TIPS MEMILIH SEKRUP YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN ANDA

By | March 30, 2023
Tips-Memilih-Sekrup-yang-Sesuai-dengan-Kebutuhan-Anda

Halo sobat tehniq setanah air.. Kalian pernah ga bingung memilih jenis sekrup saat kalian ingin membelinya di toko?? Jangan-jangan kalian cuma pilih yang tahan karat atau yang panjangnya sesuai dengan kebutuhan kalian, tanpa tau jenis dari sekrup tersebut. Untuk menambah informasi buat kalian, pada artikel gw kali ini akan membahas tentang tips memilih sekrup yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jadi nanti kita akan membahas tentang jenis dari sekrup itu sendiri dan kebutuhan yang cocok dengan jenis sekrup tersebut. Nah darisitu semoga kalian nantinya bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kalian masing-masing.

 

TIPS MEMILIH SEKRUP UNTUK KEBUTUHAN ANDA

Untuk memilih sekrup yang sesuai untuk kebutuhan pekerjaan anda, tentunya kalian harus mengerti jenis dari masing-masing sekrup yang dijual di Pasaran. Dan bagi kalian yang belum mengetahui jenis-jenis dari sekrup itu tadi maka berikut ini kami akan sampaikan beberapa jenis-jenis dari sekrup tersebut.

Tujuannya yaitu untuk mempelajari karakteristik dari masing-masing sekrup itu sendiri ya guys, jadi nantinya kalian akan dapat dengan mudah menyesuaikannya dengan kebutuhan anda.

 

JENIS-JENIS SEKRUP

Sekrup jika kalian perhatikan pasti memiliki bentuk kepala dan ujung runcing yang berbeda. Bentuk tersebut lah yang menentukan fungsi dari sekrup itu sendiri. Tapi selain melihat bentuknya, kalian juga harus menanyakan material dari sekrup itu juga ya sebelum membelinya.

Untuk jenis dari sekrup itu sendiri yaitu diantaranya :

  • Sheet Metal Screws ( Sekrup Logam )
  • Drywall Screw ( Sekrup Gypsum )
  • Wood Screw ( Sekrup Kayu )

 

SHEET METAL SCREWS

Sheet-Metal-Screw-atau-Sekrup-Besi

Jenis sekrup yang pertama yaitu sekrup logam atau bahasa kerennya yaitu sheet metal screws. Sekrup ini cirinya memiliki ulir mulai dari ujung dekat kepala hingga bagian bawahnya. Sekrup logam ini umumnya biasa digunakan untuk menghubungkan atau menyambung logam satu dengan logam lainnya.

Untuk bentuk kepalanya sendiri biasanya berbentuk Bulat, Rata dan Hex.

 

DRYWALL SCREW

Drywall-Screw-atau-Sekrup-Gypsum

Jenis sekrup yang kedua yaitu sekrup gypsum yang memiliki bahasa keren Drywall Screw. Sekrup jenis ini biasanya dibuat dari material tahan karat dan atau besi. Untuk ulirnya sendiri, tetapi intinya antara ulir dan kepala memiliki jarak. Ada yang ulirnya sampai ujung bawah dan ada juga yang tidak. Tergantung dari bentuk sekrup itu sendiri.

Untuk bentuk kepalanya sendiri biasanya berbentuk Bulat, Rata dan Hex.

 

WOOD SCREW

Wood-Screw-atau-Sekrup-Kayu

Jenis sekrup yang terakhir yaitu sekrup kayu atau juga bisa disebut dengan wood screw. Sekrup jenis ini memiliki ulir yang berjarak cukup jauh dengan kepalanya.

Karena cukup jauh dari kepala, jadi sekrup jenis ini memiliki jumlah ulir yang lebih sedikit dengan jenis sekrup yang lain. Sehingga kalian akan dengan sangat mudah membedakan jenis sekrup yang satu ini.

Tapi ada juga orang yang menggunakan model screw besi sebagai pengencang antara kayu satu dengan yang lain. Jadi tetap jika menggunakannya untuk penyambungan harus pake yang model wood screw.

 

PENGGUNAAN UKURAN SCREW

Tips kedua yang harus kalian perhatikan saat memilih sekrup yang cocok untuk kebutuhan kalian yaitu dari segi ukurannya. Kebanyakan kita selama ini bisa salah menerapkan ukuran sekrup yang hasilnya membuat material pecah saat disekrup.

Untuk penggunaan yang aman dan benar, ukuran ketebalan dari sekrup harus sesuai dengan tebal dan lebar objek yang akan kalian sekrup.

Jadi jika kalian ingin menyekrup benda yang tipis, maka kalian tidak boleh menggunakan sekrup yang tebal. Dan terkadang ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk menyelaraskan ketebalan sekrup dengan objek agar objek tidak pecah.

Beberapa caranya yaitu dengan :

  • Menekan terlebih dahulu bagian dari objek yang akan disekrup, fungsinya untuk membuat cekungan di awal sehingga beban yang diterima nantinya tidak terlalu besar.
  • Memberikan lakban diatas objek dan menekan bagian yang ingin di bor. Hal ini juga berfungsi untuk mengurangi beban yang diterima objek saat di bor.

 

PEMILIHAN PANJANG SEKRUP

Tips ketiga yang perlu kalian perhatikan yaitu panjang dari sekrup itu sendiri ya guys. Untuk panjang sekrup ini pastinya harus kalian sesuaikan dengan tebal dari objek yang ingin kalian sambung ya.

Tentunya kalian jangan membeli ukuran sekrup yang panjangnya melebihi ketebalan dari 2 objek yang ingin kalian sambung.

Tips-Memilih-Panjang-Sekrup

 

Sedikit tips untuk memilih ukuran panjang sekrup yaitu dengan menghitung tebal kedua media yang ingin disambung. Kemudian panjang sekrup harus masuk minimal 50% hingga maksimal 75% dari tebal objek yang kedua.

Sedangkan untuk penyambungan siku, maka ukuran panjang sekrup harus bisa masuk 200% atau 2x tebal dari objek. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihatnya dari gambar diatas ya guys.

 

KESIMPULAN MEMILIH SEKRUP YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN

Dari ketiga tips diatas, maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa dalam memilih sekrup itu ada 3 hal penting yang harus kita perhatikan yaitu dari sisi :

  • Jenis Sekrup
  • Ukuran tebal sekrup
  • Panjang sekrup

3 hal itu harus kalian perhatikan sebagai tips memilih sekrup yang sesuai dengan kebutuhan anda, saat ingin membeli sekrup ya guys. Jadi kalian harus mengerti dulu kebutuhan kalian sebelum membeli sekrup.

Oke jadi itu tadi ya yang bisa gw sampein buat kalian semua. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

 

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *