CARA MEMOTONG KACA YANG BAIK DAN BENAR

By | June 6, 2022
Cara-Memotong-Kaca-yang-Baik-dan-Benar

Halo sobat tehniq yang suka bermain kaca.. hhehehe.. Jadi kali ini gw mau bahas tentang cara memotong kaca yang baik dan benar ya. Karena ternyata memotong kaca itu ga bisa sembarangan dan ada caranya agar kaca tidak rusak saat dipotong.

Banyak kasus saat proses pemotongan, kaca malah pecah terbelah tidak sesuai garis yang dibuat. Dan ada juga saat proses pemotongan ada yang kacanya retak. Tentunya hal-hal tersebut membuat si pemotong merugi dan bahkan jika dilihat langsung sama customer bisa komplain dan marah-marah.

Terkesan ga profesional ya. Ya jangan sampe lah ya terjadi seperti itu dilingkungan pekerjaan kita. Semoga semua dimudahkan dan dilancarkan pekerjaannya. Tapi yg jelas ada cara yang baik dan benar dalam memotong kaca, agar kalian lebih tenang saat bekerja karena tau proses yang benar.

 

CARA MEMOTONG KACA DENGAN BAIK DAN BENAR

Ada teknik tersendiri dalam memotong kaca ya guys. Nah disini kami akan membagikan cara dan tips memotong kaca dengan baik dan benar. Baik untuk pemotongan lurus maupun pemotongan melingkar. Karena teknik pemotongan kaca sendiri hanya ada 2 ya yaitu :

  • Lurus
  • Melingkar

Nah pada artikel kami ini, kami akan coba membahas tekniknya dan caranya terlebih dahulu. Jadi tahapan-tahapan yang harus kalian lakukan saat melakukan pemotongan kaca. Setelah itu kami akan membagikan apa aja alat yang cocok digunakan untuk melakukan pemotongan lurus dan juga melingkar.

Oke jadi langsung aja ya,, berikut ini adalah tahapan memotong kaca dengan baik dan benar.

 

TAHAPAN MEMOTONG KACA

Langsung aja ya guys,, ada beberapa tahapan yang harus kalian lakukan dan siapkan saat akan memotong kaca. Tak lain dan tak bukan ya agar hasil potongan kalian rapi dan tidak gagal. Mulai dari yang pertama yaitu :

 

1. ALAS PEMOTONGAN

Alas-Pemotongan-Sebelum-memotong-Kaca

 

Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu menyiapkan alas pemotongan. Ga harus seperti gambar yang yg gw kasih contoh diatas ya. Alas yang gw maksud disini yang penting keras dan rata. Hal ini dimaksudkan agar tekanan yang kalian berikan tidak langsung bertumpu pada kaca. Sehingga kaca tidak pecah ataupun retak.

 

2. TANDAI BAGIAN KACA YANG AKAN DIPOTONG

Tandai-Bagian-Kaca-yang-ingin-dipotong

 

Fungsinya kalian menandai bagian yang mau dipotong ya jelas ya. Agar proses pemotongan kalian sesuai dengan alur potong yang sudah kalian ukur. Jadi nanti hasil potongan tidak akan salah atau tidak sesuai saat kaca ingin dipasang ditempatnya.

 

3. OLESKAN MINYAK ATAUPUN MINYAK TANAH

Olesi-Minyak-Tanah-sebelum-memotong-kaca

 

Sebenarnya lebih bagus minyak tanah ya, karena sifat dari minyak tanah ini agak keset. Tapi kalo ga ada minyak tanah ga papa minyak goreng aja. Minyak disini fungsinya untuk menghindari kontak dengan kaca yang terlalu berlebihan.

Jadi proses pemotongan jadi lebih halus, tidak kasar.

 

4. PEGANG DENGAN KUAT

Untuk menghindari bergesernya kaca saat hendak dipotong, maka kalian harus memegangnya dengan kuat. Caranya bisa bervariasi ya. Kalian bisa menggunakan tangan teman kalian untuk memegang kacanya. Atau bisa juga menggunakan alat penjepit seperti clamp.

Tapi jika alat pemotong kalian itu adalah bahan yang terbuat dari karet sehingga membuat kaca lengket, maka kalian cukup menekannya saja agar tidak bergeser. Semua hal ini bersifat bebas ya, tergantung situasi dan kondisi anda saat memotong kaca.

 

Okee jadi itu tadi tahapan yang bisa kalian lakukan untuk memotong kaca dengan baik dan benar. Selanjutnya, alat-alat apa yang bisa kalian gunakan untuk memotong kaca ini?? berikut adalah beberapa peralatan untuk memotong kaca.

 

ALAT YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMOTONG KACA

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas ya, bahwa ada 2 jenis pemotongan yaitu pemotongan lurus dan melingkar. Nah kedua pemotongan ini tentunya membutuhkan alat yang berbeda ya. Tak lain ya agar hasil potongan rapi dan halus.

Beberapa alat yang cocok kalian gunakan untuk pemotongan lurus yaitu diantaranya adalah :

 

Cara-Memotong-Kaca-Lurus

 

Alat-alat tersebut bisa kalian cari dengan sebutan pisau pemotong kaca. Fungsinya sama aja, cuma bentuknya aja yang beda-beda. Terus untuk pemotongan melingkar kalian bisa menggunakan alat ini :

 

Cara-Memotong-Kaca-Melingkar-dengan-Baik-dan-Benar

 

Untuk alat yang memotong kaca secara melingkar ini, kalian bisa menamainya dengan alat pemotong kaca melingkar. Nanti kalian bisa nemuin alat-alat seperti ini dengan bentuk yang berbeda-beda.

 

Naahhh itu tadi ya beberapa cara memotong kaca yang aman dan benar. Semoga setelah kalian membaca artikel ini, kalian bisa lebih tercerahkan lagi dan lebih mudah dalam memotong kaca. Dan tentunya hasil potongan kalian sudah lebih baik dari sebelumnya.

 

Oke klo gtu gw pamit dulu nih.. semoga artikel kami ini bermanfaat buat kalian.. Salam..!!

 

BACA JUGA

One thought on “CARA MEMOTONG KACA YANG BAIK DAN BENAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *