CARA MERAWAT MESIN BOR MAGNET DUDUK

By | March 2, 2023

Halo sobat tehniq setanah air.. Bagi kalian yang bekerja di bengkel, baik itu bengkel kendaraan ataupun bengkel bubut dan semacamnya, tentu ga asing sama yang namanya bor magnet. Tapi mengenal belum tentu suka merawat ya,, biasanya karena kesibukan akan orderan jadi kalian lebih memilih beli rusak beli lagi. Sebenernya kalian bisa merawatnya sendiri jika memang kalian ingin menjaga mesin kalian dan juga menjaga dompet kalian, biar ga beli beli terus maksudnya.. hehe.. Nah maka dari itu kami disini ingin menginfokan cara merawat mesin bor magnet duduk kalian sendiri dirumah.

Karena tentunya semua buatan manusia khususnya yang menggunakan mesin sebagai penggeraknya, pasti membutuhkan perawatan. Klo ga dirawat pasti membuatnya cepat rusak ataupun kekuatannya melemah tanpa kalian sadari. Untuk itu kalian perlu merawatnya guys..

Klo kalian bingung caranya langsung aja baca poin-poin cara perawatannya dibawah ini.

 

MERAWAT MESIN BOR MAGNET DUDUK

Oke jadi langsung aja ya,, berikut ini adalah cara merawat mesin bor magnet duduk anda agar selalu awet dan dalam performa yang terbaik. Karena kalo sudah begitu, pekerjaan kalian juga bakalan jooosss.. lancar tanpa hambatan kaya tol cipali.. hoho

Nah berikut ini adalah poin-poin yang harus kalian lakukan ya.

 

PENGGANTIAN KARBON BRUSH RUTIN

Merawat-Mesin-Bor-Magnet-Duduk-dengan-Penggantian-Karbon-Brush

Fungsi karbon brush sangat penting sekali karena karbon brush / arang karbon ini berfungsi menghantarkan listrik dari putaran rotor, sehingga mesin dapat memiliki tenaga atau torsi. Karena karbon brush ini dapat habis, maka tentunya mau tidak mau kalian harus menggantinya.

Jika karbon brush kalian habis yang terjadi adalah rotor listrik mesin bor anda akan rusak. Dan yang paling buruk mesin bor kalian bakalan mati total sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Untuk itu fungsi carbon brush ini sangat penting ya guys. Jadi pastikan kalian melakukan pengecekan rutin pada karbon brush kalian.  Untuk dijadikan patokan saja ya.,, anda harus sudah mengganti carbon brush kalian saat sudah terpakai 3/4 bagian.

 

GANTI GREASE ATAU GEMUK SAAT MENGGANTI CARBON BRUSH

Merawat-Mesin-Bor-Magnet-Duduk-dengan-Penggantian-Grease-Gemuk

 

Grease atau gemuk fungsinya yaitu untuk melumasi gear ataupun benda-benda yang berputar dibagian mesin. Dengan adanya pelumasan tersebut maka akan mengurangi gesekan yang berlebihan antara besi-besi tersebut.

Nah sifat grease atau gemuk ini dapat mengering ataupun habis seiring mesin digunakan terus menerus. Dan waktu yang tepat untuk mengganti grease atau gemuk ini yaitu saat anda mengganti carbon brush.

Jadi sekalian aja bongkar kepalanya dan bongkar karbon brushnya.

 

RUTIN BERSIHKAN VENTILASI UDARANYA

Ventilasi udara pada bodi mesin itu bukan tidak ada artinya. Ventilasi digunakan sebagai sirkulasi udara saat rotor berputar, sehingga udara panas dapat keluar masuk. Hal ini akan membuat mesin tetap stabil dan tidak cepat panas.

Jika ventilasi terlalu kotor, maka akan membuat mampet. Artinya udara tidak akan bisa keluar masuk dengan baik. Hal tersebut tentunya akan membuat mesin cepat panas, dan pastinya akan cepat rusak.

Panas yang berlebihan bisa membuat rotor terbakar ataupun gosong. Jadi jangan kaget kalo banyak mesin bor yang tiba-tiba berasap dan kadang bisa tau-tau mati total.

Selain itu debu yang menumpuk dibagian dalam rotor jg dapat menyebabkan konsleting. Untuk itu kalian juga harus memperhatikan kebersihan mesin bor anda.. Sebenarnya bukan cm ventilasinya aja ya,, sekalian aja bersihin semua biar mantep dan kinclong lagi.

 

KESIMPULAN

Naahh.. jadi itu dia ya beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk merawat mesin bor magnet duduk kalian. Pastikan kalian tidak malas untuk merawat barang-barang yang sudah kalian beli. Karena sayang banget kalo sampe dibuang,, padahal cari uang itu kan susah ya.

Mending uangnya buat gw.. bakal gw beliin pampers ama susu anak.. hehe

Oke deh paling itu tadi ya yang bisa gw sampaikan buat kalian. Intinya dari artikel tadi maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa perawatan mesin bor duduk intinya terletak di bagian dalamnya yaitu karbon brush dan grease. Sedangkan untuk bagian luarnya harus bersih sehingga tidak banyak kotoran dan debu yang masuk kedalam mesin.

Cukup jelas lah ya,, ga terlalu sulit dan ruwet pastinya.. Oke mungkin itu aja ya,., semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

 

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *