Thumbnail-Tips-Memilih-Mesin-Bor-Baterai-Cordless-Drill

TIPS MEMILIH BOR BATERAI CORDLESS DRILL

By: Yudha Yudha
22 Feb 2019

Kalian tau ga guys beda mesin bor baterai atau cordless drill yang bagus sama yang jelek? Karena sekarang ini banyak banget merk dan jenis-jenis mesin bor baterai atau cordless drill di pasaran Indonesia. Mulai dari harga yang murah, sedang, mahal hingga yang sangat mahal. Kalo orang-orang awam disuruh milih ya pasti milih yang paling murah. Toh spesifikasi yang tertera di box pembungkusnya hampir sama kaya mesin bor baterai yang mahal. Sebenarnya bukan gitu guys cara milih mesin bor baterai yang bagus. Dan pada artikel kami ini kami akan coba untuk membahas tips memilih bor baterai cordless drill yang bagus dan benar. Jadi tips ini sama sekali ga membandingkan harga ya. Tapi lebih kearah spesifikasi dan ketahanannya. Gimana nih?? penasaran ga kalian semua? hehhe.

 

Saat ini banyak banget guys dan kayanya emang lagi viral banget deh. Kalo liat dari website tehniq.com sih emang penjualan mesin bor baterai ini cukup lumayan laris ya. Jadi untuk itu kami bisa berpendapat bahwa mesin bor baterai ini lagi viral. Emang mesin bor baterai ini punya kelebihan yang cukup lumayan sih. Udah pada tau belum kelebihan yang dimiliki mesin bor baterai atau cordless drill ini? Enaknya dibahas ya. Jadi sebelum kami membahas inti artikel ini yaitu tentang tips memiliki bor baterai cordless drill yang bagus, terlebih dahulu kami akan bahas tentang keunggulan yang dimiliki mesin bor baterai ini.

 

KELEBIHAN MESIN BOR BATERAI CORDLESS DRILL

Balik lagi nih ke pembahasan paragraf sebelumnya. Jadi apa aja sih keunggulan atau kelebihan mesin bor baterai cordless drill ini? Inilah beberapa keunggulan atau kelebihan yang dimiliki mesin bor baterai cordless drill :

  • Ukuran lebih kecil sehingga mudah digenggam.
  • Penggunaan listrik dengan baterai, sehingga tidak boros listrik.
  • Bisa digunakan di tempat yang tidak memiliki aliran listrik.
  • Dapat menyala dengan hanya perlu mengecharge baterainya.
  • Tidak memiliki kabel sehingga dapat mengebor ke celah-celah sempit dan juga tinggi.

 

Jadi ada 5 kelebihan yang kalian dapetin nih kalo kalian beli mesin bor Baterai Cordless Drill. Cukup berfaedah lah ya untuk dimiliki.. hehe. Kalo menurut gw pribadi sih emang sangat simple dan bermanfaat banget nih barang. Cukup charge, pake selama beberapa jam. Simple.. Padat.. dan Jelas.

 

Setelah kita tau kelebihan mesin bor baterai maka selanjutnya yang akan kita bahas adalah inti dari artikel ini yaitu tips memilih mesin bor baterai cordless drill. Jadi saat kita beli mesin bor baterai ini kita jangan terpaku pada harga aja ya. Ada beberapa hal yang perlu anda pahami dan pertimbangkan sebelum memilih mesin bor baterai tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda pahami sebagai tips memilih mesin bor baterai cordless drill :

  1. Kekuatan Mesin Bor
  2. Umur Baterai
  3. Lama Pengisian Baterai
  4. Mudah digunakan dan digenggam

 

Seperti yang dapat anda lihat. Ada 4 hal yang perlu anda perhatikan dan pahami saat memilih mesin bor baterai atau cordless drill ini. Tapi agar lebih jelas, kami akan coba untuk menjelaskan satu persatu poin yang telah kami sebutkan diatas.

 

TIPS MEMILIH BOR BATERAI CORDLESS DRILL

Tips-Memilih-Mesin-Bor-Baterai-Cordless-Drill-1

Untuk poin pertama yang akan kami jelaskan adalah dalam memilih mesin bor baterai anda harus memperhatikan kekuatan mesin bor tersebut. Kekuatan mesin bor baterai dapat kalian lihat dari beberapa hal yaitu :

  • Nilai RPM yang tinggi.

  • Putaran yang stabil saat ditekan pada objek bor. Cara ini dapat anda lakukan dengan mendengarkan suara mesinnya, jika suara mesin terdengar ngempos berarti mesin bor tersebut kekuatannya loyo atau lemah. Tapi kalo saat anda tekan mesin bornya dan suaranya makin keras, berarti mesin bor tersebut sedang menghasilkan tenaga yang lebih yang artinya mesin bor tersebut memiliki power yang bagus.

  • Yang ketiga ini agak sulit untuk dilakukan karena kalian harus punya perbandingan mesin bor yang sama ya. Jadi saat baterai terisi full sudah pasti kekuatannya maksimal. Tapi saat baterai mulai pada garis terakhir, untuk mesin bor cordless drill yang bagus kekuatannya akan tetap maksimal. Tapi mesin bor baterai yang jelek pasti memiliki putaran yang lebih lemah jika dibandingkan saat baterainya terisi penuh. Hal ini membuktikan bahwa mesin bor baterai yang bagus, output powernya stabil.

 

Oke lanjut untuk poin kedua tentang tips memilih mesin bor baterai cordless drill adalah dengan melihat umur dari baterai mesin bor tersebut. Cari mesin bor baterai cordless drill yang memiliki nilai MAh yang tinggi. Karena baterai yang memiliki nilai MAh yang tinggi dapat bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan baterai yang memiliki nilai MAh yang rendah.

Tips-Memilih-Mesin-Bor-Baterai-Cordless-Drill

Dan poin yang ketiga masih tentang baterai yaitu dengan melihat kecepatan pengisian baterainya ( charging time ). Jangan melihat baterai dengan durasi pengisian yang cepat, karena malah akan lebih boros. Baterai yang bagus adalah baterai yang membutuhkan waktu lebih lama dalam pengisian listriknya. Karena baterai sendiri menampung listrik yang nantinya akan dikeluarkan lagi. Sehingga sangat penting untuk mendapatkan listrik dari luar yang bersifat padat saat masuk dalam baterai tersebut agar saat listrik yang tersimpan itu dikeluarkan. Listrik yang keluar tersebut lebih stabil dan sifatnya padat sehingga lebih lama durasinya untuk dapat habis dan butuh di recharge kembali.

 

Finally untuk poin yang terakhir yaitu lebih pada faktor argonomisnya sih. Kalo ini sih pendapat masing-masing ya. Karena tingkat kenyamanan dan kemudahan dalam penggenggaman mesin bor ini hanya kalian yang dapat menilainya. Jadi jika menurut kalian enak dan nyaman digenggam ya jangan ragu guys.. Langsung bayarin aja tuh mesin bor cordlessnya.. hehe.

 

Okee jadi udah jelas ya. Jangan salah pilih ya guys kalo untuk pada baca artikel ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan jangan lupa nih guys.. tonton terus channel youtube Tehniq.com. Kalian bakalan dapetin informasi menarik dan sangat penting untuk kalian ketahui tentang perkakas-perkakas dan alat teknik kalian. Jangan lupa subscribe, like dan share yang guys. Makasii semuanya… Salam..!!


34 responses to “TIPS MEMILIH BOR BATERAI CORDLESS DRILL”

  1. Makasih udah berbagi infonya
    Saya orang awam yg ngak ngerti alat2 listrik sama sekali, tp pengen beli mesin bor
    Berfanfaat banget

    • Selamat malam juga pak Yadi
      Terima kasih telah berkunjung di blog kami

      Untuk pertanyaan dari pak Yadi seperti masih belum bisa kami jawab
      karena untuk mesin bor murah vs bagus itu saling bertolak belakang

      karena murah tentunya tidak terlalu bagus
      dan mesin bor cordless yang bagus tentunya harganya sedikit lebih mahal

      Kami hanya bisa merekomendasikan menurut budget dari bapak
      karena murah dan mahal disini sampai batas mana

      Semoga bisa menjawab pertanyaan bapak

  2. untuk digunakan sebagai obeng, lebih baik pilih bor cordless (batere) atau bor torsi listrik?
    Batere memang lebih praktis, tapi saya kuatir kalau batere nya error perlu dana untuk pembelian batere-nya lagi. Karena batere pasti ada umurnya.

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Sebenarnya mesin bor cordless itu dibuat untuk aplikasi yang sulit dijangkau kabel aja sih pak
      Misal bapak pekerjaannya suka naik-naik rumah atau tiang
      Atau bisa juga untuk pemakaian diluar yang tidak ada sumber listrik / jauh terjangkau dari kabel
      Jadi lebih simple dan ringkes

      Intinya itu semua tergantung dari kebutuhan Pak yanto sendiri
      Klo untuk power sih lebih baik bor torsi listrik pak, karena memang tidak terkendala baterai
      tapi klo pekerjaan bapak sering diluar yang bapak ga tau ada listrik atau ga disana
      atau bapak suka pekerjaan yang naik-naik, kami saranin sih beli bor cordless pak

      Semoga bisa menjawab pertanyaan bapak

  3. kenapa bor seperti merk makita bisa mahal?
    kenapa bor merknga jelas bisa murah padahal dari sisi spek misalnya voltase dibilangnya lebih tinggi?

    • Terima kasih telah berkunjung di Blog Kami

      Faktor mahal dan murah pada mesin bor cordless ada beberapa macam :

      1. Merk
      2. Kualitas Baterai
      3. Fitur yang diberikan
      4. Tipe Plastik Bodi
      5. Motor Penggerak

      Jadi ada 5 hal yang bisa membuat harga lebih mahal gan.. Sama kaya handphone, TV, dll.
      Yang paling krusial pada cordless itu baterai gan.. Jadi klo murah, biasanya baterai kurang tahan lama dan cepat habis

  4. Terima kasih utk Tips-nya, sangat bermanfaat buat kami.. tapi klo bisa diberikan standard ukuran yg cukup.. misal standard baterai brp? , speed brp ?.. jadi lebih mudah untuk kami membelinya.

    • Terima kasih telah berkunjung di website kami.

      Untuk kedua merk tersebut berbeda dari sisi kelasnya bos
      Makita kelasnya lebih tinggi dibandingkan bosch
      Jadi wajar harga lebih mahal

      Dan untuk pertanyaan si bos ini ya balik lagi ke budget ya.. Kalo ada duit lebih sih kami saranin makita, tapi untuk merk bosch sendiri sudah cukup bagus di kelasnya.

      Semoga dapat menjawab pertanyaan Bapak

  5. Mau tanya, apakah kita bisa membedakan kualitas mesin bor baterai dari voltasenya. Apakah semakin tinggi voltase semakin bagus atau bagai mana?

    Terima kasih.

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Jawabannya belum tentu pak, karena baterai dengan voltase besar belum tentu jumlah dan kepadatan cell didalamnya mumpuni. Karena sebenarnya yang mempengaruhi kualitas baterai pada cordless adalah cell yang ada didalamnya. Untuk mengetahui kualitas baterai yang bagus bapak bisa melihat merk dan juga durasi penggunaannya (durasi dari baterai full hingga habis ( semakin lama semakin bagus) ).

      Semoga bisa menjawab pertanyaan bapak

  6. Terimakasih tipsnya sangat bermanfaat karena saya pingin beli dan sedang cari info.sekalilagi terimakasih banyak.

  7. halo.terimakasih untuk artikelnya membantu sekali. kalau screw driver ryu dengan uchiha jenis cordless. kira kira masih bagus yang mana? baik secara kinerja alat, dan service center, spare part..makasih

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Untuk kualitas dari masing-masing merk itu relatif pak. Tergantung pemakaian, dan kami belum melakukan uji coba untuk daya tahannya. Dan kebetulan saat ini kami sedang ada proses uji coba pada mesin bor cordless yang salah satunya kami masukkan disitu produk Ryu. Jadi ditunggu ya hasil pengujiannya di channel youtube kami https://www.youtube.com/channel/UCnh23_J4aevpWoX7m4i0OIQ/videos

      Dan untuk service center kami belum tau untuk lokasi dari servuce center produk Uchiha. Jadi untuk masalah service center saat ini kami lebih memilih produk RYU. Karena lokasi service centernya sendiri jelas

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

  8. Terima kasih sekali sudah berbagi pengalaman dan pengetahuan nya untuk kami khusus nya untuk saya sendiri yang masih bimbang untuk memilih dan menentukan produk mesin bor cordless drill nya yang pas untuk di miliki. Alhamdulillah terjawab semua keragu raguan saya dalam menentukan pilihan,. semoga tetap semangat bersedekah ilmu pengetahuan untuk umat manusia..

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Terus dukung kami untuk dapat selalu berkreasi ya pak dengan berbelanja di website tehniq.com
      Saat ini kami terus mencoba memperbaiki kesalahan kami dari sisi tampilan website dan juga pelayanan

  9. Permisi,saya mau tanya ….
    Baterai bor cordles saya merk uchiha yg 42 volt saat di cas nyala hijau tp kl dipakek buat ngebor gk bisa,sdangkn saya bongkar gk ada elemen yg terbakar.trus kira” ap kendala baterai tersebut

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Kemungkinan besar kerusakan ada pada motor ataupun konduktor baterai ke motor
      Jadi ada baiknya dibawa ke service centernya pak

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

  10. Untuk bor baterai, bagus mana yang merek Benz atau Uchiha……
    Mohon penjelasan. Terima kasih banyak…. 🙏

  11. Rencana akan beli bor cordless. Artikel ini sangat membatu…tetapi masih ada yang ingin saya tanyakan.
    Apa perbedaan dan fungsi bor cordless dengan ukuran 12v dan 18 v (atau lebih).
    Jika selisih harga tidak terlalu jauh, lebih baik pilih yang mana.
    Terima kasih .

    • Perbedaan voltase pada cordless sangat mempengaruhi kinerja dari mesin. karena semakin besar voltase maka semakin besar pula torsinya atau kekuatan putarnya.

      Kalo rekomendasi kami sih kalo dari sisi penggunaan ya mending yang 18V pak, karena otomatis torsi lebih tinggi

  12. Komen pertama di 2021 🙂

    Untuk cordless drill pake brushsless morot vs brused motor, bagusan mana? perbandingan spek sama (voltase dan merek).
    Apa kunggulan masing-masing?
    Masih agak bingung milihnya nih.
    Mohon dibantu.

    • Terima kasih pertanyaan di 2021 ini
      hehehe

      sebenarnya agak panjang ya penjelasannya,, tp kami coba jawab cepat aja biar ga banyak2 jelasin

      intinya
      brushless itu tidak cepat panas dan brushed itu cepat panas
      brushless itu tidak perlu ganti carbon brush dan brushed perlu ganti carbon brush
      brushless itu lebih kecil suaranya ketimbang brushed yang lebih bising

      jadi brushless itu teknologi terbaru
      kalo dari sisi performa saya kurang paham om,, karena ga pernah ngetes sampai rusak

      Semoga dapat menjawab pertanyaan anda

  13. Kalo boleh nanya neh pendapat anda dg bor cordless beberapa merk ini ÷
    1. MAKITA
    2. BLACK & DECKER
    3. DEWALT
    4. BOSCH
    anda rekomendasi yg mana ?

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Kalo berbicara keempat merk tersebut sebenarnya bisa dibandingkan berdasarkan kelasnya om
      Dan keempat merk tersebut tidak semua sama kelasnya

      MAKITA lebih setara kelasnya jika dibandingkan dengan DEWALT tapi tidak bisa dibandingkan dengan kelas Black Decker dan Bosch
      MAKITA & DEWALT saya rasa kelasnya lebih tinggi sedangkan black decker dan bosch itu hampir sama

      jadi kalo di tanya makita & dewalt bagusan mana,, lihat saja perbandingan harga dan spesifikasinya.. karena dari sisi kualitas sama saja karena masih satu kelas
      begitu jg dengan black & decker dan bosch

      semoga bisa menjawab pertanyaan bapak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *