JENIS DAN FUNGSI SEPATU SAFETY

By | June 7, 2022
Thumbnail-Jenis-dan-Fungsi-Sepatu-Safety

Halo sobat tehniq yang tercinta.. Bagi kalian pekerja proyek dan semacamnya tentu ga asing ya sama sepatu safety. Nah pada artikel kami kali ini, kami mau bahas detail tentang jenis dan fungsi sepatu safety agar kalian tidak gagal paham. Karena bahaya banget ya kalo sampai kalian salah menggunakan jenis sepatu safety di tempat kerja kalian.

Tau sendiri ya,, fungsi sepatu safety itu sangat krusial sekali dan penting buat melindungi kaki kita. Jadi jangan sampai kalian salah pilih dan salah beli jenis sepatu kalian.

 

JENIS SEPATU SAFETY DAN FUNGSINYA

Ada beberapa jenis dan fungsi sepatu safety yang perlu kalian ketahui ya guys.. Dan berikut ini adalah beberapa jenis sepatu safety dan fungsinya yang perlu kalian ketahui :

  • Toed-shoes
  • Steel Insole shoes
  • Metatarsal Shoes
  • Electric Hazard Shoes

 

Jenis-Sepatu-Safety-dan-Fungsinya

 

Nah masing-masing jenis sepatu safety itu akan kami jelaskan fungsinya pada poin dibawah ini ya.

 

TOED SHOES

Jenis sepatu safety yang pertama yaitu Toed Shoes dimana sepatu ini dirancang memiliki lapisan besi dibagian depannya. Hal ini dimaksudkan agar kaki dapat terlindung dari kejatuhan benda yang berbahaya atau menendang benda yang keras dan juga terjepit sesuatu hal yang berbahaya.

Kebutuhan sepatu jenis ini sangat cocok digunakan pada proyek konstruksi dan pertukangan. Karena kondisi lapangan yang sangat rawan akan benda-benda keras dan tajam.

 

STEEL INSOLE

Jenis sepatu yang kedua yaitu steel insole yang artinya sepatu ini dirancang memiliki lapisan besi dibagian sole bawahnya. Hal ini dimaksudkan agar kaki dapat terlindung saat menginjak barang yang tajam dan runcing. Tentunya sepatu ini akan sangat berguna digunakan untuk melindungi kita dari paku, kaca dan benda tajam lainnya.

Sepatu jenis ini sangat cocok digunakan pada bidang konstruksi, pabrik besi dan kaca. Karena pada aplikasi itu sangat rawan sekali benda-benda tajam yang berceceran dibawah.

 

METATARSAL

Jenis sepatu yang ketiga yaitu Metatarsal yang artinya sepatu ini dirancang memiliki lidah lebar dibagian depannya yang terbuat dari kulit ataupun bahan lainnya yang dapat melindungi bagian atas kaki. Sepatu ini sangat cocok digunakan pada aplikasi yang memiliki percikan api ataupun yang berhubungan dengan goresan pada kaki bagian atas.

Biasanya sepatu ini banyak digunakan oleh para welder atau tukang las profesional. Aplikasi lainnya yaitu para penempa besi yang sering mendapati percikan api yang menyerang tubuh dan kakinya.

 

ELECTRIC HAZARD

Yang terakhir yaitu jenis sepatu electric hazard yang dirancang memiliki bahan yang terbuat dari isolator listrik. Sepatu ini dirancang agar dapat menjadi pelindung kaki dari electrical atau listrik. Penggunaan sepatu ini tentunya sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang bekerja di bidang kelistrikan ya.

Baik itu kelistrikan Gedung ataupun kabel listrik PLN. Penggunaan sepatu ini biasanya dibarengi dengan sarung tangan anti listrik dan pakaian anti listrik. Kesemua pelindung itu terbuat dari isolator listrik yang berbahan karet berlapis yang saling melapisi bagian-bagiannya.

 

Sebenarnya masih ada lagi jenis sepatu safety yang dapat melindungi dari panas. Tapi sepatu ini sangat jarang ada dipasaran karena memang penggunaannya yang spesifik digunakan untuk kebutuhan pemadam kebakaran. Nama sepatu ini dikenal sebagai Heat Resistance Shoes.

 

KESIMPULAN

Nah dari kelima jenis sepatu Safety tersebut maka dapat kita simpulkan ya bahwa sepatu safety sendiri dibuat bervariasi tak lain untuk melindungi kaki kita. Adapun hal-hal yang dapat dilindungi sepatu tersebut yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Melindungi kaki dari Benda tajam ataupun runcing.
  • Pelindung kaki dari Percikan api dan panas yang berlebihan
  • Melindungi kaki dari zat-zat berbahaya yang dapat melelehkan kulit
  • Penahan terhadap kaki agar tidak terhantam atau terjepit langsung dengan benda kerja.

 

Nah selain itu tentunya fungsi umum dari sepatu itu sendiri juga tidak lepas dari penggunaannya ya. Fungsi lainnya yaitu sebagai anti selip agar kita tidak tergelincir dan mencegah agar kaki tidak bersentuhan langsung dengan hal-hal diluar sepatu tersebut.

 

Okee kalo gitu sampai disini ya artikel dari kami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

 

BACA JUGA :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *