PERKEMBANGAN ALAT BOR DARI WAKTU KE WAKTU

By | February 28, 2023
Halo sobat tehniq yang suka sejarah.. hehehe.. Jadi kali ini gw mau memberikan informasi tentang sejarah mesin bor nih. Tentunya kalian para generasi melenial harus tau ya perkembangan alat bor dari waktu ke waktu, supaya kalian tau jalannya perkembangan teknologi. Dan dengan itu kalian bs lebih menghargai orang-orang terdahulu yang bekerja keras untuk menemukan hal keren yang dapat memudahkan hidup kita sampai saat ini. Selain itu artikel ini saya buat untuk menjaga sebuah sejarah dari perkembangan bor mulai dari manual hingga digabungkan dengan mesin. Okeehh.. langsung aja ya kita bahas mulai dari awal-awal bentuk bor manual seperti apa.  

PERKEMBANGAN ALAT BOR

Sebelum gw menjelaskan perkembangan bor ini, gw pengen disclaimer dulu ya. Semua informasi yang gw sampaikan ini bukanlah yang terlengkap karena keterbatasan research saya. Kemungkinan perkembangan bor lebih banyak lagi dan lebih luas lagi. Jadi setelah membaca artikel ini, jika kalian tertarik lebih jauh lagi ya silahkan mencari referensi lain ya guys.. Jangan lelah membaca lah intinya, karena dengan membaca kalian bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian sendiri. Oke langsung aja kita bahas perkembangan alat bor dari waktu ke waktu pada poin dibawah ini :  

BOR MANUAL

Perkembangan-Alat-Bor-Manual Bor yang pertama saya bahas ada bor manual yang dioperasikan dengan tangan. Penggunaannya sendiri dengan cara memutar gagangnya sesuai arah putaran bor. Penggunaan bor jenis ini banyak digunakan untuk pengeboran kayu ataupun besi plat tipis. Kekurangan dari bor ini adalah kurang memiliki tekanan pada pengeborannya. Karena tangan menyeimbangkan dengan putarannya yang searah putaran bornya. Untuk itu dibuat lah sistem gear tambahan pada generasi bor manual selanjutnya seperti gambar dibawah ini. Perkembangan-Alat-Bor-Manual-Dengan-Putaran Nah bor manual selanjutnya dibuat dengan gear tambahan sehingga penekanan bisa lebih maksimal. Karena dengan tekanan yang lebih maksimal, benda kerja yang dibor akan lebih mudah untuk dilubangi. Sistem kerja dari bor ini juga sama-sama diputar, tetapi putaran bor ini dari atas kebawah sehingga membantu penekanan pada kedua tangan kita. Nah setelah bor manual ini, barulah mulai berkembang bor mesin yang menggunakan tenaga Angin & listrik. Dan tentunya lebih bertenaga ketimbang bor manual ya. Berikut ini adalah penjelasan tentang perkembangan bor mesin.  

BOR MESIN

Setelah dibuatnya bor manual dan dirasa kurang cepat dalam membantu pekerjaan manusia. Maka penemu-penemu mesin mencoba untuk mengembangkan kinerja bor ini agar dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih cepat. Perakitan-Awal-Mesin-Bor   Dari gambar tersebut mulai dikembangkan perakitan bor dengan menggunakan mesin yang menggunakan tenaga Angin. Dan dari pengembangan tersebut akhirnya berhasil dibuatlah bor pneumatic yang bekerja menggunakan gear sedemikian rupa yang didorong dengan tekanan angin untuk mempercepat putarannya. Mesin-Bor-Angin-Pneumatic   Selanjutnya setelah bor pneumatic yang menggunakan tenaga angin ini, akhirnya dibuat mesin bor yang lebih simple dan mudah digunakan tanpa perlu kompresor yang berat untuk dibawa kemana-mana. Tapi walaupun begitu tenaga yang dihasilkan juga tetap sama, yaitu menggunakan tenaga listrik yang disebut dengan mesin bor listrik. Bor-Listrik-Model-lama

BOR IMPACT

Setelah muncul generasi bor listrik maka dibuatlah bor impact yang dibuat karena mesin bor ingin dibuat lebih powerfull agar dapat mengebor cor, batu ataupun tembok yang keras. Untuk dapat melakukan itu, maka mesin bor ditambahkan teknologi atau fitur impact yaitu pukulan. Artinya mesin bor berputar dan sambil memberikan pukulan pada benda yang di bor. Perkembangan-Alat-Bor-menjadi-Impact-Drill   Nah setelah impact drill ini dibuat maka terjadi sebuah hambatan lagi. Yaitu kabel listrik yang terbatas. Dari hal tersebut, maka dibuatlah sistem cordless yang juga dapat ditemukan pada power tools yang lain selain mesin bor. Cordless disini adalah baterai yang dapat diisi ulang berkali-kali tanpa, sehingga sangat membantu untuk bekerja. Biasanya cordless sangat bermanfaat pada pengeboran diarea atas.  

CORDLESS DRILL

Mesin-Bor-Cordless-Drill-perkembangan-bor-terbaru Seperti yang udah gw sebutin ya,, bor teknologi sekarang yaitu bor cordless. Penggunaan mesin bor ini menggunakan baterai lithium yang dapat diisi ulang berkali-kali. Jika awal-awal cordless muncul, masih menggunakan karbon brush. Saat ini teknologi terbaru yang sudah muncul yaitu brushless. Dan kedepannya kita tidak tau ya guys,, teknologi baru apalagi yang akan muncul. Semua itu hanya waktu yang bisa menjawab.. Aseekk..  

KESIMPULAN

Okeeehh.. jadi itu tadi ya guys perkembangan alat bor dari waktu ke waktu yang udah gw research. Sekali lagi ya,, ini research dari gw doang,, klo ada yang kurang mohon maaf ya. Intinya dari artikel kami kali ini dapat ditarik kesimpulan. Perkembangan teknologi mesin bor dimulai dari manual – pneumatic – bor listrik- impact – cordless. Baiklah kalo begitu.. semoga kalian mendapatkan informasi yang berharga dari artikel yang gw buat ini. Dan seperti biasanya,, akhir kata gw pamit dulu nih guys.. Salam..!!   Baca juga :  
Mesin-Bor-Doliz-BA-652

Cek Promo & harganya disini :

tokopedia>>

shopee>>

Mesin-Bor-Doliz-BA-670

Cek Promo & harganya disini :

tokopedia>>

shopee>>

Mesin-Bor-Doliz-BD-616

Cek Promo & harganya disini :

tokopedia>>

shopee>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *