FUNGSI DAN PENTINGNYA HELM LAS UNTUK ANDA

By | August 4, 2020

Halo sobat tehniq setanah air.. Gimana nih kabar dunia pengelasan Indonesia?? semoga semakin sukses ya.. Tapi disini kami mau sedikit memberikan edukasi buat kalian semua tentang fungsi dan pentingnya helm las untuk anda semua. Karena kalo gw lihat ke bengkel-bengkel las itu rada miris sebenarnya.

 

Banyak banget tiap gw lewat bengkel las itu yang lagi ngelas pada ga pake kacamata las. Kalopun pake, kacamatanya agak diturunin. Dan ga kaget banyak welder atau pengelas senior itu mengalami gangguan pada matanya atau penglihatannya.

 

Ini bener ya guys bukan gw ngomong bo’ong nih. Karena emang tetangga gw sendiri itu seorang welder senior yang udah pensiun. Dan beliau sendiri bilang matanya mengalami gangguan dan dia pun mengakui jarang pake kacamata las saat mengelas.

 

Dan yang paling sering saya perhatikan itu saat ngelas nyantum atau nempelin besi. Itu sering banget ga pake kacamata las, cuma merem doang. Kalo ditanyain ya jawabannya simple ” orang cuma nyantum doang “.

 

Jadi gitu ya cerita pengalaman gw tentang bahayanya kalian tidak menggunakan pelindung mata baik berupa kacamata las, kedok las ataupun helm las. Untuk itu langsung aja ya kita akan bahas fungsi dan pentingnya helm las untuk anda pada beberapa poin dibawah ini.

 

 

FUNGSI DAN PENTINGNYA HELM LAS UNTUK ANDA

Oke langsung aja ya.. jadi apa aja sih fungsi dan pentingnya helm las untuk anda ini? berikut ini adalah beberapa poin yang penting buat kalian ketahui ya :

  • Melindungi Mata dari Sinar Las
  • Menghalangi cipratan api las ke mata
  • Dapat mendekat ke lasan tanpa perlu khawatir terbakar
  • Tidak terlalu gelap saat api las tidak menyala ( Fitur Otomatis )
  • Ga perlu memeganginya karena menempel di kepala
  • Dapat diatur tingkat kegelapan lensanya

 

nah jadi ada 6 poin ya guys yang bisa kalian dapatkan saat menggunakan helm las ini dalam proses pengelasan kalian. Dan masing-masing poin tersebut tentunya akan kami jelaskan satu persatu ya, biar kalian semua tau lebih dalam.

 

MELINDUNGI MATA DARI SINAR LAS

Poin pertama sepertinya ga perlu panjang lebar ya. Intinya sinar las ini sangat merusak mata saat dilihat secara langsung. Baik sekejap ataupun secara kontinu, keduanya sama-sama berbahaya dan dapat merusak mata. Untuk itu helm las ini akan sangat bermanfaat buat pelindung mata kalian dari yang namanya sinar las.

 

MENGHALANGI CIPRATAN API LAS

Tentunya bagi kalian yang suka ngelas pasti tau ya rasanya kecipratan api las. Kadang seperti kecipratan kembang api yang suka dimainin anak-anak kecil tuh. Tapi kadang kalo pembakaran kurang sempurna suka nyipratnya agak gedean dan itu bisa membakar segala yang disentuhnya.

 

Dan tak jarang sepatu-sepatu para welder suka berlubang jika bukan terbuat dari kulit. Orang kaos kaki gw aja sampe bolong-bolong juga. Nembus gitu maksudnya dari sepatu sampai kaos kaki, saking gedenya itu cipratan api las.

 

Nah bayangin kalo itu kena ke wajah kalian ya guys. Untuk itu sangat penting buat kalian semua melindungi wajah kalian saat mengelas. Fungsinya ya untuk menghalangi cipratan api las ke wajah kalian secara langsung ya guys.

 

 

DAPAT MENDEKAT KE PENGELASAN TANPA TAKUT TERBAKAR

Fungsi yang ketiga adalah kalian dapat mendekati pengelasan tanpa takut terbakar karena helm las ini hampir melindungi seluruh wajah kalian. Kecuali bagian kepala belakang ya guys.

 

Dan dari poin ini tentunya bagi kalian yang punya masalah penglihatan kaya gw ( mata minus ), agak kesulitan kalo tidak melihat dari dekat. Nah jika kalian bisa mendekati pengelasan, tentunya hasil lasan kalian akan lebih rapi, bagus dan tentunya kuat ya.

 

Intinya pengelasan kalian akan lebih rapat jika kalian bisa melihat proses pengelasan kalian dengan dekat.

 

 

MEMILIKI FITUR OTOMATIS

Fungsi dan pentingnya helm las untuk anda yang selanjutnya yaitu memiliki fitur otomatis. Maksudnya dia memiliki tingkat kegelapan yang otomatis bisa berubah-ubah. Jadi saat kalian tidak mengelas, maka lensa pada helm las tersebut akan terlihat terang dan jelas.

 

Tapi saat kalian mulai menyalakan api mesin las, maka fitur otomatisnya akan menangkap cahaya las dan lensa akan lebih gelap secara otomatis. Jadi bener-bener gelap kaya kaca las pada umumnya, sehingga kalian lebih enak dan jelas melihat untuk mendekat ke titik yang akan kalian las.

 

Kalo dengan kedok las biasa ataupun kacamata las biasanya, normalnya kalian akan melihat titik mulai las kalian dengan membuka kedok las ataupun kacamata las. Jika sudah kalian pastikan titik mulainya, maka kalian akan memasang kedok dan kacamata kalian. Nah kalo helm las kan kalian ga perlu ribet lepas pasang, langsung aja ngelas saat udah nemu titik mulai lasan kalian.

 

 

GA PERLU MEMEGANG HELM LAS SAAT MENGELAS

Fungsi-dan-Pentingnya-Helm-Las-untuk-Anda

 

Bagi kalian yang biasa menggunakan kedok las tentunya agak ribet ya ngelas sama megangin elektroda kalian. Padahal ngelas yang enak menurut gw itu pake 2 tangan, karena dapat lebih stabil juga saat pengelasannya.

 

Jadi enaknya pake helm las ini sama seperti pake kacamata las, yaitu kalian ga perlu pegangin helm lasnya. Udah aja ngelas dengan santai. Tapi bedanya dengan kacamata las sendiri kalian ga akan dapat keuntungan yang udah gw sebutin diatas ya.

 

 

BISA DIATUR TINGKAT GELAP LENSANYA

Jadi fungsinya apa sih tingkat kegelapan pada lensa itu?? fungsinya itu adalah disesuaikan dengan besaran ampere pada mesin las tersebut.

 

Maksudnya adalah pada saat kalian mengelas plat tipis, tentunya ampere yang kalian gunakan juga tidak besar. Untuk itu kalian butuh lensa yang tidak terlalu gelap. Tapi saat kalian mengelas plat tebal, maka ampere yang kalian set pada mesin las haruslah besar, dan kalian butuh lensa yang lebih gelap.

 

Naahh.. enaknya pake helm las itu kalian bisa mengatur tingkat kegelapan lensanya. Jadi kalo kalian maen ampere kecil ya tinggal diatur lensanya jangan terlalu gelap. Intinya dengan satu helm las ini kalian bisa mengelas mulai plat tipis hingga yang tebal tanpa perlu ganti lensa.

 

Beda halnya dengan kedok las dan kacamata las yang memang lensanya satu ukuran. Jika yang kalian miliki lensanya gelap ya otomatis saat kalian mengelas plat tipis maka hasilnya pandangan kalian kurang terlalu jelas. Dan begitu juga sebaliknya, saat lensa kalian tidak terlalu gelap, tetapi kalian mengelas ampere besar maka yang ada hanya silau semata.

 

Naahh.. jadi itu tadi ya guys fungsi dan pentinganya helm las untuk anda miliki. Bagi kalian yang saat ini belum menggunakan helm las, tentunya kalian wajib coba ya. Karena sekarang saatnya para welder Indonesia lebih maju lagi dan lebih profesional lagi.

 

Jangan ada lagi pengelas-pengelas yang tidak menggunakan pelindung mata. Biasakan menghormati dan merawat tubuh kita sendiri ya guys, karena tubuh kita ini ga bisa dibeli dan ga bisa ditukar dengan uang berapapun. Tidak senilai lah harganya dengan tubuh yang kita miliki ini.

 

Yaw dah kalo gitu.. Sampai disini ya artikel kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua dan dapat menjadi motivasi buat kalian semua dan teman-teman kalian. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *