MEMILIH MATA PISAU JIGSAW UNTUK POTONGAN LURUS DAN HALUS

By | April 12, 2023
Memilih-Mata-Pisau-Jigsaw-untuk-Potongan-Lurus-dan-Halus

Halo sobat tehniq setanah air.. Kalian pernah motong kayu pake jigsaw ga?? terus hasil potongannya kasar dan serat-serat kayunya pada terkelupas. Tau ga kenapa? ternyata hal tersebut terjadi karena teknik kalian kurang tepat dan mata pisau yang kalian gunakan itu salah. Untuk itu pada artikel kali ini gw mau bikin artikel tentang memilih mata pisau jigsaw untuk potongan lurus dan halus.

Tentunya jika kalian bisa langsung memotong dengan halus, maka nanti kalian tidak perlu 2 kali bekerja untuk menghaluskan ulang hasil potongan kalian. Dan jika kalian menghaluskan ulang ya otomatis ada bagian kayu yang terbuang, sehingga hal ini bisa menyebabkan terjadinya salah ukuran sekian mili.

Naahhh jangan sampe ya terjadi salah ukuran gitu,, karena hal tersebut akan mempengaruhi hasil kerja kalian nantinya.

Oke jadi langsung aja ya kita akan bahas tentang teknik dan mata pisau yang cocok untuk pemotongan halus dan lurus.

 

MATA PISAU JIGSAW UNTUK POTONGAN LURUS DAN HALUS

Ada jenis mata pisau khusus yang bisa kalian gunakan untuk potongan lurus dan halus. Jadi tidak akan merusak serat kayu yang kalian potong nantinya. Terus mata pisau yang seperti apa sih sebenernya yang bisa kita gunakan untuk jenis potongan lurus dan halus ini?

Berikut adalah beberapa jenis mata pisau jigsaw yang bisa kalian gunakan :

  • Ground Taper & Ground Teeth
  • Milled Wavy Set Teeth
  • Ground Reverse Set

Untuk penjelasan dan gambar dari masing-masing jenis mata pisau ini tentunya dapat kalian lihat pada poin-poin berikut ini.

 

GROUND TAPER & GROUND TEETH

Mata-Pisau-Gergaji-Ground-taper-ground-teeth

 

Jenis mata pisau yang pertama yaitu ground taper & ground teeth yang memiliki bentuk lurus dan stabil. Jarak antara masing-masing mata gergajinya sejajar tidak naik turun sehingga dapat menghasilkan hasil potongan yang halus.

Jadi bagi kalian membutuhkan hasil potongan yang lurus dan halus pada pemotongan jenis kayu-kayu halus dan empuk. Maka kalian dapat menggunakan jenis mata pisau ini untuk kalian gunakan.

 

MILLED WAVY SET TEETH

Mata-Pisau-Gergaji-Milled-wavy-set-teeth

 

Jenis mata pisau jigsaw yang kedua yaitu milled wavy set teeth. Mata pisau jenis ini sangat cocok untuk pemotongan yang lebih halus dan rapi. Sama seperti tipe sebelumnya ya,, jarak antara mata gergajinya rata. Bedanya ukuran mata gergaji pada bilah milled wavy set teeth ini lebih kecil, sehingga lebih mudah dalam memotong dengan hasil potongan yang halus.

Penggunaannya sendiri sama ya guys,, kalian bisa menggunakan mata pisau ini untuk pemotongan kayu-kayu halus dan empuk.

 

GROUND REVERSE SET

Mata-Pisau-Gergaji-Ground-reverse-set

 

Jenis mata pisau yang terakhir untuk kalian gunakan pada aplikasi pemotongan lurus dan halus yaitu ground reverse set. Bentuknya yang hampir sama dengan ground taper membuatnya dapat melakukan pemotongan lurus dan halus.

Perbedaannya yaitu dari arah mata gergajinya saja yang mengarah kedepan. Penggunaan dari mata pisau jigsaw tipe ini juga cocok untuk pemotongan kayu lunak dan tipis

 

TIPS TEKNIK MEMOTONG LEBIH RAPI

Kalian pernah gak motong pake jigsaw pada kayu yang dibagian atasnya keliatan rapi banget. Tapi ternyata dibagian bawahnya hancur. Jika kalian pernah mendapati hal tersebut tentunya disini adalah artikel yang tepat karena disini gw mau berbagi sedikit tips untuk memotong lebih rapi dan halus.

Berikut adalah sedikit tips buat kalian semua untuk mendapatkan potongan yang lebih halus dan rapi :

  • Menempelkan lakban pada bagian yang ingin dipotong
  • Menambahkan kayu tambahan dibagian atas dan disekrup pada kayu untuk melakukan pemotongan circle atau pemotongan bulat

Memotong-Melingkar-dengan-Mesin-Jigsaw

 

  • Menambahkan kayu untuk menghindari serat kayu yang keluar

Memotong-Lebih-Rapi-dengan-Mesin-Jigsaw

 

Naahhh itu tadi ya beberapa tips memilih mata pisau jigsaw untuk potongan lurus dan halus beserta sedikit tips memotong dengan mesin jigsaw. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.

Sampai disini dlu klo gitu ya.. Salam..!!

 

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *