BOLEHKAH SAYA MEMBELI KOMPRESOR BEKAS?

By | June 13, 2022
Thumbnail-Bolehkah-Saya-Membeli-Kompresor-Bekas

Halo saya sobat tehniq setanah air. Jika saat ini kalian bingung tentang boleh tidaknya membeli kompresor bekas pakai. Tentunya artikel ini akan sangat pas buat kalian, karena disini kami akan membahas tentang bolehkah saya membeli kompresor bekas?

Banyak faktor ya jika ada orang yang memilih untuk membeli barang bekas ataupun barang yang baru. Terkadang ada yang yang kita kenal menawarkan barang miliknya yang ingin dijual. Kita merasa kasian dan kebetulan kita juga sedang membutuhkan barang yang ditawarkan tersebut.

Ada juga karena budget yang pas pasan, sehingga butuh barang dengan harga yang murah. Dan tak ada pilihan lain ya selain membeli barang bekas. Dan lain sebagainya ya,, karena tentu setiap orang yang membeli barang bekas punya alasannya masing-masing.

Nah balik lagi ke pembahasan,, terus sebenarnya boleh ga beli barang bekas? dalam hal ini adalah kompresor ya.. Berikut jawabannya.

 

BOLEH ATAU TIDAK MEMBELI KOMPRESOR BEKAS?

Jadi apa jawaban dari pertanyaan diatas?? Jawabannya bisa boleh dan bisa juga tidak boleh ya. Kenapa begitu
?? karena saat akan membeli kompresor bekas, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Kami akan coba memberikan beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan anda dalam memilih kompresor bekas.

Ga bisa dipungkiri ya,, beli barang baru merupakan pilihan tepat dalam berbelanja berbagai kebutuhan kalian. Tapi berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kalian pertimbangankan untuk membeli kompresor bekas :

 

1. APA KEBUTUHAN ANDA

Hal pertama yang perlu kalian pertimbangkan yaitu kebutuhan anda sendiri ya. Anda harus bisa membedakan kebutuhan ringan, sedang dan berat. Sangat tidak disarankan untuk membeli kompresor bekas untuk kebutuhan berat. Karena kita tidak tau histori dari kompresor itu sendiri dan kebutuhan kita sangat beresiko.

Jadi sekali lagi, dalam membeli kompresor bekas. Ada baiknya anda melihat kebutuhan anda terlebih dahulu. Jika kebutuhan kalian hanya sebatas untuk pompa angin dan kebutuhan servis kendaraan. Maka kompresor bekas masih cocok untuk kalian.

Tapi jika kebutuhan kalian seperti untuk kebutuhan hidrolik, maka kompresor bekas tidak cocok untuk kalian beli.

 

2. KEADAAN FISIK LUAR KOMPRESOR

Untuk melihat performa dari sebuah barang, hal pertama yang bisa kalian lihat tentunya bagian fisiknya ya. Karena fisik yang keropos, retak, berkarat akan sangat mengganggu pandangan kalian. Dan yang pasti akan sangat berpengaruh pada performa kompresor itu sendiri.

Apalagi kondisi tanki ya. Karena salah satu hal terpenting pada bagian kompresor yaitu tanki yang merupakan sumber pengisian udara pada kompresor. Jika ada kebocoran pada tanki maka akan sangat mempengaruhi kinerja kompresor tersebut.

Tak hanya itu,, kondisi luar mesinnya juga sangat penting untuk kalian perhatikan ya. Apakah ada keretakan, kebocoran oli, patah, dll.

 

3. PERFORMA KOMPRESOR

Hal ketiga yang perlu kalian pertimbangkan adalah performa kompresor tersebut. Kalian bisa melakukan 2 pengetesan untuk mengetahui performa kompresor ini yaitu diantaranya :

  • Kecepatan pengisian angin
  • Kemudahan Starter ( menyalakan kompresor )

 

Yang pertama yaitu kecepatan pengisian angin ya. Kalian butuh kebiasaan dan pengalaman akan berbagai ukuran kompresor untuk mengetahui hal ini. Karena hampir setiap kompresor dengan tipe dan ukuran yang sama, walaupun beda merk ya. Tetap untuk kecepatan pengisian angin hampir semuanya sama.

Nah jika kalian mumpuni untuk hal ini, maka cek kecepatan pengisian anginnya dengan stopwatch.

 

Menyalakan-Kompresor-Bekas

 

Dan yang kedua yaitu kemudahan untuk menyalakan kompresor. Ada kompresor otomatis dan manual. Hal ini lebih ditekankan pada kompresor manual seperti belt kompresor yang masih harus ditarik dengan tali saat akan menyalakannya.

Mesin yang bagus itu mesin yang mudah dinyalakan hanya dengan sekali atau 2x tarikan. Karena logikanya brarti kelistrikan dan performa mesin masih normal.

 

4. SUARA KOMPRESOR

Hal terakhir yang bisa kalian cek adalah suara kompresor tersebut. Suara kompresor yang kasar berarti memiliki masalah dibagian dalamnya. Entah itu suara piston yang tidak presisi ataukah gear-gear mesin didalamnya. Jika kalian mendapati suara mesin yang kasar, brarti mending kalian tidak membeli kompresor tersebut.

 

Naahh itu tadi ya jawaban dari pertanyaan bolehkah saya membeli kompresor bekas untuk kebutuhan saya?? semoga kalian bisa memahami masing-masing poin yang kami sampaikan diatas. Dan intinya dapat ditarik kesimpulan dari keempat hal tersebut :

 

KESIMPULAN

Kesimpulan yang bisa kita ambil yaitu boleh saja kalian membeli kompresor bekas. Tapi ingat, ada hal yang harus kalian perhatikan dalam membeli kompresor bekas. Dan keempat hal tersebut terkait kebutuhan anda, kondisi fisik kompresor, performa dan suaranya.

 

Okee jadi itu tadi ya artikel dari kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

 

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *