MENENTUKAN UKURAN KAWAT LAS, SETTINGAN MESIN LAS DGN KETEBALAN BESI

By | May 18, 2022
Thumbnail-Cara-Menentukan-Ukuran-Kawat-Las-Settingan-Mesin-Las-dgn-Ketebalan-Besi

Halo sobat tehniq setanah airku,, berhubung cukup banyak orang-orang yang mulai tertarik dengan pengelasan dan mulai banyak juga pertanyaan tentang menentukan ukuran kawat las, settingan mesin las dgn ketebalan besi. Maka kali ini gw mau berbagi ilmu nih buat kalian yang lagi kebingungan untuk menentukan ketiga hal tersebut.

Dan dengan adanya artikel ini, semoga kedepannya kalian bisa explore sendiri ya tentang karakteristik mesin las kalian dan kawat las yang kalian punya. Karena semua itu juga harus didukung dengan pengalaman ya,, bukan cuma teori.

 

MENENTUKAN KAWAT LAS, SETTINGAN MESIN LAS DENGAN KETEBALAN BESI

Berikut ini kami akan merangkum rumus berbentuk tabel tentang cara menentukan ukuran kawat las, settingan mesin las dgn ketebalan besi yang harus kalian terapkan. Ada acuan yang kudu kalian hafalin dari masing-masing ketiga hal tersebut.

Agar lebih cepat dalam menghafal, kami akan coba jelaskan dalam 2 tabel yang berbeda. Nah nanti isi dari masing-masing tabel tersebut bisa kalian terapkan langsung di plat besi sebenarnya.

 

REKOMENDASI UKURAN ELEKTRODA DAN SETTINGAN MESIN LAS

Hal pertama yang ingin kami bahas terlebih dahulu yaitu menentukan ukuran elektroda dengan settingan mesin las kalian. Jadi acuan ini adalah acuan dimana hasil lasan kalian dapat matang sempurna saat kalian mengelas.

 

Menentukan-Ukuran-kawat-las-dengan-Settingan-Mesin-Las

 

Tabel diatas adalah kisaran ampere yang bisa kalian terapkan ya. Kenapa kami tidak menampilkan ukuran pasti?? kok menampilkan kisaran dari sekian sampai sekian??

Jawabannya adalah karena setiap mesin las punya karakteristik yang berbeda dan ketebalan plat nantinya juga mempengaruhi keberhasilan anda dalam mengelas. Nah jika sudah hafal dan terbiasa dengan settingan mesin las dan ukuran kawat las diatas. Maka selanjutnya kami akan masuk ke tabel untuk menentukan ukuran kawat las dengan ketebalan besinya.

 

REKOMENDASI UKURAN ELEKTRODA DAN KETEBALAN BESI

Hal kedua yang harus kalian hafalkan yaitu hubungan antara ukuran elektroda dan ketebalan besi yang ingin anda las. Dan tetap ya,, settingan mesin las yang tadi sudah kalian hafalkan harus diterapkan pada pengelasan yg kalian lakukan.

Lebih jelasnya kalian bisa lihat tabel dibawah ini ya.

 

Menentukan-Ketebalan-Besi-dengan-Ukuran-kawat-las

 

Nah sekarang kalian sudah bisa hafalkan keseluruhannya ya. Dan sedikit tips dari gw,, agar kalian lebih mudah menghafal, ada baiknya tabel ini di print dan di tempel di dekat tempat kerja kalian. Jadi kalian bisa belajar dan bekerja atau bahasa kerennya learning by doing. Hehe

 

BACA JUGA

 

KESIMPULAN

Dari penjelasan yang kami paparkan diatas, maka dapat disimpulkan. Dalam menentukan ukuran kawat las, settingan mesin las dgn ketebalan besi kalian harus memperhatikan tabel yang sudah kami tampilkan diatas. Dan agar lebih cepat menghafal, kalian perlu belajar dan bekerja disaat bersamaan.

Okee.. jadi itu tadi ya artikel yang bisa kami sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan semoga karir kalian dapat terus berkembang di dunia pengelasan ini.

Jangan lupa pantengin terus channel youtube kami untuk mendukung kami tetap bertahan untuk terus mengedukasi kalian disini >> channel tehniq.com << dan satu lagi channel kami yang terbaru >> channel tehniq DIY <<

 

Sekian dari kami.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *