PERBEDAAN PSI DAN CFM PADA KOMPRESOR

By | November 12, 2019
Thumbnail-Perbedaan-PSI-dan-CFM-pada-Kompresor

Halo sobat tehniq setanah air.. Buat kalian pengguna kompresor nih, gw mau tanya nih.. Kalian tau ga apa itu PSI dan apa itu CFM? Tentunya kedua istilah tersebut adalah istilah dari spesifikasi kompresor yang umum digunakan di Indonesia. Kalo kalian penasaran, kebetulan banget nih gw bakalan bahas tentang perbedaan PSI dan CFM pada kompresor. Biar kalian semua lebih mendalami dan lebih mudah dalam memilih dan menentukan kompresor mana yang cocok untuk kebutuhan kalian.

 

Jadi kita mulai dengan PSI dulu ya.. PSI itu adalah singkatan dari Pounds per Square Inch atau arti dalam bahasa indonesianya adalah tekanan angin yang dikeluarkan pada ruangan per inci persegi. Jadi kalo ada kotak kosong dengan ukuran satu inci dimasing-masing sisinya, panjang satu inch, lebar, tinggi juga 1 inch itu ditekan dengan tekanan angin ini. Nah keluarlah nilai yang disebut dengan PSI ini.

 

Gw jelasinnya ribet ga sih ini?? ya pokoknya gitu lah ya, semoga kalian paham ya.

 

Dan yang kedua adalah CFM. Untuk CFM ini biasanya hanya berlaku kompresor ukuran besar ya. Jadi harus tetep kita masukin artikel ini, biar semua informasi ini bisa masuk ya. Oke jadi CFM ini adalah singkatan dari Cubic Feet per Minute, yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah volume udara yang dihasilkan kompresor tersebut satu kubiknya dalam satu menit. Jadi ukurannya permenit nih guys, karena memang besaran kubik itu lebih besar ya guys.

 

Dan perlu kalian ketahui ya guys.. 1 kubik itu sama dengan 1000 liter, jadi emang gede banget patokan ukurannya kalo pake CFM ini. Makanya kudu kompresor yang gede aja yang cocok untuk spesifikasi CFM ini.

 

 

PERBEDAAN PSI DAN CFM PADA KOMPRESOR

Nah itu tadi perbedaan PSI dan CFM pada kompresor dalam hal pengertiannya dan juga garis besarnya ya guys. Sekarang kita masuk pada perhitungan dari kedua nilai tersebut guys. Kenapa harus dihitung? Karena perhitungan kedua spesifikasi tersebut dapat menentukan nilai HP dari kompresor itu sendiri.

 

Nah bagi kalian yang pengen tau nilai HP asli dari kompresor kalian, atau kalo kalian pengen tau nilai HP asli dari kompresor yang kalian beli. Patokannya bisa kalian cari dari nilai PSI dan CFMnya guys. Karena klo HP ditakutkan bisa tipu-tipu guys.. yah udah jadi rahasia umum lah ya, masih banyak perusahaan yang melakukan tipu-tipu pada penulisan spesifikasi.

 

Dan dengan kita mengetahui rumus ini, kita juga bisa menghitung kebutuhan kompresor kita ini. Jadi dengan kita menjadi mandiri dan bisa ngitung sendiri gini, tentunya akan sangat membantu kita sendiri dong dalam menentukan kompresor untuk kebutuhan kita. Oke langsung aja ya kami kasih bocoran rumus untuk menghitung HP dari kompresor ini.

 

Rumus menghitung CFM: 1 HP = 4.5 CFM

 

Jadi kalo di kompresor kalian ada nilai CFMnya, tinggal kalian kalikan aja ya nilai HPnya dengan 4.5 CFM. Misal kalo nilai HP kompresor kalian itu 3 HP bagi aja tuh langsung.

 

3 x 4.5 = 13.5 CFM – langsung aja ya liat spesifikasi kompresor kalian, udah bener belon itu nilainya 13.5 CFM. Kalo kurang, berarti tipu-tipu nilai HPnya. Tapi jika kalian udah punya kompresor nih, dan kebutuhan akan kompresor kalian itu kurang. Terus kalian mau tambah kompresor lagi. Tapi bingung mau beli kompresor dengan nilai HP berapa. Liat nih rumusnya
 

RUMUS

Rumus menghitung kebutuhan HP : ( Kebutuhan CFM x Kebutuhan PSI ) : PSI saat ini

 

Kami jelasin dulu ya, biar kalian ga bingung. Misal nih kalian butuh kompresor yang dapat mengeluarkan 100 CFM dan 100 PSI. Tapi saat ini kalian hanya punya kompresor dengan kekuatan 80 PSI. Nah kurang 20 PSI dong, sedangkan untuk mengetahui HP tidak bisa lewat PSI, melainkan harus lewat CFM. Langsung aja kita hitung guys.

 

(100 CFM ( kebutuhan kita ) x 100 PSI ( kebutuhan kita )) : 80 PSI

Hasilnya kan 125 CFM. Nah kita kurangin lagi dengan nilai kebutuhan CFM yang kita butuhkan yaitu 100 tadi.

125 – 100 = 25 CFM

Kalo udah tau kebutuhan CFM kita, berarti tinggal pake rumus yang buat ngitung HP tadi.

25 CFM / 4.5 = 5.5 HP

 

Berarti kebutuhan akan kompresor kita tadi kurangnya yaitu 5.5 HP. Nah kalian berarti kudu beli kompresor dengan spesifikasi 5.5 HP minimal, kalo bisa sih lebih biar lebih mantep. Hehehe

 

Udah ngerti belum nih? semoga jelas ya guys. Kalo kalian ingin menghitung nilai yang lain, kalian bisa bolak balik logika rumus itu tadi aja. Bagi kalian yang pinter matematika, pasti bisa ngutak-ngatik tuh rumus. Tapi bagi kalian yang kurang bisa matematika, mungkin kalian bisa nanya temen kalian yang ahli matematika atau tulis aja di kolom komen. Nanti akan kami coba itungin kebutuhan kalian.

 

Okee.. sampai disini ya artikel tentang perbedaan PSI dan CFM pada kompresor ini, semoga bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

33 thoughts on “PERBEDAAN PSI DAN CFM PADA KOMPRESOR

  1. Eko haryanto

    Tulisan bagus tapi masih butuh bantuan mas….. Kalo saya butuh untuk sandblasting mengupas cat mobil butuh minimal 185 cfm berarti pakai kompresor mana?

    1. Berapa perbandingan cfm:psi misal 100 cfm= berapa psi?
    2. Apa mas menjual alat sandblasting profesional dg water

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di website kami

      Untuk pertanyaan pertama dari Pak Eko itu berbeda nilai pak
      Karena satuan CFM merupakan perhitungan dari kecepatan keluarnya angin dari tanki
      Sedangkan satuan PSI merupakan perhitungan dari tekanan udara yang dihasilkan dari tanki kompresor.

      Jadi kedua satuan tersebut tidak bisa dilakukan perbandingan. jadi saran kami, bapak harus beli kompresor dengan mengacu pada nilai CFMnya saja yaitu kecepatan keluarnya angin ( Air delivery ).
      Dan sedikit saran dari kami, bapak harus beli kompresor diatas 10 Bar ( tekanan udara ).

      Dan untuk pertanyaan kedua mohon maaf kami belum bekerja sama dengan distributor maupun importir alat tersebut. Kedepannya akan kami usahakan untuk menjual barang tersebut. Terima kasih masukannya

      Reply
  2. Tri

    Om,mw tny sumber ny dr mn u..koq ada converter 1 hp=15,59 cfm…yg bnr yg mn y ,5,4 ayo gmn..maag..mksh

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di tehniq.com

      Mungkin agan belum baca dengan benar sampai selesai, kami menghitung rumus baku dari kompresor
      Sedangkan converter adalah alat tambahan yang dapat meningkatkan performa mesin dengan daya listrik minimum

      Jadi kalo pak tri melihat ada converter 1 HP = 15.59 CFM ya memang kemungkinan benar, karena menggunakan yang namanya Converter tersebut. Jaman sekarang semua serba converter kulkas, AC, mesin las, dll. Jadi ada baiknya bapak pelajari dulu konsep alat converter terlebih dahulu

      Dan untuk sumber dari artikel ini yang pertama ada pabrik. Kami disini adalah perusahaan produsen kompresor juga. Jadi sedikit banyak tau tentang perhitungan kompresor. Dan untuk sumber artikel terkait juga kami lampirkan dibawah ini.

      http://compressors.matteicomp.com/blog/whats-the-difference-between-psi-and-cfm

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  3. Tri

    Ok…mksh infony pak,tpi msh bingung mw nentukan hp kompressor saya…krna kompressorvyg ada type 1050 cfm@125psi@2100rpm yg d gerakkan dgn engine diesel 354kw….lha tu mw aq trn kn hp ny…mslhny blm tw penyerapan hp yg d bthkn compessor trsbt brp..klo bpk bsa mbbantu pak..trmksh

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Waduh kalau mau menurunkan HP saya juga bingung tuh pak gimana caranya.. masalahnya kompresor yang ada sekarang ga mungkin juga diganti

      Reply
    2. Brahmadi

      Kalau Kompressor Bapak 1050 CFM @ 125 Psi, sudah cukup dengan 200 KW atu 260 HP, itu untuk Single stage compressor. Kalau Double stage malah lebih rendah kebutuhan HP nya, 180KW atau 225 HP sudah cukup.
      Menurunkan HP dengan cara menurunkan konsumsi bahan bakarnya ( Fuel setting nya )..bisa di set di Fuel Injection Pump ( untuk mechanical engine ) atau di Reflashing ( untuk electronic engine )

      Reply
  4. Tri

    Tpi bisa dturunkn pSi ny pak…klo speck kompressor sgtu brpa hp yg d bthkn y?

    Reply
    1. Brahmadi

      Dengan 1050 CFM dan tekanan udara 120 psi mestinya sudah cukup dengan 200 HP. Kalau diturunkan PSI nya nanti tidak cukup buat alat yang mau dipakai, ..harus lihat spek alat yang mau dipakai menggunakan settingan tekanan angin berapa?

      Reply
  5. Dede

    Mas bro mau tanya…
    Bingung juga ngitungnya maklum waktu sekolah dulu bolos terus pelajaran matematika..
    Tolong dong ,saya mau beli kompresor buat impact wrench ,saya lihat di web kebutuhan cfm untuk tools tsb ;4-5 cfm.
    Jadi spek kompressornya harus yang seperti apa?
    Mohon pencerahannya…
    Terimakasih ,mas bro
    Sukses ,sehat selalu..

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Saran kami minimal beli kompresor 1 HP
      terserah mau tipe apapun, direct, belt compressor ataupun oil less sama saja
      Karena penggunaan impact wrench tidak membutuhkan waktu yang lama seperti mengecat,
      jadi kompresor tipe apapun bisa masuk ( diutamakan direct & belt )

      Kalo mau aman beli 1.5 HP karena kita tidak tau apakah ada pengurangan spesifikasi pada kompresor tersebut atau tidak

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  6. rendy

    min… mau tanya…

    saya ada kebutuhan kompresor untuk mesin welding, dimana mesin welding tersebut ada spesifikasi kebutuhan
    air consumption 100 L/Minute
    air pressure 0,5 – 0,8 Mpa

    jujur saya saya awam di teknis ini, saya sepertinya salah membeli kompresor Merk Swan 202, 2HP, 3 Phase dengan kapasitas tank 85 L, yang mana sebelumnya tertera FAD 225 L/min, max 8 Bar.
    setelah mencoba ternyata tidak ngangkat… karena ketika saya coba ketika tanpa beban saja, untuk full 8 bar tank 85L harus butuh waktu pas 1 menit.

    kira2 saya butuh brp HP ? dan tank berapa amannya…

    dan 1 lagi min apabila air pressure tertera 0,8 mpa, dan saya pakai kompresor lebih besar tekanan misalkan 16 bar, apakah memungkinkan ? karena swan ada yg max 9 bar dan 16 bar…

    thanks

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk pertanyaan bapak sebenernya ada 2 hal yang janggal di saya nih
      Kalo dilihat dari spesifikasi mesin las dengan kompresor seharusnya sudah cukup mumpuni

      Yang jadi kecurigaan saya antara :
      1. Cara penggunaan mesin las bapak
      2. Daya listrik yang kurang

      Mesin las yang bapak pake kalo boleh tau merk dan tipe apa ya?

      Dan untuk pertanyaan terakhir masalah bar itu sebenarnya tidak jadi masalah. Mesin las punya pengukur tekanan sendiri,, jadi walaupun kompresor 16 bar tetep aja tekanan yang masuk disesuaikan mesin las secara otomatis sesuai spesifikasinya

      Reply
  7. Berni

    Misi min mau tanya nih masah namplate di ac, biasanya satuan nya mpa kalo mau konversi ke psi gimana….. Untuk menentukan tekanan kompresor ke psi gimana caranya 0,5 pk sd 15 pk.

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      waduh kalo teknis ke AC saya kurang paham om
      karena ilmu saya masih belum sampai situ

      saya baru belajar alat2 teknik saja
      Mohon maaf

      Reply
  8. Berni

    our comment is awaiting moderation.
    Misi min mau tanya nih masah namplate di ac, biasanya satuan nya mpa kalo mau konversi ke psi gimana….. Untuk menentukan tekanan kompresor ke psi gimana caranya 0,5 pk sd 15 pk.

    Reply
  9. Anto

    Permisi ohm cara mengetahui psi pada Alat mesin air buat steam itu bagaimana ya ?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung

      Ini pertanyaan agak rancu karena kurang lengkap atau spesifik
      Tapi jika berbicara rumus saya kurang paham cara perhitungannya jika dibalik
      karena rumus yang saya berikan adalah cara menghitung HP

      HP = ( CFM x PSI ) : PSI

      Sebenernya bagi yang jago matematika mungkin tau cara menghitungnya
      cm saya kurang bisa matematika om

      hehehe mohon maaf

      Reply
  10. Ivan

    Gan, mau nanya
    Sy newbie mau belajar ngecat
    Bidikan saya spraygun dgn spek
    Working pressure : 3,0-4,0 bar
    Konsumsi udara : 3,2-5,6 cfm
    Berhubung dana terbatas sy berpikir utk menggunakan kompresor mini.
    Apakah kompresor mini bisa utk mensupport spraygun tsb?
    Apakah ada rekomendasi kompresor mini apa yg bs dipertimbangkan?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Mohon maaf untuk spek dari kompresor mininya juga saya kurang tau
      tapi setau saya untuk kemampuan pengecatan, kompresor mini masih cocok untuk air brush
      dan untuk pengecatan sendiri kurang direkomendasikan.

      Reply
  11. Muh. Nur ichsan

    Malam mas,
    sy mau tanya soal HP kompresor lakoni, speknya 1 HP tapi di keterangannya g ada tulisam CFM, bagaimana cara sy mengetahui kapasitas aliran udaranya mas ?
    Terima kasih sebelumnya.

    Reply
    1. Kael

      Om saya mau bertanya, berapa maksimal tekanan angin pada mesin kompresor (psi) berdasarkan Hp kompresor.
      Maaf saya banyak melihat kasus mesin kompresor jebol karena tidak sanggup mengisi karena tekanan yg di tabung sudah tinggi. Terima kasih

      Reply
      1. Yudha Yudha Post author

        waduh kalo maksimal tekanan kami kurang paham pak
        karena tentunya itu ada pengaruhnya dari ketebalan dan bahan besi dari tabung itu sendiri

        yg tau pasti si pabrik kompresornya

        Reply
  12. Ruslifairus

    Om maaf ijii bisa bantu…
    Sederhana nya gini om..
    Saya pingin beli kompressor yg bisa isi angin ban mobil hingga 150 psi..jenis kompresor apa yg cocok
    Berapa bar?
    Berapa hp?
    Beneran ga ngerti sama sekali om..mohon di bantu jawab

    Reply
  13. Insanul fitriansyah

    Koreksi mas , 1 Cubic feet per menit tidak sama dgn 1000 liter , 1000 liter itu = 1 m3/ meter kubik tidak sama dgn1 ft3, karena 1 feet = 30,48 cm jadi kalo 1 kubic feet adalah kotak kosong panjang 30,48 cm x lebar 30,48 cm x tinggi 30,38 cm demikian penjelasannya
    Salam

    Reply
  14. Insanul fitriansyah

    Koreksi mas , 1 Cubic feet per menit tidak sama dgn 1000 liter , 1000 liter itu = 1 m3/ meter kubik tidak sama dgn1 ft3, karena 1 feet = 30,48 cm jadi kalo 1 kubic feet adalah kotak kosong panjang 30,48 cm x lebar 30,48 cm x tinggi 30,38 cm demikian penjelasannya
    Salam

    Reply
    1. Brahmadi

      Betul sekali.

      I feet = 30 cm sekian…Sedangkan Liter itu 1 dm cubic = 1000 cc
      Satuan Imperial sangat sulit di sandingkan dengan Satuan Metric.
      Maka ketika compressor menggunakan satuan CFM, umumnya akan diikuti PSI di satuan tekanan udaranya.
      Satuan Metric akan menggunakan LPM ( Liter Per Menit ) dan akan diikuti Bar atau Kg/cm? di satuan tekanan anginnya.

      Reply
  15. Yud

    Ada 2 tabung 1 besar 1 kecil. Jika dikasih tekanan yg sama 100psi kenapa tabung yg kecil lebih cepat mencapai 100. Psi ini bukan volume ya jadi bingung 🤣. Mohon penjelasan ilmiahnya

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah mengunjungi blog kami

      Saya jawab satu persatu biar lebih gampang ya pak
      Volume tabung = Liter
      Tekanan angin yang dikeluarkan = Bar
      PSI / CFM = Kecepatan aliran udara yang dimasukkan kedalam tabung hingga penuh

      Jadi semakin besar nilai PSI / CFM maka akan semakin cepat mengisi tabung hingga penuh
      klo tabung kecil pastinya lebih cepat terisi ya pak

      Nah dari tabung yang penuh dengan angin ini, nantinya bisa dikeluarkan dengan tekanan tertentu normalnya 5 – 8 bar sesuai kebutuhan
      jadi tekanan dalam tabung mempengaruhi tekanan angin yang keluar

      Semoga dapat menjawab pertanyaan anda

      Reply
  16. Han

    cfm itu aliran angin masuk / airflow kompresor , Jadi 1 cfm = 28 liter /menit jadi liat aja brp airflownya ..
    untuk psi itu jumlah tekananan dari si kompresor bisa juga dlm bentuk bar ..

    Reply
  17. Brahmadi

    PSI itu hanya satuan tekanan ya..bisa angin bisa oli atau bahan bakar. Sama saja dengan Bar…hanya beda di satuan penggunaan. Psi bisa di pakai oleh orang2 yang menggunakan satuan Imperial misalnya di USA. Sedangkan Bar biasanya dipakai oleh orang2 di Eropa, kalau di Jepang biasanya Kg/cm2. CFM tidak berkaitan langsung dengan Bar atau Psi. Berapapun CFM dari Kompressor..semua bisa mencapai 120Psi ( 8 Bar )..tinggal disetting di Air Relief Valve nya. Just Info 1 Bar atau kadang 1 Atm ( Atmosfir ) sama dengan 14,7 Psi.

    Reply
  18. Noerl Syah

    Terima kasih untuk ulasannya. Maaf sedikit koreksi.
    1. Terkait dengan parameter Tekanan (Pressure) dengan satuan PSI (Pound per Square Inch) atau sering ditulis dengan Lbs/inch2 , Satuan tekanan tidak berhubungan dengan dimensi Panjang, lebar dan tinggi, namun berhubungan dengan luas penampang sehingga pada satuan dituliskan Square inch atau Inchi kuadrat. Jadi intinya luas penampang Panjang X lebar (satuan Inch) mendapat tekanan 1 pound (1 lbs). Di Indonesia besarnya tekanan sering memakai satuan Kg/cm2 . (Luas penampang Panjang dan lebar 1 cm mendapat tekanan beban 1 kg).
    Satuan lain yg sering di gunakan : Bar, KPa, Atm, CmHg, dll. mH2O dll
    2. Untuk Kubik pada CFM , Cubik disini adalah untuk menyatakan satuan Volume, jadi belum tentu 1 kubik = 1000 liter. Jadi untuk satuan di atas Cubic Feet = Feet3 berbeda dengan jika dalam satuan m3 .
    3. Satuan CFM sendiri sering juga disebut dengan FAD (Free Air Delivery). Biasanya dalam satuan m3/min.
    Salam..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *