MEMILIH JENIS MESIN BOR UNTUK PEKERJAAN ANDA

By | March 1, 2023
Memilih-Jenis-Mesin-Bor-untuk-Pekerjaan-Anda

Halo sobat tehniq setanah air.. semoga kalian sehat selalu ya. Seperti biasa ya,, gw akan selalu menuliskan artikel untuk kalian semua sebagai tambahan ilmu buat kalian. Dan kali ini gw mau bahas tentang gimana sih memilih jenis mesin bor untuk pekerjaan anda?. Jadi mesin bor jenis apa yang cocok untuk kebutuhan pekerjaan kalian, akan kami bahas disini lengkap jelas dan padat.

Jadi tenang aja,, ilmu yang gw ajarkan ke kalian ini insyaa Allah bermanfaat, karena bukan ilmu hitam. Hehe..

Oke jadi langsung aja ya biar ga kebanyakan ngelanturnya,, disini gw mau bahas jenis pekerjaan apa aja dan jenis mesin bor apa aja yang bisa kalian gunakan dan kenapa alasannya. Tentunya akan sangat bermanfaat buat kalian yang sedang bingung mau beli mesin bor jenis apa ya.

Karena takutnya kalian membeli asal saja,, yang penting fiturnya lengkap. Padahal tidak semua pekerjaan membutuhkan fitur tersebut. Dan tentunya semakin banyak fitur ya semakin mahal harganya. Kalian harusnya bisa menghemat budget karena sebenarnya pekerjaan kalian tuh lebih simpel. Jadi butuh mesin bor yang biasa saja sudah cukup.

Atau sebaliknya,, pekerjaan anda terlalu berat untuk mesin bor yang kalian beli.

 

TIPS MEMILIH JENIS MESIN BOR UNTUK PEKERJAAN ANDA

Seperti yang sudah pernah kami bahas sebelumnya ya, tentang perkembangan alat bor dari waktu ke waktu. Sebuah alat bor itu dibuat dan diciptakan berdasarkan kebutuhan manusia yang terus berubah-ubah. Nah untuk itu, biar kalian semua paham tentang kebutuhan kalian, maka kami coba berikan tips memilih jenis mesin bor untuk pekerjaan anda di tempat kerja maupun dirumah atau workshop.

Berikut ini adalah jenis mesin bor dan pekerjaan yang cocok untuk mesin tersebut.

MESIN BOR BIASA ( ELECTRIC DRILL )

Memilih-Jenis-Mesin-Bor-Listrik-untuk-Pekerjaan-Anda

Jenis mesin bor yang pertama yaitu mesin bor biasa atau yang biasa disebut dengan electric drill. Untuk ukuran mata bornya biasanya maksimal hanya sanggup melakukan pengeboran dengan ukuran maksimal mata borĀ  hingga 10 mm saja.

Mesin bor ini biasanya dilengkapi dengan fitur reverse saja atau pengaturan putaran kanan dan kiri. Jadi bisa digunakan untuk mengebor dan melepaskan mur yang sudah dibor. Dan untuk teknologinya sendiri hanya ada mesin bor dengan listrik dan dengan baterai atau cordless.

Penggunaan mesin bor ini dikhususkan untuk kebutuhan ringan seperti pengeboran pada kayu, besi plat, hollow, baja ringan dan semacamnya. Jadi bagi kalian yang bekerja di bidang perkayuan atau pengelasan ringan seperti pembuatan pagar dan kanopi bisa menggunakan mesin bor ini.

Karena sebenarnya kalian tidak terlalu membutuhkan mesin bor lain dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

 

MESIN BOR IMPACT

Memilih-Jenis-Mesin-Bor-Impact-untuk-Anda

Jenis mesin bor yang kedua yaitu mesin bor impact. Mesin bor ini biasanya dibekali ukuran kapasitas chuck menggunakan mata bor maksimal normalnya ukuran 13 mm. Dan untuk fiturnya sendiri dibekali dengan sistem impact atau sistem dentuman.

Artinya mesin bor ini dapat memberikan putaran pada mata bornya sekaligus memberikan hantaman ke benda yang di bor agar membantu mempercepat pengeboran. Dan teknologinya sendiri saat ini menggunakan pneumatic, listrik dan cordless atau baterai.

Untuk pneumatic sendiri sudah sangat jarang ya guys,, karena memang teknologi sekarang sudah kearah listrik. Dan jika kita berbicara penggunaan, mesin bor ini sangat cocok digunakan untuk pengeboran pada tembok, beton tembok rumah dan besi plat yang agak tebal. Jadi bagi kalian yang menggunakan mesin bor untuk kebutuhan pengeboran pada material yang keras tentunya bisa menggunakan mesin bor ini. Contohnya para tukang yang bekerja di konstruksi bangunan.

 

MESIN BOR HAMMER

Jenis-Mesin-Bor-Listrik-Hammer-Drill-untuk-Pekerjaan-Anda

Selanjutnya jenis mesin bor yang ketiga yaitu mesin bor hammer. Mesin bor hammer ini biasanya memiliki kapasitas chuck 22 mm hingga 26 mm tergantung tipe dan merk yang memproduksinya. Mesin bor hammer ini hampir sama dengan impact drill karena memiliki fitur impact yaitu dentuman.

Bedanya mesin bor hammer dibekali dengan tenaga yang lebih besar dari impact drill. Selain itu fitur lainnya mesin bor hammer dibekali dengan fitur bobok. Jadi hanya menghantam tanpa memutar mata bornya. Benar-benar cuma menghantam terus menerus agar benda yang dihantamnya dapat hancur.

Penggunaan mesin bor hammer ini biasanya digunakan untuk pengeboran pada tembok beton gedung ataupun konstruksi jembatan yang memiliki tingkat kekerasan yang lebih keras dan beton biasa. Dan untuk aplikasinya sendiri biasanya digunakan oleh orang-orang yang bekerja dibidang konstruksi besar.

Oia lupa.. mesin bor hammer jenisnya ada yang menggunakan listrik dan juga cordless ya guys.

 

LISTRIK VS CORDLESS

Ini sebenarnya bukan termasuk kedalam jenis mesin bor ya.. karena sudah kita bahas di poin-poin atas. Cuma disini gw cuma mau kasih perbedaan ke kalian kapan kalian membutuhkan mesin bor dengan listrik dan kapan kalian butuh mesin bor dengan baterai ( cordless ).

Intinya bagi kalian yang sering bekerja dibagian atas yang jauh dari colokan listrik, ada baiknya kalian membeli cordless bor. Tapi jika pekerjaan kalian variasi naik dan turun atau bekerja diatas ataupun dibawah, ada baiknya kalian memiliki dua jenis mesin bor yaitu yang menggunakan listrik dan cordless. Karena cordless memiliki kekurangan harus di charge atau diisi ulang baterainya, jadi kalian ga bisa kerja nonstop dibawah dengan cordless.

Untuk itu mending beli 2 jenis mesin bor jika pekerjaan kalian naik dan turun.

 

KESIMPULAN

Nah jadi dari artikel yang gw buat tadi, maka bisa ditarik kesimpulan ya. Penggunaan mesin bor itu tergantung dari pekerjaan kalian di lapangan. Jangan membeli mesin bor yang terlalu powerfull untuk pekerjaan kalian yang ringan. Dan jangan juga membeli mesin bor yang kurang power untuk pekerjaan kalian yang cukup berat.

Pastikan kalian menggunakan mesin bor sesuai dengan kemampuannya agar tidak cepat rusak. Dan jangan juga membeli mesin bor yang mahal karena powerfull tapi ternyata sebenarnya kalian hanya perlu mesin bor kecil yang murah. Seharusnya kalian bisa hemat budget yang cukup banyak. Mending buat beli pampers sama susu anak. Hehe

Oke dehh… sampai disini dlu ya artikel gw kali ini, semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *