PERBEDAAN DONGKRAK BOTOL DAN DONGKRAK BUAYA

By | March 19, 2020

Halo sobat tehniq setanah air, gimana nih kabar kalian?? semoga pada sehat ya.. Kita semua sekarang sedang berduka dengan adanya wabah Covid-19 ini.. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan dihindarkan dari penyakit tersebut oleh Allah Subhanahuwata’ala.. Amiinn. Oke kali ini kami mau bahas tentang perbedaan dongkrak botol dan dongkrak buaya agar kalian ga salah saat memilih dan membeli salah satu dari kedua jenis dongkrak ini.

 

Jadi nanti kalian ga bakal kehilangan uang kalian karena kalian salah saat memilih dan membeli salah satu dari kedua jenis dongkrak tersebut. Karena biasanya kalo toko-toko alat teknik gitu gak mau kalo tuker barang karena customer yang salah membeli.

 

Kita smua tau lah ya harga dongkrak itu tergolong cukup mahal. Jadi jangan sampe lah kita mengalami kerugian karena salah kita sendiri.

 

Nah kira-kira apa aja nih perbedaan dongkrak botol dan dongkrak buaya ini?? ayok sama-sama kita bahas pada beberapa poin dibawah ini biar kita dapet pengetahuan tambahan lagi. Biar tambah pinter untuk menjadi pribadi yang lebih profesional.. hoohohoho..

 

 

PERBEDAAN DONGKRAK BOTOL DAN DONGKRAK BUAYA

oke jadi pertama-tama kami akan menjelaskan tentang pengertian dari masing-masing jenis dongkrak tersebut ya. Biar kalian lebih paham makna dan tujuan dari penjelasan yang akan kami jelaskan berikutnya.

 

Jenis dongkrak pertama yang akan kami jelaskan yaitu dongkrak botol.

 

Perbedaan-Dongkrak-Botol-dan-Dongkrak-Buaya

 

Dongkrak botol adalah jenis dongkrak yang berbentuk menyerupai botol dengan arah silindernya hidoliknya yang vertical atau keatas. Bottle jack yang merupakan nama kerennya ini dapat mengangkat beban berat sekalipun walaupun ukurannya yang kecil.

 

Bahkan dia bisa mengangkat truk yang beratnya bisa berton-ton. Tapi tetep ya tergantung kapasitas kekuatan angkatnya.. Jadi maksudnya dongkrak botol ini memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari untuk pengangkatan 1 ton hingga puluhan bahkan ratusan ton.

 

Dan untuk dongkrak buaya sendiri penjelasannya adalah sebagai berikut :

 

Dongkrak-Botol-dan-Dongkrak-Buaya

 

Dongkrak buaya adalah dongkrak yang bentuknya menyerupai mulut buaya sehingga disebut dengan dongkrak buaya dengan arah silinder hidroliknya yang horizontal adalah mendatar.

 

Untuk kekuatan angkat dongkrak buaya ini juga tidak kalah dengan dongkrak botol tadi. Bahkan jika dibandingkan kekuatan angkatnya ya sama aja mulai dari 1 ton hingga puluhan bahkan ratusan ton.

 

Dan untuk nama kerennya sendiri bisa kalian sebut dengan floor jack ataupun service jack. Kalo floor itu lantai karena dongkrak ini diletakkan terbaring di lantai atau bawah. Dan juga service jack karena kebanyak dongkrak ini digunakan untuk servis kendaraan khususnya truk dan mobil.

 

Oke jadi itu tadi beberapa perbedaan dongkrak botol dan dongkrak buaya jika kalian lihat dari sisi pengertiannya. Dan sekarang kita akan mulai masuk pada pembahasan yang lebih spesifik tentang perbedaan dongkrak botol dan dongkrak buaya ini.

 

 

DONGKRAK BOTOL

Oke yang pertama dari sisi ukurannya ya.. Untuk ukuran dari dongkrak botol ini tergolong lebih simple dan kecil jika dibandingkan dengan kapasitas angkatnya.. Jadi dongkrak botol ini sangat mudah untuk dibawa kemana-mana dan tidak memerlukan ruang yang cukup lebar untuk meletakkannya.

 

Bahkan ditempat yang sempit sekalipun, kalian bisa memasukkan dongkrok botol ini agar aman dan terhindar dari jangkauan anak-anak.

 

Dan untuk ukuran silinder hidrolik dari dongkrak botol ini cukup panjang. Sehingga dapat mengangkat kendaraan cukup tinggi, dan ditambah ukurannya yang vertical sehingga lebih tinggi lagi keatas.

 

Nah itu tadi beberapa kelebihannya. Dan sekarang kita bahas tentang kekurangannya ya.. Jadi ukurannya yang kecil membuat kita harus agak sedikit jongkok untuk mengatur ketinggian angkatnya.

 

Dan selain itu bentuknya yang vertical tinggi membuatnya sulit untuk dimasukkan pada kendaraan yang rendah. Jadi memang cocoknya buat truk dan mobil jenis jeep yang tinggi-tinggi gitu. Gak cocok buat sedan dan semacamnya.

 

Yang terakhir itu penampang kakinya tidak lebar, sehingga cukup berbahaya jika mobil atau kendaraan bergerak-bergerak. Bisa-bisa dongkrak terbalik dan mobil bisa lepas dari angkatan dongkrak tersebut.

 

KESIMPULAN DONGKRAK BOTOL

  • Ukuran lebih kecil tetapi daya angkat besar.
  • Pengangkatan cukup tinggi sehingga dapat mengangkat beban cukup tinggi agar orang dibawahnya bisa masuk dan bergerak bebas.
  • Tidak cocok untuk kendaraan yang rendah seperti sedan, tetapi cocok untuk kendaraan tinggi karena ukurannya yang vertical keatas.
  • Ukurannya yang kecil membuat orang harus jongkok untuk mengatur ketinggian pengangkatannya.
  • Ukuran alasnya yang tidak terlalu lebar membuatnya tidak cocok untuk beban yang bergerak-gerak.
  • Harga lebih murah.

 

Nah itu tadi beberapa kesimpulan yang bisa kita tarik dari dongkrak botol. Dan selanjutnya kita akan bahas tentang dongkrak buaya ya.

 

 

DONGKRAK BUAYA

Bentuknya yang tidak tinggi atau mendatar memungkinannya mudah untuk masuk pada kendaraan yang tergolong rendah seperti sedan dan semacamnya. Jadi dongkrak ini sangat cocok buat kalian yang hobby mengoleksi dan mengendarai mobil-mobil yang rendah atau mobil yang berukuran kecil.

 

Dongkrak buaya memiliki tongkat pengatur ketinggian lebih tinggi sehingga dapat dioperasikan dengan berdiri sekalipun. Jadi ga perlu repot-repot jongkok jika kalian ingin mengatur ketinggian angkatnya.

 

Dibagian bawahnya terdapat roda yang memungkinkan dongkrak ini dapat kalian dorong dan tarik dengan mudah tanpa perlu diangkat-angkat jika ingin memindahkannya. Roda ini juga memiliki pengunci yang memungkin dongkrak tidak bisa bergerak kemana-mana jika sudah dikunci sehingga beban tidak dapat tergelincir.

 

Tetapi jika kalian ingin mengangkatnya untuk memindahkan ke kendaraan kalian itu yang agak sulit guys. Karena ukurannya yang panjang dan juga berat, jadi dongkrak ini menjadi sulit untuk diangkat-angkat dan dibawa kemana-mana.

 

Dan selain itu ukurannya yang panjang memungkinkannya sulit untuk untuk diletakkan ditempat yang sempit. Butuh ruang yang akan lebar untuk meletakkan dongkrak ini.

 

KESIMPULAN DONGKRAK BUAYA

  • Bentuknya yang rendah cocok digunakan untuk mobil atau kendaraan yang kecil dan rendah.
  • Tongkat pengatur ketinggiannya lebih tinggi sehingga mudah digunakan dengan posisi berdiri tanpa perlu jongkok.
  • Mudah digeser kemana-mana karena memiliki roda, tetapi berat untuk diangkat dan dibawa kemana-mana.
  • Membutuhkan ruang penyimpanan yang lebar untuk menyimpannya.
  • Tinggi pengangkatan tidak setinggi dongkrak botol karena silinder hidroliknya yang horizontal.
  • Harga lebih mahal.

 

Naahh itu tadi ya beberapa perbedaan dongkrak botol dan dongkrak buaya yang perlu kalian ketahui. Semoga kalian sudah bisa membedakannya dan menentukan mana yang paling cocok untuk kebutuhan anda.

 

Jadi sampai disini dulu artikel dari kami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

One thought on “PERBEDAAN DONGKRAK BOTOL DAN DONGKRAK BUAYA

  1. Pingback: Perbedaan Dongkrak Buaya dan Dongkrak Jembatan - Blog Tehniq.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *