JENIS DAN FUNGSI MESIN LAS

By | November 7, 2018

Sebelum kami membahas tentang jenis dan fungsi mesin las, ada baiknya kami menjelaskan terlebih dahulu apa itu mesin las. Mesin las adalah alat yang digunakan manusia untuk menyambung umumnya material besi yang terpisah agar menjadi satu kesatuan sehingga dapat dibentuk dan digunakan sesuai dengan fungsinya. Mesin las pada umumnya dibagi menjadi 2 yaitu mesin las karbit dan mesin las listrik. Untuk prinsip kerja dari mesin las ini adalah dengan cara membakar atau memanaskan sebuah kawat dengan energi panas yang dihasilkan dari gas acetylena yang dibakar ( mesin las karbit ) dan dari aliran listrik ( mesin las listrik ).

Gas Acetylena dan Aliran listrik tersebut diubah pada bentuk api las yang nantinya akan membakar dan melelehkan kawat las sehingga api dari mesin las dan lelehan dari kawat tersebut dapat menyambung dua besi atau lebih menjadi satu kesatuan yang dapat digunakan manusia untuk aplikasi tertentu. Walaupun kedua jenis mesin las tersebut memiliki sumber api yang berbeda, tetapi untuk kekuatannya sendiri tidak ada perbedaan, sehingga keduanya sangat direkomendasikan untuk pengelasan baik di rumah maupun di bengkel anda.

Cuma dari segi kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis mesin las tersebut tentunya ada. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mesin las karbit dan juga mesin las listrik.

 

KELEBIHAN MESIN LAS KARBIT

Jenis-Mesin-Las-dan-Fungsi-Mesin-Las-Karbit

Mesin las karbit biasa digunakan dan sangat cocok digunakan untuk melakukan pengelasan pada objek las yang berukuran kecil / tipis. Mesin las karbit ini tentunya memiliki kelebihan atau keunggulan yang tidak dimiliki oleh mesin las listrik. Beberapa kelebihan yang dimiliki mesin las karbit ini diantaranya adalah :

  • Peralatan yang digunakan relatif murah. Biasa hanya menggunakan korek api dan juga kawat las.

  • Perawatan atau pemeliharaan dari mesin las karbit ini relatif lebih murah dan mudah.

  • Teknik pengelasannya juga tergolong mudah, tanpa perlu mempelajari teknik khusus.

  • Sangat cocok untuk pengelasan pada besi / logam dengan ketebalan maksimal 2 mm.

 

KEKURANGAN MESIN LAS KARBIT

Jenis-Mesin-Las-dan-Fungsi-Mesin-Las-Karbit-2

Setelah kita membahas kelebihan dari mesin las karbit tentunya akan menjadi lengkap jika kita juga membahas tentang kekurangan dari las karbit ini. Karena tentunya setiap barang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah kekurangan yang dimiliki mesin las karbit :

  • Ukuran tabung gas yang besar membuatnya sulit untuk dibawa kemana-mana.

  • Harga tabung gas cukup mahal untuk modal awal.

  • Selang las yang panjang membuat sedikit ribet saat melakukan pengelasan dengan posisi badan berubah-ubah.

  • Tidak cocok untuk pengelasan pada besi / logam dengan ketebalan diatas 2 mm.

Naah setelah kita tau tentang kelebihan dan kekurangan dari mesin las karbit, maka bahasan kita selanjutnya akan masuk pada mesin las listrik. Mesin las listrik terdiri dari beberapa jenis dan fungsi yang berbeda-beda, untuk itu pada poin mesin las listrik ini pembahasan kami akan sedikit panjang. Tetapi sebelum kita masuk pada bahasan jenis mesin las listrik dan fungsi dari masing-masing jenis las listrik tersebut, kita akan coba membahas dulu tentang kelebihan dan kekurangan dari mesin las listrik ini. Karena dengan kita membahas kelebihan dan kekurangan mesin las listrik, maka artikel ini dapat dibaca berurutan sehingga dapat mudah dipahami.

Oke bahasan yang pertama kita akan coba untuk membahas kelebihan dari mesin las listrik ini. Apa aja sih kelebihan dari mesin las listrik ini??? berikut adalah beberapa kelebihan dari mesin las listrik yang perlu anda ketahui bersama.

 

KELEBIHAN MESIN LAS LISTRIK

Jenis-Mesin-Las-dan-Fungsi-Mesin-Las-Listrik

Mesin las listrik biasa dan cocok digunakan untuk melakukan pengelasan pada objek las yang memiliki ketebalan lebih dari 2 mm. Mesin las listrik ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh mesin las karbit yaitu diantaranya adalah :

  • Ukurannya lebih kecil dan beratnya yang tergolong ringan membuatnya mudah dibawa kemana-mana dan dapat dioperasikan dimana-mana pula ( lebih flexible ).

  • Harga kawat las tergolong murah untuk modal awal.

  • Penggunaan listrik dapat diatur sesuai dengan ketebalan objeknya lasnya.

  • Memiliki teknologi inverter sehingga dapat lebih menghemat listrik.

  • Bisa menggunakan genset sebagai sumber listrik.

Oke setelah kita sama-sama tau tentang kelebihan dari mesin las listrik ini, maka poin kita selanjutnya adalah pembahasan tentang kekurangan dari mesin las listrik.

 

KEKURANGAN MESIN LAS LISTRIK

Jenis-Mesin-Las-dan-Fungsi-Mesin-Las-Listrik-2

Seperti biasa, setelah kita membahas tentang kelebihan tentunya akan lebih lengkap jika kita membahas juga tentang kekurangan dari mesin las listrik ini. Karena nantinya kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mesin las karbit dan mesin las listrik ini dapat anda pertimbangkan sebagai bahan pertimbangan anda dalam memilih mesin las apa yang paling cocok untuk kebutuhan anda di lapangan. Berikut ini adalah kekurangan yang dimiliki oleh mesin las listrik :

  • Karena menggunakan listrik, maka mesin las listrik tidak dapat digunakan di daerah yang tidak memiliki aliran listrik jika tidak memiliki genset.

  • Untuk jenis mesin las listrik tertentu membutuhkan skill khusus untuk melakukan pengelasan.

  • Kabel listriknya yang pendek membuatnya harus melakukan pengelasan dekat dengan sumber listrik.

Naahh sekarang kita sudah tau apa aja nih kelebihan dan kekurangan masing-masing dari mesin las karbit dan mesin las listrik. Poin kita selanjutnya akan lebih dalam membahas jenis dan fungsi mesin las listrik khususnya, karena mesin las listrik terdiri dari beberapa jenis.

JENIS DAN FUNGSI MESIN LAS LISTRIK

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, mesin las listrik itu dibuat atau diproduksi manusia terbagi menjadi beberapa jenis. Karena terbagi menjadi beberapa jenis mesin las tentunya fungsi dari masing-masing mesin las listrik tersebut berbeda-beda pula. Untuk itu perlu kita bahas juga pada artikel kami kali ini agar kalian para welder yang masih baru masuk atau masih baru belajar di bidang pengelasan akan menjadi tau perbedaan dari masing-masing jenis mesin las listrik yang ada.

Jenis mesin las listrik terbagi menjadi beberapa tipe yaitu diantaranya adalah :

  • MMA / MMAi
  • TIG
  • MIG

Ketiga jenis mesin las listrik tersebut akan kami coba jelaskan satu persatu pada anda. Yang pertama adalah jenis mesin las MMA / MMAi

 

JENIS DAN FUNGSI MESIN LAS LISTRIK MMA / MMAi

Jenis mesin las listrik MMA / MMAi adalah jenis mesin las listrik yang paling banyak digunakan oleh para welder. Karena memang kebutuhan akan welder yang tidak terlalu berat dan sangat umum membuat jenis mesin las listrik MMA / MMAi ini sangat direkomendasikan untuk digunakan. Jenis mesin las listrik ini tergolong kedalam jenis mesin las SMAW yaitu Shielled Metal Arc Welding yang artinya mesin las yang digunakan untuk melakukan pengelasan pada besi. Besi apa?? berbagai macam jenis besi tentunya, tetapi dengan ketebalan tertentu tergantung dari ukuran kawat las dan juga penggunaannya ampere dari mesin las tersebut.

Jenis-mesin-las-listrik-mma-mmai

Jenis-mesin-las-listrik-mma-mmai-2

Untuk ukuran ampere dari mesin las listrik MMA / MMAi ini tergantung dari tipe-tipenya. Biasanya ukuran maksimal ampere dapat anda lihat pada tipe dari mesin las listrik ini. Misalnya pada gambar diatas tercantum mesin las listrik Kentaro tipe MMA 160. Artinya ukuran maksimal ampere dari mesin las ini adalah 160 Amp. Tetapi ukuran ampere disitu adalah keluarannya, bukan input ampere dari PLN ke mesin las listrik tersebut. Karena mesin las listrik jenis ini dilengkapi dengan teknologi inverter yang konsepnya adalah mengambil ampere listrik kecil tetapi mengeluarkan listrik besar.

Contoh jika mesin las listrik ini anda setting pada setelan listrik 60 ampere, sebenarnya input ampere dari PLN yang masuk tidaklah 60 ampere melainkan antara 9 – 10 ampere. Karena pada rumus listrik yaitu nilai Watt adalah Ampere x Voltase. Jadi jika ukuran sebenarnya 60 ampere benar-benar menyedot input ampere dari PLN dengan ukuran 60 ampere tentunya watt yang anda butuhkan adalah 60 x 220 V = 13.200 Watt. Dengan listrik segitu tentunya para pengguna mesin las akan kesulitan untuk mengoperasikannya. Nah disinilah konsep inverter ini berlaku, yang seharusnya 60 ampere yang dikeluarkan, tetapi input amperenya hanya 10 Amp yang artinya 10 x 220 V = 2200 Watt. Dengan daya listrik segitu tentunya para welder masih sanggup untuk mengelas dirumah maupun di Bengkel mereka masing-masing. Jadi kesimpulannya adalah anda hanya perlu 2200 watt untuk menghasilkan 13.200 watt listrik yang keluar untuk mengelas, sangat menghemat listrik tentunya.

 

JENIS DAN FUNGSI MESIN LAS LISTRIK TIG

Jenis mesin las listrik yang kedua yaitu jenis mesin las listrik TIG atau dapat anda sebut dengan Tungsten Inner gas. Gas yang dimaksud disini lebih dikenal orang-orang dengan sebutan gas argon. Fungsi dari mesin las listrik jenis TIG ini dapat digunakan untuk melakukan pengelasan pada Baja ringan, Alumunium, Stainless Steel dan kuningan.

Ada satu hal yang perlu anda perhatikan dalam melakukan pengelasan dengan mesin las listrik jenis TIG ini. Teknik pengelasan adalah hal yang sangat perlu anda perhatikan, karena jenis mesin las listrik ini dioperasikan tidak atau tanpa adanya training atau pembelajaran. Teknik pengelasan pada mesin las listrik TIG ini lebih sulit jika dibandingkan dengan mesin las listrik MMA / MMAi tadi.

Jenis-mesin-las-listrik-TIG

Sedangkan untuk konsumsi watt atau daya listrik yang diperlukan konsepnya sama dengan jenis mesin las listrik MMA / MMAi. Konsumsi daya listriknya dapat anda atur pada setelan ampere pada mesin las tersebut. Dan untuk teknologi yang digunakan juga sama dengan mesin las listrik MMA / MMAi yaitu dengan menggunakan teknologi inverter yang dapat menghemat listrik. Perbedaannya hanyalah pada tambahan penggunaan gas argon, karena mesin las TIG ini dioperasikan dengan menggunakan gas argon yang disambungkan antara tabung dan mesin las dengan selang.

Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada gambar diatas. Pada gambar yang ditandai lingkaran merah adalah tanda dari sambungan selang dari mesin las TIG ke tabung gas argon. Jadi mesin las listrik jenis ini tidak akan bisa dioperasikan tanpa adanya gas argon tersebut.

 

JENIS DAN FUNGSI MESIN LAS LISTRIK MIG

Jenis mesin las listrik yang terakhir yaitu jenis mesin las listrik MIG. Mesin las listrik MIG atau dapat anda sebut dengan Metal Inner Gas yang artinya mesin las listrik MIG ini dapat melakukan pengelasan pada metal ( logam ) dengan menggunakan gas. Gas yang dimaksud ini adalah Gas CO2 atau yang sama-sama kita ketahui yaitu gas karbondioksida. Jadi intinya mesin las listrik MIG ini dioperasikan dengan bantuan gas CO2 untuk pembakarannya.

Jenis-Mesin-Las-listrik-MIG

Jenis-Mesin-Las-listrik-MIG-2

Fungsi dari mesin las listrik jenis MIG ini yaitu digunakan pada logam yang atau besi plat yang tipis mulai dari 1 mm hingga ketebalan yang sangat tebal sekalipun. Jadi tidak heran, penggunaan mesin las listrik MIG ini biasa juga digunakan pada kebutuhan pengelasan pada body atau badan kapal. Kelebihan dari mengelas dengan menggunakan mesin las listrik MIG ini adalah panasnya tidak melebar saat melakukan pengelasan sehingga lebih rapi dan sangat cocok untuk pengelasan pada motor, kendaraan, kapal yang tentunya membutuhkan kerapian pada hasilnya.

Penggunaan jenis mesin las listrik MIG ini biasa digunakan pada industri-industri besar, karena memang aplikasinya yang cocok untuk alat-alat berat. Walaupun bisa juga untuk aplikasi yang kecil, tetapi lebih flexible karena bisa digunakan untuk besi tipis maupun besi yang sangat tebal. Berbeda dengan mesin las listrik MMA / MMAi yang terdapat batasan ketebalan besi saat pengelasannya.

Naah sekarang kita sudah sama-sama tau nih masalah jenis dan fungsi mesin las secara umum. Kami rasa kami sudah cukup menjelaskan tiap-tiap jenis dan fungsinya. Tetapi jika ada pertanyaan mengenai jenis dan fungsi mesin las ini silahkan tulis di kolom komentar, yang nanti akan kami coba jawab sesuai dengan kemampuan dan pengalaman kami.

Silahkan kunjungi website kami www.tehniq.com untuk mengetahui produk-produk kami yang lain. Atau jika anda ingin mengetahui produk mesin las apa saja yang kami jual silahkan klik disini >>

86 thoughts on “JENIS DAN FUNGSI MESIN LAS

  1. Sugiadi

    Kalau yg IGBT itu apa maksud nya gan?? Di banding dengan MMA lebih baik yg mana??

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      IGBT itu sebenarnya adalah sebuah teknologi baru saja pak
      Contohnya teknologi itu seperti TV misalnya pak. Dulu itu TV Tabung, terus teknologi berkembang jadi LCD terus berkembang lagi jadi LED
      sebenarnya sama saja pak fungsinya untuk menampilkan gambar. Yang membedakannya itu ukurannya pak. Teknologi sekarang membuat TV, Handphone dan lain-lain semakin kecil dan mudah dibawa kemana-mana.
      Nahh hal itu sama dengan mesin las pak. IGBT itu teknologi mesin las listrik saat ini pak agar ukuran mesin las yang dulunya segede gaban bisa jadi sekecil kardus sepatu seperti sekarang ini.
      Jadi semoga bapak bisa memahami penjelasan saya ya pak.

      Kalo untuk MMA sendiri itu tipe atau jenis mesin las pak. Tipe MMA biasanya digunakan untuk pengelasan pada besi dengan ukuran minimal 2 mm
      kalau pake besi lebih tipis lagi biasanya malah lubang karena terlalu tipis. Jadi besinya malah ga bisa di las.

      Semoga jawaban dari kami bisa menjawab pertanyaan anda ^^

      Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Secara Global saya telah menjelaskan konsep IGBT pada komen sebelumnya
      Tapi saya tetap akan menjawab pertanyaan anda

      IGBT dan Mosfet adalah sebuah teknologi baru yang dikeluarkan mesin las untuk mengkonsumsi listrik seminimal mungkin.

      Beda IGBT dan Mosfet :
      Mosfet lebih rendah spesifikasinya untuk mengkonvert listrik
      Dan mosfet tidak dapat mengkonvert listrik kecil ( watt rendah )

      IGBT lebih dapat mengkonvert listrik kecil
      Jadi IGBT dapat mengelas menggunakan daya rendah pada media besi tipis dan kawat las kecil

      Jadi untuk konversi listriknya sendiri IGBT lebih unggul

      ————–

      Yang kedua adalah ukuran
      Mosfet memiliki ukuran lebih besar karena part didalamnya hanya dapat mengkonversi listrik 20 – 25 ampere saja
      Jadi jika mesin las tersebut ingin mengkonversi ampere lebih besar, maka part yang ada harus ditambah.
      Karena part ditambah lebih banyak, resikonya ukuran mesin las semakin besar

      IGBT memiliki ukuran lebih kecil karena part didalamnya dapat mengkonversi listrik lebih besar yaitu sekitar 30 – 40 ampere
      Jadi cukup butuh 1 part saja, mesin las IGBT sudah dapat mengelas hingga 30 – 40 ampere

      Beda halnya dengan mosfet yang membutuhkan 2 part dulu, baru dia bisa mengelas hingga 30 – 40 ampere

      ———-

      Semoga jawaban dari kami dapat menjawab pertanyaan anda

      Reply
  2. A' il

    kalo untuk elektrodanya sendiri (kawat las) antara MMA dan IGBT itu sama atau beda ?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Mohon maaf atas slow responnya, Off kerja dulu
      hehehe

      Klo untuk tipe elektroda sama aja om
      tergantung material yang mau di las.. karena masing-masing elektroda punya karakternya sendiri
      Misal yang tipe RD itu buat ngelas baja lunak
      Terus RB itu buat ngelas besi lunak
      Kalo buat konstruksi pake yang LB

      ngelasnya bisa pake MMA biasa atau MMA yang berteknologi IGBT

      Semoga dapat menjawab pertanyaan anda

      Reply
  3. awan

    mohon pencerahan pak,
    saya mempunyai mesin las multipro yg menggunakan teknologi IGBT, tetapi kok konsumsi listrik nya boros banget yah? dipakai pada PLN 2200 KVa utk mengelas kawat las 2.6 mm, dgn setelan 130 ampere, kl utk pengelasan pjg kok listrik PLN nya lsg trip.
    apa krn IGBT konsumsi listrik nya lbh gede yah? atau krn ada masalah pd mesin las nya.

    thanks

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Sebenarnya untuk teknologi IGBT sendiri tidak mempengaruhi daya listrik yang dibutuhkan pada mesin las tersebut pak. Hanya saja komponen dan standard pembuatan mesin las pada merk-merk tertentu berbeda-beda, sehingga mempengaruhi daya listrik yang dikonsumsi.

      Untuk Multipro sendiri memang konsumsi daya listriknya cukup besar pak. Terbukti dari percobaan yang telah kami lakukan untuk melihat daya listrik yang dikonsumsi antara merk multipro dan merk lain. Bisa dilihat pada link video ini pak
      https://www.youtube.com/watch?v=iXIUWLoIesY&t=757s
      Mungkin produsen multipro ingin hasil lasan konsumennya nanti dapat matang sempurna, untuk itu multipro membuat mesin las dengan daya listrik cukup besar. Karena jika daya listrik kecil akan mempengaruhi hasil lasan juga pak. ( ini hanya asumsi kami ya pak ) selebihnya pihak multipro yang dapat menjelaskan.

      Semoga jawaban dari kami dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  4. Irfan cibo

    Pak saya ini mau beli mesin las buat dirumah ,niat mau beli ryu igbt 900 watt 120 a apakah listrik saya dirumah bisa dipakai buat tipe mesin itu ?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih atas pertanyaannya,,

      Mohon maaf sebelumnya,, untuk daya listrik di rumah bapak berapa ya kapasitasnya?
      Jika daya listrik dirumah bapak 900 watt, saran dari kami ada beberapa poin :

      1. Matikan semua barang elektronik dirumah bapak, terutama kulkas, dispenser, dan lain-lain yang membutuhkan listrik besar
      2. Lakukan pengelasan secara pendek-pendek
      3. Karena kami belum pernah melakukan pengetesan pada mesin las ini, kami sarankan setting ampere pada mesinnya diputar kearah 40 amp dulu pak..
      4. Gunakan kawat las 2.0 mm maksimal,, karena untuk kawat las lebih dari ukuran itu membutuhkan settingan ampere yang lebih besar dan otomatis daya listrik yang anda butuhkan juga lebih besar

      Semoga dapat menjawab pertanyaan anda

      Reply
  5. Pingback: PENGETAHUAN DASAR TENTANG PENGELASAN - Blog Tehniq.com

  6. endi

    pak mohon pencerahan nya, kalo mengelas kuningan menggunakan tig/argon adakah setelan khusus dimesin las tersebut?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di Blog Tehniq.com

      Saya akan coba untuk menjawab pertanyaan Bpk. Endi
      Untuk pengelasan menggunakan mesin las TIG di material kuningan, bapak membutuhkan ampere yang lebih besar.
      Jadi settingan dari mesin las TIG bisa bapak naikkan sekitar 1 – 2 bar.
      Contoh : Jika pengelasan pada stainless steel ukuran 2.0 mm, bapak biasa menggunakan setelan 30 ampere. Maka pada kuningan, bapak bisa naikkan settingannya di 50 – 60 ampere.

      Dan yang paling penting. Pengelasan ini membutuhkan kawat las yang berbeda. Biasanya diberi nama Silicon Bronze. Tapi di Indonesia bapak bisa tanya toko aja langsung kawat las untuk tembaga dan kuningan.

      Semoga jawaban dari kami dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Ada 2 hal yang akan saya sarankan kepada anda,
      Tapi saya akan menjawab dulu pertanyaan anda.

      Mesin las MMA tidak cocok untuk logam alloy.

      Dan 2 hal yang akan kami sarankan pada anda yaitu :
      1. Gunakan mesin las TIG untuk mengelas logam alloy
      2. Teknik pengelasan pada logam alloy pun berbeda, karena sifat alloy yang berbeda dengan besi lainnya yaitu lebih cepat dingin dan akan mengeras ( mudah patah ) pada saat perubahan suhu yang drastis tersebut.

      Untuk itu teknik pengelasan pada alloy pun berbeda, yaitu anda harus memanaskan logam alloy terlebih dahulu sebelum mengelas ( dengan obor api gas ). Hal ini dilakukan untuk menghindari penurunan suhu yang drastis pada logam tersebut, sehingga logam tidak akan mudah patah dan masih tetap flexible.

      Setelah cukup panas, mulailah mengelas dengan mesin las TIG

      Semoga bisa menjawab pertanyaan anda

      Reply
  7. Erwin setiawan

    Setelan pada travo las 400 A ada 3
    1 hot start
    2 arc force
    3 current

    Reply
  8. Arif

    Listrik d rumah 900. Kepingin beli las yg 450 Rekomnd mesin las ap yg kira2 suport untuk daya segitu yang servicenya mudah jika ad trouble. Lebih baik yg IGBT AP MOSFET.
    MKSIH

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih atas pertanyaannya,

      Untuk penggunaan mesin las pada daya listrik 900 watt tidak kami rekomendasikan, karena hasil lasan akan kurang maksimal. Tapi anda bisa mensetting agak tinggi untuk mendapatkan hasil lasan yang maksimal tetapi mengelas dengan pendek-pendek saja atau totol-totol untuk mengakali MCB anda.
      Kami juga menyarankan untuk mematikan semua alat listrik dirumah anda agar mesin las anda dapat digunakan dengan normal.

      Untuk merk mesin las yang support dengan daya listrik 900 watt dan memiliki service center yang jelas ada Lakoni, Daiden, H&L, Hugong, Stahlwerk. Untuk kualitas hampir semua sama,, hanya penggunaan daya listriknya saja yang berbeda.

      Semoga dapat menjawab pertanyaan anda

      Reply
  9. Pingback: Woodworking Pemula | Future Habitat

    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Mohon maaf pak tenno, untuk masalah ini banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan
      Seperti Daya listrik rumah, Kebutuhan pengelasan bapak, Budget bapak
      Karena semua mesin las punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing

      Untuk lebih jelasnya bapak bisa langsung hubungi kami di 0812 6000 348

      Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog Tehniq.com

      Untuk trafo arc dan mma itu sama saja pak
      hanya penamaan dari produsen mesin lasnya saja

      Reply
  10. Mei marwanto

    Pak ikutan nanya…….. Mesin las merk ryu kipas hidup….. Lampu indikator hidup…… Tapi gak bisa buat ngelas….. Kira kira penyebabnya dari apa ya pak…… Mesin baru di pakai satu bulan

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di Blog Tehniq.com

      Untuk pertanyaan bapak sebenarnya lebih kearah output yang mengalami kerusakan
      Biasa disebabkan dari Dioda Sekunder yang rusak, ataupun beberapa part lain

      Lebih baik bapak bawa ke service center RYU agar dapat diketahui bagian mana yang mengalami kerusakan
      Karena memang yang mengalami kerusakan adalah bagian sparepart dalamnya pak

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  11. Irfan

    Nanya pak, trafo las jenis mma, bisa dimodif untuk plasma cutting ngak pak.?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima Kasih telah berkunjung di Blog Tehniq.com

      Untuk trafo las jenis MMA tidak bisa untuk dimodifikasi menjadi plasma cutting. Karena plasma cutting membutuhkan saluran pendorong untuk angin kompresor yang dihubungkan pada bagian outputnya.

      Tetapi walaupun misalnya bisa dimodifikasi, kami sangat tidak menyarankan hal tersebut.

      Reply
  12. Sam

    Mohon info gan, apakah semua mesin las mma yang arusnya DC bisa buat pengelasan lift tig??

    Reply
  13. Sam

    Mohon info pak, apakah semua mesin las mma yang arus nya DC bisa untuk pengelasan lifttig??

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di tehniq blog

      Akan kami jelaskan terlebih dahulu apa itu lift tig agar yang lain bisa tau juga dan agar Bapak Sam juga bisa melihat apa ini yang bapak maksud
      Jadi apa yang kami ketahui Lift Tig adalah sebuah teknik mengelas dengan menggunakan obor mesin las TIG tanpa menggunakan kawat las TIG.

      Proses penggunaannya adalah dengan menggunakan obor TIG khusus yang dapat disambungkan dengan gas Argon. Posisi Obor disambungkan pada colokan ( – ) dan posisi tang massa disambungkan dengan colokan ( + ).

      Untuk mendapatkan api ada 2 cara yaitu High Frequency yaitu dengan membuka saluran gas argon pada torch kemudian tekan jarum obor torch pada media yang ingin di las, kemudian pencet switch on dan lepas tekanan jarum obor tersebut agar api las dapat keluar.

      Dan cara kedua yaitu cara biasa yang banyak digunakan yaitu dengan membuka saluran gas argon pada torch kemudian pencet switch on torch dan scratch atau berikan gesekan seperti kalian memberikan gesekan kawat las saat ingin menyalakan api las MMA. Hal ini dilakukan untuk memancing api keluar dari jarum torch tersebut

      Dan untuk jawaban dari pertanyaan Bapak Sam adalah ( Bisa tapi tidak direkomendasikan )
      Umumnya mesin las MMA inverter sudah bisa digunakan untuk kebutuhan Lift TIG ini, tetapi memang penggunaan dan fungsinya sendiri tidak akan bisa maksimal karena mesin tersebut dibuat bukan untuk itu.

      Semoga bisa menjawab pertanyaan Bapak

      Reply
  14. Rina

    Ikut nanya juga pak,tapi sblm nya mohon maaf pertanyaan nya agak banyak semoga di jawab semua.. Apa beda nya mesin TIG dan TIGi apakah mesin TIG bisa digunakan layak nya mesin mma..? Bisa untuk mengelas besi/baja..?
    2.Apakah mesin MIG harus ada tabung co2 nya.. Dan untuk kawat las nya apakah sama dg kawat las MMA.?
    3.apa itu mesin las zero dan cut…? Terimakasih sebelum nya..

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung ke blog tehniq.com

      Untuk semua pertanyaan ibu Rina akan kami jawab.
      1. TIG & TIGi sama saja, itu hanya penamaan dari produsen saja. i dari TIGi mewakili kata Inverter
      Dan apakah bisa mengelas untuk semua jenis logam?? Jawabannya bisa, tapi tiap-tiap jenis logam memiliki kawat las yang berbeda

      2. Untuk mesin las MIG bisa digunakan baik dengan tabung gas ataupun tanpa tabung gas CO2.. tetapi untuk pengelasan tanpa tabung gas harus menggunakan kawat las ( wire ) khusus yaitu tipe E71T-11. Kawat las yang digunakan berbeda dengan mesin las MMA. Kawat pada mesin las MIG berupa kawat las gulungan.
      Untuk lebih jelasnya bisa baca artikel kami tentang perbedaannya ( http://tehniq.com/blog/beda-mesin-las-mig-dengan-gas-dan-tanpa-gas/ )

      3. Apa itu mesin las Zero.. mesin las Zero adalah jenis mesin las MMA berukuran kecil dengan kapasitas maksimal ampere 100 Ampere, yang dibuat oleh produsen mesin las Daiden. Makanya ada tipe Daiden Zero.

      Dan Cut adalah alat seperti mesin las yang digunakan untuk memotong besi dari ukuran tipis hingga tebal. Dengan menggunakan plasma cut ini, proses pemotongan besi menjadi lebih mudah. Penggunaannya hanya cukup disambungkan dengan kompresor saja, nantinya akan menghasilkan api yang seperti pisau yang dapat memotong besi.

      Semoga menjawab pertanyaan Ibu Rina

      Reply
  15. Rb

    Kalo untuk mengelas besi h beam misalnya uk 200 mesin las apa yg cocok dan hasil bagus bos..sekalian info tipenya

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima Kasih telah berkunjung di Blog Tehniq.com

      Untuk pertanyaan bapak itu tergantung dari jenis mesin las yang bapak biasa gunakan.
      Rekomendasi dari kami jika bapak menggunakan mesin las MIG, gunakan mesin las MIG 250 keatas ( minimal 250 )
      Sedangkan jika bapak adalah user mesin las MMA, kami sarankan gunakan mesin las MMA 300 keatas ( minimal 300 ), ya antara 300 atau 400 lah. Kawat las bisa pake yang 4 mm, tapi kalo ada 6 mm ya bisa juga. Cuma setau saya kawat las electroda ukuran 6 mm di Indonesia agak susah dicari.

      Semoga bisa menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  16. Hergung maryono

    Pak mohon pencerahan Sya mau beli mesin las inverter 220 v untuk di gunakan pengelasan di atas kapal dn di rmh tolong beri saran mana yg sesuai dgn keinginan Sya untuk pilih mesin las inverter yng membutuh kan Watt brp dn brp ampere trims

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di Blog Tehniq

      Untuk pertanyaan bapak agak sedikit bertolak belakang pak. Karena untuk penggunaan pada bidang perkapalan itu dibutuhkan mesin las dengan kapasitas 200 ampere keatas. Dan untuk penggunaan listrik dari mesin las tersebut bisa mencapai belasan ribu watt. Sehingga sangat tidak cocok untuk rumahan.

      Sedangkan untuk ukuran rumahan, mesin las dengan ampere 160 sudah sangat maksimal karena pada settingan maksimal mesin las ini bisa mencapai 5000 – 8000 watt. Jadi memang untuk penggunaan kapal dan rumah itu tidak bisa dibandingkan.

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  17. Fachmi ali sufi

    Pak mohon pencerahan nya.. saya sungguh sangat bingung saat ini, saya ingin membeli mesin las yang bisa di pakai las stick atau MMA sekaligus bisa di pakai las argon atau tig, karna kedua nya penting bg saya.. dalam artian 1 mesin 2 fungsi..saya prnh lihat di google merk daiden tigi 200 tp takut gak bisa di pakai las stik atau MMA, apakah bisa pak ? tolong bantuan nya pak kalau ada merk apa yang bagus atau heavy duty dan saya mau beli minimal yg 200 A.. tolong dijawab pak terima kasih sebelum nya..

    Reply
  18. Fachmi alisufi

    Pak mohon pencerahan nya.. saya sungguh sangat bingung saat ini, saya ingin membeli mesin las yang bisa di pakai las stick atau MMA sekaligus bisa di pakai las argon atau tig, karna kedua nya penting bg saya.. dalam artian 1 mesin 2 fungsi..saya prnh lihat di google merk daiden tigi 200 tp takut gak bisa di pakai las stik atau MMA, apakah bisa pak ? tolong bantuan nya pak kalau ada merk apa yang bagus atau heavy duty dan saya mau beli minimal yg 200 A.. tolong dijawab pak terima kasih sebelum nya..

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di Tehniq.com

      Untuk pertanyaan bapak sebenarnya tidak kami sarankan menggunakan 1 mesin untuk 2 fungsi. Tapi sebagai optional kebutuhan bapak, bapak bisa pakai Daiden TIGi 200 atau Daiden TIG 200 AC/DC Pulse

      Jika berbicara kelebihan, Daiden TIG 200 AC/DC Pulse bisa digunakan untuk lebih banyak jenis logam dan ada fitur tambahan pada pengelasannya
      Sedangkan Daiden TIGi 200 hanya bisa 3 jenis saja, besi baja dan stainless

      Jadi tergantung kebutuhan bapak juga

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk mesin las MMA baik itu 450 watt atau diatasnya tidak bisa menggunakan las argon pak. Karena harus ada saluran gas yang terhubung dengan mesin las agar gas argon dapat disalurkan. Sedangkan pada mesin las MMA, saluran tersebut tidak ada.

      Semoga menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  19. Budhi

    Permisi bos, mohon pencerahannya. Pekerjaan sya bengkel motor, belakangan ini sya sering memerlukan las. Material yg dilas ada beberapa macam, kadang besi, baja, hancuran, aluminium, stainless, dsb.
    Sebaiknya sya menggunakan las tig, atau mig.?
    Mohon pencerahannya bos
    Terimakasih

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima Kasih telah berkunjung di Blog Tehniq.com

      Untuk rekomendasi pengelasan pada berbagai jenis material kami sarankan menggunakan mesin las TIG pak. Tapi itupun bukan mesin las TIG biasa. Ada baiknya bapak beli mesin las TIG AC/DC. Karena mesin las ini memiliki fungsi yang lebih beragam terutama untuk pengelasan pada berbagai macam jenis besi

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  20. Latif

    Saya ingin belajar ngelas. Kira2 las jenis apa yg sebaiknya saya miliki ? Merk? Tipe?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di website tehniq.com

      Jika Sodara Latif ingin belajar mengelas, saran dari kami belajar las dengan menggunakan mesin las MMA terlebih dahulu.
      Sebenarnya mesin las MIG lebih mudah untuk di pelajari jadi cocok untuk pemula. Tetapi mengelas dengan mesin las MMA dapat melatih kestabilan tangan saat mengelas.

      Jadi saran kami mending belajar mesin las MMA dulu dengan menggunakan kawat las elektroda. Jika sudah belajar mesin las MMA, nanti baru ke mesin las MIG. Setelah itu baru ke mesin las TIG.

      Untuk merk bebas. Saran kami belilah mesin las yang memiliki service center lengkap agar memudahkan anda jika ada kendala pada mesin tersebut.
      Dan untuk tipe kami sarankan MMA 120 karena cocok untuk pengelasan besi tipis hingga sedang.

      Semoga dapat menjawab pertanyaan Sodara

      Reply
  21. Joel ilham

    Assalamualaikum. Saya mau nanya, diantara tiga jenis mesin las yang bapak jelaskan diatas, misal kita mau mengelas plat besi 3 mm, mesin mana yang mengkonsumsi daya listrik paling kecil? Apakah mma, tig atau mig?
    Terima kasih.

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Waalaikumsalam Warohmatullohi Wabarokatuh
      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Sebenarnya untuk pertanyaan bapak itu balik lagi tergantung settingan dari bapak sendiri
      Kami belum pernah uji coba pertanyaan bapak itu
      Tapi kalo dari segi boros listrik itu MIG yang paling tinggi konsumsi daya listriknya
      Jadi untuk jawaban dari kami kemungkinan yang paling kecil adalah MMA dan kedua TIG dan ketiga MIG

      Tapi jawaban ini berdasarkan pengalaman kami aja ya pak
      bukan dari perbandingan satu-satu seperti yang bapak tanya.

      Doain nanti kita bisa bikin videonya pak
      Mantep banget ini buat jadi konten youtube

      Reply
  22. Jack Taman Adi I Gade

    Selamat sore Pak Yuda, untuk mesin las type MMA, obyek logam yg bisa di las dgn hasil maksimal sampai ketebalan berapa ?
    Terima kasih

    Reply
  23. Fakihfajar

    Maaf pak bertanya…
    Mesin las lakoni 900 wat dan edon 430 wat (120) di kwh 900 wat ko perbedaannya sangat jauh pa mhon penjelasannya..?
    Alhasil lakoni 900 itu bisa las walaupun di bidang tipis tpi klau edon itu cuman bisa titik ajah nggak membara kawatnya

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk ukuran ampere dan api las itu berbeda-beda pada masing-masing merknya, tergantung dari produsen itu sendiri
      Karena kami sudah melakukan uji coba maksimal ampere dan hasilnya beda-beda untuk masing-masing merk.

      Jadi permasalahan bapak disini sebenarnya balik lagi tergantung dari di produsen mesin las itu sendiri. Mampukah dia memproduksi mesin las dengan nilai ampere yang benar tetapi dengan api las yang stabil juga.

      Dari pertanyaan bapak berarti bisa disimpulkan lakoni menghasilkan api las stabil, tetapi edon naik turun sehingga api las tidak maksimal.

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  24. Rio

    Assalammualaikum pak Yuda..
    Untuk mesin las krisbow 450 Watt, 120 ampere..
    1. Apakah benar benar bisa hemat konsumsi listrik ya.. artinya fasilitas yang ada di mesin lasnya hemat pemaikaian listrik dan anti lengket.
    2. Ukuran stik lasnya pakai ukuran berapa ya..
    Terimakasih.

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Waalaikum salam Warohmatullohi Wabarokatuh

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Jawaban :
      1. Tidak ada mesin las yang benar-benar hemat konsumsi daya listriknya. Kalo anti lengket juga tergantung dari kelembapan kawat las bukan dari mesin las.
      2. Konsumsi Paling kecil bisa menggunakan kawat las 2.0 ( antara 900 – 1200 watt )

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  25. Andy Sogen

    Bang admin mohon penjelasan apakah travo las laconi 120 cocok ngelas rakitan besi beton ukuran 12 mili dan kawat las yang cocok ukurannya berapa? Makasih

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Ukuran mesin las Lakoni 120 bisa bapak gunakan settingan ampere full dengan ukuran kawat las 2.6
      Bisa tipe RB ataupun RD, yang penting settingan full
      Untuk ukuran watt biasanya sih antara 1800 – 2000 watt

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  26. Wisnu

    Assalamualaikum. Saya mau belajar las. Menurut bapak untuk dapat nge-las berbagai macam material (besi, stainless dan alumunium), lebih baik membeli satu mesin las ” three in one ” atau membeli tiga mesin (mma, mig, tig) ?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Karena bapak mau belajar mengelas, kami sarankan bapak beli mesin las bertahap
      Proses pembelajaran pengelasan pertama sangat cocok jika menggunakan mesin las MMA
      Setelah lancar, bapak bisa berpindah ke mesin las MIG
      Terakhir bapak belajar mesin las TIG

      Kalo bapak mau beli mesin las three in one itu seharusnya beli mesin las TIG, karena mesin las TIG bisa digunakan pada berbagai macam jenis logam
      Tapi masalahnya proses pembelajaran mesin las TIG sangat sulit untuk pemula
      Jadi saran kami mending beli mesin las Bertahap, sembari belajar pak

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  27. Mas joko

    Q punya mesin las listrik biasa, bisa g dirubah menjadi tig atau mig

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Kalo dari kami sih tidak bisa dan tidak kami sarankan
      tapi kalo saya liat-liat di youtube sepertinya ada yang upload mesin las yang diupgrade gitu

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  28. H khumaini

    Pak saya mau tanya
    Untuk pengelasan pada bidang tipis (1 – 2,5mm) jenis las apa yg bpk rekomendasikan untuk mengurangi distorsi, paling tidak menghindari distorsi pada pengelasan?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Kalo menurut kami sebenarnya distorsi terjadi karena ampere yang terlalu besar dan pengelasan yang terus menerus tanpa jeda.
      Jadi besi masih panas tapi dihajar ngelas lagi, jadi muncul distorsi atau bengkoknya besi.

      Rekomendasi dari kami untuk plat tipis sebenarnya yang paling mudah itu mesin las TIG, karena proses pengelasannya seperti pengelasan totol-totol sehingga tidak membuat besi menerima panas secara kontinu.

      Tapi jika bapak kurang cocok dengan mesin las TIG, paling rekomendasi kami menggunakan mesin las MIG dengan pengelasan totol-totol

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  29. zhawil ztonez

    salut,,,,
    semua prtnyaan slalu dijawab…
    blog yg mantul….

    Reply
  30. Warsono

    Saya pemula, baru mau coba-coba main las. Saya mau praktek buat meja dg bentuk kotak menggunakan besi holow kotak. Saya suka dg merk Ryu, Listrik saya 1300KVa dan mau beli mesin las Ryu. Yg paling cocok untuk listrik saya Ryu450/Ryu900? Dan untuk pekerjaan saya, kawat las yg mana yg mesti saya gunakan, dan settingan ampere berapa yg direkomendasikan? Dan teknik mengelas yg bagaimana yg disarankan? Terimakasih sebelumnya…

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Jika maksud bapak 1300 VA berarti sama dengan 1000 watt, Maka ada beberapa saran dari kami agar bapak bisa mengelas dengan menggunakan mesin las tersebut.

      1. Listrik rumah full untuk mesin las, tidak boleh untuk alat listrik lainnya saat mesin las mulai digunakan.
      2. Kawat las yang digunakan maksimal 2.0 mm
      3. Settingan ampere maksimal harus 40 ampere dengan pengelasan yang tidak terlalu panjang.
      4. Jika bapak merasa 40 ampere kurang matang, maka naikkan menjadi 50 ampere, tapi pengelasan bapak dirumah menjadi pengelasan totol-totol untuk menjaga listrik tidak jepret.

      Jadi listrik 1.000 watt tidak akan bisa digunakan untuk pengelasan panjang, untuk itu bapak harus memainkan jede waktu pengelasan untuk mengakali listrik agar tidak jepret.

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  31. Lalu Arjuna Surya Nursiwan

    Ass. Mohon pencerahan om saya baca ulasan om yg di atas luar biasa memperdalam ilmu pengelasan saya yg baru belajar ato pemula..saya sedikit kebingunan dengan satu pernyataan om diatas yg mengatakan bahwa las MMA tidak bisa di gunakan buat las Argon namun di awal- awal pembahasan om bilang teknilogi mesin las sekrg di samping IGBT ada juga yg bisa di jadikan las TIG atau Argon manual dengan mengganti Item stang las nya dengan torch TIG dan sambungan selang gas lasg ke tabung..nah apakah saya yg salah atau om yg mungkin salah ketik apakah las argon sama dengan las TIG kemudian pertanyaan saya yg ke dua ada istilah dual pulse dalam mesin apakah maksud teknologi tersebug dan yg ke tiga sekrg sudah ada di jual mesin las di toko online yg 3 in 1 sekaligus yaitu TIG,MIG,CUT ini menarik notabene redbo sudah mengekuarkan teknologi itu dengan harga yg meski agak mahal yaitu 3.999 juta namun menckulp semua kegunaan apakah menurut om mesin las jeniz ini bisa awet atau bandel ato bagaimana mohon pencerahan dari om semoga om di beri kesehatan selalu dan tetep dalam lindungan Alloh SWT amien..wassalam

    Reply
  32. Lalu Arjuna

    Ass.wr.wb mohon pencerahan mas yudha semoga mas yuda dalam keadaan sehat selalu sehingga tetap bisa berbagi ilmu pengetahuan tentang mesin las..saya ingin bertanya mas terkait satu pernyataan mas yg membuat saya sedikit bingung yaitu di awal mas sampaikan bahwa mesin las MMA sekrg bisa di gunakan menjadi mesin las TiG namun ada kembalai pernyataan mas yudha mengatakan bahwa mesin las MM45P keatas tidak bisa di coustem jadi las argon nah apakah las argon itu tidak sama denga las TiG dan pertanyaan yg ke dua ada istilah mesin las dual pulse apakah maksud dr tegnologi itu kemudian yg le tiga sekrg yg terbaru ada banyak mesin las yg 3 in1 dari MiG ,TIG ,MMA malah ada yg teknologi MiG,tiG ,Cut nah dan brand dengan merek redboo sudah ada jenis ini meski harga lumayan mahal namun ini menarik juga buat saya karena mencakup semua apakah mesun las jenis ini bisa bertahan lama atau awet ato tidak om semoga om memberi pencerhan kepada saya terkait itu dan recomended om terkait mesin las yg bagus dan mesin cuting plasma apa ya om..makasih sebelum nya wassalam

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Waalaikum salam warohmatullohi wabarokatuh,,
      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com dan terima kasih doa dari bapak kepada saya.

      Cukup byk ya pertanyaannya,, tapi akan saya coba jawab satu2.

      1. Pertanyaan mengenai mesin las MMA yang yang dijadikan mesin las TIG itu saya pernah lihat di youtube,, jadi kaya di custom gitu.. tapi tidak saya sarankan untuk melakukan hal seperti itu. Dan pernyataan ini sepertinya bukan saya tulis di artikel ini ya?.. agak lupa juga saya.. kebanyakan tulisan.. Hehehe
      Dan mesin las argon dengan mesin las TIG itu sama, hanya penyebutan mesin las TIG di Indonesia kurang familiar saja.

      2. Pulse adalah salah satu teknologi yang dibuat untuk memudahkan pengelas untuk mengelas plat tipis agar tidak berlubang. Jadi pulse disini seperti denyut nadi gitu sistemnya.. nyala terang terus redup gitu.. Saat nyala terang berarti waktunya nempelin kawat lasnya,, saat redup berarti waktunya geserin stang lasnya, dan gitu seterusnya,, Buat pertanda aja biar lebih stabil, mudah dan menghindari besi tipis sampai berlubang.

      3. Untuk awet dan tidaknya itu tergantung dari cara penggunaan dan juga perawatannya. Karena jika pakainya sembarangan ya pastinya cepet rusak. Cuma untuk mesin lasnya sendiri sih sama aja dengan mesin las pada umumnya,, kuat-kuat aja kalo pakainya normal.

      Sebenarnya untuk penjelasan pulse itu lebih enak dijelasin dengan praktek, tapi karena keterbatasan jadi saya coba jelaskan disini sebisa saya.. Semoga penjelasan saya ini bisa dipahami.

      Reply
  33. Rusli

    Selamat malam.
    Sukses buat blognya yang selalu mencerahkan bagi saya.
    Langsung saja nanya dong :

    1. Saya ingin belajar las, yang nantinya cuma buat hobi (bukan untk industri), yang artinya pemakaian jarang, rekomen mesin apa?
    2. Apa pendapatnya tentang mesin yang 380 watt? Apa sia2 saja?( Hasilnya tidak layak).
    3. Kenapa tidak pernah disarankan penggunaan kawat 1.6mm? Yang menurut saya, semakin kecil, ampere yg dibutuhkan semakin, listrik yg dibutuhkan Semakin kecil? CMIIW

    Salam

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com dan terima kasih doanya

      1. Kalo untuk cuma iseng-iseng bapak beli yang tipe 120A atau 100A aja
      2. Mesin las 450 watt itu sia2 ga bisa dipake untuk daya listrik sgtu.. apalagi 380 watt
      3. Sebenarnya bukan tidak disarankan, tapi memang kawat ini sangat jarang di Indonesia, adapun mahal harganya.. Jadi tidak setara aja harga dengan penggunaannya

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  34. andy

    pagi pak yudha, saya mau tanya mesin plasma cutting selain fungsi nya buat potong,apakah bisa buat ngelas juga? terima kasih

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Ga bisa sih kalo plasma cutting emang dibuat khusus untuk potong saja

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  35. Rusli

    Selamat pagi,

    Tolong tanya,
    1. Kenapa tidak pernah disarankan menggunakan kawat las 1.6mm ? Bukannya artinya wattnya lebih kecil ?
    2. Kalau keperluan saya hanya untuk hobby, apakah ada yang lebih kecil dari 450W ?

    Terima kasih,

    Salam

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      1. Sebenarnya sih bukan tidak disarankan sih.. cuma tuh kawat las jarang banget adanya. Tapi kalo watt ya emang lebih kecil.
      2. Tidak ada mesin las yang sanggup mengelas di daya 450 watt apalagi lebih kecil.. Sudah pasti tidak bisa

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply
  36. Tana

    Ijin nanya min…
    Tips las besi hollow ketebalan 0.8mm biar gak bolong gmna ya min untuk pemula make mesin MMA???
    Tolong dibantu terima kasih 🙏🙏

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Sebenarnya udah banyak saya jelaskan ya di blog tehniq ini

      Jadi akan saya jelaskan secara singkat aja disini
      Intinya kawat las yang digunakan hanya boleh ukuran 2.0 mm dengan teknik totol2

      Dan sebaiknya gunakan kawat filer untuk mengelasnya. Kawat filer bisa bapak buat dari kawat las yang dikerok bagian luarnya. Jadi sisakan bagian dalamnya saja yang berupa besi itu.

      Semoga bisa memahami apa yang coba saya jelaskan

      Reply
  37. Zzdiy

    Sukses dan sehat selalu om.
    Sy mau tanya om.
    1. Sy punya sepeda alloy/almunium tp ada bagian yg patah, sebaiknya dilas atau dipotong trus dilas lagi atau gimana?
    2. Sebaiknya pengelasan menggunakan tipe apa? Apakah tig mig atau mma atau malah karbit?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Setau saya sepeda itu berbahan dasar besi, alloy steel, karbon baja tidak mungkin ada yang alumunium.. Jadi kami anggap sepeda bapak berbahan dasar baja alloy

      Untuk pengelasan baja, bapak butuh mesin las MMA dengan kawat las tipe RD / RB ukuran 2.0 – 2.6 mm

      Kalo masalah dilas atau dipotong terus dilas lagi ya terserah bapak, enaknya bagaimana.. Kalo mau terlihat bagus dan rapi ya sebaiknya dipotong

      Reply
  38. Lucky

    Assalammualaikum pak yuda
    Mau nanya kalo boleh
    Saya baru beli mesin las lakoni 450 watt ignt inverter 120 amper
    Saya mau belajar las
    1. Bisa kah di pakai di liatrik rumahan(900watt)
    2. Kalo semisal saya ingin nge las jok motor(modif motor) bisakah saya pakai? Trus kawatnya jenis dan ketebalan berapa?
    3. Bisakah saya pakai buat las terali? Rencana mau bikin terali rumah sendiri.

    Trima kasih sebelumnya
    Wassalam

    Reply
  39. Lucky

    Assalammualaikum pak yuda
    Mau nanya kalo boleh
    Saya baru beli mesin las lakoni 450 watt ignt inverter 120 amper
    Saya mau belajar las
    1. Bisa kah di pakai di liatrik rumahan(900watt)
    2. Kalo semisal saya ingin nge las jok motor/chasis tempat duduk motor
    (modif motor) bisakah saya pakai? Trus kawatnya jenis dan ketebalan berapa?
    3. Bisakah saya pakai buat las terali? Rencana mau bikin terali rumah sendiri.

    Trima kasih sebelumnya
    Wassalam

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Waalaikum Salam Warohmatullohi Wabarokatuh

      Jawabannya bisa tapi perlu diperhatikan
      Saat mengelas, semua alat listrik dirumah harus mati, kalo bisa lampu dengan daya listrik lebih dari 20 watt juga mati
      Dan teknik pengelasan bisa dijeda setiap 3-5 detik tergantung kekuatan MCB bapak nantinya kuat berapa detik untuk ngelas

      Percobaan pertama pasti ngetrip, tapi kalo dicari selanya pasti bisa buat ngelas
      Asal jangan buat ngelas panjang

      Reply
  40. Ryan

    Pak saya mau beli mesin las listrik buat mengisi waktu luang d rumah.. daya watt rumah saya 900 watt kira merk apa yg cocok ya dan tife ya apa? Terimkasih

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Saran dari kami beli mesin las dengan tipe 120A kebawah
      Untuk merk bisa apa saja

      Dan perlu diperhatikan
      Saat mengelas, semua alat listrik dirumah harus mati, kalo bisa lampu dengan daya listrik lebih dari 20 watt juga mati
      Dan teknik pengelasan bisa dijeda setiap 3-5 detik tergantung kekuatan MCB bapak nantinya kuat berapa detik untuk ngelas

      Percobaan pertama pasti ngetrip, tapi kalo dicari selanya pasti bisa buat ngelas
      Asal jangan buat ngelas panjang

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *