Thumbnail cara mengetahui kekuatan mesin bor cordless

CARA MENGETAHUI KEKUATAN MESIN BOR CORDLESS

By: Yudha Yudha
14 May 2019

Halo guys. Balik lagi nih di blog kami yaitu blog tehniq.com. Saat ini mungkin kalian sedang bingung memilih mesin bor cordless yang bagus dan kuat. Tapi kalian ga tau caranya tuh. Nah di artikel ini nih jawabannya. Karena pada artikel ini kami akan membahas tentang cara mengetahui kekuatan mesin bor cordless. Jadi kami akan kasih tau ke kalian semua gimana caranya membedakan mesin bor yang strong dan yang letoy.

 

Tentunya kalian liat blog ini karena kalian sedang mencari cara mengetahui kekuatan mesin bor cordless. Karena emang pada artikel ini kami akan menjelaskan secara gamblang untuk mengetahui kekuatan dari sebuah mesin bor cordless.

Jadi gimana sih cara mengetahui kekuatan mesin bor cordless agar kalian belinya ga nyesel? Berikut adalah beberapa penjelasannya.

 

CARA MENGETAHUI KEKUATAN MESIN BOR CORDLESS

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui kekuatan mesin bor cordless yang ingin kalian beli. Berikut beberapa poin-poin tersebut.

 

1. BANDINGKAN NILAI RPM ATAU BPM

Jadi hal pertama yang perlu kalian ketahui adalah nilai dari BPM atau RPMnya guys. Jadi bandingin tuh spesifikasi dari setiap mesin bor cordless yang ingin kalian beli. Kalian bisa lihat di kardus boxnya untuk melihat spesifikasi detailnya. Atau jika kalian sedang dirumah atau dijalan, kalian bisa buka mbah google atau www.google.com.

cara-mengetahui-kekuatan-RPM-mesin-bor-cordless

Nanti pasti kalian dapetin spesifikasi lengkapnya disitu. Dan perhatikan nilai BPM atau RPMnya ya guys. Semakin besar nilai RPM atau BPMnya maka akan semakin strong mesin bor cordlessnya.

Karena besarnya nilai RPM dan atau BPM itu mempengaruhi besarnya atau cepatnya putaran dari mesinnya permenitnya.

 

2. BANDINGKAN NILAI TORSI

Terus hal kedua yang perlu kalian bandingkan adalah nilai torsinya. Kalian bisa melihat nilai torsi atau torque dalam satuan Nm. Nm sendiri artinya adalah Newton Meter yang merupakan satuan penunjuk nilai torsi.

 

Torsi ini adalah nilai yang membuat putaran pada mesin. Jadi saat mesin terhubung pada listrik, maka akan terjadi ledakan. Ledakan yang dimaksud adalah ledakan agar mesin dapat bekerja, dalam hal ini berputar. Dan ledakan yang menghasilkan kekuatan tersebut disebut dengan torsi atau torque yang dinilai dengan simbol Nm tadi.

Jadi setelah kalian dapet nilai RPM atau BPM, selanjutnya catat nilai torsinya yang sudah kami jelaskan diatas ya.

 

3. HITUNG POWER / KEKUATANNYA

Setelah kalian sudah dapatkan nilai RPM / BPM dan juga nilai torsinya. Hal selanjutnya yang perlu kalian ketahui adalah powernya. Gimana kita tau kekuatan atau power dari mesin tersebut kalo ga tertulis di spesifikasinya?

Ga sembarangan tuh ngitungnya guys. Ada rumusnya sendiri untuk menghitung power dari mesin bor cordlesstersebut.

 

Rumusnya yaitu POWER = RPM / BPM x Nm. Jadi hitung dengan melakukan perkalian tersebut ya guys. Power tersebut bisa buat acuan kalian juga untuk menentukan mana mesin bor cordless yang memiliki kekuatan paling strong.

 

Selanjutnya kalian bisa sesuaikan dengan budget kalian sendiri ya guys. Cari Power, RPM dan Nm yang tertinggi dan juga sesuai dengan budget anda. Jadi bukan cuma bisa ngitung doang, tapi juga bisa belinya. Hehe. Becanda guys ^^

 

KATALOG MESIN BOR CORDLESS

Wokeeyyy.. Udah pada ketemu belum masing-masing nilai yang sudah kami jelaskan tadi? Kalo udah nemu dan pengen beli mesin bor cordless kalian, kalian bisa lihat katalog mesin bor cordless kami nih.

 

Klik gambar dibawah ini untuk melihat katalog kami.

KATALOG MESIN BOR BOSCH
Katalog mesin bor cordless

 

Oke guys.. Cukup sekian nih artikel kami kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua ya. Dan semoga kalian bisa dapet harga murah saat beli mesin bor cordless kalian yang sudah kalian tentukan tadi ya.

 

Inget Guys..!! Selalu gunakan mesin bor kalian sesuai dengan cara penggunaan mesin bor yang benar ya. Jangan gradak gruduk pakainya, nanti cepet rusak.. Hehehe yaw dah kalo gitu guys, Salam..!!


2 responses to “CARA MENGETAHUI KEKUATAN MESIN BOR CORDLESS”

  1. Eh.. Baru tau klo Tehniq.com punya blog.. biasa kita ikuti di Youtube dan Instagram.
    Artikelnya sangat informatif dan membantu
    sekali.. Salam.

    AriefK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *