JENIS SARUNG TANGAN SAFETY YANG PERLU DIKETAHUI

By | June 14, 2019

Halo Sobat tehniq semua..!! Gimana nih kabar kalian semua?? Semoga pada baik ya.. Oke guys.. Kali ini kami mau berbagi info tentang jenis sarung tangan safety yang perlu diketahui oleh kalian semua nih. Karena memang sarung tangan itu banyak jenisnya ya guys.

 

Dan masing-masing sarung tangan safety tersebut terbuat dari material yang berbeda. Sehingga masing-masing jenis sarung tangan safety yang perlu diketahui ini memiliki fungsinya dan keunggulannya masing-masing.

 

Kita sebagai pengguna alat-alat safety harusnya tau masing-masing jenis sarung tangan safety tersebut guys. Agar nantinya kita tidak salah menggunakan sarung tangan safety yang sesuai dengan kebutuhan kalian di Lapangan.

Karena kalo kita ga tau nih guys.. Bisa bahaya banget nih guys.. Misalnya nih, kalian ngelas pake serung tangan kain atau karet.. Bisa-bisa sarung tangan anda terbakar dan meleleh dong kalo kena cipratan api las dari mesin las kalian.

 

Jadi apa aja sih jenis sarung tangan safety yang perlu diketahui bersama?? Berikut adalah beberapa poin-poin yang akan kami jelaskan mengenai jenis sarung tangan safety tersebut.

 

JENIS SARUNG TANGAN SAFETY YANG PERLU DIKETAHUI

Ada beberapa jenis sarung tangan safety yang perlu diketahui sebagai pedoman kerja anda saat anda bekerja di Lapangan ada tempat kerja anda.

 

Dan masing-masing jenis sarung tangan safety tersebut dapat dibedakan dari material pembuatnya.

Kemudian nantinya kami akan memaparkan masing-masing keunggulan dari material dan jenis sarung tangan tersebut. Dan nantinya kalian bisa menggunakan sarung tangan kalian sesuai dengan keunggulan yang dimiliki ya guys.

 

Berikut adalah beberapa jenis sarung tangan safety tersebut :

 

1. JENIS SARUNG TANGAN KAIN ATAU KATUN

Jenis sarung tangan yang pertama yaitu jenis sarung tangan kain atau katun. Untuk jenis sarung tangan yang satu ini adalah jenis sarung tangan yang biasa digunakan sebagai sarung tangan pelapis.

 

Sarung tangan safety ini memberikan perlindungan minimal terhadap tangan anda dari tusukan, bahan bergerigi, panas api, dan permukaan yang panas..

Jenis-Sarung-Tangan-Safety-dari-Katun

 

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas ya guys.. Sarung tangan ini terlalu tipis untuk anda gunakan pada proyek. Kami sarankan anda hanya menggunakan ini untuk alat safety dirumah kalian seperti saat membersihkan rumah ataupun saat berkendara.

 

2. JENIS SARUNG TANGAN KATUN YANG DILAPISI

Untuk jenis sarung tangan safety yang kedua yaitu sarung tangan katun yang sudha dilapisi. Jadi sarung tangan jenis ini adalah perkembangan dari sarung tangan katun sebelumnya. Dan hal tersebut dimaksudkan agar sarung tangan katun lebih dapat digunakan untuk kebutuhan yang lainnya.

 

Karena sudah dikembangkan, jadilah sarung tangan katun yang dilapisi ini menjadi sarung tangan yang paling umum dan paling banyak digunakan. Sarung tangan ini dapat menjangkau berbagai macam pekerjaan ringan dan terlebih lagi harganya juga masih cukup terjangkau. Untuk itu sarung tangan ini banyak menjadi pilihan para pekerja ringan dan orang-orang rumahan.

Jenis-Sarung-Tangan-Safety-dari-Katun-yang-Dilapisi

 

Lapisan yang digunakan untuk melapisi sarung tangan jenis ini berbeda-beda ya guys. Tergantung material pelapis dari produsen sarung tangannya. Beberapa material yang biasa digunakan sebagai pelapis lapisan sarung tangan ini diantaranya adalah :

  • Latex
  • Nitrile
  • Polyurethane
  • PVC

 

Latex adalah material yang dibuat dari getah yang dihasilkan dari tumbuhan. Sedangkan Nitrile adalah senyawa organik yang dibuat dari campuran metil sianoakrilat dan karet nitril. Dan Polyurethane adalah senyawa campuran hasil penggabungan antara karet dan plastik. Sehingga didapatkan pelarutan material yang memiliki keunggulan sangat tahan gesek, tahan aus, tahan terhadap beberapa kimia ringan, stabil dalam suhu dingin dan panas. Dan yang terakhir yaitu PVC yang merupakan kepanjangan yang diambil dari kata Polivinil Klorida.

PVC sendiri dibuat dari polimer yang menggunakan bahan baku minyak bumi terendah di antara polimer lainnya. Keunggulan dari PVC ini juga hampir sama dengan polyurethane ya guys.

 

3. JENIS SARUNG TANGAN KARET, PLASTIK ATAU SINTETIS

Sarung tangan jenis ini terbuat dari material karet. Dan untuk penggunaannya sendiri banyak digunakan untuk kebutuhan di laboratorium dan juga rumah sakit.

Tentunya kalian sering melihatnya ya guys, sarung tangan karet yang suka dipake dokter dan suster-suster cantik. Heheh..

Jenis-Sarung-Tangan-Safety-dari-Karet-Plastik-Sintetis

 

Sarung tangan jenis ini bisa digunakan untuk melindungi tangan anda dari bahaya :

  • Bio-Hazards
  • Oli
  • Pelarut
  • Lemak
  • Dan bahan kimia ringan.

Karena terbuat dari karet, jadi saat sarung tangan ini dipasang di tangan anda, maka bentuknya akan menyesuaikan dengan tangan dan jari jemari anda. Lebih fit dan pas ditangan gitu maksudnya.

 

4. JENIS SARUNG TANGAN KULIT

Sarung tangan jenis ini adalah sarung tangan yang sudah mulai digunakan untuk level yang lebih extreme. Karena seperti yang kalian ketahui. Material kulit dapat melindungi anda dari panas, percikan api dan juga sayatan pisau langsung.

Jenis-Sarung-Tangan-Safety-dari-Kulit

 

Untuk penggunaannya sendiri, sarung tangan kulit banyak digunakan untuk orang-orang proyek. Baik proyek konstruksi dan juga proyek pengelasan.

Sarung tangan kulit dengan model slim juga bisa digunakan untuk pengendara motor saat berkendara. Selain terlihat lebih keren, proteksi terhadap tangan anda juga lebih maksimal.

 

5. JENIS SARUNG TANGAN LAPISAN ALUMUNIUM

Jenis sarung tangan safety yang perlu diketahui poin yang kelima yaitu sarung tangan dari lapisan alumunium. Untuk proses produksinya sendiri, sarung tangan ini diproduksi dengan isolasi dan sifat reflektif. Untuk itu sarung tangan jenis ini dapat memberikan perlindungan panas pada aplikasi hingga 2.000 derajat Farenheit.

Jenis-Sarung-Tangan-Safety-dari-Lapisan-Alumunium

 

Jenis sarung tangan ini sangat cocok digunakan pada pekerjaan yang membutuhkan perlindungan terhadap panas yang tinggi. Contohnya pada pekerjaan pengelasan, pengerjaan di tungku yang panas dan juga laboratorium dengan penggunaan oven yang panas.

 

6. JENIS SARUNG TANGAN KEVLAR

Kevlar adalah material yang biasa digunakan sebagai bahan rompi anti peluru dan semacamnya. Bahan ini sering disebut-sebut sebagai bahan yang lima kali lebih kuat dari baja dengan berat yang sama.

Jenis-Sarung-Tangan-Safety-dari-Kevlar

 

Selain ringan, sarung tangan ini dapat melindungi anda dari sayatan pisau dan juga gesekan dari benda-benda yang tajam seperti beton dan besi. Penggunaannya sendiri sangat cocok digunakan pada proyek konstruksi yang banyak bergelut dengan besi dan beton.

 

Jadi udah pada paham ya guys.. Oia.. Jika kalian tau jenis sarung tangan safety yang lain jangan lupa tulis di kolom komen ya guys. Itung-itung kasih info buat kita semua nih guys.

Dan bagi kalian yang saat ini sedang ada kebutuhan untuk sarung tangan safety. Kalian bisa lihat-lihat katalog sarung tangan safety kami ya guys. Dijamin murah dan berkualitas nih kalo belanja di tehniq.com.

 

Kalian bisa langsung klik gambar katalog sarung tangan safety kami dibawah ini ya guys untuk mengetahui katalog lengkap kami.

 

KATALOG SARUNG TANGAN SAFETY
Katalog-Sarung-Tangan-Safety

 

Oke ya guys.. Gw kira udah cukup artikel kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk terus pantengin channel youtube kami untuk mengetahui tentang kekuatan dan performa dari alat-alat teknik seperti mesin las dan power tools.

 

Kalian bisa melihat langsung performa dari alat-alat yang kami uji secara extreme untuk melihat kekuatan dan ketahanan aslinya saat pengujian langsung. Klik channel youtube kami dibawah ini ya untuk melihat-lihat video kami yang sangat informatif

>> CHANNEL YOUTUBE <<

 

Jangan lupa subscribe, like dan komen ya guys biar kita makin semangat bikin video-video lain yang bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *