SEJARAH PENEMUAN DONGKRAK HIDROLIK

By | May 25, 2022
Sejarah-Penemuan-Dongkrak-Hidrolik

Halo sobat tehniq setanah air,, seperti kita semua tau ya bahwa semua barang yang kita punya saat ini itu pasti punya sejarah. Khususnya sejarah terkait penciptaannya atau pembuatannya. Nah pada artikel kami kali ini, kami ingin berbagi tentang sejarah penemuan dongkrak hidrolik pertama kali. Tentunya ada kisah menarik yang bisa kalian dapat dari artikel ini nantinya.

Tapi sebelum kita masuk, saya mau kasih intro dulu tentang dongkrak ini sendiri. Jadi pengertian dongkrak hidrolik adalah alat pengangkat yang menggunakan sistem hidrolik. Sistem hidrolik sendiri yaitu sistem yang dimana menggunakan bantuan cairan atau fluida yang menekan dan menghasilkan dorongan. Dorongan itulah yang membuat benda bisa terangkat hingga batas yang dimiliki dongkrak tersebut.

 

SEJARAH AWAL PENEMUAN DONGKRAK HIDROLIK

Jadi penemuan dongkrak hidrolik sendiri awalnya dibuat dan ditemukan sekitar 2 abad yang lalu. Tapi bukan langsung menggunakan sistem hidrolik melainkan masih manual. Manual disini maksudnya menggunakan sistem seperti skrup yang bergerak keatas kebawah.

 

Dongkrak-Hidrolik-Jaman-Dahulu

 

Tentunya sistem skrup akan sangat berbahaya jika digunakan untuk pengangkatan beban yang berat ya. Untuk itu para peneliti dongkrak ini bekerja keras untuk menemukan cara agar dongkrak dapat mengangkat beban berat dengan aman.

Penemuan dongkrak hidrolik yang pertama yaitu oleh seorang peneliti yang bernama William Joseph Curtis ditahun 1838. Tapi penemuan ini belum termasuk kedalam kategori sempurna, karena dongkrak yang diciptakan itu berukuran sangat besar. Sehingga tidak flexible dan susah untuk dipindah-pindahkan.

Kemudian pada tahun 1851 akhirnya bentuk dongkrak ini lebih dibuat compact oleh sehingga lebih flexible untuk digunakan. Dan ditahun inilah awal mula penamaan hydraulic jack pada dongkrak itu sendiri.

 

FUNGSI AWAL DONGKRAK HIDROLIK

Seperti yang kita ketahui sekarang ya, fungsi dongkrak itu banyak banget. Mulai dari mengangkat kendaraan yang sedang rusak agar dapat diperbaiki, mengangkat kendaraan agar dapat dicuci, keperluan pabrik, dan lain-lain. Tapi ternyata pada awal diciptakan dongkrak hidrolik ini fungsinya berbeda tidak seperti sekarang.

Kenapa demikian?? karena memang jaman dulu mobil dan truk belum seperti sekarang. Jadi pada jaman dulu penggunaan dongkrak difungsikan lebih banyak pada bidang konstruksi dan elevator. Bagaimana penggunaannya kami kurang paham ya, karena itu jaman dulu banget. hehe

 

Penggunaan-Dongkrak-Hidrolik-Jaman-Dulu

 

PERKEMBANGAN DONGKRAK HIDROLIK

Nah balik lagi ke tahun 1851 tadi, karena bentuk dongkrak yang sudah disempurnakan itu. Maka Frank Gormley mulai menyempurnakannya lagi menjadi bentuk yang labih bagus dan simple di tahun 1905. Dari sini dongkrak hidrolik mulai mendapatkan sambutan dan perhatian dari masyarakat.

Melihat hal tersebut maka Frank mematenkan dongkraknya dan menyebutkan dengan teknologi Hydraulic Jack. Dongkrak buatan Frank memiliki ukuran yang kecil tetapi dapat mengangkat hingga ribuan kilogram. Hal ini tentunya membuat produsen dongkrak yang masih menggunakan teknologi lama menjadi limbung atau bangkrut.

Tahun demi tahun Frank Gormley terus menyempurnakan dongkraknya hingga dia menjadi salah satu produsen dongkrak hidrolik tersukses pada masanya. Namun kesuksesan tidak bertahan lama karena kala itu terjadi perang dunia pertama.

Hal ini tentunya membuat ekonomi dunia terguncang dan melemahkan produksi Frank pada saat itu. Tetapi walaupun demikian, Frank tidak menyerah dengan memulai lagi apa yang sudah dia kerjakan. Keteguhan hati dan kegigihannya itulah yang membuat dongkrak hidrolik ada sampai sekarang.

 

BACA JUGA :

 

KESIMPULAN

Dari histori dongkrak hidrolik yang sudah kami paparkan, maka dapat disimpulkan. Bahwa penemuan dongkrak sendiri bermula 2 abad yang lalu atau 200 tahun yang lalu, yang masih menggunakan teknologi manual yaitu sekrup.

Tetapi pada 1851 mulai terjadi proses pengembangan teknologi dongkrak manual menjadi dongkrak hidrolik, yang akhirnya disempurnakan oleh Frank Gormley di tahun 1905.

 

Demikian kesimpulan yang bisa kita ambil dari sejarah dongkrak ini ya guys, semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *