TRIK CARA MENYAMBUNG KLEM KAYU PANJANG

By | May 28, 2019

Kalian pernah ga sih mau nyambung kayu atau klem kayu yang panjang di media papan yang lebar? Klo kalian pernah kesulitan, kami akan coba kasih trik cara menyambung klem kayu panjang pada media yang lebar nih guys.

 

Jadi pada artikel kami kali ini, kami akan bagi-bagi info dan trik cara menyambung klem kayu panjang pada kalian semua. Itung-itung kami bagi pengalaman dan pengetahuan nih guys.

Kan lumayan tuh dapet pahala.. Hehehe :p

 

Tapi kalian ngerti kan maksud kami ini guys? Soalnya gw pernah mau nyambungin kayu panjang di media papan yang lebar gitu. Nah si klem ini kan pendek, jadi cuma bisa mengikat bagian ujung kayunya aja.

 

Sedangkan kayu panjang yang dibagian tengahnya itu ga kena klem. Alhasil ditengah ada rongga dan kayu panjang tersebut tidak menempel sempurna pada media papan yang lebar tersebut.

Kalo kalian pernah ngalamin hal ini, tentunya artikel ini akan menjadi sangat berguna ya buat kalian.

 

CARA MENYAMBUNG KLEM KAYU PANJANG

Trik-Cara-Menyambung-Klem-Kayu-Panjang

Jika kalian lihat gambar diatas, tentunya kelian bisa bayangin ya gimana trik cara menyambung klem kayu panjang tersebut.

Bagi kalian yang sudah punya peralatan lengkap sih pasti bisa-bisa aja. Tapi gimana kalo kalian yang masih pemula dan belum banyak membeli peralatan woodworking kalian.

 

Tentunya yang kalian bisa lakukan ya harus pake alat seadanya. Mau ga mau kan ya.

 

Terus pertanyaannya gimana trik cara menyambung klem kayu panjang pada media lebar yang dijanjikan mimin tadi?

Tenang guys.. everything it’s gonna be alright.. Hehe

 

Gw pasti bakalan kasih tipsnya.

Pertama-tama kalian harus siapin peralatan atau perlengkapannya dulu ya guys. Berikut ini adalah peralatan yang perlu kalian siapkan :

  • 2 buah Klem / Clamp
  • 2 buah Kayu Panjang
  • 1 Buah Kayu kecil
  • 1 lembar kartu remi atau kertas

 

 

TAHAPAN MENYAMBUNG KLEM KAYU PANJANG

Simple kan alat-alatnya.. Kalo kalian udah siapin semua alat-alat tadi,, ayok kita lakukan trik cara menyambung klem kayu panjang versi blog tehniq.com.

 

Pasangkan-klem-untuk-Menyambung-Kayu-Panjang

Pertama-tama pasangkan kayu pada posisinya dan kemudian pasangkan klem dibagian kiri dan kanan kayu tersebut.

Kemudian cek rongga dibagian tengah kayu tersebut. Apakah benar ada rongga atau tidak? Caranya yaitu dengan memasukkan kartu dibagian sambungan kayu dan papan tersebut. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini.

Cek-Rongga-Kayu-Panjang

Jika memang benar terdapat rongga, maka ambillah kayu lain yang sama panjangnya dengan kayu yang akan kalian sambung tadi.

Kemudian ambil juga satu buah kayu kecil yang sudah kalian siapkan tadi sebagai pengganjal.

 

Jika sudah kalian ambil semua, maka selanjutnya letakkan kayu kecil tadi diatas sambungan kayu yang pertama. Kemudian jepit atau tumpuk dengan kayu panjang yang seukuran dengan kayu penyambung kalian tadi.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihatnya pada gambar dibawah ini :

Letakkan-Kayu-Kecil-Diatas-Kayu-Penyambung

Tumpuk-Kayu-Penyambung-dengan-kayu-yang-panjangnya-seukuran

Jika sudah kalian tumpuk, maka selanjutnya adalah pasangkan klem tersebut pada posisi seperti semula dengan posisi kayu kedua menjepit kayu kecil tadi.

Dengan posisi ini, maka bagian tengah kayu penyambung yang ada rongganya tadi akan tertekan dibagian tengahnya oleh kayu kecil yang diselipkan ditengah tadi.

 

Dan.. Tadaaaa…!!

 

Kayu sambungan kalian tadi tidak akan memiliki rongga lagi dan siap untuk dilem atau disambungkan.

Jika kalian kurang percaya, cobalah lakukan hal yang sama seperti tadi. Coba selipkan kartu pada bagian tengah yang berongga sebelumnya.

 

Dapat kami pastikan kartu tidak akan bisa masuk karena rongga sudah tidak ada. Karena kami sudah mencobanya. Coba lihat percobaan kami pada gambar dibawah ini saat ingin menyelipkan kartu tersebut.

Cek-Rongga-Kayu-Panjang-untuk-kedua-kalinya

Sudah-Tidak-ada-lagi-rongga

 

HASIL SAMBUNGAN KLEM KAYU PANJANG

Gimana nih? sekarang udah yakin kan tentang trik cara menyambung klem kayu panjang versi blog tehniq.com ini.

Sisanya tinggal kalian tempelkan kayu tersebut dengan perekat ya guys. Biar sambungannya jadi kuat.

Yaw dah kalo gitu. Cukup sekian artikel kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.

Dan satu lagi nih guys, terus pantengin channel youtube kami ya dengan mengunjunginya pada link dibawah ini.

>> CHANNEL YOUTUBE <<

Jangan lupa subscribe ya guys. Dijamin videonya oke punya dan bermanfaat banget buat kalian. Oke klo gitu. udah dulu gw ngoceh-ngocehnya.. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *