PERBEDAAN KAPASITAS POTONG CUT OFF DAN GERINDA

By | March 26, 2020

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya yang saat ini sedang gundah dan risau karena bingung memilih antara dia atau dia yang satunya.. Hehehehe.. maksud kami itu cut off atau grinder.. suka mikir pengen nikah aja sih lu.. Wakakakak.. Jadi disini kami akan membahas perbedaan kapasitas potong cut off dan gerinda, agar kalian dapat menentukan pilihan kalian saat ingin membeli salah satu dari kedua alat tersebut.

 

Seperti yang kita tau bersama ya guyss. Selain untuk dapat digunakan untuk memoles, gerinda atau grinder ini juga dapat digunakan untuk memotong besi. Nah masalahnya, kebanyakan para tukang atau para welder ini suka bingung. Mau pake yang mana nih buat motong besi ini.

 

Atau bisa juga karena budgeting atau keuangan dompet yang kurang memadai. Jadi mereka bingung mau beli mesin cut off atau cukup pakai gerinda aja. Karena cut off harganya juga diatas sejuta, jadi emang bagi yang sedang mengirit. Harga segitu bisa cukup buat nahan makan sebulan. hehehe

 

Jadi sebelum kalian nahan makan sebulan, ada baiknya kalian ketahui dulu nih perbedaan kapasitas potong cut off dan gerinda. Agar nantinya kalian ga merasa mubadzir saat beli mesin cut off kalian.

 

Oia satu lagii.. selain harganya yang mahal, konsumsi listriknya juga lumayan gede. Jadi makin mubadzir lagi kalo kalian pakai cut off buat hal-hal yang seharusnya bisa dipotong pake gerinda.

 

 

PERBEDAAN KAPASITAS POTONG CUT OFF DAN GERINDA

Disini kami tidak hanya berbicara tentang kapasitas potong ya. Karena artikel ini akan kami buat selengkap mungkin. Jadi kami akan membahas dari sisi kelebihan dan juga kekurangannya juga. Jadi pastikan kalian membaca artikel ini sampai habis biar ga ada informasi yang terpotong-potong.

 

Oke jadi langsung aja ya.. Jika kita berbicara kapasitas, tentunya cut off lebih besar. Untuk ukuran mata potong dari kedua jenis power tools ini adalah sebagai berikut :

 

Cut Off : tersedia dari ukuran 7 Inch – 14 Inch atau setara dengan 180 mm – 355 mm

Gerinda : tersedia dari ukuran 100 – 230 mm

 

Jadi untuk ukuran besi yang akan kalian potong bisa kalian sesuaikan dengan kapasitas cut off dan gerinda yang kalian miliki ya.

 

Dan jangan dibuat mepet. Usahakan potonglah besi dengan ukuran seperempat dari ukuran mata potong yang kalian miliki.

 

Nah setelah kita tau ukuran dan perbedaan kapasitas potong cut off dan gerinda. Maka selanjutnya kami akan membahas tentang kelebih dan kekurangan dari masing-masing power tools ini.

 

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CUT OFF

Kapasitas-Potong-Cut-Off

 

Kami akan bahas dari sisi kelebihannya dulu ya guys.. Biar enak bacanya karena dibagus-bagusin dulu. Udah gitu baru dikasih tau jeleknya.

 

Biar kaya pacaran ama nikah,,. kalo pacaran dikasih tau baik-baiknya dulu. Pas udah nikah baru ketahuan jeleknya.. wakakakakak.. hmm jadi curhat nih.. Serius-serius..

 

Oke back to topic.. Jadi kelebihan apa aja sih yang dimiliki mesin cut off ini?? berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki mesin potong cut off ini :

  • Kecepatan potong yang tinggi.
  • Mudah dioperasikan hanya dengan satu tangan tanpa perlu tenaga besar untuk menekannya.
  • Hasil potongan sangat rapi, halus dan lurus.
  • Bisa digunakan untuk memotong dengan sudut tertentu dengan presisi.

 

Setelah kami bahas kelebihan maka selanjutnya kami akan bahas tentang kekurangannya. Jadi apa aja sih kekurangan dari mesin potong cut off ini?? Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki mesin cut off ini :

 

  • Konsumsi daya listrik besar.
  • Harga lebih mahal.
  • Tidak bisa digunakan untuk memotong besi yang sudah menempel atau terpasang ditempatnya.
  • Tidak bisa digunakan untuk memotong lempengan besi panjang. Hanya sebatas besi lonjoran, karena mesin ini tidak bisa digerakkan dibagian kepalanya.

 

Untuk poin yang ketiga ini maksudnya hanya bisa digunakan untuk memotong besi lonjoran yang belum dipasang. Jadi ga bisa buat potong besi diatas rumah, atau yang udah namcep di tembok dan semacamnya.

 

Nah itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mesin potong cut off jika dibandingkan dengan gerinda ya guys.

 

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN GERINDA

Kapasitas-Potong-Gerinda

 

Jika tadi kita udah membahas tentang kelebihan dan kekurangan cut off. Maka selanjutnya yang akan kita bahas tentunya kelebihan dan kekurangan dari gerinda ya guys,.. Karena artikel ini judulnya tentang cut off sama gerinda. Masa iya gw bahas kelebihan dan kekurangan si dia.. Wekekek..

 

Oke serius lagi nih.. apa aja kira-kira kelebihan dari gerinda ini jika dibandingkan dengan mesin cut off.

  • Ukurannya lebih kecil sehingga mudah digenggam.
  • Daya listrik cukup kecil.
  • Harga tidak terlalu mahal, tergantung merk dan ukuran.
  • Bisa digunakan dimana-mana untuk memotong, jadi lebih flexible.
  • Bisa digunakan untuk memotong lempengan besi panjang.

 

Untuk poin keempat maksudnya bisa digunakan untuk memotong besi diatas, dibawah, disamping. Dimana aja boleh pokoknya. Jadi lebih flexible.

 

Oke jika tadi kita berbicara tentang kelebihan, maka selanjutnya kita akan berbicara tentang kekurangan dari mesin gerinda ini ya, Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki mesin gerinda :

  • Hasil potongan tidak dihalus dan serapi mesin cut off.
  • Sulit untuk memotong dengan presisi dan dengan menggunakan potongan bersudut.
  • Penggunaannya harus digunakan menggunakan dua tangan.
  • Kecepatan potong lebih lambat dibandingkan dengan mesin cut off.

 

nah itu tadi ya beberapa perbedaan kapasitas potong cut off dan gerinda beserta kelebihan dan kekurangan. Kami harap kalian sudah bisa memahami secara keseluruhan. Dan tentunya bisa kalian sesuaikan sendiri dengan kebutuhan kalian.

 

Intinya untuk kecepatan dan hasil yang lurus dan rapi. Kami sarankan kalian beli mesin cut off. Tapi jika penggunaan kalian hanya untuk memotong-motong besi biasa maka kami sarankan tidak perlu membeli mesin gerinda.

 

 

KESIMPULAN

Oke kalo gitu.. kami rasa cukup segini aja ya artikel dari kami. Karena kami rasa udah cukup lengkap untuk memberikan informasi mengenai kedua alat ini..

 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semoga kita semua dihindarkan dari wabah corona ini. Dan yang terpenting semoga wabah corona ini cepat berakhir ya guys.. Amiinn.

 

Inget jangan terlalu panik dengan adanya virus corona ini. Cukup social distancing, dirumah aja dan jaga kebersihan. Kalian baru boleh panik kalo cepirit di celana.. wakakakakak.. salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *