anda ingin melihat referensi mesin las MMA 120 silahkan klik link berikut ini >> referensi mesin las <<

 

PENUTUP

Jadi bagi kalian yang punya budget terbatas dan aplikasi pekerjaan kalian yang ringan-ringan saja,, mending kalian beli mesin las 450 watt ini. Tetapi kalo kalian punya cukup uang ya kami lebih memilih untuk membeli mesin las MMA 120 atau bahkan 160 agar penggunaan lebih bisa bervariasi.

 

Okee guys.. cukup segitu ya informasi kami tentang kelebihan dan kekurangan mesin las 450 watt ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kalian semua..

TANYA JAWAB & PEMBELIAN

Konsultasi produk / Pertanyaan lebih lanjut silahkan chat dibawah ini.
wa-click width=


 

Dan rekomendasi merk mesin las 450 watt di marketplace langganan kalian, silahkan klik pada gambar masing-masing marketplace yang kalian inginkan dibawah ini.

113 thoughts on “KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MESIN LAS 450 WATT

  1. budi

    Untuk hasil lasnya gimana om?
    Sama2 kuat atau kurang kuat atau gimana ya?
    Mohon pencerahannya, karena ada rencanamau beli, buat ngelas mobil tua sy yg sy pakai kirim2 snack tiap hari.

    Trims
    Salam sehat selalu

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima Kasih telah berkunjung di Tehniq.com

      Untuk hasil lasan sebenarnya sama saja pak jika setelan mesin ditinggikan.
      Jangan setengah-setengah saat setting mesinnya, intinya itu saja.

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  2. Untung

    Kira kira merk apa ,yaa guys ,recomended mesin las 450 watt yang bagus buat rumahan..
    Trima kasih..

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung ke blog kami

      Untuk pertanyaan Bapak sendiri agak sulit untuk dijawab
      tapi saran kami, rekomendasi mesin las yang bagus itu bisa dilihat dari service center yang tersebar luas di seluruh Indonesia
      Jadi bapak bisa mengetahui kualitas perusahaan pembawa merk tersebut.

      Sepengetahuan kami, service center mesin las terlengkap itu merk Lakoni dan Multipro untuk saat ini jika bapak bertanya tentang mesin las 450 watt.

      Semoga bisa menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  3. roy

    apa bedax penggunaan kawat las 2.0 ato 3.2 mm dengan kawat las yg lebih besar.. apakah berpengaruh pada kekuatan hasil lasx ?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog kami

      Apakah ukuran kawat las berpengaruh pada kekuatan hasil las?
      Jawabannya tergantung ukuran besi yang di las dan juga settingan api las bapak.

      Jadi semakin tebal besi yang ingin bapak las ya otomatis kawat las harus lebih tebal dan settingan ampere / api las harus lebih besar pula.
      Standardnya ukuran kawat las 2.0 akan maksimal hasilnya jika dilas menggunakan settingan ampere 50 – 70 ampere.

      Dan untuk ukuran kawat las 3.2 akan maksimal hasilnya jika dilas menggunakan settingan 70 – 110 ampere.

      Pengaruh besi tipis dan bapak las dengan kawat las 3.2 ya hasilnya akan berlubang karena besinya kalah dengan panasnya api las.
      Dan sebaliknya, besi tebal yang bapak las dengan kawat las 2.0 hasilnya tidak akan kuat karena api las hanya dapat melakukan penetrasi sedikit pada besi.

      Semoga menjawab pertanyaan bapak

      Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog kami

      Untuk mesin las 450 watt bisa bapak setting di nilai ampere 30 – 40 untuk mendapatkan listrik 900 watt dengan menggunakan kawat las 2.0 mm
      Tetapi kami sarankan untuk menggunakan listrik 1.200 watt untuk mendapatkan hasil lasan yang bagus.

      Karena dengan daya listrik 900 watt, sepengalaman kami hasil lasan juga masih kurang sempurna.

      Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Mesin las yang cocok untuk pengelasan pada besi hollow mesin las 450 watt dan MMA 120
      Diatas itu rekomendasi untuk aplikasi yang lebih berat karena faktor harga juga.

      Teknik pengelasan yang kami rekomendasikan yaitu las totol-totol
      Dan masalah bagus atau tidak itu tergantung settingan ampere dan keahlian si pengelas itu sendiri

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  4. Johan

    Bos alat las yg bisa di gunakan di daya 900 watt maerek Dan tipe apa?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk mesin las yang bisa digunakan di daya 900 watt banyak pak
      Bapak tinggal beli mesin las dengan ukuran 120 ampere ke bawah
      Hampir semua merk mesin las punya ukuran segitu

      Tapi kami tidak menyarankan untuk penggunaan di daya listrik 900 watt ya pak
      karena hasil kurang maksimal. Yang kami sarankan minimal daya listrik 1.200 watt

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  5. ferdy

    bagusan mana ?mesin las 450 watt inverter atau trafo , dan kalau buat ngelas stainlesstell 2mm bisa gak?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Setau saya trafo las sama mesin las itu sama gan.. Hanya dari sisi penyebutan saja yang berbeda.
      Kalo masalah inverter itu lebih hemat listrik. Mungkin kalo trafo yang bapak maksud itu mesin las analog brarti perbedaan mesin las analog dan inverter bagusan mana?

      Kalo dari sisi bagus sebenarnya sama aja ya om
      Cm bedanya di konsumsi listriknya dan ukuran dari mesin lasnya. Biasanya mesin las inverter lebih kecil konsumsi listriknya di settingan ampere yang sama.

      Jadi misal mesin las analog setting 50 ampere
      dan mesin las inverter juga setting 50 ampere
      Kalo di cek biasanya konsumsi listriknya lebih kecil yang inverter ( tp tidak terlalu beda jauh ya )

      Terus klo mau ngelas stainless steel juga bisa
      asal pake kawat las khusus stainless steel dan settingan ampere agak dibesarin

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  6. Ferysudj

    Om mau tanya, misal saya pake kawat las 2,5-2,6 dan listrik dirumah 1300 untuk pemakaian secara continu beberapa jam mungkin ga ya listrik turun apa harus matiin beberapa alat rumah tangga ? Dan setting ampere berapa ya. Mks infonya om

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Normalnya, penggunaan mesin las tidak boleh dicampur dengan alat rumah tangga lainnya. Jadi ada baiknya bapak bedakan meteran buat mesin las bapak sendiri. Karena mesin las butuh listrik yang cukup besar dan listrik yang stabil.

      Tapi kalo tetep mau maksain listrik rumah 1.300 watt dipake barengan sama alat rumah tangga dirumah, kami saranin jangan nyalain alat rumah tangga yang listrik besar seperti magic jar, dispenser, ac, setrika dan semacamnya.

      Kawat las maksimal 2.0 mm om. Kalo kawat las segitu gedenya ya antara listrik jepret atau kalo dikecilin settingan amperenya ya hasilnya ga mateng. Klo kawat las 2.5 keatas saya rasa ga akan maksimal nantinya buat pengelasan apalagi pengelasan continu.

      FYI : kawat las 2.0 ingin hasil matang butuh listrik 1.100 – 1.200 watt
      FYI : kawat las 2.5 ingin hasil matang butuh listrik 1.300 – 1.500 watt

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak.

      Reply
  7. Anwar

    Boss… listrik dirumah 900 wat… sya coba pake las listrik yg 900 watt… itu mcb trip terus… kalo diganti pake las listrik yg 450 watt kira kira masih trip gak boss.. tq

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Mohon maaf om jawabannya sama bakalan trip juga
      Kalo pake mesin las 900 watt kami saranin semua alat listrik dimatiin di khususkan buat mesin las aja

      Kawat las maksimal pake 2.0 mm

      Settingan mesin las 40 – 60 ampere dan pengelasan jangan terlalu panjang.. pendek2 aja
      lebih maksimal lagi dengan las totol2

      Insyaa Allah ga akan jepret

      Semoga menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  8. Mas on

    Min, sekedar sharing…berdasarkan pengalaman saya antara mesin las lakoni dan multipro baik itu 450watt maupun 900watt, saya lebih memilih multipro. Apalagi untuk kerja lama dan pengelasan panjang, multipro lebih tahan dan hasil las nya matang. Untuk kerja hollow, multipro 450watt dengan kawat 2.0, setelan amper 30-50A bisa digunakan dengan daya rumah 900 watt. Dengan catatan, alat2 listrik rumah yg berdaya besar dimatikan dulu.

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      wah mantep banget sharing produknya om.. semoga mesin lasnya awet dan bisa menghasilkan banyak uang buat om dan keluarga
      Amiinn

      Reply
  9. Dhedz

    Bang kalau daya listrik 1300 bisa pakai mesin yang 900 .? Atau lebih bagusnya mesin yang 450 watt.?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Kalo masalah konsumsi listrik mesin 900 dan 450 hampir sama bang
      ga ada beda..

      Jadi kalo menurut saya pribadi, lebih baik beli yang mesin 900
      karena komponen didalamnya tidak diperkecil

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  10. Andri

    Min saya mau tanya, kawat las buat mesin 450 watt bagusnya pake merk apa ya agar hasilnya sempurna dengan ukuran kawat 2.0 ?
    Terimakasih…

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Kalo untuk merk sebenernya sama aja pak, yang penting kawat kering dan tidak lembab
      Kalo tipe yang paling cocok itu RD dan RB

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  11. rian irawan

    untuk daya listrik rumah 900w. lebih baik pakai inventer 450w 120a/160a?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Sebenarnya untuk daya listrik rumah 900 watt itu kurang bagus untuk pengelasan. Karena hasil lasan akan kurang maksimal.
      Tapi jika pertanyaan bapak adalah pilihan diantara 3 mesin tersebut jawabannya :
      450w dan 120a

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  12. Joni

    Gan daya di rumah saya 450 tapi saya punya kbutuhan mengelas .kira” aman ga kalo tetep pakai las 450.atau ada sulusi lain agar bisa las di daya 450

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Saat ini semua mesin las tidak dapat mengelas di daya listrik 450 watt
      Walaupun tertulis label 450 watt, sebenarnya itu hanya strategi marketing saja

      Jadi ada baiknya bapak meningkatkan daya listrik menjadi 1200 watt keatas

      Semoga menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  13. Budi s

    Untuk tipe lakoni falcon 123ix apakah maaih ada dan harga brp
    Untuk pengelasan galvanis bagus di berapa amper

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Mohon maaf pak untuk tipe lakoni falcon 123ix sudah tidak ada di pasaran
      Atau sudah diskontinu

      Untuk pengelasan di galvanis ya tergantung dari kawat las dan ukuran tebal galvanis itu sendiri pak
      Mungkin pertanyaannya bisa lebih spesifik lagi

      Reply
  14. Dwi A

    Salam hormat.
    Apakah ada kawat las ukuran dibawah 2mm ? Kalau ada apakah mesin Las 450watt dg spek kawat 2mm -2.6mm bisa memakai kawat las dibawah 2mm ?
    Mohon sarannya mana lebih baik antara lakoni basic 450watt dg Benz 450watt ?

    Terima kasih atas jawabannya..

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Ada pak ukuran 1.6 mm
      Dan semua mesin las MMA bisa mengelas dengan kawat las ukuran ini.
      Asal settingan ampere dibuat 30 – 40 ampere saja

      Kalo untuk masalah pertanyaan mana yang lebih baik kami tidak bisa menjawab
      Paling kami bisa menyarankan bapak untuk mencari informasi terkait service centernya
      Jika service center makin lengkap di berbagai kota di Indonesia, kemungkinan itu tandanya merk terus lebih baik

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  15. Obbie

    Daya listrik di rumah saya 900 Watt.
    Kalo saya pake trapo las 450 Watt dengan kawat las uk 2.0 mm hasilnya bagus gak om ??Mohon sarannya
    Terima kasih.

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Lumayan pak.. asal listrik di fokuskan untuk penggunaan mesin las saja
      tidak untuk alat listrik lainnya

      Dan pengelasan tidak bisa panjang-panjang,, pendek-pendek saja dengan settingan ampere di 40 – 50 ampere

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
    2. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Lumayan pak.. asal listrik di fokuskan untuk penggunaan mesin las saja
      tidak untuk alat listrik lainnya

      Dan pengelasan tidak bisa panjang-panjang,, pendek-pendek saja dengan settingan ampere di 40 – 50 ampere

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  16. Obbie yusup

    Daya listrik di rumah saya 900 Watt.
    Kalo saya pake trapo las 450 Watt dengan kawat las uk 2.0 mm hasilnya bagus gak om ??Mohon sarannya
    Terima kasih.

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Maaf om belum pernah review nih
      Semoga aja produsennya mau kerja sama dengan tehniq.com
      biar nanti kita bisa review produknya

      Reply
  17. Kamto

    Listrik dirumah 900 watt digunakan mesin las 450 watt kok tidak mampu ya Gan, padahal tidak digunakan untuk lainnya, penyebabnya apa ya Gan?, tks atas penjelasannya

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Sebenarnya mesin las 450 watt itu hanya trik marketing saja pak
      bukan benar-benar bisa mengelas di 450 watt

      Penyebab tidak bisa mengelas daya listrik 900 watt ada banyak pak, berikut ini rekomendasi dari kami dan salah satu penyebabnya.
      – settingan ampere maksimal 40 – 50 ampere saja, dengan pengelasan pendek
      – Listrik harus digunakan full untuk mesin las
      – Ukuran kawat las maksimal hanya 2.0 mm saja, tidak bisa lebih
      – Lokasi rumah agak jauh dengan tiang listrik, sehingga listrik yang masuk kurang stabil

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  18. Darius

    Pak..saya baru mau beli mesin las..untuk kebutuhan rumahan..saya belum pernah nge las sama sekali..

    kan tadi disarankan beli 450 watt kalau budget terbatas..tipe dan merek apa ya yang di rekomen ?

    Trus juga dibilang kalau ada budget lebih..mending beli mma 120..nah merk dan tipe nya apa ya yg di rekomen ?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk merk kami tidak bisa menyarankan pak, karena kurang etis menonjolkan satu merk tertentu
      Saran kami lihat merk dari sisi service center yang terlengkap pak
      karena perusahaan besar memiliki service center yang lengkap di seluruh Indonesia, dan yang pasti kualitas mesin las pasti bagus.

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  19. KHALID

    permisi pak… Langsung Aja. saya punya mesin las merek ENKA 120A 640 Watt
    kemudian Saya Ngetes Di Amphere 75 dgn Kawat 2.0 . ternyata Hasil Lasnya Matang bagus…
    Sempat jeglek juga kalo Ngelas jangka Lama.
    Apa Mengelas Jangka Lama Dgn Mesin Las saya itu Tdk membuat Kebakaran Atau kasus Lain Dlm Listrik 900 watt pak ??
    ada pengaruh juga gak dengan Alat rumah Tangga , meskipun sebetulnya pengelasan lancar2 aja ??

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk daya listrik 900 watt memang tidak akan sanggup mengelas dengan pengelasan panjang
      Jadi memang hanya bisa untuk las totol-totol atau las pendek

      Dan untuk pengelasan jangka lama tidak akan mempengaruhi listrik dan alat rumah tangga dirumah bapak
      Selain itu, mesin las punya yang namanya heat resistor. Jadi saat mesin las sudah cukup panas mesinnya, maka mesin las akan mati otomatis selama 5 menit lebih, hingga mesin dingin.

      Setelah itu mesin las dapat digunakan lagi.

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  20. MRFathurahman

    Tanya bang klo untuk besi plat 5-7mm standar pakai mesin las apa dan kaeat las berapa. Dan apa sama pengaplikasian di besi beton dengan tebal yg sama?? Trimakasih

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk besi plat ukuran segitu sih cukup pake MMA 120 dengan kawat las 2.6 mm

      Tapi kalo besi beton ukuran segitu harus mesin las MMA 200 keatas

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Kalo bicara bagus dan tidak tentunya tidak tau sebelum di coba
      Tapi kalo dilihat dari tipenya tentunya lebih besar maksimal ampere dari tipe 130 Amp
      karena tipe 120 maximal ampere berarti 120
      sedangkan tipe 130 maximal ampere berarti 130

      Jadi akan lebih maksimal untuk hasil pengelasan kawat las dengan ukuran besar

      semoga dapat menjawab pertanyaan anda

      Reply
  21. Denny Andry

    Gan sya pnya las merk lakoni 450w..sya pke besi hollow galvanis 3,5,.kwat lasnya 1,5
    Pda saat las sya cba d 70 ampere,.hsilnya krang lengket
    D 85 mapere bkan lengket lgi mlah lubang pipanya sma kurang lengket jga,.
    Trus kalo utk kwat las sma ukuran pipa sperti punya sya apa hrus d totol2 sja ato jlan gan,.daya d rmah sya 1300
    Mhon bntuan n ptunjuknya gan soalnya msih dlam thap blajar gan.,mkasi sbelumnya,.Dri Kupang NTT

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Setau saya kawat las pake 2.0 mm tipe RB atau RD settingan 70.
      Untuk masalah lengket dan tidaknya biasanya pengaruh dari kebersihan bidang yang akan di las.
      Usahakan di amplas dulu sedikit dan dibersihkan dari debu-debu dan kotoran

      Jika untuk las panjang berlubang, berarti agak dipendekin aja jarak lasnya. Untuk menghindari besi terlalu panas.

      Semoga sukses dipercobaan selanjutnya.

      Reply
  22. Ridwan

    keren mas yuda , terimaksih banyak membantu buat saya yg hanya hobi mengelas dan dengan listrik rumahan

    Reply
  23. Edi purnomo

    Maaf bang.
    Saya tadi baru beli 1 unit mesin trafo las merk H&L smart series 450 watt yg MMA 120, terus juga ada yg MMA 100 dengan merk yang serupa !!….
    ~~~~~~~~
    Dan yg mau saya pertanyakan ke abang begini;
    Di mana letak dan juga apa perbedaan antara MMA 100 & MMA 120 pada mesin trafo las merk H&L yg 450 watt ..????
    Mohon pencerahan juga penjelasannya bang, mudah2an cepat di resfon sedetail2 nya dengan secepat mungkin.
    Saya tunggu jawaban nya.
    Trims …

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Mohon maaf slow responnya om.. saya lagi sibuk banget jadi ga sempet buka2 blog artikel dan udh lama ga nulis artikel
      Nanti kalo udah ga sibuk baru lanjut lagi

      Kalo tipe itu palingan beda cuma di maksimal amperenya aja
      kalo yang tipe 100 ya maksimal amperenya 100 ampere
      Dan kalo 120 ya maksimal ampere yang bisa dikeluarkan 120

      Untuk tulisan 450 watt itu hanya tulisan aja dan ga akan bisa digunakan mengelas pada listrik 450 watt

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  24. Dedi

    Gan kalo buat ngelas sepeda bisa pake yg 450watt gak? Listrik saya 900 watt

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Tidak ada mesin las yang sanggup mengelas di daya listrik 450 watt
      Paling saran kami ngelas pake kawat las 2.0 mm settingan 60 ampere dengan teknik cantum

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  25. Ronal P

    Mohon bantuan nya suhu… mau nanya saya baru beli merek lakoni 450 ungu. pakai daya 900 rumahan TOKEN .baru di coba ngetek lampu power nya langsung berkedip. udah gk bisa ngelas lagi kipas nya itu pela. dimatikan sebentar di coba lagi masih kayak gitu. kawat nya pakai merwk niko steel 460. 2.0 mm .kenapa ya.. mesin nya yg rusak atau daya nya gk kuat. mau komplen tapi beli online… waduuuhhh . salah dimana ya… mohon bantuan nya suhu. saya sangat suka dengan chanel youtube tehniq.com

    Reply
  26. Ronal P

    Mohon bantuan nya suhu… mau nanya saya baru beli merek lakoni 450 ungu. pakai daya 900 rumahan TOKEN .baru di coba ngetek lampu power nya langsung berkedip. udah gk bisa ngelas lagi kipas nya itu pela. dimatikan sebentar di coba lagi masih kayak gitu. kawat nya pakai merwk niko steel 460. 2.0 mm .kenapa ya.. mesin nya yg rusak atau daya nya gk kuat. mau komplen tapi beli online… waduuuhhh . salah dimana ya… mohon bantuan nya suhu. saya sangat suka dengan chanel youtube tehniq.com

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Kalo bener2 mati berarti ada kerusakan di mesin las bapak
      tapi kalo masih nyala berarti listrik rumah ga kuat karena settingan mas terlalu tinggi

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  27. Henny

    Pak…listrik rumah saya 900 Watt, kalo saya beli mesin las yg 900 Watt, pasti ngak mampu…jika seandainya saya pakai genset, kira2 genset tipe apa yg sesuai untuk penggunaan rumahan dan harganya juga terjangkau…

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Kalo untuk genset sendiri yang cocok untuk mesin las MMA 120 ( mesin las 900 watt ) paling kami rekomendasikan yang ukuran 5000 watt atau 5 Kw
      Dibawah itu takutnya mesin las cepet jebol karena listrik pas-pasan yang tidak stabil

      Semoga dapat menjawab pertanyaan mbak

      Reply
  28. Jeffry

    salam kenal om admin.
    sy mau tanya utk trafo las lakoni 450watt butuh berapa ampere utk pengelasan besi behel 6mm s/d 10mm dg kawat las rd260 (sy dikasih ukuran ini saat membeli trafo las tersebut) sedangkan rumah sy daya nya 900watt.
    Terima kasih

    Reply
  29. Jeffry

    Salam kenal Mas Yudha

    sy baru mulai belajar dan baru mulai usaha dan ada pekerjaaan yg harus menggunakan pengelasan.
    Sy pakai trafo las lakoni 450watt dan saat beli dianjurkan pakai kawat las rd260 yg sy beli berbarengan dg trafo las nya.
    Mau beli kawat las yg 20 modal sudah pas2an mas.
    Pertanyaan sy adalah butuh berapa amper utk pengelasan besi behel 6mm s/d 10mm dan plat besi dg ketebalan 2mm jika pakai kawat las rd260 tersebut.
    Kebetulan rumah sy daya listrik nya 900watt.
    Terima kasih sebelumnya utk respon dan masukan nya

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Udah saya jawab ya.. maaf banget ini saya lagi sibuk banget jadi untuk nulis artikel sendiri udh ga ada waktu.. Nanti kalo urusan udah beres baru lanjut deh tuh bikin artikel dan jawab2in pertanyaan sobat tehniq

      Reply
  30. Jeffry

    Salam kenal Mas Yudha

    sy baru mulai belajar dan baru mulai usaha dan ada pekerjaaan yg harus menggunakan pengelasan.
    Sy pakai trafo las lakoni 450watt dan saat beli dianjurkan pakai kawat las rd260 yg sy beli berbarengan dg trafo las nya.
    Mau beli kawat las yg 20 modal sudah pas2an mas.
    Pertanyaan sy adalah butuh berapa amper utk pengelasan besi behel 6mm s/d 10mm dan plat besi dg ketebalan 2mm jika pakai kawat las rd260 tersebut.
    Kebetulan rumah sy daya listrik nya 900watt.
    Terima kasih sebelumnya utk respon dan masukan nya.
    Salam sukses selalu

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk pertanyaan mas jeffry sayang banget ga bisa. Karena untuk ukuran besi 6 mm aja harus pake settingan ampere 80. Kalo dikonversikan ke listrik sih biasanya butuh sekitar 1200 – 1400 watt lebih. Sedangkan listrik dirumah mas jeffry 900 watt

      Paling kemampuan listrik rumah mas sendiri hanya bisa maksimal untuk kebutuhan besi 2 mm aja

      Semoga dapat menjawab pertanyaan mas Jeffry

      Reply
  31. Abadi

    Kalo untuk pengelasan pagar dg material hollow dan angle bar bisa dg mesin las 450W, rumah saya dayanya 1300 W, kawat las berapa dan settingan ampere berapa yg cocok untuk hssil maksimal.terima kasih.

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      kawat las yang digunakan hanya boleh ukuran 2.0 mm dengan teknik las totol-totol dengan settingan 40 – 50 ampere

      Dan sebaiknya gunakan kawat filer untuk mengelasnya. Kawat filer bisa bapak buat dari kawat las yang dikerok bagian luarnya. Jadi sisakan bagian dalamnya saja yang berupa besi itu.

      Semoga bisa memahami apa yang coba saya jelaskan

      Reply
  32. Mamed

    Mas, saya mau tanya ni , karna saya masih belajar , ko mesin las saya 450watt lengket lengket ya kalo pake elektroda 2.6 x 300 mm , padahal udah di setting di 120 a.. kalo pake elektroda 2.0 lancar lancar aja tu .🙏🙏🙏

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Itu berarti mesin las Bapak kurang bagus dalam menghasilkan api las
      Sebaiknya beli merk lain yang sudah banyak direview youtuber dengan api besar

      Reply
  33. Aris

    Salam kenal mas yudha

    Mau tanya kalau trafo las 450watt sedangkan daya listrik rumah saya 900watt kurang nyaman buat ngelas karna sering ngetrip. Misalnya diganti dengan genset kira2 sebaiknya minimal bisa pakai genset yg ukuran dayanya berapa?
    Terimakasih mas yudha ditunggu responnya…

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Mohon maaf atas keterlambatan respon kami dikarenakan website kami yang sedang di maintenance beberapa bulan ke belakang

      Sebenarnya tergantung dari kebutuhan pengelasan bapak sih
      Mau kebutuhan ringan atau berat?

      Kalo ringan logikanya butuh daya listrik 1300 watt, jadi kalikan dengan 2.. Sehingga bapak bisa membeli genset ukuran 2500 keatas
      Tapi jika untuk kebutuhan berat logikanya butuh daya listrik 2600 watt, sehingga bapak bisa membeli genset ukuran 5000 keatas

      Reply
  34. jono

    gan maaf mau nanya, utk trafo las rhino yg merah 120 vs multi pro 120a bagusan mna ?

    Ddan utk fitur overheat apakah ada pda ke 2 merk las tersebut?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Untuk mesin las ini dan itu bagusan mana kami tidak bisa menjawabnya karena masing-masing punya kelebihan dan kelemahan
      Dan setau kami, semua mesin las punya fitur overheat untuk memprotect mesin dari panas berlebihan

      Reply
  35. Ibnu

    Listrik rumah 900whatt..semisal pakai merek uchiha 160A bisa ndak..katanya ada settingan di alatnya bisa milih 450/900/1300 whatt
    Krn kl mau beli 120A keliatane nanggung dgn harga yg gakjauh berbeda

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Mohon maaf kami belum pernah mencoba dan mengetes mesin las merk uchiha karena belum ada kerja sama dengan produsen merk tersebut

      Tapi setau saya untuk konsumsi listrik rendah itu hanya bisa dibatasi dengan ukuran kawat lasnya saja
      jadi tidak pengaruh mau pake mesin 450 atau 900 watt atau 1300 watt

      Yang penting settingan ampere kecil dan ukuran kawat las kecil ( 2 mm )

      Tapi yang terpenting pastikan anda mematikan semua alat listrik di rumah anda sampai lampu pun kalo bisa mati
      karena daya listrik 900 watt sangat mepet untuk kebutuhan pengelasan

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  36. Rudy nurmawan

    Travo las listrik 450 watt merk ryu klo pke elektroda 1,6 mm daya lisrik 900 watt UK ampere brp ya..

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Disini kami tidak membahas tentang satu merk ya pak.. kami lebih menjelaskan secara umum saja, karena setiap merk tidak mungkin kami uji semua
      Untuk mesin las tipe 450 watt biasanya menggunakan settingan ampere di 40 ampere jika menggunakan elektrode 1.6 mm

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Dan mohon maaf atas keterlambatan kami membalas pertanyaan bapak dikarenakan ada kendala pada website kami beberapa bulan terakhir sehingga kami tidak bisa membalas pertanyaan-pertanyaan sobat tehniq.

      Reply
  37. Azai

    Assalamualaikum pak..saya mau bertanya kalo mesin las 450watt bagus gak buat saya belajar pembuatan ranka motor dan yang pakai pipa dan kebutuhan sehari hari di rumah kalo ada pengelasan ringan..dan recomend electroda lainya selain yang di atas…sekian terima kasih wassalamualaikum pak 🙂

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Waalaikum salam Warohmatullohi Wabarokatuh

      Bisa aja sih kalo untuk pembuatan rangka motor, yang penting harus belajar teknik pengelasannya. Karena rangka motor bisa berlubang saat di las jika bapak belum terlalu paham teknik pengelasannya.

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  38. Azai

    ouh dan satu lagi terminal listrik di tambah stabilizir untuk pekerjaan pengelasan bagus gak untuk memperingan saat di nyalakan….

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Sebenarnya tidak terlalu ada fungsinya sih
      hanya saja voltase yang masuk ke mesin las jadi lebih stabil sehingga meringankan kerja mesin

      Reply
  39. Willy

    Pak, saya punya bbrp pertanyaan yg mau sy tanyakan.
    1. Saya punya plat uk 10mm mau saya las ke besi siku uk. 5mm. Bisakah menggunakan mesin las 450W? Jika bisa menggunakan kawat las uk brp dan settingan ampere dibrp jika saya menggunakan Lakoni Basic 450W?
    2. Apakah benar bahwa mesin las 450W tdk bs digunakan untuk las besi yg tebal? Jika dipaksakan infonya akan memperpendek usia dr mesin las tsb. Dan untuk idealnya ketebalan max besi yg bisa dipakai untuk mesin las 450W brp tebal?
    3. Dapatkah saya menggunakan mesin las 450W untuk las menyatukan besi beton ulir 19?
    Trima kasih sblmnya atas waktu yg disediakan menjwb pertanyaan saya.

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      1. Bisa asal plat 10 mm bukan sambungan atasnya.. Maksudnya kalo siku itu kan ada bagian yang datar horizontal dan bagian yang vertikal keatas. Nah plat 10 mm boleh disambung dengan 5 mm jika itu adalah bagian datar horizontalnya. Settingan maksimal menggunakan kawat las 3.2 mm

      2. yang dapat memperpendek usia mesin las itu lama pemakaian ( atau mesin di forsir terus bekerja ) , kebersihan & sirkulasi udara ruang kerja.

      3. Tidak bisa

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  40. Morganta

    Mau nanya om pemakaian alat las 450 Watt max buat besi berapa mm, apakah gampang rusak bila ngelas besi tebal atau digunakan untuk pengelasan panjang?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog kami

      Kalo untuk mesin las 450 watt itu biasanya memiliki maksimal ampere 120,, jadi ga kaget kalo tipe2 mesin tersebut ada labelnya 120A
      Dan untuk maksimal ampere 120 Ampere itu khusus digunakan untuk kebutuhan kawat las hingga ukuran 3.2 mm saja.

      Untuk ketebalan besi sebenarnya tergantung dari jenis penyambungannya pak,, jadi bebas mau besi ukuran berapa aja
      ukuran besi tidak akan merusak mesin las

      Faktor yang sering merusak mesin las itu lama pemakaian dan terlalu kotor dan berdebunya ruang kerja

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  41. OmKriwil

    Assalamuallaikum mas,
    Saya mau tanya,inverter lakoni 450watt kan kabel las bawaannya itu ukurannya 1×16mm²,,yang jadi pertanyaan saya kira-kira kalo saya ganti kabelnya dengan yang 25mm² ukurannya dan panjang nya sekitar 3m apakah bisa dan aman digunakan?terus apakah stang las dan socket male nya harus diganti juga?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      kalo masalah kabel sih tidak akan jadi masalah pak,, tapi masalahnya mungkin pada socketnya
      kabel besar fungsinya untuk penggunaan listrik ampere dan daya listrik tinggi

      jadi kalo mesin las ampere kecil tidak akan pengaruh dengan kabel besar ataupun kecil

      semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  42. Frans panjaitan

    Saya baru beli mesin las edon 430watt lv 120
    Saya tes di rumah dgn kawat las ok/esab e 7016,ukuran 2,6
    kok apinya kecil sekali,pada hal sudah saya full kan 120A
    Listrik di rumah daya 1300
    apa mesin nya ga sanggup tuk kawat las dgn AWS E 7016?
    atau daya listrik yg kurang besar?
    mohon penjelasan nya bos
    terima kash

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Mohon maaf kami belum pernah melakukan pengujian dengan menggunakan mesin las dan kawat las tipe itu
      tapi dari penjelasan bapak kemungkinan mesin las belum mampu atau tidak mumpuni

      Reply
  43. Ahmad

    Maaf pak saya mau tanya lebih baik beli mesin las 900 wat 120 A atau mesin las 450 wat 120 A,.?
    Dan apa bedanya dengan mesin las 900 wat 200 A.?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog kami

      Tentunya harga dari kedua jenis mesin las ini beda ya.. Pasti lebih mahal yang 900 watt karena memang komponen di dalamnya pastinya lebih bagus ketimbang yang 450 watt. Jadi untuk bedanya ada pada bagian dalamnya yang lebih cenderung lebih kecil ataupun ada yang dikurangi.

      Dan untuk penggunaannya sendiri tentunya kembali ke kebutuhan kalian ya. Jika kalian hanya menggunakan mesin las untuk kebutuhan ringan saja ya mesin las 450 watt jg sudah cukup. Tapi jika kebutuhan anda lebih bervariasi, alangkah baiknya anda membeli mesin las 900 watt atau bahkan yang tipe 160 amp.

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  44. Adri

    Abang..travo las saya 380w!!bsa di pakai pada daya 900w atau tidak.trus itu harus pakai kawat las ukuran brp?Makasih Bang

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Bisa bang

      Pake kawat las 2.0 mm saja.. jangan lebih

      Terus jika posisi ngelas di rumah berarti kudu matiin semua alat listrik tanpa terkecuali
      Kulkas, TV, Lampu, AC, Magic Jar,, Pokok ga ada satupun alat listrik yang nyala

      Posisi settingan ampere di 40 – 50 ampere ( Tergantung mesin las & kematangan hasil las )
      Jangan ngelas panjang.. pendek2 saja

      Reply
  45. Fachrudi

    Apa genset portable rumahan tidak tersedia komponen alatnya untuk pengisian sendiri listrik akinya? Apa harus selalu dicopot dan disetrum bila tidak mampu starter?

    Reply
  46. Fachrudi

    Terima kasih banyak jawabannya.
    Genset saya baru 1 tahun, sistem elektrik 3200 watt. Sistem charging pakai alat apa ya? Batere baru juga, pernah saya setrum aki sekali, n starter jalan. Tetapi hanya bisa 2 kali starter. Habis itu, harus manual lagi. Kira2 alat atau komponen apa yg perlu saya cek atau ganti, selain aki? Nama alat atau komponen sistem charging itu apa ya.
    Terima kasih banyak

    Reply
  47. Edwin R.

    Mesin las 450W yang bisa pake kawat 7016 dan 7018 merk apa gan selain daiden MMAI 120 ?
    Terima kasih sebelumnya

    Reply
  48. Eka Ludin

    Kaka saya berniat mau beli mesin las 450 Watt.
    Tapi sya biggung. Yang bagus mesin las merek apaya Kaka.
    Mohon kasi petunjuk.
    Terima kasi

    Reply
  49. Halil arifin

    Ass,mas sy mau nanyak Rencana mau beli mesin las belum paham betul merk mesin las atau ukuran watt cumak dirumah listrik 900 watt

    Reply
  50. Aggi.A

    Maaf pa mau tanya, semoga d jwb dg jelas & detail…
    Saya pengen beli mesin las 450 watt 120 ampere.
    @daya listrik rumah saya 1300 watt apa kah :

    1. Untuk mesin las 450 watt 120 ampere bisa buat ngelas besi siku, plat besi, behel & ulir tebal antara 5 – 10 mm kah?
    2. Jika bisa, pake kawat las ukuran brp & settingan ampere nya brp?
    Terima kasih bnyk sebelum nya🙏
    Mohon respon nya pa

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di website kami

      saya akan jawab sesuai nomor ya
      1. Mesin las 450 watt 120 ampere sangat cocok untuk pengelasan pada besi siku & plat besi. Tapi kami tidak menyarankan untuk pengelasan pada besi behel atau ulir karena maksimal pengelasan biasanya hanya sanggup 2-3 mm saja

      2. Untuk pengelasan pada besi siku yang cenderung lebih tipis bapak bisa menggunakan kawat las 2.0 mm dengan settingan ampere 40 – 60 tergantung mesin las dan kenyamanan dalam pengelasan. Dan untuk plat besi sendiri bisa menggunakan kawat las ukuran 2 – 2.6 mm tergantung tebal plat besi. Jika lebih tebal dari 2 mm, bapak bisa menggunakan kawat las 2.6 dengan settingan 60 – 120 ampere

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *