APAKAH PENGELASAN BURUK BAGI KESEHATAN

By | March 23, 2023
Apakah-Pengelasan-Buruk-bagi-Kesehatan

Halo sobat tehniq setanah air.. Bagi kalian yang ingin menjadi seorang welder yang berkecimpung di dunia pengelasan, mungkin bertanya-tanya ya. Apakah profesi welder ini punya resiko atau tidak untuk jangka panjang? atau apakah pengelasan buruk bagi kesehatan saya? ataukah hal-hal lain yang masih mengganjal di pikiran kalian.

Karena sebenarnya banyak banget welder-welder di Indonesia yang sudah menjadi welder profesional hingga go internasional. Sering di panggil keluar negeri untuk bekerja sebagai pekerja part time, dan bahkan banyak juga yang sudah bekerja menjadi pegawai tetap di luar negeri.

Nah hal-hal seperti ini yang mungkin membuat profesi ini banyak di lirik anak-anak muda. Tapi ya itu tadi,, banyak pertanyaan-pertanyaan mereka yang belum terjawab akan profesi ini.

Untuk itu gw pengen menjelaskan ke kalian semua berbagai hal-hal terkait beberapa pertanyaan kalian tersebut. Berikut ini adalah beberapa penjelasan yang bisa kalian baca ya terkait memilih profesi menjadi seorang welder.

 

APAKAH PROFESI WELDER PUNYA RESIKO & BURUK BAGI KESEHATAN

Apa sih pengelasan itu? pengelasan adalah kegiatan untuk menyambungkan 2 logam menjadi satu kesatuan. Dan pengelasan ini sangat berguna untuk membangun dan membuat sesuatu, sehingga sangat cocok di bidang konstruksi dan manufaktur.

Nah pertanyaannya apakah profesi ini memiliki resiko & apakah pengelasan buruk bagi kesehatan? Sebenarnya kita tau ya,, semua pekerjaan pasti punya yang namanya resiko,, tetapi resiko itu bisa dihindari tergantung dari kalian semua bekerjanya seperti apa.

Pun hal ini berlaku untuk seorang welder ya,, sebenarnya kalian bisa menghindari apapun resiko dari menjadi seorang welder. Tapi sebenarnya apa aja sih resikonya menjadi seorang welder yang bandel??

  • Luka bakar
  • Sakit Mata
  • Tersengat Listrik
  • Gangguan Pernafasan

Nah ada 4 resiko yang umumnya terjadi pada dunia pengelasan jika kalian meremehkan ataupun lalai.  Dan masing-masing resiko tersebut akan kami jelaskan lebih rinci kenapa resiko tersebut dapat terjadi pada dunia pengelasan.

 

LUKA BAKAR

Kegiatan pengelasan sangat beresiko luka bakar jika terkena kulit secara langsung. Hal ini dapat terjadi karena dalam pengelasan itu menggunakan api dan logam yang membuat adanya cipratan api yang sangat panas.

Cipratan api dan suhu pengelasan yang panas dapat membuat luka bakar jika terpapar kulit secara langsung dan terus menerus. Untuk itu kalian membutuhkan pelindung yang tahan terhadap api baik diarea wajah, tangan, badan ataupun kaki kalian.

Beberapa alat yang wajib kalian gunakan untuk melindungi diri kalian dari resiko luka bakar saat pengelasan yaitu :

  • Helm Las / Kedok Las
  • Sarung Tangan Las
  • Sepatu
  • Apron / baju wearpack

Jika kalian melindungi diri kalian menggunakan 4 benda tersebut, insyaa Allah kalian akan terhindar dari resiko luka bakar.

 

SAKIT MATA

Resiko yang kedua yang bisa terjadi pada kegiatan atau profesi pengelasan yaitu sakit mata. Hal ini sangat umum terjadi pada dunia pengelasan diakibatkan 2 hal yaitu cahaya las dan asap las yang terpapar langsung kemata kalian dan asap las tadi terhirup dan terpapar juga ke mata.

Ciri-ciri dari terkenanya kalian gejala ini yaitu mata terasa bengkak, gatal, merah dan seperti terasa ada benda yang masuk ke dalam.. Jika kalian merasakan hal tersebut mending kalian langsung istirahat dan segera mengompres mata kalian ya.

Sakit mata karena pengelasan bisa kalian hindari ya guys. Kalian dapat menyiapkan beberapa peralatan ini untuk menghindari resiko sakit mata karena pengelasan :

  • Helm las / Kedok las
  • Kacamata safety
  • Masker safety

Gunakan-Kacamata-Safety-yang-Berkaret

Gunakan-Masker-Safety

Nah cukup dengan 3 alat tersebut, kalian sudah bisa menghindari yang namanya sakit mata karena las ya guys. Dan perlu kalian perhatikan juga, kacamata safety yang seperti apa. Kalian bisa menggunakan kacamata safety yang kedap udara yang memiliki karet penutup seperti gambar diatas.

Karet tersebut berfungsi untuk menahan agar asap tidak mengenai mata. Dan untuk masker harus yang tertutup seperti gambar diatas ya. Jangan menggunakan masker kesehatan yang biasa digunakan di bidang kedokteran. Karena masker tersebut tidak dapat melindungi kalian dari asap las.

 

TERSENGAT LISTRIK

Hal ketiga yang dapat terjadi jika kalian melakukan pengelasan dengan ceroboh yaitu terkenanya sengatan listrik. Seorang welder sering bekerja di daerah dengan saluran tegangan tinggi, karena memang mesin las membutuhkan listrik dengan daya listrik tinggi.

Dan selain itu aplikasi pengelasan sangat umum di bidang konstruksi dan manufaktur yang membutuhkan listrik bertegangan tinggi. Untuk dapat menghindari hal ini kalian bisa menggunakan beberapa peralatan yaitu :

  • Mesin las dengan teknologi short circuit
  • Sepatu safety dengan alas karet

Nah dua hal tersebut akan dapat melindungi kalian dari listrik jika terjadi konsleting. Mesin las dengan teknologi short circuit dapat mendeteksi secara dini jika terjadi konsleting, dan akan mati secara otomatis arus listriknya.

Sedangkan sepatu safety dapat mencegah adanya listrik pada area yang kalian injak, sehingga kalian tidak dapat tersengat listrik secara langsung.

 

GANGGUAN PERNAFASAN

Yang terakhir yaitu pengelasan memiliki resiko gangguan pernafasan jika kalian menghirup asapnya secara terus menerus dalam jangka waktu tahunan. Maksudnya disini yaitu jika kalian bekerja tanpa pelindung selama bertahun-tahun, maka lama kelamaan kalian akan mengalami gangguan pernafasan.

Gejala yang bisa terjadi pada pernafasan kalian biasanya seperti asma dan radang paru. Tentunya penyakit ini dapat kalian hindari ya saat melakukan pengelasan. Dan perlu kalian ketahui, penyakit tersebut muncul karena asap las mengandung berbagai partikel dari material logam dan karbon yang sangat berbahaya untuk kesehatan paru-paru kalian.

Untuk itu jangan meremehkan asap las guys,, penting kalian menggunakan beberapa alat-alat ini untuk mencegah asap terhirup ke paru-paru kalian :

  • Masker Safety
  • Kipas / sirkulasi udara

Penggunaan masker sangat penting karena dapat menahan asap las masuk terhirup hidung kita. Dan masker yang kami maksud sudah kami sampaikan pada poin sebelumnya ya. Tidak boleh masker sembarangan ya guys.

Untuk kipas sendiri juga sangat penting saat kalian bekerja diruang tertutup atau sirkulasi udara yang kurang bagus. Asap las harus terurai udara dengan cepat saat kita melakukan pengelasan, sehingga sangat kecil kemungkinan bersentuhan dengan pernafasan kita.

 

KESIMPULAN APAKAH PENGELASAN BURUK DAN BERESIKO TINGGI?

Dari beberapa hal yang sudah kami sampaikan diatas, maka dapat kita tarik kesimpulan ya. Memang pengelasan memiliki resiko bagi diri dan kesehatan kalian pada pekerjaan jangka panjang. Karena memang semua pekerjaan memiliki resiko masing-masing.

Tetapi hal tersebut bisa kalian cegah dan hindari dengan menggunakan beberapa alat berikut ini :

  • Kacamata Safety
  • Helm Las
  • Masker Safety
  • Sarung Tangan las
  • Wearpack / apron
  • Sepatu safety
  • Kipas / sirkulasi udara yang baik

 

Naahh itu tadi ya beberapa hal yang bisa gw sampaikan kepada kalian untuk menjawab pertanyaan Apakah pengelasan buruk bagi kesehatan kalian. Semoga artikel yang gw buat ini dapat bermanfaat ya buat kalian semua..

Akhir kata gw undur diri dulu nih.. Salam…!!

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *