BAGIAN-BAGIAN DALAM MESIN BOR LISTRIK DAN FUNGSINYA

By | March 3, 2023
Bagian-bagian-Dalam-Mesin-Bor-Listrik-dan-Fungsinya

Halo sobat tehniq setanah air.. kali ini gw mau mencoba mengulik bagian-bagian dalam mesin bor listrik dan fungsinya. Bagi kalian yang suka ngulik-ngulik sendiri barang-barang kepunyaan kalian, tentunya seneng ya sama bahasan-bahasan begini. Soalnya kadang klo kita nguliknya asal tanpa tau fungsinya, nanti malah salah-salah.

Awalnya misal mesin bornya muternya pelan, terus kalian kulik sendiri. Kalian curiga bagian ini yang rusak, dan ternyata tanpa sepengetahuan kalian bagian itu bukan yang menghasilkan kecepatan putaran mesin bor. Ujung-ujungnya mesin bor malah mati total, dan kalian cuma bisa bingung, pasrah dan putus asa.

Alhasil akhirnya kalian malah beli mesin bor baru. Bukannya mau benerin mesin bor sendiri, eh malah beli baru. Amsyong kan..

 

BAGIAN-BAGIAN MESIN BOR DAN FUNGSINYA

Seperti yang kita tau bersama ya,, tentunya mesin bor itu dibuat bagian demi bagian yang saling menghubungkan satu sama lain agar dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Maka dari itu kami akan coba jelaskan bagian-bagian dalam mesin bor listrik dan fungsinya pada poin dibawah ini.

Gambar-Bagian-Bagian-Mesin-Bor-Listrik-dan-Fungsinya

Dari gambar diatas maka dapat kami sebutkan bagian-bagian dalam mesin bor listrik yaitu diantaranya adalah :

  • Kabel
  • Switch On / Off
  • Kipas Pendingin
  • Klaher / Laher
  • Kepala Chuck
  • Gear
  • Rotor / Armature & Stator
  • Carbon Brush / Arang Karbon

Bisa kalian lihat ya bagian-bagiannya pada gambar diatas. Dan untuk mengetahui masing-masing fungsinya tentunya kalian bisa baca penjelasan dari kami pada poin-poin dibawah ini ya guys.. Jadi jangan di tutup dlu

 

BAGIAN MESIN BOR ( KABEL LISTRIK )

Tentunya kalian semua ga asing ya sama yang namanya kabel listrik ini. Dan gw rasa hampir semua orang sudah pada tau fungsinya. Tapi karena gw orangnya tidak mau setengah-setengah jadi kabel listrik jg bakal gw jelasin fungsinya.

Untuk fungsi dari kabel listrik ini sendiri yaitu untuk menyalurkan listrik dari PLN atau sumber listrik lainnya menuju mesin bor agar mesin bor dapat bekerja / dioperasikan.

 

SWITCH ON / OFF

Bagian dari mesin bor listrik selanjutnya yaitu switch on / off. Switch on off ini letaknya adalah pada area pegangan atau hand grip mesin bor ya. Biasanya berwarna hitam dan menonjol, sehingga mudah untuk diketahui orang awam sekalipun.

Switch ini menggunakan per sehingga empuk dan mudah ditekan, sehingga tidak perlu tenaga lebih untuk menekannya. Fungsinya sendiri hampir seperti satpam ya.. Dia difungsikan untuk mengatur apakah listrik akan diteruskan ke mesin atau tidak.

Jika kalian menekan switch maka listrik akan disalurkan, hingga mesin bor menyala. Tapi jika kalian melepaskan, maka aliran listrik akan diputuskan agar tidak menyala.

 

KIPAS PENDINGIN

Bagian mesin bor yang ketiga yaitu kipas pendingin. Kipas ini menempel pada rotor / armature mesin bor, sehingga saat rotor berputar, otomatis kipas juga akan berputar. Putaran kipas juga sangat kencang ya sehingga cukup mumpuni untuk membuang hawa panas saat rotor berputar.

Jadi intinya kipas pendingin ini berfungsi untuk membuang hawa panas, dan menghisap udara dari luar untuk menjaga mesin tidak cepat panas. Klo mesin bor kalian cepat panas berarti ada kemungkinan hawa panas tidak keluar dengan baik. Brarti bagian dalam kotor, sehingga sirkulasi udara jadi kurang bagus.

 

BAGIAN MESIN BOR LISTRIK ( KLAHER / LAHER )

Selanjutnya bagian dari mesin bor yang lain yaitu klaher atau biasa juga disebut dengan laher. Bentuknya bulat dan ada besi-besi bulat yang melingkari bagian dalamnya. Klaher / laher ini letaknya ada dibagian depan dan belakang rotor / armature mesin bor. Selain itu klaher jg ada dibagian belakang chuck mata bor.

Fungsinya sendiri yaitu untuk menjaga agar poros as tidak langsung bergesekan dengan rumah gearnya, sehingga tidak cepat aus dan panas. Klaher sendiri dibuat sedemikian rupa hingga sangat minim gesekan, sehingga membuatnya tetap stabil saat gear berputar.

 

KEPALA CHUCK MESIN BOR

Bagian selanjutnya yaitu kepala chuck ya guys.. Kepala chuck ini letaknya dibagian ujung depan yang disambungkan dengan as gear. Bagian ujungnya sendiri memiliki lubang yang bisa diatur lebar lubangnya agar dapat disesuaikan dengan ukuran mata bor.

Fungsi dari kepala chuck ini sendiri yaitu untuk mengikat mata bor agar ikut berputar saat mesin bor menyala. Dengan ikatan yang begitu kuat membuat mata bor tidak bisa terlepas walaupun berputar sangat kencang, dan tentunya agar mata bor dapat mengebor benda kerja ya.

 

GEAR

Selanjutnya untuk bagian mesin bor yang keempat yaitu gear. Gear ini sendiri bentuknya seperti roda yang bergerigi melingkar dibagian luarnya. Bentuknya yang bergerigi membuatnya dapat terikat satu sama lain dengan gear lainnya. Saat gear yang paling ujung berputar, maka gear lain di depannya akan juga ikut berputar jika terikat bersama.

Fungsi dari gear ini sendiri yaitu untuk mentransmisikan putaran dari rotor, sehingga bagian kepala chuck dapat terhubung dan ikut berputar.

 

ROTOR DAN STATOR

Bagian-Mesin-Bor-Listrik-dan-Fungsinya-Rotor-Stator-Armature

Bagian paling berpengaruh pada mesin bor yaitu bagian yang satu ini ya. Namanya yaitu rotor atau biasa juga disebut dengan armature, dan ada yang menyebutnya dengan angker. Semua sebutan itu tergantung daerah tempat tinggal masing-masing ya.

Untuk fungsinya sendiri yaitu sebagai mesin penggerak. Rotor akan berputar untuk menggerakkan gear, sedangkan bagian pelindungnya yaitu stator akan tetap diam dan menyalurkan arus listrik berupa torsi agar mesin lebih bertenaga.

 

CARBON BRUSH / ARANG KARBON

Merawat-Mesin-Bor-Magnet-Duduk-dengan-Penggantian-Karbon-Brush

Bagian terakhir dari mesin bor listrik yaitu arang karbon atau bahasa kerennya adalah carbon brush. Karena namanya karbon, berarti dibuat dari arang karbon yang berwarna hitam dan sudah dipadatkan.

Fungsi dari carbon brush ini sendiri yaitu untuk mengalirkan arus listrik atau sebagai penghantar dari stator menuju rotor. Jadi arus listrik ini nantinya akan dirubah menjadi torsi atau tenaga sehingga rotor dapat bergerak dengan kekuatan maksimal.

Biasanya karbon brush ini memiliki per dibagian belakangnya yang berfungsi untuk mendorong karbon brush agar tetap menempel pada tembaga pada armature. Karbon brush ini lama kelamaan dapat habis ya guys karena terus mendapatkan gesekan,, sehingga kalian harus rutin mengeceknya dan menggantinya dengan yang baru agar mesin tetap dalam kondisi prima.

 

KESIMPULAN

Okeee. jadi itu tadi ya bagian-bagian dalam mesin bor listrik dan fungsinya yang perlu kalian ketahui bersama. Intinya masing-masing bagian dari mesin bor itu saling mendukung untuk membuat mesin bor bekerja dengan normal.

Jadi jika salah satu dari bagian tersebut rusak atau tidak terkoneksi, maka mesin bor kalian akan mati atau melemah.

Yaw dah klo begitu segini dulu artikel dari gw.. semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

 

Baca juga :

 

Boleh Dicoba ! 5 TIPS CERDAS menggunakan dan merawat mesin bor ala Mr.P

 

Video lainnya cek di channel youtube kami : Channel Youtube>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *