CARA MENGGUNAKAN DONGKRAK JEMBATAN ( SCISSORS JACK )

By | June 29, 2021

Halo sobat tehniq setanah air.. Jika kalian baru pertama kali membeli mobil, tentunya kalian diwajibkan memiliki peralatan safety untuk mobil anda. Salah satu alat wajib yang harus disimpan didalam mobil anda yaitu dongkrak jembatan. Nah bagi kalian yang belum pernah menggunakan dongkrak tersebut, maka disini kami akan coba menjelaskan tentang cara menggunakan dongkrak jembatan ( scissors jack ) saat mobil mengalami kendala.

 

Tentunya perlu pengetahuan dan informasi untuk anda agar nantinya anda dapat mandiri dan memperbaiki mobil anda sendiri. Ga lucu dong kalo sampai kalian punya mobil tapi ga tau cara menggunakan dongkrak jembatan ( scissors jack ) ini. Kalo di tol sih enak, tinggal telpon jasamarga. Masalahnya kalo lagi di jalanan umum biasa nih, terus ga ada yang bantuin pastinya kalian bakalan bingung sendiri.

 

Jadi langsung aja nih ya kita masuk ke pembahasan biar ga terlalu bertele-tele.

 

CARA PENGGUNAAN DONGKRAK JEMBATAN

Dalam menggunakan dongkrak jembatan, kalian memerlukan satu alat tambahan yang digunakan untuk menaikkan ataupun menurunkan dongkrak. Tapi alat ini bentuknya beda-beda guys.. Jadi jangan bingung dulu ya.. Intinya tetep sama kok, penggunaannya ya untuk menaikkan dan menurunkan dongkrak tersebut.

 

Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat beberapa gambar tuas pengangkat berikut ini ya :

Tuas-Pengangkat-Dongkrak Tuas-Dongkrak-Jembatan-Scissors-Jack Alat-Pengangkat-Dongkrak-Jembatan

 

Bisa kalian lihat ya perbedaannya pada masing-masing tuas tersebut. Bagian yang tertekuk itu fungsinya untuk digunakan sebagai handle pegangan, agar nantinya tuas dapat diputar. Dan bisa kita lihat pada gambar pertama dan kedua itu ada bagian yang kita namakan hook. Dan gambar ketiga seperti lubang kunci pas jadi kita namakan kunci pas aja ya.

 

Nah cara menggunakan dongkrak jembatan ( scissors jack ) ini yaitu dengan memperhatikan bagian yang kami sudah sebutkan diatas ya yaitu hook dan atau kunci pas. Bagian hook dan kunci pas ini harus kalian sambungkan pada bagian yang kami lingkari pada gambar dibawah ini.

 

Cara-Penggunaan-Tuas-Pada-Dongkrak-Jembatan

 

Bagian itu bisa kalian kaitkan pada hook tuas pengangkat dongkrak, kemudian putar kearah kanan atau searah jarum jam untuk memulai pengangkatan pada dongkrak. Dan jika tuas kalian berbentuk seperti kunci pas seperti yang sudah kami sebutkan diatas, maka dongkrak kalian juga seharusnya memiliki bagian pemutar berupa kunci pas. Bukan lubang kait seperti gambar tersebut.

 

LARANGAN PENGGUNAAN DONGKRAK JEMBATAN

Pastikan kalian memperhatikan bentuk tuas pengangkat dengan lubang angkat dongkrak anda. Dan untuk pemasangan dongkrak ini sendiri yang paling pas yaitu kalian pasangkan dibawah chasis pinggiran mobil anda.

Note* : Jangan meletakkan dongkrak ini pada bagian :

  • Bawah body mobil ( karena akan merusak body mobil anda ).
  • Chasis tengah kendaraan ( karena seluruh berat mobil akan tertumpu pada dongkrak anda ).
  • Jauh dari bagian yang ingin diperbaiki ( karena jangkauan angkat dongkrak akan lebih maksimal jika berdekatan dengan lokasi kerusakan mobil ).

 

Nah kesimpulannya dari apa yang sudah kami sampaikan diatas yaitu :

Cara menggunakan dongkrak jembatan ini yaitu dengan menggunakan tuas khusus yang dapat anda kaitkan pada bagian ujung dongkrak yang memiliki lubang kait. Kemudian putar searah jarum jam untuk mengangkat dan arah sebaliknya untuk menurunkannya kembali.

 

Jadi itu tadi ya kesimpulan yang bisa kita tarik dari penjelasan artikel ini. Semoga setelah ini kalian bisa langsung praktek untuk menggunakan dongkrak jembatan anda. Ga perlu takut mencoba guys,, karena belajar itu kudu berani.

 

Selalu gunakan alat-alat safety di kendaraan anda agar suatu saat dapat anda gunakan dalam keadaan genting dan terdesak. Ok kalo gitu.. segini aja artikel dari kami ya,, stay safe and drive safe guys.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *