Thumbnail-Teknik-Menyambung-Kayu-Untuk-Pemula

TEKNIK MENYAMBUNG KAYU UNTUK PEMULA

By: Yudha Yudha
27 May 2019

Halo sobat tehniq setanah air Indonesia, balik lagi di blog tehniq.com yang paling lengkap akurat dan terpercaya nih.. Hehe.. Oke guys.. kali ini kami mau bagiin informasi tentang apa aja sih teknik menyambung kayu untuk pemula yang bisa kalian pelajari sendiri dirumah.

 

Harapan kami sih semoga kalian nanti bisa menerapkannya di workshop kalian masing-masing nih. Jadi sambil menyelam sambil minum air. Sambil bekerja juga sambil belajar guys.

Karena kalo kita ga mau belajar ya ga bakal sukses dan profesional lah. Betul ga..

 

Jadi bagi kalian yang belum tau teknik menyambung kayu untuk pemula itu apa aja sih contohnya. Atau teknik menyambungnya itu yang seperti apa sih.

Pertanyaan-pertanyaan kalian itu akan kami coba jawab dan jelaskan di artikel ini secara jelas dan gamblang nih guys.. Tenang aja everything it’s gonna be alright. Hehehe.

 

 

APA AJA SIH TEKNIK MENYAMBUNG KAYU YANG PERLU KALIAN TAU

Teknik-Menyambung-Kayu-Untuk-Pemula

Jadi ada beberapa teknik yang perlu kalian ketahui untuk menyambung kayu ini. Dari apa yang sudah kami dapatkan dan kami pelajari sih ada 10 teknik menyambung kayu untuk pemula nih.

 

Kesepuluh teknik menyambung kayu untuk pemula ini akan kami coba jelaskan satu persatu ya guys.

Dan semoga kalian bisa menerapkannya satu persatu sebagai latihan dan bahan pembelajaran dirumah.

 

1. TEKNIK MENYAMBUNG KAYU DOWELS

Teknik-Menyambung-Kayu-Dowels

Teknik menyambung kayu untuk pemula yang pertama yaitu teknik Dowels.

Penyambungan Dowels adalah teknik menyambung dengna cara sangat sederhana dan mudah. Karena step by step untuk membuat teknik penyambungan ini juga cukup mudah. Hanya membutuhkan mesin bor saja atau router dengan ukuran kedalaman yang sama agar penyambungannya nanti bisa lurus dan rapi.

 

Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar diatas ya. Teknik Dowels ini memiliki kekurangan dari sisi kekuatannya. Karena memang penyambungnya sendiri berukuran kecil dan mudah dipatahkan.

 

Penggunakan teknik sambungan ini hanya dapat digunakan pada aplikasi ringan. Artinya kayu yang anda sambung tersebut nantinya tidak akan mendapatkan tekanan.

Contoh penerapan dari teknik sambungan dowels ini yaitu pada frame photo, meja kecil atau meja kopi, dan lain-lain.

 

2. TEKNIK MENYAMBUNG KAYU LOOSE TENONS

Teknik-Menyambung-Kayu-Loose-Tenons

Untuk Teknik penyambungan yang kedua yaitu teknik loose tenons. Teknik ini prinsipnya hampir sama dengan teknik dowels. Tetapi bedanya lebar penampang sambungannya lebih lebar, sehingga untuk daya tahannya bisa melebihi daya tahan dari sambungan teknik Dowels.

 

Cara pembuatannya sendiri hampir sama dengan teknik dowels, tetapi hanya khusus bisa dibuat dengan menggunakan mesin router. Dan untuk tingkat presisi pembuatannya juga lebih tinggi dan lebih sulit jika dibandingkan dengan teknik dowels.

Tapi tenang aja guys.. Semua itu tergantung dari kebiasaan kalian. Lama kelamaan kalian pasti lebih mudah dan cepat jika ingin membuat lubang sambung loose tenons ini.

 

Untuk contoh penerapannya sendiri dapat anda terapkan untuk pembuatan meja kecil maupun besar ya guys. Tapi inget.. jangan diduduki tuh meja, ntar sambungannya bisa patah. Hehehe.

 

3. TEKNIK MENYAMBUNG KAYU BISCUITS

Teknik-Menyambung-Kayu-Biscuits

Selanjutnya, teknik penyambungan kayu yang ketiga yaitu teknik biscuits. Seperti yang kita ketahui ya, biscuits itu tipis dan renyah.

Hal tersebut juga menjelaskan tentang teknik penyambungan ini. Jadi teknik penyambungan biscuits ini adalah teknik yang paling rapuh atau lemah jika dibandingkan dengan 2 teknik penyambungan sebelumnya.

 

Faktor yang menyebabkan lemahnya teknik penyambungan ini karena ukuran penyambungkan yang tipis dan juga mudah patah.

Tetapi untuk pembuatannya sendiri, teknik ini lebih mudah dan simple. Karena memang tidak membutuhkan ketebalan dan kedalaman yang lebih dalam pembuatannya. Kalian bisa membuat sambungan biscuits dengan menggunakan router yang telah dipasangkan mata pisau yang khusus tetapi banyak dijual kok dipasaran.

 

Dan untuk penggunaannya sendiri, karena memang sifatnya yang lemah dan mudah patah. Jadi kami sarankan anda menggunakan teknik sambungan biscuits ini untuk aplikasi ringan seperti frame foto, panel kayu kecil dan lain-lain.

 

4. TEKNIK MENYAMBUNG KAYU POCKET HOLES

Teknik-Menyambung-Kayu-Pocket-Holes

Oke masih tentang teknik menyambung kayu untuk pemula. Sekarang kita masuk ke teknik penyambungan kayu yang keempat yaitu teknik pocket holes.

 

Teknik penyambungan dengan pocket holes ini memiliki kekuatan yang lebih jika dibandingkan dengan ketiga teknik sebelumnya.

Kenapa demikian?

 

Jawabannya adalah karena penyambung yang digunakan adalah mur yang terbuat dari besi. Jadi untuk kemungkinan patah sambungan sangatlah kecil, mengingat sifat besi yang sangat keras.

Faktor yang biasa membuat sambungan pocket holes ini lemah ya dari panjang sekrupnya sendiri. Jika terlalu pendek maka daya cengkeram antara kayunya juga tentunya akan berkurang.

 

Untuk penggunaannya sendiri, teknik pocket holes ini bisa digunakan untuk pembuatan Meja, rak buku atau rak lain semacamnya dan bisa juga digunakan untuk pembuatan packaging dari kayu.

Dan untuk pembuatannya, dibutuhkan alat khusus untuk membuat sudut lubang yang sempurna dan sama rata. Kalian bisa lihat gambar alatnya dibawah ini :

Alat-Pembuat-pocket-Holes

Terlihat ya ada lubang dialat tersebut. Disitu kalian bisa masukin mesin bor kalian atau alat pendukung lain untuk membuat lubang. Dan pasti nanti hasilnya bakalan rapi dan presisi.

Untuk jumlah lubangnya juga tergantung alatnya ya guys.. Ada yang cuma 1 biji ada yang sampe 4 bahkan 6 lubang. Tergantung kalian mau beli yang berapa lubang. Intinya sih sama buat ngelubangin.

 

5. TEKNIK MENYAMBUNG KAYU BRAD NAILS

Teknik-Menyambung-Kayu-Brad-Nails

Lanjut lagi ke teknik yang kelima tentang teknik menyambung kayu untuk pemula. Ada yang namanya teknik kayu brad nails.

Yaitu teknik menyambung kayu dengan menggunakan nailer atau nail gun. Untuk kekuatannya sendiri tergantung dari jumlah paku yang kalian tembakkan sebagai sambungan ya. Semakin banyak ya semakin kuat sambungannya. Tapi kudu yang rapi dong biar hasilnya tetep kece.

 

Untuk penyambungan dengan teknik brad nails ini biasa digunakan untuk penyambungan simple dan sederhana seperti pada frame, list kayu, dan lain-lain

 

6. TEKNIK MENYAMBUNG KAYU BOX JOINT

Teknik-Menyambung-Kayu-Box-Joint

Selanjutnya untuk teknik yang keenam yaitu teknik penyambungan box joint.

Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar diatas, teknik penyambungan ini lebih memiliki nilai seni yang cukup bagus.

 

Selain itu penyambungan dengan teknik ini juga cukup kuat dan bahkan bisa dikatakan kuat. Tergantung dari aplikasi lem penyambung yang kalian bubuhkan pada masing-masing sisi penyambungnya ya.

 

Dan untuk pembuatannya sendiri, kalian bisa menggunakan router biasa aja guys. Dengan mata pisau yang khusus untuk membuat jointer.

Kalo kalian pengen lebih mudah dalam pembuatannya, kalian bisa memodifikasi box khusus agar router kalian bisa terpasang terbalik layaknya table saw.

Alat-Pembuat-Box-Joint

Contohnya kalian bisa lihat pada gambar diatas ya. Dan bisa kalian lihat routernya tersembunyi dibalik box modifikasi tersebut dengan posisi terbalik. Jadi nanti kalian tinggal dorong aja kayunya biar bisa bikin lubang sambungnya.

 

7. TEKNIK MENYAMBUNG KAYU DOVETAILS

Teknik-Menyambung-Kayu-Dovetails

Yang ketujuh yaitu teknik penyambungan Dovetails. Teknik ini hampir mirip yang dengan teknik penyambungan box joint. Tapi bedanya shape atau sisi penyambungnya saja yang tidak lurus seperti box joint.

 

Sebenarnya teknik ini bukan untuk pemula sih, tapi kami masukin aja buat nambah pengetahuan kalian. Semoga kalian ga keberatan.

Untuk pembuatannya sendiri sama aja dengan menggunakan router. Tapi untuk tingkat kesulitannya memang lebih sulit dari membuat box joint. Alasannya karena memang dibutuhkan tingkat presisi yang tinggi agar nantinya kedua kayu dapat tersambung dengan sempurna.

 

Jadi kalo kalian mau coba-coba teknik ini, kami saranin sih coba-coba dulu aja. Jangan langsung ambil project ya. Ntar takutnya gagal dan kalian marah merugi.

 

8. TEKNIK MENYAMBUNG KAYU RABBET

Teknik-Menyambung-Kayu-Rabbet

Lanjut untuk teknik menyambung kayu untuk pemula yang ke 8 yaitu teknik sambungan Rabbet.

Teknik ini memanfaatkan mesin router untuk mengerok atau memotong sebagian dari ujung kayu untuk dapat disambungkan pada ujung kayu lainnya secara utuh.

 

Jika kalian ingin mendapatkan sambungan yang kuat, kalian bisa menembakkan paku tembak. Atau kalian bisa juga menambahkannya dengan sekrup biasa agar nantinya sambungan tersebut tidak mudah patah.

Jadi untuk teknik penyambungan ini lebih flexible ya guys, karena memang letak sambungannya yang berada diujung memungkin dia bisa dilem dan juga ditembak

 

9. TEKNIK MENYAMBUNG KAYU GROOVE

Teknik-Menyambung-Kayu-Groove

Berikutnya teknik yag ke 9 yaitu teknik penyambungan Groove.

Teknik ini juga memanfaat router sebagai alat pembuatnya. Caranya yaitu dengan mengerok bagian yang ingin disambung berbentuk cekungan kotak. Dan untuk kayu bagian lainnya diberikan tonjolan sesuai dengan besar lubang kerok yang telah kalian buat tadi.

 

Pastikan ukuran kerokan dan sambungan jangan terlalu besar ya guys. Karena nanti akan mempengaruhi kekuatan sambungan dari kayu tersebut. Yang seimbang aja kaya gambar yang udah kami contohnya diatas.

Selain terlihat lebih rapi dan presisi. Kekuatan yang dimiliki sambungannya pun kokoh.

 

10. TEKNIK MENYAMBUNG KAYU DADO

Teknik-Menyambung-Kayu-Dado

Yang terakhir yaitu jenis sambungan Dado.

Sambungan jenis ini dikhususkan untuk disambung pada bagian tengah kayu. Caranya yaitu dengan membuat lubang kerok dibagian tengah kayu sebesar lebar kayu yang akan disambungkan.

 

Jadi hampir sama dengan teknik groove, cuma bedanya kerokan yang dibuat itu sebesar lebar kayu yang akan disambung. Intinya itu sambungan kayu lainnya tidak perlu dibuat sambungan lagi, cukup langsung ditempel secara utuh saja seperti gambar diatas.

 

Okee guyss.!! Gimana nih? udah cukup jelas ya tentang teknik menyambung kayu untuk pemula woodworking ini.

Huufftt.. Lumayan capek juga nih ngetiknya. Tapi ga papa,, yang penting kami sudah memberikan informasi semaksimal mungkin.

 

Dan semoga artikel ini dapat jadi bermanfaat buat kalian semua ya guys. Terus gw ga bosen ingetin kalian juga untuk kunjungi channel youtube kami yang informatif dan menarik abiiss. Kalo udah gitu langsung aja di subscribe ya guys, biar kami makin semangat bikin konten-konten edukasi dan komparasi produk yang lebih lengkap lagi.

 

Oia.. klik link dibawah ini ya untuk mengunjungi channel youtube kami. Yakin ga bakal nyesel.. Karena isinya bermanfaat, berbobot dan menghibur.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

Okelah kalo begitu.. Cukup sekian dari kami.. Salam..!!


3 responses to “TEKNIK MENYAMBUNG KAYU UNTUK PEMULA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *