CARA MERAWAT FILTER KOMPRESOR DAN CARA KERJANYA

By | June 9, 2022
Cara-Merawat-Filter-Kompresor-dan-Cara-Kerjanya

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia raya, semoga kalian semua dalam keadaan baik ya. Masih membahas seputar kompresor ya. Kali ini kami mau berbagi tentang cara merawat filter kompresor dan cara kerjanya. Mungkin sebagian dari kalian menganggap filter itu hal biasa yang tidak harus terlalu diperhatikan. Padahal filter juga penting ya, karena filter sendiri memiliki fungsi utama menjaga kebersihan mesin.

Untuk itu pada artikel ini kami akan coba membahas tuntas tentang filter ini sendiri. Baik dari sisi perawatannya, fungsinya dan juga bagian-bagiannya.

 

CARA MERAWAT FILTER KOMPRESOR

Sebelum kami bahas cara merawat filter kompresor, sebelumnya kami bahas fungsi utama dari filter ini. Agar kalian bisa tau peran penting yang dimiliki filter ini untuk kompresor kalian.

Jadi seperti yang kalian tau ya, di udara bebas sendiri sangat banyak partikel-partikel yang terbawa didalamnya. Contohnya yaitu serbuk sari, debu, karat dan partikel kecil lainnya. Filter sendiri berfungsi untuk menyaring partikel-partikel tersebut agar tidak masuk dan mengendap pada mesin kompresor.

Kualitas udara yang masuk kedalam mesin nantinya akan menentukan hasil dari output kompresor itu sendiri. Tentunya input yang baik akan menghasilkan output yang baik pula. Baik dari sisi hasil akhir dan keawetan mesin itu sendiri.

Dan sebaliknya, jika input yang masuk itu jelek maka akan ada penumpukan uap air dan kotoran secara kontinu atau terus menerus. Pada kondisi ini, mesin akan banyak mengalami tekanan dan harus bekerja dua kali lebih keras. Kerja yang berlebihan ini tentunya akan memperpendek umur kompresor anda.

Jadi semakin bersih udara yang masuk, maka akan semakin awet mesin kompresor anda. Dan yang terpenting hasil akhir jadi lebih mantap.

 

PERAWATAN KOMPRESOR

Nah balik lagi ke inti permasalahannya, gimana sih cara merawat filter kompresor ini. Ada beberapa tahapan yang harus kalian lakukan untuk melakukan perawatan. Yang jelas selalu jadwalkan perawatan rutin pada filter anda agar kebersihan filter selalu terjaga.

Tahapan perawatan :

  • Matikan kompresor anda dan biarkan dingin sebelum anda mulai pembersihan.
  • Buka dan lepaskan penutup atas filternya.

Buka-Penutup-Atas-Filter

  • Lepaskan bagian filter dengan perlahan dan cek kondisinya.
  • Tiup atau semprot yang udara bertekanan rendah agar bagian-bagian penting pada filter tidak ikut terbang.
  • Pasang kembali bagian penutup atasnya.

 

Nah itu tadi cara perawatannya ya. Dan pertanyaannya kapan sih saatnya kita harus mengganti filter kita dengan yang baru? tentunya kalian bisa lihat dari fisiknya ya. Tapi yang terpenting sering cek udara yang dikeluarkan kompresor ataukah berminyak, berair atau bahkan berdebu.

Jika fisik komponen dalam filter sudah usang, maka kalian kudu menggantinya dengan yang baru. Dan jika anda kurang puas, maka cek udara yang dihasilkan apakah bersih atau mengandung partikel seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Dari 2 hal tersebut kalian sudah harus memutuskan untuk mengganti filter kompresor kalian dengan yang baru.

 

BAGIAN-BAGIAN DARI FILTER KOMPRESOR

Setelah kita membahas tentang cara merawat filter kompresor dan cara kerjanya, ada baiknya kita juga mengetahui bagian-bagian dari filter itu sendiri. Mungkin hal ini bermanfaat agar kalian tau apakah bagian dalam filter kalian ada yang hilang atau tidak.

Berikut adalah beberapa bagian dari filter kompresor yang perlu kalian ketahui :

  • Penutup filter : Tutup filter ini ada yang terbuat dari besi dan ada yang terbuat dari plastik. Gunanya tentu untuk melindungi bagian dalam dari filter itu sendiri agar tidak terkontaminasi langsung dari udara luar.
  • Elemen Filter : Elemen filter maksudnya yaitu bagian yang terkandung didalam filter itu sendiri. Ada 3 jenis elemen filter yang ada saat itu yaitu Particulate, Coalescer, Absorber.
  • Mangkuk Filter : Penampungan yang menyambungkan tutup filter dan mekanisme penyaringan. Fungsinya untuk tempat penampungan apa yang sudah disaring filter itu sendiri.

 

Nah itu tadi bagian-bagian dari filter yang perlu kalian ketahui ya. Dan untuk elemen filter yang 3 diatas akan dapat anda perjelas fungsi elemen-elemennya pada poin dibawah ini :

Particulate : elemen yang berfungsi untuk mengikat partikel padat seperti korosif yang menyebabkan karat.

Coalescer : berfungsi untuk mengikat dan menghilangkan air, aerosol dan minyak dari udara.

Absorber : berfungsi untuk mengikat dan menghilangkan uap gas.

 

Okeee jadi itu tadi berbagai hal yang bisa kami sampaikan terkait filter kompresor.. Cukup banyak juga ya.. Tapi gpp, yang penting kalian semua dapet ilmu ya. Oke yaw dah dari kami segitu aja, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

 

BACA JUGA :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *