Thumbnail-Perbedaan-Lensa-Kaca-dan-Plastik-pada-Helm-Las

PERBEDAAN LENSA KACA DAN PLASTIK PADA HELM LAS

By: Yudha Yudha
02 Jun 2020

Halo sobat tehniq setanah air. Khususnya para welder nih.. Kalian tau ga perbedaan lensa kaca dan lensa plastik pada helm las kalian? Bukan yang satu dari kaca dan yang satu dari plastik ya, perbedaan yang lebih detail maksudnya. Kalo kalian belum tau perbedaannya, berikut ini kami akan membahas tentang perbedaan lensa kaca dan plastik pada helm las.

 

Fungsinya ya agar kalian dapat mempertimbangkan harus menggunakan helm las dengan jenis kaca ya mana. Karena memang kedua material ini sangat berbeda dari berbagai sisi, baik itu harga, fungsi dan juga ketahanan dan kekuatannya.

 

Jadi memang perlu kita ketahui ya perbedaan lensa kaca dan plastik pada helm las ini. Apalagi mengelas itu butuh kejelian sehingga dibutuhkan lensa yang dapat membantu kalian melihat dengan jelas saat mengelas. Agar nantinya hasil lasan kalian lebih bagus dan rapi.

 

Dan bagi kalian yang baru belajar ngelas malah lebih enak untuk belajar kalo lensa yang kalian gunakan itu jernih. Karena kalian bisa belajar dari kesalahan dan bereksperimen dengan proses pengelasan kalian yang terlihat jelas tadi.

 

Kalo burem ya ga bisa eksperimen, mau eksperimen gimana. Ngeliat aja udah susah.. Hehe

 

 

PERBEDAAN LENSA KACA DAN PLASTIK PADA HELM LAS

Oke jadi kira-kira apa aja nih perbedaan lensa kaca dan plastik pada helm las. Tentunya para welder kudu tau ya. Jadi perbedaannya disini yaitu sebagai berikut :

  • Ketahanan terhadap goresan
  • Kejernihan lensa dan pandangan
  • Umur
  • Sensitifitas terhadap cahaya api las
  • Harga

 

Nah jadi ada 5 perbedaan lensa kaca dan plastik pada helm las yang wajib kalian ketahui ya. Jadi bagi kalian yang udah punya helm las atau kedok las dan waktunya ganti lensa. Kami sarankan kalian baca artikel dari kami dulu biar kalian bisa mempertimbangkan ingin membeli lensa kaca atau plastik.

 

Kalo dipasaran dan standard helm las itu biasa menggunakan lensa plastik. Dan tentunya bisa dicopot pasang ya, karena memang lensa harus rutin diganti minimal setahun sekali. Karena bisa diganti dan dicopot pasang, makanya sekalian aja gw bikin artikel ini.

 

Biar kalian bisa tau perbedaan lensa kaca dan plastik pada helm las. Yaw dah kalo gitu kita bahas dulu yang menjadi lensa standard helm las ya yaitu lensa plastik. Kira-kira apa sih kelebihan dan kekurangan dari lensa plastik ini?

 

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LENSA PLASTIK

Untuk penjelasannya akan kami jelaskan mulai dari kelebihannya dulu ya biar kalian seneng dulu. Wekekekek.. Jadi untuk kelebihan dari lensa plastik ini ada 2 ya. Berikut adalah kelebihan dari lensa plastik :

  • Harga murah
  • Berat lebih ringan dibanding lensa kaca

 

KELEBIHAN LENSA PLASTIK

kelebihan yang pertama yaitu harganya yang lebih murah dibandingkan dengan lensa kaca ya. Perbedaan harganya juga sekitar 40 – 50% ketimbang lensa kaca. Jadi lumayan juga perbedaan harganya.

 

Dan untuk yang kedua yaitu beratnya. Bagi kalian yang menggunakan kacamata tentunya bisa ngerasain ya. Karena gw pribadi pake kacamata dan pernah nyobain lensa plastik dan lensa kaca. Beda banget beratnya saat gw coba gonta ganti lensa.

 

Tapi hal tersebut hanya berpengaruh besar pada kacamata guys. Karena pada pengelasan kita pake helm las, jadi berat helm las cenderung lebih berpengaruh ketimbang berat lensa itu sendiri.

 

KEKURANGAN LENSA PLASTIK

Dan selanjutnya yaitu kekurangan lensa plastik ya guys. Kira-kira apa aja nih kekurangan dari lensa plastik?? langsung aja ya cekidot beberapa poin kekurangan lensa plastik dibawah ini :

  • Mudah tergores
  • Pandangan tidak sejernih lensa kaca
  • Umur lensa tidak sampai setahun jika sering digunakan
  • Sensitif terhadap cahaya api las

 

Kalo membersihkan lensa plastik harus hati-hati ya. Harus pake lap halus dan bersih atau menggunakan tissue yang halus. Jangan sembarangan membersihkan lensa plastik karena lensa plastik mudah sekali tergores. Goresan dari pembersih kalian nantinya akan menghalangi atau membuat pandangan kalian lebih buram.

 

Kekurangan yang kedua udah jelas ya tidak perlu kami jelaskan. Tapi sebagai gantinya kami akan memberikan contoh pandangan menggunakan lensa plastik.

 

Pandangan-Las-saat-menggunakan-Lensa-Plastik

 

itu tadi pandangan dari lensa plastik yang sudah kami teliti ya. Selanjutnya untuk poin yang ketiga yaitu umur. Umur lensa plastik lebih cepat karena dapat menguning dengan mudah, sehingga harus segera diganti. Dan untuk poin yang terakhir yaitu sensitifitasnya terhadap cahaya api las.

 

Jadi saat api las memancarkan cahaya, maka cahaya tersebut akan terbias atau mengalami pembiasan yang bisa terlihat silau ke mata kalian. Dengan bantuan lensa, bias cahaya tersebut dapat diredam. Dan daya redam cahaya pada lensa plastik tidak sebagus lensa kaca.

 

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LENSA KACA

Nah itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari lensa plastik ya guys. Selanjutnya yang akan jelaskan disini yaitu kelebihan dan kekurangan dari lensa kaca. Dan seperti biasa, kami akan menjelaskan untuk kelebihannya terlebih dahulu.

 

Dan untuk kelebihan yang dimiliki lensa kaca ini sendiri yaitu :

  • Tidak mudah tergores.
  • Pandangan lebih jernih ketimbang lensa plastik
  • Umur kaca lebih dari setahun
  • Tidak terlalu sensitif terhadap cahaya api las

 

KELEBIHAN LENSA KACA

Nah itu tadi 4 kelebihan dari lensa kaca ya guys. Untuk penjelasannya sendiri yaitu dari poin satu terlebih dahulu yaitu tidak mudah tergores. Lensa kaca itu memiliki sifat yang halus dan licin sehingga lebih kuat menahan goresan. Tapi bukan berarti bisa kalian bersihkan menggunakan lap apa saja ya guys.

 

Kalian bisa menggunakan tissue ataupun lap bersih untuk membersihkannya. Jangan mentang-mentang lebih tahan terhadap goresan, kalian malah ngelap pake lap kotor. Ya ujung-ujungnya baret juga lah pastinya. Intinya kalian tidak perlu takut membersihkan dengan media apapun selagi media tersebut bersih.

 

Dan untuk poin yang kedua akan kami jelaskan dengan gambar ya. Sama seperti lensa plastik sebelumnya.

 

Pandangan-Las-saat-menggunakan-Lensa-Kaca

 

Bisa kalian lihat ya, cahaya biasnya lebih jernih dan jelas ketimbang lensa plastik. Walaupun perbandingannya tidak terlalu mencolok jika ditunjukkan dengan gambar. Tapi saat kalian gunakan akan terlihat jelas perbedaannya, karena memang pandangan manusia lebih sempurna ya dari lensa kamera.

 

Selanjutnya yang ketiga yaitu dari segi umur. Umur lensa kaca bisa 2x lipat dari umur lensa plastik ya guys. Karena lensa kaca tidak mudah menguning. Biasanya kuning ini tercipta dari lumut dan embun yang menempel terus menerus pada lensa.

 

Lumut yang menempel pada kaca lebih mudah dibersihan ketimbang pada plastik. Makanya umurnya lensa kaca lebih lama. Dan untuk poin yang terakhir yaitu bias cahaya api las dapat lebih diredam dan lebih soft dengan menggunakan lensa kaca ini.

 

Bisa kalian lihat sendiri perbandingan biasa cahaya pada kedua gambar yang sudah kami cantumkan diatas.

 

KEKURANGAN LENSA KACA

Setelah membahas kelebihan lensa kaca, maka selanjutnya kita akan membahas tentang kekurangan dari lensa kaca itu sendiri ya. Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki lensa kaca.

  • Harga Mahal
  • Bobot Lebih berat ketimbang lensa plastik

 

Nah untuk harga sudah kami jelaskan pada kelebihan lensa plastik ya guys. Jadi perbandingannya bisa setengah dari harga lensa plastik. Tapi ya wajar lah ya karena memang lensa kaca lebih bagus dan tahan lama. Sehingga harganya lebih mahal ketimbang lensa plastik.

 

Dan untuk bobotnya sendiri jika dibandingkan dengan timbangan tentunya lebih berat dari lensa plastik. Tapi balik lagi ya seperti penjelasan tentang bobot lensa plastik diatas. Untuk bobot lensa tidak terlalu berpengaruh pada kegiatan las kalian.

 

Karena bobot lebih condong pada bobot helm las kalian sendiri. Jadi untuk bobot lensa tidak akan terlalu mempengaruhi kinerja kalian.

 

 

KESIMPULAN

Naahh jadi itu ya perbedaan lensa kaca dan plastik pada helm las yang perlu kalian ketahui. Semoga artikel tentang perbedaan lensa kaca dan plastik pada helm las ini dapat kalian jadikan acuan saat ingin mengganti lensa helm las kalian dengan yang baru.

 

Intinya semua pilihan kami kembalikan ke kalian semua nih. Kalian mau beli lensa plastik atau lensa kaca. Semoga beberapa perbedaan yang kami sampaikan tadi bisa jadi pertimbangan buat kalian semua saat memilih lensa untuk helm las kalian.

 

Yaw dah kalo gitu sampai disini ya artikel dari kami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan pesan dari kami tidak ketinggalan nih. Untuk menghadapi new normal kedepannya, kalian harus tetep ikuti protokal COVID-19 ya guys.

 

Jaga kebersihan, jaga jarak dan yang pasti jaga kesehatan kalian. Salam..!!

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *