11 JENIS MESIN BOR DAN KEGUNAANNYA

By | November 18, 2021
Thumbnail-11-Jenis-Mesin-Bor-dan-Kegunaannya

Halo sobat tehniq setanah air.. gimana nih kabarnya?? semoga pada sehat ya.. Amiinn.. Langsung aja ya, jadi kali ini kami mau membahas tentang 11 jenis mesin bor dan kegunaannya. Jadi bor digunakan untuk apa aja?? terus jenisnya ada apa aja.. Tentunya perlu kalian ketahui ya,, buat nambah-nambah ilmu kita aja.. Siapa tau ada alat bor yang ternyata kalian butuhkan.

 

Oke jadi disini gw mau membagi jenis mesin bor ini kedalam dua kategori ya, yaitu :

  • Tenaga penggeraknya
  • Kegunaannya

 

JENIS MESIN BOR BERDASARKAN TENAGA PENGGERAKNYA

Untuk jenis mesin bor berdasarkan tenaga penggeraknya itu ada 3 jenis yaitu :

  1. Cordless ( Baterai )
  2. Listrik langsung ( Kabel )
  3. Manual ( Tenaga manusia )
  4. Bensin

 

Jenis-Mesin-Bor-berdasarkan-penggeraknya

 

CORDLESS ( BATERAI )

Jenis Mesin bor berdasarkan tenaga penggeraknya yang pertama yaitu Cordless. Mesin bor ini digerakkan dengan tenaga listrik yang sumbernya didapatkan dari baterai. Penggunaan mesin bor ini terbatas waktu, karena jika baterai habis, maka kalian perlu mengecasnya terlebih dahulu agar mesin bor dapat digunakan lagi.

Kecuali kalo kalian punya 2 baterai cadangan atau lebih ya,, Tentunya kalian bisa lebih produktif kalo punya baterai cadangan.. Satu dipake dan satunya lagi dicas..

 

LISTRIK LANGSUNG ( KABEL )

Yang kedua yaitu jenis mesin bor yang umum kalian lihat ya. Sumber tenaganya didapat dari listrik, jadi penggunaannya bisa non stop semau kalian. Tapi jangan lama2 juga,, kasian mesinnya panas. Hehehe.

Kekurangan dari mesin bor ini sih saat ga ada listrik di tempat kalian bekerja ya pasti kalian ga bisa kerja ya.

 

MANUAL TENAGA MANUSIA

Jenis mesin bor yang ketiga yaitu mesin bor manual yang menggerakkannya menggunakan tenaga manusia. Kelebihan dari mesin bor ini tentunya tidak membutuhkan biaya listrik dan tidak membutuhkan sumber listrik ya. Cm butuh sumber pangan aja buat tukangnya biar ada tenaga buat ngebor.. wekekekek..

Kekurangannya ya pastinya ada di tenaga manusianya sendiri ya.. kalo capek ya udah nunggu dulu istirahat dulu baru nanti lanjut kerja lagi.

 

BENSIN

Jenis bor berdasarkan tenaga penggeraknya yang terakhir yaitu menggunakan tenaga bensin. Karena menggunakan bensin tentunya tenaganya ga main-main ya. Dan memang jenis mesin bor ini lebih digunakan untuk pengeboran tanah untuk mencari sumber air ataupun untuk menanam sesuatu didalam tanah.

 

 

11 JENIS MESIN BOR BERDASARKAN KEGUNAANNYA

Setelah kita membahas tentang mesin bor berdasarkan tenaga penggeraknya, maka selanjutnya adalah inti pembahasan dari artikel ini ya. Yaitu 11 jenis mesin bor dan kegunaannya, jadi disini kita akan membahas mesin bor berdasarkan fungsinya saat digunakan. Dan gw mulai dari yang manual dulu.

Langsung aja akan kami jelaskan satu persatu pada poin dibawah ini.

 

1. HAND DRILL

Jenis-Mesin-Bor-Eggbeater-Hand-Drill

 

Bor yang pertama yaitu Hand drill atau sering disebut di Indonesia dengan sebutan bor manual. Alat bor ini masih sangat sederhana karena masih menggunakan tenaga tangan manusia untuk pemutaran mesinnya. Selain itu, tekanan yang dikeluarkan tangan juga akan mempengaruhi kecepatan bor alat ini nantinya. Jadi intinya selain menggunakan tenaga tangan, tekanan tangan juga sangat penting untuk penggunaan alat ini.

 

2. RATCHET DRILL

Ratchet-Drill

 

Jenis bor yang kedua yaitu ratchet drill yang juga masih disebut dengan sebutan bor manual. Tapi kegunaan dari alat bor ini lebih diperuntukkan ke kayu, karena tumpuannya yang kurang membuatnya kurang dapat memberi tekanan pada objek yang lebih keras. Jadi ga kaget ya kalo kalian bakalan ngeliat alat ini di dunia perkayuan atau di workshop pengrajin kayu.

 

3. CORDED DRILL

Mesin-bor-Corded-Drill

 

Masuk kedalam kategori bor yang menggunakan tenaga listrik untuk penggeraknya. Yaitu jenis mesin bor yang ketiga adalah corded drill. Mesin bor ini menggunakan tenaga listrik untuk pengeborannya, dan biasanya penggunaannya terbatas untuk besi, kayu dan tembok. Ukuran maksimal mata bor yang digunakan juga biasanya hanya sampai 10 mm saja.

 

4. IMPACT DRILL

Mesin-Bor-Impact-Drill

 

Masih tergolong mesin bor corded, tetapi mesin bor ini ditambahi dengan fitur impact. Artinya bukan hanya memutar mata bor, tetapi ditambah dengan hentakan atau dentuman maju dan mundur. Fitur ini dibuat agar mata bor dapat menembus tembok beton yang keras karena bantuan tenaga putar dan hentakan tersebut. Ukuran mata bor impact drill sendiri biasanya hingga 13 mm. Kalian bisa memilih diaktifkan atau tidak fitur impactnya ya.

 

5. ROTARY HAMMER

Mesin-Bor-Rotary-Hammer-Drill

 

Jika impact drill memiliki 2 fitur yaitu putaran dan disertai dengan hentakan. Maka rotary hammer dibekali 3 fitur yang dapat membuat bor ini semakin lengkap kegunaannya. Fitur ketiga yang dimiliki rotary hammer ini yaitu fitur dentuman saja tanpa ada putaran. Jadi fitur putaran biasa, putaran dengan dentuman dan fitur dentuman saja. Kegunaan fitur ini dikhususkan untuk membobok tembok yang ingin direnovasi atau bisa juga membobok keramik. Untuk ukuran mata bornya sendiri biasanya dapat menggunakan hingga 26 mm.

 

6. CORDLESS DRILL

Cordless-Drill

 

Seperti yang sudah kami jelaskan pada jenis mesin bor diawal pembahasan ya,, ada yang namanya cordless drill yang artinya menggunakan tenaga baterai untuk penggerak mesinnya. Dan cordless drill sendiri memiliki banyak varian ya baik itu mesin bor biasa, impact drill ataupun rotary. Untuk penggunaan dan ukuran mata bor maksimalnya kurang lebih sama dengan versi listriknya. Bedanya hanya dari sisi tenaga penggeraknya saja yaitu dari listrik baterai dan dapat digunakan kapanpun dimanapun tanpa adanya aliran listrik.

 

7. EARTH AUGER

Mesin-Bor-Tanah-Earth-Auger-Machine

 

Jenis mesin bor yang ketiga yaitu earth auger atau mesin bor tanah yang menggunakan tenaga penggerak bensin. Mesin bor ini adalah mesin bor dengan penggunaan khusus ya karena hanya digunakan untuk membuat lubang pada tanah. Karena dibutuhkan tenaga yang besar untuk membuat lubang besar pada tanah, maka mesin ini diberi pasokan tenaga dengan mesin berbahan bakar bensin.

 

8. MAGNETIC DRILL ( BOR MAGNET )

Magnetic-Drill-Mesin-Bor-Magnet

 

Selanjutnya yaitu mesin bor magnet yang memiliki magnet berukuran besar dibagian alasnya. Magnet ini sendiri bisa diaktifkan dan bisa di non aktifkan. Jadi saat magnet aktif maka mesin bor ini dapat melakukan pengeboran dengan posisi apapun baik itu vertikal ataupun horizontal. Asal memiliki alas dasar yang terbuat dari besi, maka mesin bor ini dapat ditempelkan walaupun menghadap atas sekalipun. Karena menggunakan magnet, jadi kegunaannya sendiri khusus untuk mengebor besi ya guys.

 

9. FLOOR DRILL PRESS ( BOR DUDUK )

Mesin-Bor-Duduk-Floor-Drill-Press

 

Jenis mesin bor yang ke 9 yaitu Bor duduk atau floor drill press. Sesuai dengan namanya, mesin bor ini diletakkan dilantai ataupun meja dan tidak memiliki magnet. Tetapi bagian alas benda kerja dapat di putar dengan sudut tertentu. Penggunaan mesin bor jenis ini biasanya digunakan untuk pengeboran pada besi dan kayu yang ingin dibuat menjadi sesuatu.

 

10. MILL DRILL

Mill-Drill-Machine

Selanjutnya yaitu mesin mill drill. Fungsinya hampir sama dengan drill press dan bor magnet ya. Tapi bedanya mesin ini bisa lebih flexible, karena alasnya dapat digerakkan sesuai kebutuhan kita. Jadi kita dapat melakukan pengeboran pada beberapa titik, tanpa perlu menggeser-geser objek yang di bor. Alat ini dilengkapi dengan pengukuran kedalaman fitur lainnya yaitu tapping dan milling.

Jadi dengan satu alat ini, anda dapat menggunakannya untuk berbagai hal yang berhubungan dengan pengerjaan besi.

 

11. RADIAL DRILL

Radial-Drill

 

Jenis mesin bor yang terakhir yaitu radial drill. Mesin ini adalah versi besar dari mill drill diatas ya. Dan tentunya dengan keunggulan fitur dan juga tenaga yang lebih besar, serta dapat mengerjakan objek yang lebih tebal dan besar juga. Karena sama seperti mill drill, jadi mesin radial drill ini juga dapat anda gunakan untuk drill, tapping dan juga milling ya.

 

Wuuhh.. lumayan capek juga ya ngetiknya.. Jadi itu tadi ya beberapa 11 jenis mesin bor dan kegunaannya. Tentunya informasi ini yg terlengkap ya buat kalian dapetin. Karena menurut research yang gw cari sih memang rata-rata pembahasannya ga sampe sebanyak ini ya.

 

Intinya semoga informasi yang gw sampaikan ke kalian ini dapat kalian pahami dan jadikan referensi sumber informasi kalian semua. Dan pastikan kalian menggunakan jenis mesin bor yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Jangan pernah ngakalin mesin bor kalian untuk melakukan sesuatu hal yang bukan untuk jenis mesin bor tersebut. Karena hanya akan mengurangi hasil kerja dan kualitas kerja kalian. Dan yang paling utama dapat mencelakai kalian karena terkadang menggunakan alat yang tidak tepat akan membahayakan diri dan orang lain.

 

Oke jadi itu tadi ya informasi yang bisa kami bagikan ke kalian semua.. Semoga informasi ini berguna buat kalian semua. Dan inget selalu terapkan 5M di semua kegiatan kalian sehari-hari..

Sehat selalu dan Salam..!!

 

BACA JUGA :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *