CIRI MESIN BOR LISTRIK YANG BAGUS

By | May 29, 2020

Halo sobat tehniq setanah air.. Gimana nih kabar kalian semua?? semoga baik-baik aja.. Dan semoga pandemi virus korona ini segera berakhir, agar kita semua dapat aman dan beraktifitas normal lagi. Oke itu tadi sedikit wejangan dari gw ya.. Dan sekarang pada artikel ini, kami ingin membagikan informasi tentang ciri mesin bor listrik yang bagus untuk kalian semua.

 

Fungsinya ya agar kalian bisa mandiri dan memilih sendiri mesin bor yang bagus. Jadi kalian ga perlu bertanya pada orang lain ataupun bertanya pada sales marketing yang berjualan di toko mesin bor yang kalian kunjungi. Apalagi nanya sales,, kalo sales mah yang penting produknya ke jual. Komplain mah belakangan.. Hehe

 

Nah kalo kalian bisa milih sendiri kan enak. Nanti kalian ga akan terpengaruh sama sales-sales yang nawar-nawarin barang disitu. Karena kalian udah punya patokannya dari kami.

 

Boleh sih percaya sama sales.. Tapi kalian juga harus cek ya spesifikasi dari mesin bor yang akan kalian beli. Jadi agar kalian dapat lebih yakin dalam memilih mesin bor yang akan kalian beli tersebut. Hehe

 

Oia sebelumnya kami beritahu dulu ya.. Apa yang kami sampaikan disini adalah menurut pengalaman kami, jadi informasi ini adalah versi tehniq.com ya. Bagi kalian yang merasa informasi ini kurang cocok dengan pendapat kalian harap dimaklumi ya.

 

Karena memang kami membuat artikel berdasarkan pengalaman kami saja.

 

 

CIRI MESIN BOR LISTRIK YANG BAGUS

Oke kalo gitu,, itu tadi sedikit penjelasan dan pembukaan dari kami ya terkait apa yang kami terapkan pada artikel ini. Dan selanjutnya kita akan masuk pada inti dari artikel ini yaitu pembahasan tentang ciri mesin bor listrik yang bagus.

 

Apa aja cirinya?? Ada 3 hal yang perlu kalian perhatikan dalam memilih mesin bor listrik yang bagus. Berikut adalah 3 poin yang bisa kalian hafalkan dan kalian jadikan acuan jika memang sesuai dengan keinginan kalian.

 

1. HARGA

Ciri-Mesin-Bor-Listrik-yang-Bagus-Harganya

 

Kalo kita berbicara makanan, boleh lah kita bandingin makanan satu dengan yang lain dari sisi harganya. Karena dalam makanan sendiri, harga makanan tidak akan mempengaruhi rasa dari makanan itu sendiri. Yang mempengaruhi rasa itu koki atau si pemasaknya dong.

 

Sedangkan harga mungkin bisa mempengaruhi jumlah ikannya atau lauknya, ataupun porsinya. Nah hal tersebut bisa jadi membuat harga makanan yang satu dengan yang lain berbeda harga. Ada juga faktor lokasi yang sangat strategis sehingga bayar kontrakannya mahal.

 

Jadi si penjual naikin harga makanannya. Hmmm kok bahas makanan terus nih.. Laper kayanya.

 

KESIMPULAN HARGA

Oke jadi itu tadi kalo kita bicara makanan ya. Beda halnya dengan power tools yang dalam hal ini adalah mesin bor ya. Pada power tools, harga sangat mempengaruhi spare part atau komponen didalamnya. Karena pada alat listrik, komponen dalam bisa mempengaruhi kualitas dari mesin tersebut.

 

Dan semakin bagus komponen tentunya semakin mahal juga harganya. Contohnya gini : mesin bor kan pake kawat gulungan tuh. Jadi ada kawat gulung tembaga dan ada kawat gulung alumunium. Kawat gulung tembaga lebih bagus ketimbang kawat gulung alumunium karena dapat bertahan lebih lama dan dapat bekerja pada daya listrik besar.

 

Tapi harga kawat tembaga ga bisa bohong ya, kawat tembaga tentunya lebih mahal ketimbang alumunium. Jadi faktor harga tersebut tentunya akan mempengaruhi kualitas dari mesin bor ini juga secara tidak langsung.

 

Kenapa kami tidak menyebutkan saja mesin bor yang bagus itu yang kawat gulungnya tembaga? ga mungkin dong kalian bongkar mesinnya terus kalian potong kawatnya. Yang ada kalian digorok sama yang punya toko.. Hehehe.. Kalo tanya sales pun belum tentu benar karena mereka biasa menghalalkan segala cara agar produk yang dijual laku.

 

Maka dari itu yang kami jadikan acuan disini adalah harga mesin bor itu sendiri. Jangan beli mesin bor yang murahan atau harganya dibawah banget, karena hal tersebut akan mempengaruhi komponen didalamnya. Yang artinya mesin bor tersebut tidak bagus.

 

Tapi bukan berarti kalian harus beli yang mahal ya.. Paling tidak belilah harga pertengahan karena kemungkinan kawat gulung didalamnya adalah tembaga atau campuran tembaga.

 

 

2. SERVICE CENTER

Ciri-Mesin-Bor-Listrik-yang-Bagus-Kelengkapan-Service-Center

 

Ciri mesin bor listrik yang bagus setelah kalian melihat harganya yaitu tanyakan kelengkapan service centernya. Kenapa service center?

 

Karena service center merupakan hal yang sangat penting bagi alat-alat listrik seperti mesin bor ini. Jika mesin bor kalian mengalami kerusakan, maka kalian harus ke service center. Dan percuma kalian beli mesin bor mahal tapi ternyata di kota tempat kalian tinggal, tidak ada service center merk mesin bor kalian.

 

Terus mesin bornya mau dikemanain? ujung-ujungnya dibuang. Sedih banget kan.

 

Dan hal kedua yang bisa kalian jadikan acuan terkait service center adalah perusahaan produsen mesin bor itu sendiri. Perusahaan besar yang notabene sudah terkenal dan sukses dengan produknya pasti selalu mengembangkan sayap dengan membuka cabang baru diseluruh wilayah Indonesia.

 

Nah saat kalian menemukan mesin bor dengan harga yang bagus dan juga service center yang lengkap. Tentunya dapat dipastikan mesin bor tersebut adalah mesin bor bagus. Karena tidak mungkin perusahaan besar menurunkan kualitas barang yang diproduksinya.

 

Hal tersebut malah akan merusak rating dari perusahaan itu sendiri. Gak mungkin mereka mau merusak rating yang sudah mereka bangun selama ini hingga menjadi perusahaan besar.

 

Jadi itu ciri yang kedua ya, pastikan service center mesin bor yang akan kalian beli tersebut memiliki lokasi yang lengkap diseluruh pulau dan wilayah kota besar di Indonesia.

 

 

3. POWER

Ciri-Mesin-Bor-Listrik-yang-Bagus-Powernya

 

Ciri mesin bor listrik yang bagus yang ketiga dan yang terakhir yaitu powernya. Jadi kalian harus memperhatikan powernya ya guys. Power disini dibagi menjadi 3 hal yaitu diantaranya :

  • Konsumsi Daya Listrik
  • Torsi
  • RPM

 

Ketiga hal tersebut sudah urut ya. Jangan di bolak balik, biar kalian bisa lihat dengan cepat. Karena poin nomor 3 akan bagus jika 2 nomor diatasnya bagus. Makanya kami letakkan dipaling bawah.

 

Oke langsung aja ya penjelasannya.

 

KONSUMSI DAYA LISTRIK

Jangan terkecoh dengan daya listrik mesin bor yang kecil ya. Karena sebenarnya konsumsi daya listrik yang kecil menandakan kekuatan dari mesin bor itu sendiri. Karena logika kerja mesin bor adalah semakin dia mengalami tekanan, maka daya listrik yang dikonsumsi semakin besar.

 

Nah saat konsumsi daya listrik melebihi spesifikasi yang tertera, tentunya mesin tersebut bekerja lebih berat dari biasanya. Atau dengan kata lain overload atau kelebihan tekanan. Jika sampai terjadi hal tersebut maka kumparan bisa terbakar dan mesin mati total.

 

Sedangkan mesin bor dengan daya listrik yang besar memiliki power yang besar pula, dalam hal ini adalah torsi. Jadi saat mengalami tekanan, torsi akan meledak dan melawan sehingga mesin dapat bertahan walaupun konsumsi listriknya membesar.

 

 

TORSI

Seperti yang udah kami jelaskan diatas ya. Torsi disini adalah kemampuan dari mesin untuk terus berputar walaupun mengalami tekanan. Makanya disimbolkan dengan Nm atau singkatan dari newton meter.

 

Jadi newton ini sendiri bersifat seperti energi dari mesin itu sendiri yang meledak-ledak dan selalu memberikan perlawanan. Untuk itu semakin besar torsi biasanya semakin besar daya listrik yang dikonsumsi dan semakin jago juga mesin bor kalian.

 

Tapi sayangnya nilai torsi ini sendiri jarang ditampilkan di spesifikasi mesin bor. Jadi yang harus kalian jadikan acuan saat nilai torsi tidak dicantumkan adalah daya listrik yang dikonsumsi ya. Balik lagi ke poin nomor satu. Jika daya listrik kecil tentunya torsi pun kecil dan semakin lemah juga power mesin bor tersebut.

 

 

RPM

Ciri mesin bor listrik yang bagus yang terakhir ini sebenarnya tidak terlalu dapat dijadikan acuan ya. Karena percuma jika nilai RPM tinggi tetapi tenaganya lemah. Yang adanya malah ngempos dan mesin jebol.

 

Jadi intinya setelah kalian memilih kedua hal diatas yaitu daya listrik dan torsi, maka selanjutnya kalian lihat nilai RPMnya ya. Jika ada RPM yang lebih tinggi ya berarti kalian bisa pilih yang itu. Tapi jika memang tidak ada tidak apa-apa.

 

Karena kedua hal tadi sudah cukup untuk membantu kalian mengebor dengan cepat. Hanya saja nilai RPM yang tinggi akan membantu kalian mengebor lebih cepat lagi.

 

 

Okee jadi itu tadi ya ciri mesin bor listrik yang bagus yang perlu kalian perhatikan. Pastikan kalian menghafalkan ketiga hal tadi ya. Tapi kalo digabungin sih benernya 5 poin, hehehe..

 

Yaw dah kalo gitu kami pamit dulu kalo gitu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *