PERBEDAAN MESIN BOR BETON DAN BESI

By | May 19, 2020

Halo hai hai sobat tehniq setanah air.. Bagi kalian yang kerja di bidang konstruksi tentunya tau ya mesin bor itu kegunaannya untuk apa. Tapi taukah kalian ada 2 jenis mesin bor yang umum digunakan yaitu bor beton dan besi. Udah tau belum bedanya? Nah pada artikel ini kami ingin menjelaskan tentang perbedaan mesin bor beton dan besi ya. Tapi bukan dari sisi kegunaan, melainkan dari sisi cara kerjanya.

 

Karena tentunya kalo dari sisi kegunaannya ya udah jelas mesin bor beton ya bisa digunakan untuk mengebor beton. Dan mesin bor besi ya bisa digunakan untuk besi. Hehehe

 

Tapi ga papa lah kami bahas dikit juga kegunaannya, karena bukan cuma bisa buat ngebor satu macem aja. Jadi kayanya kami jelasin dikit aja ya buat tambahan di artikel ini aja sama nambah-nambah pengetahuan kalian.

 

Oke jadi dari sisi kegunaan mesin Bor Beton bisa digunakan untuk mengebor :

  • Beton
  • Tembok pasir
  • Kayu
  • Besi

 

sedangkan untuk mesin bor besi sendiri bisa digunakan untuk mengebor :

  • Besi
  • Kayu
  • Tembok pasir

 

Bisa kalian lihat ya perbedaannya, untuk mesin bor beton memiliki keunggulan yaitu dapat mengebor beton yang tidak dapat dilakukan dengan mesin bor besi. Dan dari sisi kecepatan pengeboran juga lebih cepat mesin bor beton ya tentunya.

 

Hal ini disebabkan perbedaan tenaga dan juga kecepatan putar dari mesin bor ini. Berat mesin bor juga mempengaruhi kecepatan pengeboran tentunya. Karena mesin bor beton cenderung lebih berat bobotnya ketimbang mesin bor besi.

 

Jadi bagi kalian yang pengen beli mesin bor, tolong diperhatikan dulu kebutuhan kalian dengan fungsi dari mesin bor itu sendiri. Jangan sampai kalian salah beli mesin bor hanya karena melihat harga yang murah ya. Kata-kata sales juga kadang menyesatkan soalnya. Hehehe

 

Suka terhasut seperti korban gendam dan hipnotis di tipi-tipi.. Wekekek

 

 

PERBEDAAN MESIN BOR BETON DAN BESI

Oke jadi itu tadi sekelumit perbedaan mesin bor beton dan besi dari sisi kegunaannya. Dan sedikit penjelasan tentang kecepatan putar ( RPM ) dan bobotnya. Semoga penjelasan tersebut cukup memberikan informasi yang bermanfaat buat kalian.

 

Selanjutnya yang akan kami bahas disini yaitu perbedaan mesin bor beton dan besi dari sisi cara kerjanya ya. Nah pada penjelasan ini barulah nanti akan terlihat mengapa mesin bor beton dapat mengebor beton sedang mesin bor besi tidak dapat melakukannya.

 

Padahal keduanya sama-sama sebuah mesin bor, dan cara mengebornya pun sama.

 

Nah jadi sebelum kami menjelaskan perbedaan mesin bor beton dan besi dari sisi cara kerjanya. Pertama-tama gw pengen jelasin cara kerja mesin bor itu sendiri.

 

Mesin bor bekerja dengan 2 gear atau gerigi dengan arah yang berbeda. Poros utama pergerakan dari mesin bor merupakan gear yang ada pada motornya atau armaturenya. Saat poros utama berputar dari energi listrik, maka gear pada poros tersebut akan menggerakkan gear bagian depannya.

 

Maksud gear depan ini yaitu gear yang terhubung dengan kepala mata bor. Jadi sampai disini gw rasa cukup jelas ya guys. Intinya gear pertama bergerak untuk menggerakkan gear kedua.

 

PERBEDAAN CARA KERJA MESIN BOR BETON DAN BESI

Nah itu tadi ya cara kerja mesin bor secara umum. Dan kali ini kami akan menjelaskan tentang perbedaan cara kerja mesin bor beton dan mesin bor besi biar lebih terlihat jelas perbedaannya.

 

Yang pertama yang mesin bor besi. Mesin bor besi ini cara kerjanya sama dengan mesin bor secara umum ya. Karena jenis mesin bor besi adalah jenis mesin bor yang umum.

 

Dan untuk mesin bor beton cara kerjanya agar berbeda. Secara umum cara kerjanya tetap sama ya yaitu dengan memanfaatkan 2 putaran gear yang berbeda. Bedanya ada di bagian kepala mata bornya atau chuck mata bornya.

 

Didalamnya terdapat per spiral yang akan ditarik kedalam pada setiap putaran mata bornya. Dan saat pada titik tertinggi maka per akan terhempas dan memberikan hentakan pada mata bornya. Nah sampai disini gw rasa cukup jelas ya.

 

Jadi intinya cara kerja mesin bor beton yaitu dengan memanfaatkan putaran gear dan hentakan dari per spiral di bagian dalam kepala chucknya. Hal inilah yang membuat mesin bor beton dapat mengebor beton dan mengebor benda lainnya dengan cepat.

 

Pukulan pada setiap putarannya membuatnya dapat menghancurkan objek didepannya dengan cepat. Ditambah dengan putaran RPM yang tinggi, membuat gabungan pukulan dan putaran semakin membuatnya dapat bekerja dengan cepat.

 

Cara-Kerja-Mesin-Impact-Wrench

 

Gambar diatas adalah gambar dari website www.popularmechanics.com. yang telah kami pelajari. Tapi bedanya gambar tersebut adalah cara kerja dari impact wrench.

 

Nah bisa kalian lihat ya, dibagian dalam terdapat per spiral yang menghempaskan roda didepannya agar memiliki kekuatan pukul.

 

 

KESIMPULAN

Jadi gitu ya guys.. Tentunya sekarang bisa mengetahui perbedaan mesin bor beton dan besi baik dari kegunaannya maupun dari cara kerjanya ya. Pastinya sekarang kalian ga bakal salah beli mesin bor yang sesuai dengan kebutuhan kalian dong.

 

Jangan sampe salah beli ya guys, sayang uang, sayang waktu dan sayang tenaga kalian. Apalagi sampe kepikiran, wah makin stress lagi tuh.

 

Yaw dah gw rasa cukup sampai disini kali ya artikel dari kami ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *