CARA MENGGUNAKAN MESIN BOR DENGAN BENAR

By | February 7, 2019
Boleh Dicoba ! 5 TIPS CERDAS menggunakan dan merawat mesin bor ala Mr.P

Selama ini kalian yakin ga sih kalo kalian udah pake mesin bor kalian sesuai dengan petunjuk penggunaannya?? Apakah cara anda dalam menggunakan mesin bor sudah yakin benar?? Kami sengaja mengutarakan pertanyaan ini kepada anda agar anda dapat melihat kembali petunjuk penggunaan tentang cara menggunakan mesin bor dengan benar. Karena segala sesuatunya yang tidak digunakan dengan benar akan membuat barang yang anda gunakan tersebut akan cepat rusak. Dan pada artikel kami kali ini, kami akan coba untuk membahas cara menggunakan mesin bor dengan benar sesuai dengan petunjuk penggunaan mesin bor yang ada. Tapi ga semua ya guys.. kami hanya membatasi untuk informasi yang kami rasa sangat penting untuk anda pahami. Tapi bukan berarti hal lain tidak penting, tapi kami lebih mengutamakan hal-hal yang dapat membahayakan dan dapat merusak mesin.

 

Jadi hal-hal apa saja sih yang perlu anda ketahui jika anda tidak menggunakan mesin bor dengan benar?? tentunya akan ada beberapa hal yang merugikan anda. Beberapa hal tersebut yang perlu anda ketahui yaitu :

  • Membahayakan tubuh anda ( cedera )
  • Dapat merusak objek bor
  • Merusak mesin
  • Menyebabkan konsleting ( untuk kasus tertentu )

 

Jika kalian lihat apa yang dapat terjadi dari menggunakan mesin bor dengan tidak benar memang cukup berbahaya. Jadi untuk itu kami rasa penting untuk menjelaskan beberapa hal yang akan kami bahas pada beberapa poin dibawah ini.

 

CARA MENGGUNAKAN MESIN BOR DENGAN BENAR

Ada beberapa hal untuk anda ketahui sebagai cara menggunakan mesin bor dengan benar. Jika anda melakukan hal tersebut, anda satu langkah kedepan dalam melindungi diri anda sendiri dalam pekerjaan anda. Selain itu anda juga dapat melindungi dan mempertahankan kualitas mesin bor yang anda miliki. Dan sebaliknya, jika anda tidak mempraktekkan cara menggunakan mesin bor dengan benar ini, berarti sama saja anda satu langkah di depan untuk membahayakan diri anda. Dan tentunya anda juga sudah satu langkah kedepan untuk mempersiapkan budget reparasi mesin bor anda.

 

Tentunya anda semua memilih ingin menggunakan mesin bor anda dengan benar ya.. karena tidak ada seorang pun yang ingin membahayakan dirinya sendiri dalam pekerjaan mereka. Jadi bagi kalian yang setuju dengan kami, kami akan bagikan beberapa cara menggunakan mesin bor dengan benar, yang tentunya sesuai dengan petunjuk penggunaan mesin bor itu sendiri.

 

Ada beberapa hal yang perlu anda pahami yaitu diantaranya :

  • Memasang mata bor dengan benar.
  • Sesuaikan Jenis mata bor dengan Objek Bor.
  • Gunakan mesin bor sesuai dengan fungsi aslinya.
  • Istirahatkan mesin bor secara berkala dalam pengoperasiannya.

 

Keempat hal tersebut adalah hal yang sangat penting untuk anda lakukan bagi anda pengguna mesin bor. Dan bagi anda yang ingin penjelasan lebih detail tentang keempat poin yang sudah kami sebutkan diatas, jangan kemana-mana dulu berarti. Kami akan menjelaskan keempat hal tersebut buat kalian semua agar lebih jelas sehingga dapat kalian pahami maksud dan tujuannya.

 

CARA MEMASANG MATA BOR DENGAN BENAR

Mata bor adalah bagian paling penting yang sangat dibutuhkan mesin bor. Karena tanpa mata bor, mesin bor tidak akan bisa digunakan untuk melakukan pengeboran. Jadi karena pentingnya mata bor pada penggunaan mesin bor, kalian harus perhatikan cara memasang mata bor pada mesin bor anda dengan benar. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memasang mata bor dengan benar. Hal tersebut diantaranya :

  • Pasang Mata Bor dengan kencang (maksimal)
  • Pasang dan Lepas mata bor dengan key chuck

 

Hal pertama yang akan kami bahas adalah pasang mata bor dengan kencang atau dengan maksimal. Hal ini dimaksudkan agar nanti saat anda mengoperasikan mesin bor anda. Mata bor yang anda pasang tersebut tidak terlepas dari kepala bornya. Karena jika anda tidak memasang mata bor dengan kencang sampai maksimal, mata bor akan dapat terlepas atau bahkan terpental dari objek bor. Dan jika sampai hal itu terjadi, anda dapat membahayakan bagian tubuh anda sendiri. Baik itu mata, kepala, tangan ataupun kaki anda. Karena mata bor terbuat dari besi, jadi akan sangat sakit jika sampai mengenai bagian tubuh anda, dan bahkan bisa menancap kedalam daging.

Cara-Menggunakan-Mesin-Bor-dengan-Benar-Memasang-Melepas-Mata-Bor-dengan-Key-Chuck

 

Seperti yang dapat anda lihat pada gambar diatas, hal kedua yang perlu anda perhatikan dalam pemasangan mata bor ini adalah dengan selalu menggunakan key chuck. Selalu gunakan key chuck saat pemasangan ataupun pelepasan mata bor dari kepala mesin bor anda. Kenapa harus menggunakan key chuck?? jika anda tidak menggunakan key chuck, anda akan merusak kepala mesin bor anda, dan akibatnya akan membuatnya tidak berfungsi secara benar saat mencengkram mata bor. Dan akhirnya mata bor tidak dapat terpasang secara maksimal dan tetap akan membahayakan diri anda juga.

 

SESUAIKAN JENIS MATA BOR DENGAN OBJEK BOR

Untuk poin kedua yang perlu anda perhatikan adalah dengan menyesuaikan jenis mata bor dengan objek bor anda. Mata bor besi memiliki struktur yang hampir sama dengan mata bor tembok. Tapi jangan sekali-kali menggunakan mata bor besi untuk mengebor tembok, karena hal tersebut akan dapat membahayakan diri anda. Tentunya material dari masing-masing mata bor dan tingkat ketajaman dan ketebalan mata bor sudah disesuaikan oleh standard internasional. Jadi jangan sekali-kali menggunakan mata bor yang tidak sesuai dengan spesifikasinya.

 

Sama seperti poin pertama, mata bor bisa terpental dan mengenai diri anda saat anda menggunakan mata bor yang tidak sesuai dengan spesifikasinya. Tetapi bedanya, mata bor tidak terlepas dari kepala bor, melainkan patah dan terpental mengenai diri anda. Tentunya hal tersebut sangat berbahaya ya guys.

 

GUNAKAN MESIN BOR SESUAI DENGAN FUNGSI ASLINYA

Kalian udah pada tau belum perbedaan impact drill dan electric drill?? Kalo kalian belum tau, kami akan coba untuk menjelaskannya sedikit untuk anda. Impact drill adalah mesin bor dengan ukuran maksimal 13 mm yang diperuntukkan untuk pengeboran Besi, Kayu dan Beton. Sedangkan Electric Drill adalah mesin bor dengan ukuran maksimal 10 mm yang diperuntukkan untuk pengeboran Besi dan Kayu saja. Jadi bagi kalian yang punya electric drill dirumah, jangan dipaksain buat ngebor tembok ya. Karena memang fungsi asli dari electric drill kalian yaitu di besi dan kayu saja. Begitu juga dengan impact drill, impact drill memiliki kekuatan maksimal hingga dapat mengebor beton di tingkat kekerasan K250. Jika ada beton dengan tingkat kekerasan diatas itu, anda membutuhkan mesin yang lebih besar lagi seperti Rotary Hammer yang memang dikhususkan untuk pengeboran pada dinding-dinding gedung yang sangat keras.

 

Apa yang terjadi jika anda memaksakan fungsi dari mesin bor kalian pada objek yang tidak semestinya?? tentunya jawabannya simple ya guys.. Pastinya mesin bor kalian akan cepat rusak, karena memang kekuatan yang dikeluarkan tidak sesuai dengan spesifikasi standardnya.

 

ISTIRAHATKAN MESIN BOR SECARA BERKALA

Manusia tentunya memiliki batas kekuatan. Jika manusia bekerja terus menerus, tentunya akan dapat drop sehingga dapat sakit dan harus masuk rumah sakit. Hal tersebut juga berlaku pada mesin bor. Mesin bor tidak boleh terlalu diforsis kerjanya. Mesin bor juga membutuhkan pengistirahatan mesin agar mesinnya tidak terlalu panas.

 

Bagi anda yang dulu pernah bersekolah di bidang elektro atau mesin, kalian pasti sudah tau semua apa yang terjadi saat magnet dipanaskan dan saat kumparan tenaga dipanaskan. Karena mesin dari mesin bor terdiri dari kumparan-kumparan konduktor dan magnet, tentunya magnet dari mesin bor dapat melemah jika terlalu sering terkena paparan panas mesinnya. Dan begitu juga dengan kumparan tembaganya. Kumparan tembaga akan dapat terbakar jika anda menggunakan mesin bor tanpa henti, sehingga mesin bor anda akan mati dan tidak dapat beroperasi lagi. Kalian semua tentunya tidak ada yang mau ya.. Jadi terus perhatikan cara menggunakan mesin bor yang benar ya guys.. jangan maksain apalagi ngentengin penggunaan mesin bor kalian.. Akan ada bahaya yang menunggu kalian jika kalian ga ngikutin standard operasional mesin bor ini.

 

Jadi udah jelas ya guyss. semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian yang sedang atau baru belajar menggunakan mesin bor kalian. Dan jika kalian ingin membeli mesin bor yang asli dan berkualitas, jangan ragu untuk mengunjungi website kami di www.tehniq.com untuk melakukan transaksi. Kami adalah website e-commerce yang terpercaya dan tentunya selalu menjual produk-produk berkualitas dan asli. Dan bagi anda yang ingin mengetahui informasi-informasi penting seputar alat teknik, kalian bisa subscribe, like dan share channel youtube kami yang oke banget dan bermanfaat banget tentunya hanya di channel tehniq.com.

One thought on “CARA MENGGUNAKAN MESIN BOR DENGAN BENAR

  1. Pingback: CARA MENGETAHUI KEKUATAN MESIN BOR CORDLESS - Blog Tehniq.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *