CARA MENGGUNAKAN DONGKRAK BUAYA DAN DONGKRAK BOTOL

By | July 8, 2021
Cara-Menggunakan-Dongkrak-Buaya-ataupun-Dongkrak-Botol

Halo sobat tehniq setanah air,, khususnya yang baru beli mobil nih.. Disini kami mau share tentang cara menggunakan dongkrak buaya dan dongkrak botol yang benar, dan juga mana dongkrak yang cocok untuk kebutuhan tipe mobil anda. Karena tentunya kedua dongkrak ini dibuat untuk aplikasi yang berbeda ya, khususnya untuk tipe mobil yang ingin didongkrak.

 

Tapi bagi kalian yang udah terlanjur punya dongkrak tipe lain, contohnya dongkrak jembatan. Tenang aja, kami juga udah bikin artikel tentang cara menggunakan dongkrak jembatan buat kalian yang bisa kalian lihat disini>>. Jadi disini kami khususkan untuk pembahasan dongkrak buaya dan dongkrak botol aja biar ga terlalu kepanjangan juga kalo jelasin semua tipe dongkrak di satu artikel.

 

Oke langsung aja gmn sih cara menggunakan dongkrak buaya & dongkrak botol ini?? kalian bisa lihat masing-masing cara penggunaan dan aplikasinya dibawah ini ya.

 

CARA MENGGUNAKAN DONGKRAK BUAYA

Cara-Menggunakan-Dongkrak-Buaya-Dengan-Benar

 

Penjelasan pertama yang akan kami sampaikan disini adalah dongkrak buaya ya.. Jadi sebelum masuk ke cara penggunaan, ada baiknya kita jelaskan dlu pemakaiannya buat apa dan kelebihannnya apa.

 

Untuk dongkrak buaya sendiri sangat cocok digunakan untuk kendaraan khususnya mobil yang tidak terlalu tinggi, seperti contohnya sedan dan mobil kecil lainnya seperti MVP. Karena kelebihan dari dongkrak ini yaitu bentuknya yang ramping sehingga memudahkan pengguna untuk memasukkannya ke kolong mobil rendah dan tentunya lebih stabil.

 

Adanya roda juga membuat dongkrak ini mudah digerakkan dan dipindahkan, sehingga pengguna tidak perlu terlalu jongkok untuk mengaplikasikan dongkrak ini. Tapi kekurangan dari dongkrak ini yaitu ukurannya yang kurang ringkas membuatnya membutuhkan tempat penyimpanan yang cukup besar di mobil kalian.

 

Jadi cocok banget buat sedan yang punya bagasi belakang yang luas ya,,

 

PENGGUNAAN

Cara penggunaannya cukup mudah ya. Kalian hanya tinggal memposisikan bagian dongkrak yang di bagian depan pada bagian yang akan km dongkrak. Kemudian masukkan tuas pada bagian belakang untuk mulai menjungkat jungkit dongkrak hingga hidroliknya naik.

 

CARA MENGGUNAKAN DONGKRAK BOTOL

Cara-Menggunakan-Dongkrak-Botol-Dengan-Benar

Untuk penjelasan yang kedua yaitu cara menggunakan dongkrak botol ya. Tapi sama seperti pada dongkrak buaya, kami juga akan menjelaskan terlebih dahulu kelebihan dan penggunaan yang tepat dari dongkrak ini untuk mobil tipe apa.

 

Dongkrak botol ini sangat cocok digunakan untuk mobil-mobil SUV dan jeep karena mobil tersebut memiliki tinggi ground yang cukup untuk tinggi dongkrak botol ini. Tinggi pengangkatan dongkrak ini juga akan sangat membantu anda dalam memperbaiki mobil anda karena anda dapat masuk kedalam kolong saat mobil terangkat.

 

Sedangkan untuk kelebihannya sendiri yaitu ukurannya yang kecil dan ringkas membuatnya mudah disimpan dimanapun dan dibawa kemanapun. Tapi kekurangannya ya karena dia tidak memiliki lebar penampang bawah yang cukup luas membuatnya mudah goyang jika mobil mengalami goyangan.

 

Selain itu dongkrak ini tidak cocok digunakan dijalanan yang tidak lurus, karena akan sangat berbahaya. Bisa membuat dongkrak selip dan terjatuh. Pemasangannya juga agak sedikit sulit jika bagian yang ingin di dongkrak berada ditempat yang agak menjorok kedalam. Kalian harus sedikit menjongkok dan memposisikan tubuh kalian masuk kedalam kolong mobil.

 

PENGGUNAAN

Cara menggunakan dongkrak ini cukup mudah ya guys. Kalian hanya tinggal memposisikan dongkrak sesuai posisi yang ingin kalian angkat. Kemudian masukkan tuas pada bagian penjungkitnya, dan kalian bisa langsung menjungkat jungkitnya hingga hidrolik naik keatas.

 

KESIMPULAN

Nah jadi cukup mudah ya cara menggunakan dongkrak buaya & dongkrak botol ini dalam pengaplikasiannya. Kalian hanya perlu menentukan jenis mobil apa yang anda gunakan, agar cocok dengan jenis dongkrak yang sudah kami sebutkan diatas.

 

Dari penjelasan kami diatas maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

Cara menggunakan kedua dongkrak ini hanya tinggal memposisikan dongkrak dan memainkan tuas jungkat jungkitnya. Dan untuk penggunaannya sendiri, dongkrak buaya sangat cocok untuk mobil sedan dan MVP yang lebih rendah dan memiliki bagasi cukup luas. Sedangkan dongkrak botol lebih cocok untuk mobil SUV dan jeep yang lebih tinggi tetapi tidak punya bagasi yang cukup besar.

 

Oke jadi cukup sekian ya informasi yang bisa kami sampaikan buat kalian semua. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian yang masih belajar dan baru memiliki mobil baru. Dan ingat selalu jaga kesehatan kalian ya, ingat selalu 5M. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *