CARA MENGGUNAKAN KOMPRESOR YANG BENAR

By | July 8, 2019

Hai guys..!! kalian semua ngerasa sudah bener belum pake kompresor angin kalian dirumah atau dibengkel masing-masing? Jangan-jangan selama ini kalian salah dalam menggunakan atau memperlakukan kompresor kalian sendiri. Coba kalian baca deh artikel kami ini tentang cara menggunakan kompresor yang benar sesuai dengan petunjuk keselamatan standard internasional.

 

Hal ini tentunya akan membantu anda untuk bekerja lebih baik serta dapat menjaga diri anda juga dari kecelakaan kerja. Selain itu hal ini juga dapat mempengaruhi kinerja serta umur dari kompresor yang anda miliki lho. Untuk itu lah kita harus mempelajari cara menggunakan kompresor yang benar guys.

 

Tapi sebelum kita membahas cara menggunakan kompresor yang benar yang sesuai dengan standard internasional. Terlebih dahulu kami akan coba untuk memberikan informasi kepada kalian akan kegunaan kompresor yang umum digunakan kebanyakan orang.

 

KEGUNAAN KOMPRESOR PADA UMUMNYA

Mungkin informasi ini dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi anda semua agar dapat lebih bijak dan mengerti akan kegunaan kompresor diluar sana. Jadi apa aja sih kegunaan kompresor yang biasa digunakan di Indonesia ini khususnya,, berikut adalah beberapa contoh aplikasi yang menggunakan tenaga kompresor :

  • Cleaning, jadi kompresor angin biasa digunakan untuk menyemprotkan angin pada benda seperti motor, mesin dan lain-lain. Hal tersebut dilakukan untuk membersihkan permukaan benda tersebut dari debu dan air yang tersisa dipermukaan benda tersebut.
  • Painting, atau bisa juga disebut dengan pengecatan yang memang menggunakan kompresor untuk mendapatkan hasil yang lebih rata dan pengerjaannya pun bisa jadi lebih cepat.
  • Air Pump, atau bahasa kerennya isi angin,, hehehe.. Tentunya kalian udah pada tau ya untuk aplikasi yang satu ini. Biasa digunakan untuk mengisi angin pada ban kendaraan baik tipe roda dua ataupun roda empat.
  • Transportation, untuk kebutuhan transportasi ini biasanya membutuhkan kompresor tipe khusus yang tidak bisa kalian temukan di bengkel-bengkel yang ada pada umumnya. Penggunaannya biasanya diterapkan pada pintu otomatis, Rem pada bus dan kereta api, dan lain-lain.
  • Food and Beverage Processing, untuk kegunaan pada bidang ini, biasanya juga menggunakan kompresor khusus yang dapat digunakan untuk proses pengepakan atau pembungkusan makanan, pengisian makanan pada packaging agar lebih cepat dan tepat. Kemudian juga banyak digunakan untuk pengepresan pada pembuatan plastik makanan itu sendiri.

 

Menggunakan-Kompresor-yang-Benar-untuk-pengecatan

 

Menggunakan-Kompresor-yang-Benar-untuk-pompa-ban

 

Jadi itu ya guys beberapa kegunaan kompresor yang sampai saat ini baru kami ketahui. Mungkin bagi kalian yang tau lebih banyak dibanding kami, bisa tolong tulis di kolom komen ya. Buat tambah2 ilmu buat kami dan temen-temen sobat tehniq setanah air nih.

 

CARA MENGGUNAKAN KOMPRESOR YANG BENAR

Oke lanjut guys, mari kita ke pokok pembahasan yaitu cara menggunakan kompresor yang benar itu gimana sih. Biar awet kompresornya, biar aman ke kitanya, biar hasilnya juga memuaskan. Semua itu tentunya butuh informasi dan pengetahuan lebih yang harus kami sampaikan buat nambah pengalaman kalian semua guys.

 

Tambah pengalaman juga tentunya bisa nambah penghasilan nih soalnya.. Hehehe.. Tapi disini kami bagi informasi semuanya gratis guys.. yang penting doanya aja buat tehniq.com biar bisa jadi platform e-commerce barang-barang tehniq nomor satu se-Indonesia. Aamiinn..

 

Cara-Menggunakan-Kompresor-yang-Benar

 

Udah mulai ngalor ngidul lagi nih gw ngomong. Yaw dah langsung aja nih, berikut adalah cara menggunakan kompresor yang benar yang perlu kalian ketahui bersama :

  • Letakkan Kompresor di tempat yang teduh atau tidak terkena cahaya matahari langsung, agar mesin tidak terlalu panas saat digunakan. Apalagi untuk aplikasi pengecatan yang membutuhkan tenaga kompresor untuk beberapa jangka waktu yang lama.
  • Letakkan kompresor di tempat yang mudah anda jangkau dan anda lihat, agar anda dapat memantau kompresor tersebut secara terus menerus.
  • Bersihkan kompresor kalian secara berkala agar debu dan kotoran tidak menjadi kerak dan dapat masuk pada sistem angin kompresor tersebut.
  • Gantilah oli secara berkala untuk menjaga piston mesin tetap awet. Usahakan menjadwal waktu ganti oli kompresor anda agar lebih mudah untuk mengkontrolnya.
  • Settingan otomatis pada pengukur tekanan angin jangan dirubah. Normalnya mesin akan menyala otomatis saat tanki sudah berkurang setengah. Tetapi settingan tersebut dapat dirumah menjadi lebih kecil lagi, misalkan saat tanki sudah sisa seperempat maka otomatis akan menyala. Hal tersebut malah akan membuat mesin kompresor anda bekerja lebih berat, jadi bisa membuat mesin cepat rusak karena saat tanki kosong mesin akan lebih bekerja ekstra untuk mengisi ulang sampai pada full tank.
  • Jangan bekerja diruang tertutup bersama dengan kompresor untuk waktu yang cukup lama, karena dapat merusak pernafasan kalian.
  • Selalu gunakan sparepart yang asli saat anda memperbaiki atau maintenance kompresor anda.

 

SELALU PERHATIKAN KESELAMATAN KERJA

Nah jadi kurang lebih seperti itu ya guys cara menggunakan kompresor yang benar. Mungkin kebanyakan sudah kalian terapkan, tapi mungkin juga ada hal yang belum kalian terapkan. Jadi mulai sekarang kalo bisa terapin semua hal yang telah kami sebutkan diatas guys. Agar nantinya kalian akan mendapatkan hasil yang memuaskan, kompresor yang awet dan tentunya keselamatan ada terjaga dari kecelakaan kerja.

 

Okelah kalo begitu, semoga artikel yang kami buat ini dapat bermanfaat buat kalian semua yang membacanya ya guys. Jangan lupa untuk selalu bekerja sesuai petunjuk keselamatan kerja yang ada untuk menjaga diri anda dari kecelakaan.

 

Dan jangan lupa juga buat selalu tonton channel youtube kami yang terlengkap dan paling bermanfaat buat kalian semua yang saat ini sedang membutuhkan informasi-informasi seputar alat-alat pertukangan, mesin-mesin, mesin las dan juga alat-alat kerja lainnya. Kami akan selalu memberikan informasi detail dan didasari dengan adanya bukti nyata dengan percobaan-percobaan yang kami lakukan.

 

Kunjungi channelnya dibawah ini ya guys :

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Tonton, like, dan share video-video kami ya guys, untuk membagikan kepada teman-teman kalian informasi yang bermanfaat dari video-video kami. Terus dukung kami agar kami dapat membuat video-video bermanfaat terus buat kalian.

 

Okelah kalo begitu.. be safe ya guys.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *