MACAM-MACAM ALAT SAFETY UNTUK MENGELAS

By | April 23, 2020

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya. Saat ini banyak banget spekulasi tentang virus korona ya tanpa diketahui informasi yang pasti. Tapi intinya tetep berdoa dan ikhtiar, jangan lupa sama Allah ya guys. Karena itu yang terpenting. Hmm malah ngomongin korona. Oke jadi kali ini gw mau bahas tentang macam-macam alat safety untuk mengelas yang perlu kalian gunakan.

 

Kenapa gw bikin artikel ini? karena gw liat banyak banget para welder yang meremehkan tentang alat safety ini. Banyak banget temen-temen welder dan tukang yang tidak menggunakan alat safety. Dengan alasan paling banyak kalo gw survey itu ribet dan gerah.

 

Padahal kalo untuk tubuh sendiri itu kita harus sangat menyayanginya guys. Tolonglah.. sayangi diri kalian. Makanya disini gw mau kasih tau kalian macam-macam alat safety untuk mengelas. Semoga kalian mau beli ya setelah ini.

 

Lecet-lecet karena api las, gerinda, dan semacamnya itu ga keren guys. Pliss..

 

 

MACAM-MACAM ALAT SAFETY UNTUK MENGELAS

Jadi kalo kita lihat para welder profesional di luar negeri sana itu sangat safety saat mengelas. Kita sebagai warga negara Indonesia yang ingin memajukan negara Indonesia tentunya jangan mau kalah ya. Kami berharap beberapa macam-macam alat safety untuk mengelas yang akan kami sebutkan dibawah ini langsung kalian beli.

 

Buat apa? buat kebaikan kita dan buat keprofesionalan kita dalam bekerja guys. Siapa tau kalian bisa jadi setara dengan welder profesional di luar negeri sana. Dan ga malu-maluin juga bawa nama Indonesia kalo pake alat safety lengkap punya kalian sendiri.

 

Oke langsung aja ya, berikut adalah beberapa daftar macam-macam alat safety untuk mengelas :

  • Helm Las
  • Apron Kulit
  • Sarung Tangan Kulit
  • Masker
  • Sepatu Safety

 

Nah itu ada 5 alat safety yang perlu kalian persiapkan dan kalian gunakan ya tentunya. Cuma 5 doang guys,, plis dibeli dan dipake. Dan masing-masing alat safety tersebut akan kami jelaskan kegunaannya dan manfaatnya buat kalian..

 

 

HELM LAS

Helm-Las-Macam-macam-Alat-Safety-untuk-Mengelas

 

Oke langsung masuk pada penjelasan yang pertama ya. Untuk jenis alat safety pertama yang perlu kalian beli dan kalian gunakan adalah helm las. Kalo bahasa indonesianya bisa disebut juga dengan kedok las atau topeng las. Bebaskeun aja lah mau disebut apa jg boleh.

 

Pokok intinya untuk melindungi mata dan wajah. Kami menyarankan kalian membeli helm las ya, karena untuk membantu kalian mendapatkan hasil lasan yang lebih baik. Untuk modelnya terserah mau kaya gimana. Mau yang kaya muka monyet seperti gambar diatas juga boleh. Wakakakak

 

Untuk topeng las atau kedok las sendiri sebenarnya juga boleh digunakan. Hanya saja ribet kalo harus kalian pegangin. Itulah kenapa banyak welder yang males pake topeng las atau kedok las saat mengelas. Alesannya itu tadi.. ribet meganginnya.

 

Makanya mending pake helm las, kalian bisa melihat sedekat mungkin pada kerak las kalian saat mengelas tanpa takut terkena cipratan api las dan cahaya api las yang bikin mata sakit. Dan helm las ini juga salah satu faktor yang membuat para welder atau tukang las lebih jelas saat melihat hasil lasan mereka. Sehingga hasil lasan mereka nantinya lebih rapi dan padat.

 

Jadi kesimpulan dari fungsi helm las ini yaitu :

  • Dapat melihat hasil lasan lebih jelas karena bisa sedekat mungkin dengan api las.
  • Melindungi wajah dari cipratan api las.
  • Menghalangi cahaya api las langsung ke mata.

 

 

APRON KULIT

Apron-Kulit-Macam-macam-Alat-Safety-untuk-Mengelas

 

Kalo kalian merasa baju kalian sudah cukup tebal untuk melindungi kalian dari cipratan api las, mungkin itu sudah cukup untuk anda kenakan.

 

Tapi jika baju kalian tipis dan takut berlubang karena terbakar api las, mending kalian beli apron aja dah. Sayang-sayang baju lubang-lubang ke api las. Karena emang api las ini sifatnya tidak stabil. Tergantung kebersihan dan objek las dan juga kelembapan dari kawat las.

 

Biasanya cipratan api las yang dapat membakar kulit dan baju kita terjadi karena pembakaran yang kurang sempurna. Jadi cipratannya lebih besar dan menyala api. Maka dari itu penting sekali untuk kalian menggunakan apron kulit atau baju apapun yang terbuat dari kulit atau bahan tahan api lainnya.

 

Jadi kesimpulan dari fungsi apron kulit ini yaitu untuk melindungi tubuh dan pakaian kalian dari api las ya guys.

 

 

SARUNG TANGAN KULIT

Sarung-Tangan-Las-Macam-macam-Alat-Safety-untuk-Mengelas

 

Macam-macam alat safety untuk mengelas yang ketiga yaitu sarung tangan kulit ya. Sarung tangan kulit ini fungsinya sama dengan apron kulit yaitu untuk melindungi kulit dari bahaya api las yang membakar. Untuk modelnya terserah kalian ya. Yang paling kalian suka atau yang cocok dengan kantong aja.

 

Tapi karena digunakan pada tangan, jadi digunakan untuk melindungi kulit tangan kalian. Selain dapat melindungi tangan dari percikan api las yang membakar, sarung tangan ini juga dapat melindungi dari panas api las.

 

Karena pembakaran kawat las itu sangatlah panas dan posisi tangan juga sangat dekat dengan api las. Maka otomatis tangan kalian akan sangat merasakan panas yang berlebihan. Apalagi dilakukan secara kontinu. Panas ini akan semakin kalian rasakan saat kawat las sudah semakin habis.

 

Sehingga posisi api las semakin mendekat ke tangan kita. Nah jadi kesimpulan dari fungsi sarung tangan kulit ini yaitu :

  • Melindungi kulit tangan dari percikan api las yang membakar.
  • Menghalangi panas api las langsung ke tangan kalian.

 

 

MASKER

Masker-Las-Macam-macam-Alat-Safety-untuk-Mengelas

 

Oke alat safety selanjutnya yang perlu kalian beli dan kalian gunakan adalah masker ya. Masker ini nantinya bisa melindungi kalian dari asap las. Karena dengan masker maka pernafasan kalian akan tersaring terlebih dahulu dengan masker.

 

Kenapa butuh masker?

 

Jawabannya adalah kandungan dari asap las hasil pembakaran kawat las ini sangat beragam guys. Dan tentunya mengandung logam ya. Bayangin kalo sampe terhirup dan masuk ke paru-paru kita. Hal ini yang membuat banyak sekali terjadi gangguan pernafasan dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

 

Dan perlu kalian ketahui ya, kandungan dari asap las hasil pembakaran kawat las ini diantaranya adalah :

  • Tembaga
  • Kromium
  • Alumunium
  • Mangan
  • Timah
  • Seng
  • Vanadium
  • Nikel
  • Besi
  • Dll

 

Kurang paham kalo jenis-jenis logam gitu.. Pokoknya banyak dah.. Dan bayangin kalo sampe masuk paru-paru kita. Bisa lewat..

 

Oke jadi kesimpulannya fungsi masker ini yaitu menyaring udara yang masuk ke hidung sebelum sampai ke paru-paru kita.

 

 

SEPATU SAFETY

Sepatu-Safety-Macam-macam-Alat-Safety-untuk-Mengelas

 

Macam-macam alat safety untuk mengelas yang terakhir yaitu sepatu safety. Nah untuk sepatu safety ini sebenarnya bisa kalian ganti dengan sepatu lainnya. Tapi kalo menurut gw sayang-sayang. Karena gw juga dulunya pake sepatu kerja gw yang biasa gw pake.

 

Model-model casual gitu guys.. Tapi alhasil belum sebulan udah bolong-bolong guys. Pertama ga gw rasain, karena emang ga nyampe ke kaki gw apinya. Lha kok pas gw mau cuci sepatu baru ketauan. Kok jadi pada bolong ya. Amsyong dah sepatu kerja gw udah kaya kaos kaki bolong-bolong.

 

Oke balik ke pembahasan ya. Jadi api las yang menyiprat nyiprat itu dapat membakar sekitar tubuh kalian dan salah satunya adalah kaki. Apalagi kalian posisi pengelesan berdiri. Mau ga mau apinya nyiprat ke bawah.

 

Dan untuk kesimpulan dari fungsi dari sepatu safety ini yaitu melindungi kaki dari cipratan api las.

 

Okee jadi itu tadi ya macam-macam alat safety untuk mengelas yang perlu kalian beli dan kalian gunakan. Inget semua alat safety ini dibuat untuk melindungi diri kalian juga. Dan semua benda ini tergolong tidak mahal, karena lebih mahal keselamatan kerja kalian guys.

 

Tentunya buatan Tuhan akan selalu lebih berharga dari apapun. Karena belum ada gw nemuin orang nuker kakinya ama mobil alphard. Hehe

 

Yaw dah guys sampai disini dulu ya artikel dari kami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi salah satu sumber informasi buat kalian. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *