KAPAN HARUS MEMPERBAIKI DAN KAPAN HARUS BELI KOMPRESOR BARU

By | June 8, 2022
Thumbnail-Kapan-Harus-Memperbaiki-dan-Kapan-Harus-Beli-Kompresor-Baru

Halo sobat tehniq yang saat ini sedang berjuang menafkahi keluarganya… Semangat terus ya dan jangan lupa berdoa. Oke jadi kali ini gw mau menjawab keresahan kalian nih. Kapan harus memperbaiki dan kapan harus beli kompresor baru?

Karena klo gw liat tuh banyak banget bengkel-bengkel yang menggunakan kompresor yang sudah tidak layak pakai. Dan hal tersebut malah memperlambat kinerja mereka, karena harus sering nyalain kompresornya. Tentunya hal ini berakibat dari pembayaran listrik yang tidak sia-sia.

Dan ada juga orang yang tidak mau ribet. Pengen beli yang baru aja padahal kompresornya masih layak pakai. Tinggal ganti sparepart aja dan perbaikan kecil udah cukup membuat kompresornya bekerja normal kembali. Nah balik lagi ke pertanyaannya ya, sebenarnya kapan sih kita harus memperbaiki dan kapan harus beli kompresor baru untuk kita?.

Jawabannya ada pada pembahasan dibawah ini ya guys.

 

KAPAN KITA MEMPERBAIKI YANG LAMA DAN KAPAN KITA HARUS MEMBELI KOMPRESOR BARU?

Kapan-kita-harus-memperbaiki-kompresor-dan-kapan-membeli-yang-baru

 

Sebelum kalian membeli kompresor baru ada baiknya untuk melakukan pengecekan part-part kompresor itu sendiri . Pengecekan ini juga harus menyeluruh ya, kalo bisa sampai kalian temukan bagian kerusakannya atau yang erornya.

Jika kalian tidak ahli pada bidang ini, tenang aja ya. Kalian masih bisa pergi ke bengkel terdekat atau ke tempat servis center kompresor kalian. Dari situ kalian akan mengetahui kerusakan dari kompresor kalian dan dapat memutuskan baiknya diperbaiki harus membeli yang baru.

Adapun beberapa hal yang masuk kedalam kategori kompresor masih bisa diperbaiki yaitu :

  • Kebocoran pada inlet pengeluaran anginnya.
  • Pengisian angin yang lambat.
  • Otomatis pengisian angin mati.
  • Kebocoran oli pada paking mesin sehingga oli sering habis.

Dari 4 hal tersebut tentunya masih ada kerusakan-kerusakan kecil lainnya yang cukup banyak. Kami hanya menyampaikan apa yang sering kami alami di Lapangan saat melakukan servis kompresor.

Dan adapun beberapa hal yang masuk kedalam kategori berat yaitu memang harus dibuang kompresornya, jadi kudu beli baru. Berikut adalah beberapa contoh kerusakannya :

  • Piston yang macet.
  • Tabung angin rusak, bocor, penyok, pecah.
  • Ada bagian mesin yang patah, sehingga menyebabkan mesin mati.
  • Suara kompresor yang sudah tidak normal seperti suara kasar pada mesin hingga membisingkan telinga.
  • Kompresor anda sudah sangat jadul sehingga tidak ada lagi sparepartnya.

 

KESIMPULAN

Nah dari beberapa hal yang sudah kami sebutkan diatas, maka dapat disimpulkan. Bahwa kapan kita harus menentukan untuk memperbaiki kompresor kita dan kapan kita harus membeli yang baru. Intinya kalian harus dapat membedakan kerusakan berat dan kerusakan ringan. Jika dirasa kompresor anda masih dalam kategori mengalami kerusakan ringan, maka ada baiknya kalian memperbaiki kompresor kalian.

Perbaikannya sendiri tidak harus di servis center ya. Di bengkel yang paling dekat dengan tempat kalian aja. Tapi kalo mau yang pasti-pasti ya sempatin waktu aja untuk pergi ke servis center.

 

Oke kalo gitu, sampai disini artikel kami kali ini.. Semoga artikel kami bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

 

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *