Thumbnail-Macam-macam-Alat-Finishing-Penghalus-Plesteran-dan-Cor

MACAM-MACAM ALAT FINISHING / PENGHALUS PLESTERAN DAN COR

By: Yudha Yudha
18 Mar 2020

Halo sobat tehniq setanah air.. Saat ini Indonesia sedang dirundung kesedihan karena lagi diserang virus COVID-19, jadi alangkah baiknya kita semua sering berdoa untuk seluruh warga negara kita yang tercinta ini. Dan yang lebih dahsyat lagi, walaupun situasi jakarta seperti ini, gw masih setia untuk memberikan informasi yang bermanfaat buat kalian semua. Dan dalam hal ini kami mau bagiin info seputar macam-macam alat finishing / penghalus plesteran dan cor buat para kontraktor dan tukang.

 

Nah semua kita tau ya, bahwa setelah kita mengaduk pasir dan semen sampai rata. Hal selanjutnya adalah teplokin tuh adukan semen ke tembok atau media lain yang ingin di plester. Dan bisa juga jika kalian sedang melakukan pengecoran baik untuk jalanan ataupun rumah.

 

Semua hal tersebut tentunya butuh yang namanya finishing yang artinya harus dihaluskan agar kita mendapatkan permukaan yang rata. Dan jika sudah dihaluskan maka proses acian dan pengecatan nantinya akan jadi lebih mudah dan halus.

 

Makanya pada artikel ini kami mau kasih beberapa alat yang bisa kalian jadikan untuk finishing atau penghalus hasil plesteran dan atau pengecoran kalian nantinya. Biar nantinya alat-alat kalian lebih lengkap dan bisa mendapatkan hasil yang lebih halus.

 

Karena terkadang banyak pekerja yang menggunakan alat seadanya, jadi hasil pekerjaan mereka juga kurang bagus. Kasian dong yang punya rumah atau yang lagi pake jasa mereka. Dan kasian juga si pekerja, nantinya malah dapet nilai minus dari konsumennya. Dan kedepannya akan lebih susah dapet job.

 

Gw aja pernah dan sering ya.. Pake jasa tukang dan akhirnya kecewa dengan beberapa tukang. Sampai sekarang udah ga mau gw panggil lagi tuh tukang. Dan alhasil gw pake jasa tukang lain dan berhasil dapet yang kerjaannya lebih rapi.

 

Hmm malah curhat jadinya.. oke lanjuttt..!!

 

 

MACAM-MACAM ALAT FINISHING / PENGHALUS PLESTERAN DAN COR

Oke jadi kita akan mulai bahas satu persatu ya kira-kira apa aja sih macam-macam alat finishing / penghalus plesteran dan cor ini. Oia.. satu lagi ya.. pesen dari kami dan gw pribadi nih.. Mending kalian nabung dikit buat beli perlengkapan kerja kalian untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

 

Jangan terlalu pelit dan perhitungan untuk pekerjaan kalian. Karena pekerjaan kalian ada sumber uang kalian, jadi kenapa enggak kalo kalian spesialin pekerjaan kalian ini.

 

Oke sekarang kita masuk ke pembahasan beberapa alat tersebut. Berikut ini adalah macam-macam alat finishing / penghalus plesteran dan cor yang bisa kalian koleksi. Beli beberapa aja yang kalian anggap perlu dan cocok buat kerjaan kalian ya.

  • Mot Straight Edge
  • Manual Tamper
  • Fresno
  • Raskam

 

Untuk nama Indonesianya atau nama yang lebih familiar untuk para tukang dan kontraktor kami kurang paham ya. Tapi mungkin kalian bisa bantu kami untuk tulis di kolom komentar nantinya. Biar nanti bisa gw revisi, sehingga artikel ini dapat lebih menjadi artikel yang familiar buat para tukang dan kontraktor.

 

Oke jadi kita akan mulai bahas satu persatu ya guys.

 

 

MOT STRAIGHT EDGE

Alat-Finishing-Penghalus-Plesteran-dan-Cor-Mot-Straight-Edge

 

Alat penghalus plesteran dan cor yang pertama yaitu mot straight edge. Kalian kalo mau beli barang ini bisa cari di google dengan nama ini “mot straight edge”. Yakin dah pasti keluar ntar gambar-gambar kaya gini.

 

Penggunaan dari alat ini dikhususkan untuk penghalusan area yang lebih luas. Jadi dengan alat ini kalian dapat menghaluskan permukaan yang telah di cor atau di semen lebih luas dan lebar. Karena jangkauan dari alat ini cukup panjang.

 

Banyak tukang yang menggunakan kayu ataupun baja ringan untuk menggantikan penggunaan dari alat ini. Tetapi sebenarnya hasil yang didapatkan nantinya bisa kurang maksimal. Untuk kayu kalian tau sendiri ya.. sangat sulit mencari kayu dengan permukaan yang halus dan datar.

 

Tapi kalo kalian bisa bikin kayu itu sampai halus dan datar sih ga papa.. Semua tergantung anda. Dan untuk baja ringan itu kita semua tau bisa tertekuk. Jadi banyak kesulitan yang akan kita alami saat mencoba untuk menarik dan menghaluskan permukaan yang telah di cor atau semen tadi.

 

Biasanya baja ringan akan tertekuk saat kalian tarik nanti.

 

 

MANUAL TAMPER

Jenis atau tipe alat penghalus plesteran dan cor-coran yang kedua yaitu manual tamper. Manual tamper ini bisa kalian gunakan untuk meratakan dan memadatkan permukaan plesteran atau cor-coran sebelum benar-benar dihaluskan dengan alat selanjutnya.

 

Alat-Finishing-Penghalus-Plesteran-dan-Cor-Tamper

 

Berat dari alat ini dan ditambah tekanan yang anda berikan, maka permukaan yang telah dilumuri adukan semen akan dapat rata dan padat.

 

Jadi setelah anda menggunakan alat ini, selanjutnya untuk menghaluskan permukaan akan lebih mudah. Dengan alat ini kalian bisa bekerja bersama lebih cepat karena dapat menghaluskan bergantian.

 

 

FRESNO

Macam-macam alat finishing / penghalus plesteran dan cor selanjutnya itu adalah fresno. Fresno ini juga kami kurang paham nama sebutannya di proyek. Karena tukang-tukang dan kontraktor suka kasih nama-nama sendiri yang lebih familier oleh mereka.

 

Nah fresno ini sendiri fungsinya dapat menghaluskan permukaan dengan jarak sepanjang tongkat yang dipasangkan pada fresno tersebut. Dan fresno ini sendiri juga bisa bergerak flexbile kekanan dan kekiri sehingga akan lebih mudah untuk menghaluskan permukaan yang sudah di plester.

 

Penggunaan dari fresno ini kebanyakan digunakan untuk pengecoran dan juga pembangunan jalan. Karena panjangnya yang flexible dapat menjangkau panjang dan lebar cor-coran dengan mudah.

 

Sedangkan untuk plesteran rumah atau bangunan lainnya biasanya tidak menggunakan fresno ini.

 

 

RASKAM

Macam-macam alat finishing / penghalus plesteran dan cor yang terakhir yaitu raskam. Nah kalo raskam ini merupakan nama yang kami dapatkan dari tukang. Jadi kemungkinan nama ini bisa jadi familier di telinga kalian.

 

Jadi raskam ini banyak banget yang pake untuk menghaluskan permukaan plesteran dan cor. Dan raskam ini sendiri juga banyak macemnya, diantaranya adalah :

  • Raskam Plastik
  • Kayu
  • Besi
  • Raskam Panjang
  • Raskam Siku
  • Dll

Gambarnya bisa kalian lihat pada gambar diatas ya.

 

Nah untuk raskam ini sendiri penggunaannya sangat bervariasi karena memang ukurannya yang kecil dan ringan membuatnya sangat flexible untuk pengerjaan finishing plesteran dan juga cor. Hal ini berlaku untuk bangunan rumah maupun konstruksi jalan. Jadi penggunaannya lebih flexbile, bisa buat semua aplikasi.

 

Jadi saran kami alat ini adalah alat paling wajib yang harus kalian miliki terlebih dahulu. Selebihnya kalian bisa beli satu persatu dengan cara menabung. Dijamin hasil yang kalian dapatkan nantinya akan lebih maksimal dan halus. Sampe-sampe semut bisa kepleset.. Hehehe..

 

KESIMPULAN

Okeee.. jadi gw rasa udah cukup ya pembahasan tentang macam-macam alat finishing / penghalus plesteran dan cor ini.. Semoga kalian mendapatkan informasi yang bermanfaat dari ini, dan semoga kalian bisa menabung untuk membeli beberapa alat tersebut yang kalian rasa penting untuk kalian.

 

Dan beberapa petuah dari kami, jadilah seseorang yang benar-benar total didalam pekerjaan kalian, karena disitulah kalian mengejar rejeki kalian. Jadi kalo kerja ga boleh setengah-setengah ya guys.. Hheehe.. yaw dah kalo gitu.. sampai disini dulu artikel kami.. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *