CARA MENCIPTAKAN LINGKUNGAN KERJA AMAN SESUAI STANDARD

By | March 24, 2023
Cara-Menciptakan-Lingkungan-Kerja-Aman-Sesuai-Standard

Halo sobat tehniq setanah air.. Bagi kalian yang mulai menjadi mandor ataupun manager project tentunya memiliki banyak pekerja yang harus kalian kontrol. Biasanya banyak juga beberapa pekerja yang bandel atau ga bisa dikasih tau, seperti meremehkan yang namanya penggunaan alat safety. Nah pada artikel kami kali ini, gw mau kasih tau beberapa tips buat kalian tentang cara menciptakan lingkungan kerja aman sesuai standard.

Sehingga nantinya kalian bisa memiliki pekerja yang lebih sadar akan keamanan diri mereka saat bekerja. Jika sudah begitu, tentunya kalian nantinya bisa bekerja dengan nyaman tanpa perlu khawatir anak buah kalian bandel lagi.

Okee jadi langsung aja ya,, berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan profesional.

 

TIPS MENCIPTAKAN LINGKUNGAN KERJA AMAN & PROFESIONAL

Sebelum gw menjelaskan tentang cara menciptakan lingkungan kerja aman dan profesional buat kalian semua. Gw pengen mendefinisikan terlebih dahulu apa itu budaya kerja aman. Jadi budaya kerja aman itu mencakup sikap, perilaku dan pola pikir dalam bekerja.

Manfaatnya apa sih jika kalian menciptakan budaya kerja yang aman? ada beberapa manfaat ya guys yang bisa kalian dapatkan dari budaya tersebut yaitu diantaranya :

  • Peningkatan Produktifitas kerja
  • Menurunkan / bahkan meniadakan kecelakaan kerja
  • Meningkatkan kesadaran akan keselamatan
  • Menurunkan presentase pergantian pekerja ( resign / pemecatan )

Nah pertanyaannya bagaimana membangun budaya kerja tersebut. Langsung aja ya berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk menciptakan budaya kerja tersebut :

 

KOMUNIKASIKAN DENGAN JELAS TENTANG KESELAMATAN KERJA

Cara ini sangat perlu kalian lakukan sebagai cara kalian menyampaikan keinginan kalian kepada mereka. Sampaikan kepada mereka apa saja yang akan kalian toleransi dan apa saja yang akan kalian tegur kepada mereka.

Pimpin mereka dengan memberi contoh dengan sedikit penjelasan saat kalian memberikan contoh tersebut, kepada mereka. Cara ini bisa kalian lakukan serempak kepada semua pekerja, kemudian di beberapa hari kemudian ulangi penjelasan ini pada masing-masing pekerja yang kalian temui.

Dengan melihat anda memberikan contoh tersebut, akan besar kemungkinan mereka mengaplikasikannya juga. Karena dengan kalian mengunjungi mereka, maka mereka akan berfikir bahwa kalian akan sering mengunjungi mereka dikemudian hari.

Psikologi manusia itu ingin dilihat, dan tidak ada orang yang ingin dilihat jelek di depan pemimpinnya. Jadi otomatis mereka akan memperlihatkan apa yang kalian contohkan kepada mereka.

 

MENYEDIAKAN SEMUA KEBUTUHAN SAFETY

Kebanyakan para pekerja itu bekerja menggunakan alat-alat yang mereka punya pribadi. Jika kalian menyediakan lengkap semua peralatan safety untuk mereka gunakan tentunya akan membuat mereka lebih mudah untuk bekerja.

Dan tidak ada celah untuk mereka beralasan karena mereka tidak memiliki alat ini dan alat itu.

Dengan begitu, secara tidak langsung kalian sudah mencukupi kebutuhan kerja mereka dari sisi alat kerja dan alat safetynya. Tapi tak hanya sampai disitu ya guys.

Kalian harus membuatkan plang atau papan petunjuk menggunakan alat dan petunjuk kerja berupa gambar ( Bukan tulisan ). Karena gambar lebih mudah dipahami dan tidak membosankan untuk dilihat.

 

BUATLAH LAPORAN DAN CHECKLIST

Sebagai wujud pelaporan, maka laporan dan checklist sangat penting untuk menunjukkan keseriusan anda dalam melaksanakan prosedur budaya kerja aman ini. Tanpa adanya laporan dan checklist, maka para pekerja pasti akan meremehkan beberapa hal yang dirasa bisa mereka singkirkan.

Tetapi dengan adanya laporan dan checklist maka kalian akan membudayakan kebiasaan kerja seperti yang anda harapkan secara terus menerus. Dengan begitu akan membuat mereka merasa kerja seperti itu adalah budaya kerja yang wajar, bukan budaya kerja yang memberatkan.

Intinya konsisten ya guys,, karena saat tidak ada konsistensi maka nanti saat kalian mulai menerapkan hal ini lagi, nantinya akan ada omongan “ah ribet”, “ah ga penting”, dll.

Jadi konsistensi akan menghindari hal-hal tersebut ya guys.

 

JADWALKAN WAKTU PELATIHAN SECARA RUTIN / BERKALA

Pelatihan-Kerja-Aman-Sesuai-Standard

Pelatihan sangat penting untuk mempraktekkan langsung cara kerja dan budaya kerja yang kalian inginkan. Dengan melakukan pelatihan secara berkala, maka kalian tidak akan melewatkan pegawai-pegawai yang baru bergabung di tempat kerja anda.

Sangat rawan orang-orang yang melanggar budaya kerja itu adalah orang-orang yang baru bekerja. Jadi kalian harus menjaga orang-orang baru tersebut menerapkan budaya kerja yang ingin anda terapkan dengan melakukan pelatihan kerja ini terlebih dahulu.

Tidak hanya dikhususkan untuk orang baru saja ya guys,, orang lama juga butuh diingatkan untuk beberapa hal baru dan hal lama yang penting untuk dilakukan.

 

KESIMPULAN

Naahhh itu tadi ya guys beberapa cara untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan profesional versi dari tehniq.com. Dari beberapa poin yang sudah kami jelaskan maka dapat kami tarik kesimpulan bahwa :

  • Kalian perlu menyediakan kebutuhan kerja
  • Meninjau lokasi secara berkala dan mencontohkannya
  • Membuatkan mereka laporan & checklist
  • Pelatihan kerja

 

Oke jadi itu tadi ya yang bisa gw sampaikan buat kalian semua. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian yang ingin memulai kerja baru sebagai orang yang berbeda. Yaw dah mungkin kami pamit dulu ya,, Salam..!!

 

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *