CARA MERAWAT MESIN BOR

By | February 7, 2019
Boleh Dicoba ! 5 TIPS CERDAS menggunakan dan merawat mesin bor ala Mr.P

Hai semua.. selamat datang di blog tehniq.com, tempat buat sharing artikel tentang semua alat-alat tehniq. Jadi disini itu artikel paling lengkap guys, buat kalian yang emang sedang mencari informasi seputar alat-alat tehniq. Jadi memang saat ini untuk informasi seputar alat-alat tehniq masih sangat minim ya di internet. Banyak orang yang masih bertanya-tanya tentang kekuatan dari produk yang mereka punya.. apakah produk itu kuat? apa produk itu dahsyat?? kita semua belum dapetin tuh info-info kaya gitu. Naahh.. disinilah blog tehniq.com ini hadir buat kalian yang memang sedang mencari informasi tersebut.

 

Tapi pada artikel kami kali ini, kami ga bahas tentang produk dulu guys.. bosen kali produk mulu.. hehehe.. Yak kali ini kami ini bagiin tips cara merawat mesin bor kalian sendiri dirumah. Jadi kalian ga perlu sering-sering ke service center nih guys. Kalian kudunya udah bisa merawat mesin bor kalian sendiri dirumah. Tentunya setiap pengguna mesin bor banyak yang mengalami kerusakan ataupun kendala pada mesin bornya. Baik itu mesin bor macet, loyo ga ada tenaga, pada mesin bor keluar cipratan api, mesin bor cepat panas, dan banyak lagi lah pokoknya masalah-masalah sama mesin bor ini.

 

Ujung-ujungnya saat kalian mengalami kendala pada mesin bor kalian, pasti kalian rujukannya service center. Kalo rumah kalian deket sama lokasi service center mungkin ga jadi masalah ya.. Tapi masalahnya itu gimana klo rumah kalian jauh dari service center?? tentunya akan sangat membuang waktu kalian ya.. karena kalian semua pasti tau.. time is money.. Iya bener dong.. waktu adalah uang. Kalo kalian buang-buang waktu kalian, kalian akan jauh dari yang namanya rejeki.

 

CARA MERAWAT MESIN BOR DIRUMAH

Jadi gimana sih caranya biar kita bisa merawat mesin bor kita sendiri dirumah??.. Nahh tenang aja guys.. kami akan bantu kalian dengan kasih info tentang cara merawat mesin bor dirumah kalian masing-masing tanpa perlu ke service center. Jadi kalian ga perlu buang-buang waktu dan uang kalian cuma gara-gara nyamperin tuh yang namanya service center. Ada beberapa poin yang akan kami bahas tentang cara merawat mesin bor dirumah ini. Beberapa poin tersebut diantaranya :

  1. Lepaskan akseroris mesin bor jika mesin sudah tidak digunakan dan bersihkan bagian-bagian yang terbuat dari besi dengan cairan anti karat.
  2. Bersihkan bagian dalam mesin bor dengan kuas dan lap ( buka body mesin bor ).
  3. Bersihkan Komutator dengan amplas halus.
  4. Ganti Grease Secara Berkala.
  5. Ganti Carbon Brush sebelum habis ( cek secara berkala ).

 

Kelima hal tersebut adalah cara merawat mesin bor yang harus anda pahami dan lakukan dengan benar secara berkala. Jadi kalian juga emang harus rajin bersih-bersihin dan rajin ngecek mesin bor kalian guys.

 

Pertanyaannya, apakah kalian bisa atau ngerti dengan yang kami sampaikan pada 5 poin diatas?? Jadi bagi kalian yang yang pengen tau lebih dalam tentang penjelasan dari kelima poin tentang cara merawat mesin bor anda sendiri dirumah. Anda bisa lanjut baca artikel kami dibawah ini.

 

 

CARA MERAWAT MESIN BOR LEPAS DAN BERSIHKAN AKSESORIS

Hal pertama yang harus anda perhatikan tentang cara merawat mesin bor yang benar yaitu dengan melepas aksesoris seperti mata bor, socket, dan lain-lain. Kenapa kalian harus melepaskan aksesoris saat mesin bor anda tidak sedang anda gunakan?? Jawabannya adalah untuk menghindari rusaknya drill chuck anda karena posisinya yang terus mengcengkram aksesoris tersebut. Ditambah jika aksesoris tersebut berkarat, maka drill chuck anda bisa terkontaminasi dengan karat. Tentunya besi yang berkarat akan menyebar dan akan cepat rusak. Jadi hindari terus memasang aksesoris pada mesin bor anda saat anda sudah selesai menggunakan mesin bor anda.

Cara-Merawat-Mesin-Bor-dengan-Melepas-Aksesoris-saat-selesai-menggunakan-mesin-bor

 

Hal yang kedua yaitu dengan membersihkan aksesoris dan drill chuck anda dengan cairan anti karat agar besi tetap terawat. Dengan anda sering atau rutin membersihkan alat bor dan aksesoris bor anda dengan cairan anti karat, tentunya alat-alat anda akan tetap terjaga kualitasnya. Hal ini sifatnya tidak permanen ya guys, karena pasti karat tetap dapat mengkontaminasi besi anda dari sisi udara dan cairan. Tapi cara ini setidaknya dapat memperlambat terjadinya pengaratan pada besi mesin bor dan aksesoris mesin bor anda.

 

CARA MERAWAT MESIN BOR BERSIHKAN BAGIAN DALAM MESINNYA

Untuk poin yang kedua tentang cara merawat mesin bor adalah dengan membersihkan bagian dalam mesin bor anda. Jadi hal ini fungsinya adalah untuk menghindari debu-debu, pasir dan serbuk kayu yang dapat menghambat putaran mesin dan keluarnya angin dari dalam mesin. Tentunya saat bagian dalam mesin bor anda kotor, hal tersebut akan menghambat kinerja mesin anda sehingga mesin cepat panas. Dan saat sirkulasi tidak lancar, mesin dalam mesin bor anda dapat terbakar.

Cara-Merawat-Mesin-Bor-Membersihkan-Bagian-Dalam-Mesinnya

Cara-Merawat-Mesin-Bor-Membersihkan-Bagian-Dalam-Mesinnya-dengan-Kuas

Jadi cukup vital ya guys, akibat yang terjadi jika kalian tidak suka membersihkan bagian dalam mesin bor anda. Rajin-rajin bersihin mesin bor kalian ya dirumah, biar mesin bor kalian awet.

 

CARA MERAWAT MESIN BOR BERSIHKAN KOMUTATOR DENGAN AMPLAS HALUS

Poin selanjutnya, yaitu poin ketiga. Hal yang perlu anda lakukan untuk merawat mesin bor anda adalah dengan rajin membersihkan komutator dengan amplas halus secara berkala. Tapi jangan terus-terusan ya, secukupnya aja guys. Jika komutator kalian sudah kotor dan kasar maka cukup bersihkan dengan amplas secukupnya.

Cara-Merawat-Mesin-Bor-Membersihkan-Komutator-dengan-Amplas-Halus

Kalian pernah ga? punya mesin bor, dan mesin bor anda mengeluarkan percikan api pada bagian dalam bodynya. Dan beberapa kasus suara mesin bor anda juga menjadi lebih kasar dari kondisi normalnya. Naahh.. hal tersebut berkaitan dengan komutator mesin bor kalian nih guys. Jadi jangan panik dulu guys, mesin bor kalian masih berada di kondisi normal kok. Kalian cukup membersihkan komutatornya saja dengan amplas halus secukupnya.

 

CARA MERAWAT MESIN BOR GANTI GREASE SECARA BERKALA

Lanjut lagi pada poin keempat. Cara merawat mesin bor adalah dengan ganti grease atau gemuk secara berkala. Fungsi grease atau gemuk adalah untuk melumasi bagian-bagian mesin bor yang terdiri dari gerigi-gerigi gear yang saling berputar.

Cara-Merawat-Mesin-Bor-Mengganti-Grease-Gemuk-Secara-Berkala

Logika jika anda rajin mengganti grease atau gemuk mesin bor anda adalah dengan melihat rantai motor anda. Jika anda tidak rajin melumasi rantai motor anda, tentunya akan mempercepat gear rantai tersebut aus dan bahkan dapat memutuskan rantai motor anda sendiri. Hal tersebut sama halnya dengan gear pada mesin bor anda. Saat grease atau gemuk mesin bor anda tetap terjaga, maka gesekan antar gear akan semakin berkurang sehingga keausan pada gear mesin bor anda akan terjaga.

 

CARA MERAWAT MESIN BOR GANTI CARBON BRUSH SEBELUM HABIS

Cara yang terakhir untuk merawat mesin bor anda yaitu dengan mengganti carbon brush mesin bor anda sebelum habis. Carbon brush memiliki fungsi yang penting pada mesin bor dan alat-alat power tools lainnya. Dan saat carbon brush anda habis, maka komutator atau anchor mesin bor anda akan mengalami kelainan kerja. Hal tersebut akan dapat merusak mesin dalam mesin bor anda sedikit demi sedikit. Dan hal tersebut akan dapat membuat mesin bor anda mati dan tidak dapat menyala lagi, sehingga anda harus mengganti spare part mesin bor anda. Yang lebih parah adalah mesin bor anda sudah benar-benar tidak bisa digunakan lagi, sehingga anda harus membeli mesin bor yang baru.

Cara-Merawat-Mesin-Bor-Mengganti-Carbon-Brush-Sebelum-Habis

Cara-Merawat-Mesin-Bor-Mengganti-Carbon-Brush

Carbon brush sebelah kanan adalah contoh carbon brush yang sudah harus anda ganti. Dan Bagian sebelah kiri adalah carbon brush yang masih baru.

 

Jadi gimana guys?? udah pada paham ya tentunya dengan apa yang kami jelaskan. Jadi bagi kalian yang ada kebutuhan mesin bor, jangan pindah kemana-mana guys. Percayakan kebutuhan alat tehnik anda hanya di www.tehniq.com. Atau jika anda butuh informasi lebih tentang alat-alat teknik, terus pantengin channel youtube kami. Dapetin informasi-informasi penting seputar alat-alat teknik anda hanya di channel tehniq.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *