MENGATASI MESIN KOMPRESOR PANAS BERLEBIHAN

By | July 10, 2019

Hai guys.. Balik lagi di blog tehniq.com ya.. semoga kalian masih tetep setia mengunjungi blog tehniq.com ini buat cari-cari informasi seputar alat-alat teknik. Oke kalo gitu,, kali ini kami mau bahas tentang cara mengatasi mesin kompresor panas berlebihan.

 

Jadi karena kompresor adalah sebuah mesin yang bukan digunakan sebagai kendaraan, tentunya mesin dari kompresor ini memiliki perbedaan dari sisi kekuatan jika dibandingkan dengan mesin untuk kendaraan bermotor. Dan apalagi mesin untuk kendaraan bermotor ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin yang canggih. Jadi sudah tentu kekuatan dari kedua jenis mesin ini berbeda jauh ya guys.

 

Jika kita berbicara tentang mesin kendaraan bermotor yang memang tidak disarankan untuk digunakan terlalu jauh dan terlalu sering digunakan jarak jauh. Hal itu pasti dikaitkan dengan piston dari mesin kendaraan itu sendiri yang terlalu sering bergesekan dan membuatkan cepat Aus sehingga membuatnya berasap.

Nah jika mesin kendaraan yang lebih kuat dan lebih canggih sistem pendinginnya saja tidak boleh digunakan terlalu jauh dan terlalu panas, apalagi mesin kompresor yang berukuran kecil dan tidak memiliki sistem pendingin yang canggih ya guys.

 

Maka saran kami buat kalian semua,, jangan menggunakan mesin kompresor kalian non stop dan terlalu lama, karena akan cepat merusak mesin dan sistem pemompa anginnya. Tapi ini cuma tips dari kami ya guys.. kita belum masuk pada pokok pembahasan kita nih.  Karena sebelum kami membahas tentang cara mengatasi mesin kompresor panas berlebihan, sebelumnya kami ingin menjelaskan kepada anda apa aja sih yang bisa menyebabkan mesin kompresor kalian panas berlebihan.

 

PENYEBAB MESIN KOMPRESOR PANAS BERLEBIHAN

Jadi kami mau jelasin dulu penyebab-penyebabnya, baru nanti kami jelaskan cara mengatasi mesin kompresor panas berlebihan. Karena memang jika kita tidak tau penyebabnya, ya gimana kita mau benerin itu mesin. Atau gimana kita mau menghindari apa yang menjadi penyebab mesin kompresor panas berlebihan.

 

Oke langsung aja nih.. apa aja sih penyebab mesin kompresor menjadi panas berlebihan?? berikut adalah beberapa masalah yang biasa terjadi dan menyebabkan mesin kompresor tersebut menjadi panas :

1. Daya hisap lemah

Salah satu faktor yang membuat kompresor menjadi cepat panas yaitu Daya hisap yang lemah. Jadi karena daya hisap yang lemah, mesin kompresor akhirnya bekerja ektra berat untuk memompa angin dan membuat mesinnya cepat panas.

Ada beberapa hal yang menjadi sebab hal ini bisa terjadi ( daya hisap lemah ). Dan tentunya kalian semua harus mengetahuinya agar kalian dapat menanggulanginya secepatnya, sebelum kerusakan merembet kebagian lainnya. Berikut adalah beberapa penyebab kompresor memiliki daya hisap yang lemah :

  • Komponen yang dipasang tidak benar ( kurang pas, kurang kenceng, dll ).
  • Adanya kesalahan settingan pada alat ukurnya.
  • Alat pendingin yang rusak atau hilang.
  • Saringan / Filter kotor

Keempat hal tersebut harus rutin anda cek pada kompresor anda untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Karena dengan memonitor keempat hal tersebut, sama saja dengan merawat kompresor anda dengan baik.

 

2. Tekanan Angin keluar terlalu berlebihan

Faktor kedua yang membuat mesin kompresor anda cepat panas yaitu dari sisi angin yang keluar. Jadi tekanan angin yang dikeluarkan kompresor anda terlalu berlebihan, jadi tanki menjadi cepat kosong dan tidak sesuai dengan standard kerja kompresor tersebut.

Hal tersebut berakibat mesin kompresor menjadi bekerja extra karena seringnya mati dan nyala. Karena sering mati dan nyala, jadi mesin akan menjadi cepat panas. Terus apa aja yang menjadi penyebab tekanan angin yang keluar terlalu berlebihan??

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui terkait hal tersebut :

  • Gulungan Koil yang kotor.
  • Salurang pembuangan / keluaran air yang tidak terpasang dengan benar.
  • Penyumbatan udara pada kondensor.
  • Kipas kondensor yang tidak stabil.
  • Kondensor berukuran lebih kecil atau tidak standard.

Nah hal-hal tersebut juga perlu kalian cek secara berkala ya guys, untuk menjaga kompresor anda tetap pada performa yang baik.

 

3. Ruangan yang Panas

Faktor yang ketiga yang membuat mesin kompresor anda cepat panas yaitu ruangan kerja anda yang terlalu panas. Karena kompresor anda letakkan pada ruangan tertutup yang kurang ventilasi, jadi mesin kompresor akan menjadi cepat panas karena kurangnya udara yang mengalir pada ruangan tersebut.

Mengatasi-Mesin-Kompresor-Panas-Berlebihan

Jadi saran kami, bekerjalah diruangan yang memiliki aliran udara yang baik, sehingga bagus untuk pernafasan anda dan juga kinerja mesin kompresor anda.

 

4. Umur Kompresor

Faktor kelima yang membuat mesin kompresor anda dapat cepat panas adalah umur kompresor anda sendiri. Jadi jika memang kompresor anda sudah melayani dan bersama anda selama bertahun-tahun, jadi wajar jika memang terjadi kesalahan pada mesin kompresor anda.

Saran kami, gantilah sparepart utama dari mesin kompresor anda dengan yang baru agar mesin kompresor anda dapat kembali bekerja dengan normal. Tapi gunakanlah selalu sparepart asli dari produsen kompresor anda. Karena ga bisa dibohongi ya guys, kalo sparepart kalian tidak ori maka yang terjadi ya mesin kompresor anda juga tidak akan bisa bekerja dengan normal atau tidak awet.

 

5. Jarang Ganti Oli

Hal selanjutnya yang dapat menyebabkan mesin kompresor anda cepat panas adalah jarangnya anda ganti oli. Tentunya oli yang sudah lama berada di dalam mesin akan menjadi mengerak dan bahkan bisa mengeras.

Mesin-Kompresor-Panas-Berlebihan-Karena-Oli

Dengan begitu piston mesin anda akan mengalami gesekan dengan rumah silindernya. Karena gesekan terjadi, maka mesin akan menjadi cepat panas dan bahkan dapat mengeluarkan asap. Cara mendeteksinya ya tentunya dari anda sendiri ya guys. Kalian kudu rutin ganti oli mesin kompresor kalian agar mesin kompresor kalian dapat bekerja dengan normal.

Atau jika anda ingin mengetahui tanda-tanda dari mesin kompresor yang jarang ganti oli yaitu dari baunya. Biasanya mesin kompresor mengeluarkan bau sangit atau bau oli terbakar. Jika begitu maka kalian dapat mendeteksi bahwa mesin kompresor anda waktunya ganti oli yang baru. Tapi saran kami ya jangan tunggu keluar bau sangit guys,, gantilah oli secara rutin sebelum keluar bau-bau yang sangit atau gosong.

 

Nah jadi ada 5 hal yang menjadi penyebab mesin kompresor anda menjadi cepat panas. Baiknya kalian menghindari hal-hal tersebut dengan melakukan pengecekan dan perawatan rutin pada kompresor anda ya guys.

Terus selanjutnya, setelah kita mengetahui penyebab yang bisa membuat mesin kompresor anda cepat panas. Maka hal selanjutnya adalah gimana cara kita mengatasi mesin kompresor yang sudah memanas atau cara mengatasi mesin kompresor panas berlebihan.

 

CARA MENGATASI MESIN KOMPRESOR PANAS BERLEBIHAN

Langsung aja kita masuk ke pokok pembahasan ya guys.. gimana sih cara mengatasi mesin kompresor panas berlebihan? tentunya kita semua harus tau cara untuk mengatasi hal ini ya guys, agar kompresor kita nantinya tidak rusak bahkan sampai mati total.

 

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi mesin kompresor panas berlebihan.  Semoga tips dari kami ini dapat membantu anda untuk mengatasi hal tersebut. Oke langsung aja ya guys.. berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi mesin kompresor yang terlalu panas :

1. Fokus pada Sirkulasi udara

Jadi hal yang dapat anda lakukan saat mesin kompresor anda panas berlebihan yaitu dengan mematikan mesinnya, kemudian kalian keluarkan dari ruangan yang terlalu panas. Dan angin-anginkan diluar agar mesin dapat menjadi lebih dingin untuk kemudian kalian cek kerusakannya pada beberapa poin dibawah ini.

 

2. Cek Oli dan Filternya

Hal kedua yang harus kalian lakukan adalah mengecek olinya, apakah kotor, atau tinggal sedikit atau bahkan habis. Jika dirasa oli masih wajar, hal kedua yang perlu kalian lakukan adalah cek filternya. Bongkar dan kemudian bersihkan filternya untuk membuat sistem penyaringannya menjadi lebih bersih dan tidak tersumbat.

 

3. Ganti Sparepart yang rusak

Jika kedua hal tersebut sudah kalian lakukan, dan kemudian kalian mulai bekerja diruang yang lebih fresh atau memiliki aliran udara yang bagus. Tetapi tetap kalian temukan mesin kompresor kalian cepet banget panasnya, brarti dapat dipastikan salah satu sparepart kalian rusak atau masangnya kurang bener.
Segera cek sparepart yang anda curigai rusak atau memasangnya kurang pas atau kurang bener. Untuk detail kerusakan sparepart yang membuat mesin kompresor cepat panas dapat kalian lihat dari penyebab mesin kompresor yang cepat panas pada poin sebelumnya yang telah kami jelaskan diatas.

 

Okeeee… jadi udah pada tau ya guys.. Inget ya guys,, selalu gunakan sparepart asli atau original dari produsen kompresor yang anda beli. Jangan gunakan barang abal-abal karena malah dapat membuat pengeluaran anda bertambah.

 

Selain itu selalu sayangi dan jaga kompresor anda seperti anda menyayangi diri anda. Hal ini juga berlaku untuk semua peralatan kalian ya guys. Entah kendaraan, power tools, mesin las dan mesin-mesin lainnya, semua harus dirawat dan dijaga agar performanya selalu terjaga dengan baik.

 

Okelah kalo begitu, cukup sekian artikel kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya guys. Dan jangan lupa untuk selalu tonton video-video kami yang selalu memberikan edukasi dan data aktual dari performa mesin-mesin yang telah kami uji coba. Tonton video-video edukasi dan komparasi produk di channel youtube kami dibawah ini ;

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Selalu dukung kami dengan subscribe, like dan share video-video kami yang menurut kalian bermanfaat buat keluarga dan temen-temen kalian. Dengan kalian melakukan itu, kami akan dapat tersupport dan menjadi lebih semangat untuk menyajikan konten-konten video yang lebih menarik dan bermanfaat lagi.

 

Yaw dah kalo gitu,, selalu jaga keselamatan kerja kalian ya guys.. Salam..!!

One thought on “MENGATASI MESIN KOMPRESOR PANAS BERLEBIHAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *