TANDA-TANDA BAN MOBIL SUDAH HARUS DIGANTI BAN BARU

By | May 30, 2022
Thumbnail-Tanda-tanda-Ban-Mobil-Sudah-Harus-Diganti-Ban-Baru

Halo sobat tehniq yang berbahagia,, semoga emang lagi bahagia ya.. hehehe.. Okee jadi langsung aja ya, kali ini kami mau bahas tentang tanda-tanda ban mobil sudah harus diganti ban baru. Tentunya bagi kalian yang baru punya mobil dan bahkan yang sudah punya puluhan tahun masih belum tau ciri-ciri ban mobil yang sudah harus diganti.

Sebenarnya bukan cuma hanya ban gundul itu sudah waktu ganti. Ternyata ada beberapa banyak faktor yang harus kalian ketahui. Jadi pastinya informasi ini akan sangat berguna baik untuk orang yang baru punya mobil dan orang yang sudah punya mobil.

 

TANDA DAN CIRI BAN MOBIL SUDAH HARUS DIGANTI BAN BARU

Balik lagi ke topik pembicaraan ya,, jadi tanda-tanda ban mobil sudah harus diganti ban baru itu bisa kalian cek dari beberapa hal yaitu diantaranya adalah :

  • Ukuran tapaknya / atau ketebalan permukaan luarnya
  • Usia ban
  • Kerusakan karena faktor luar

 

Jadi itu ada 3 hal yang bisa kalian cek pada ban kalian. Tapi tidak hanya itu ya,, pada artikel kami kali ini kami akan menjelaskan lebih detail dari ketiga hal tersebut dan juga tips buat kalian agar ban tetap pada performa yang mantap.

Langsung aja ya berikut adalah penjelasan dari ketiga hal tersebut.

 

UKURAN TAPAK BAN

Mengukur-Ukuran-Tapak-Alas-Ban-yang-benar

 

Seperti kita ketahui ya, sebuah ban baru pasti memiliki rambut-rambut halus dan juga bagian tapak yang tebal dan menonjol. Dan bagian yang menonjol ini tidak akan kita sadari jika tidak kita ukur dari dekat. Karena saat kita melihat ban mobil dari jauh maka dia akan tetap terlihat tebal. Tapi saat kita melihatnya lebih dekat maka ketebalan itu akan terlihat perbedaannya.

Untuk mengukurnya kalian bisa memasukkan koin ke bagian sela-sela tapak ban. Jika ban yang masih bagus, maka koin akan tenggelam lebih dalam dan kebalikannya jika ban sudah waktunya diganti. Berikut cara mengukurnya untuk lebih jelasnya.

 

Tanda-Ciri-Ban-Sudah-Aus-atau-Tipis

Bisa kalian lihat ya cara mengukurnya dan batasan ban yang sudah harus diganti.

 

USIA BAN

Hal yang kedua yaitu dari usia bannya. Ada beberapa orang yang memiliki mobil tapi jarang menggunakannya untuk jarak jauh. Jadi ban mereka masih tebal karena jarang tergerus aspal dijalanan. Tapi walaupun begitu ternyata umur ban yang sudah terlalu lama itu sudah tidak layak pakai.

Yang terburuk yang bisa terjadi saat ban sudah kadaluarsa yaitu ban pecah mendadak. Jika ban pecah saat mobil tidak dikendarai mungkin tidak membahayakan orang. Tapi saat mobil sedang dikendarai maka akan lebih beresiko terjadinya kecelakaan.

Ada bagian yang bisa kalian cek untuk mengetahui umur ban mobil kalian. Dan ini juga bisa jadi tips saat anda membeli ban baru. Pastikan ban yang kalian beli itu masih baru, bukan stok lama. Berikut ini adalah bagian yang bisa kalian lihat untuk mengetahui umur ban.

 

Tanggal-Pembuatan-Ban

 

Bisa kalian cek sendiri ya berapa sebenarnya umur ban kalian. Dan untuk batasan waktu sebuah ban mobil harus sudah diganti yaitu sekitaran umur 7 – 10 tahun. Jadi 7 tahun itu adalah batasan waktu tercepat dan 10 tahun adalah batasan waktu ganti paling lama.

 

KERUSAKAN KARENA FAKTOR LUAR

Ada banyak kerusakan ban karena faktor luar, seperti contohnya paku, kerusakaan serat, sobek karena benda tajam dan lain-lain. Jika ban mobil kalian terlihat seperti gambar dibawah ini, maka kudu buru-buru diganti ya guys.

Kerusakan-Ban-Mobil-karena-Faktor-Luar

 

Kerusakan-Ban-Mobil-Karena-Kerusakan-Serat

 

Kerusakan-Ban-Mobil-Karena-Sobek

 

 

TIPS MERAWAT BAN MOBIL

Setelah kita tau tanda-tandanya ban mobil yang sudah tidak layak turun ke jalan, maka selanjutnya kami akan berbagi tips untuk merawat ban mobil kalian. Berikut adalah tipsnya :

  • Sama ratakan keempat tekanan ban kalian, hal ini untuk menghindari keausan tapak ban pada satu ban saja. Karena ban yang memiliki tekanan paling kecil akan mendapatkan tekanan lebih pada aspal sehingga lebih cepat tergerus.
  • Usahakan cepat mengisi angin pada ban anda saat anda merasakan benturan jika ban anda mendapatkan tekanan pada saat terkena lubang di jalanan ataupun jalan yang tidak rata. Hal ini terjadi karena ban yg kempes jadi bagian jalan langsung terbentur velg. Jika sering terjadi benturan maka serat ban bisa cepat rusak dan juga velg kalian bisa boncel atau bahkan penyok.

 

Naahhh itu tadi ya beberapa tanda atau ciri ban mobil kalian sudah harus diganti, dan juga tips untuk merawat ban mobil kalian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

 

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *