KELEBIHAN METERAN LASER DARI METERAN GULUNG

By | March 30, 2023
Kelebihan-Meteran-Laser-dari-Meteran-Gulung

Halo sobat tehniq setanah air.. Kalian udah pernah coba yang namanya meteran laser belum sih?? atau selama ini kalian belum tau dan lebih nyaman pake meteran gulung? Nah kebetulan banget nih,, pada artikel ini gw mau coba bahas tentang kelebihan meteran laser dari meteran gulung untuk kalian ketahui bersama.

Karena kalo menurut gw sih meteran laser itu lebih jos sih ketimbang meteran gulung. Tapi tentunya kalo cuma ngomongin jos doang tanpa bukti kan ga enak ya. Jadi mending gw jelasin kelebihan-kelebihan dari meteran laser ini pada beberapa poin dibawah ini ya guys.

 

KELEBIHAN METERAN LASER

Sebelum kami menjelaskan tentang kelebihan meteran laser dari meteran gulung, sebelumnya gw mau jelasin dlu apa itu meteran laser.

Meteran laser adalah alat pengukur jarak yang menggunakan teknologi laser melalui optik atau kaca, yang ditampilkan kedalam bentuk angka digital pada layarnya.

Bagi orang-orang yang bekerja di bidang konstruksi ataupun engineer yang mengutamakan keakuratan pengukuran jarak, tentunya membutuhkan alat ukur yang tepat. Pada jaman dulu, orang-orang tersebut menggunakan metode pengukuran menggunakan benang dan berkembang lagi menggunakan meteran gulung.

Dan pada jaman sekarang, teknologi pun lebih berkembang lagi sehingga alat ukur dibuat lebih modern menggunakan laser. Terus apa aja sih kelebihan dari teknologi modern ( meteran laser ) yang saat ini sudah dijual di pasaran?

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari meteran laser yang perlu kalian ketahui jika dibandingkan dengan meteran gulung :

  1. Akurasi pengukuran akurat
  2. Penggunaannya yang lebih bervariasi
  3. Lebih cepat dalam mengukur
  4. Mudah dalam membaca hasilnya
  5. Kemudahan dalam penggunaan

Dari 5 kelebihan tersebut maka akan coba kami jelaskan satu-persatu penjelasannya agar lebih jelas untuk kalian mengerti.

 

AKURASI PENGUKURAN AKURAT

Dalam mengukur jarak menggunakan meteran laser, kalian tidak perlu takut akan akurasinya. Karena akurasi pengukuran menggunakan meteran laser sangat akurat, dan sama dengan meteran manual.

Untuk itu kalian tidak perlu khawatir nanti saat bekerja kalian bakalan salah ukur. Karena akurasi dari meteran laser sangat terjamin akurat.

PENGGUNAAN YANG LEBIH BERVARIASI

Seperti kita tau ya,, saat ingin mengukur bangunan ataupun jalan maka kalian membutuhkan jenis meteran yang berbeda. Dan yang paling sulit dalam menggunakan meteran manual yaitu mengukur ketinggian. Antara kalian harus naek atau mengarahkan meteran keatas.

Berbeda dengan meteran laser, karena kalian cukup menembakkan laser ke bagian yang ingin anda ukur. Kalian tidak perlu naik-naik untuk mengukur tinggi bidang. Dan tidak perlu takut meteran tertekuk karena terlalu tingginya bidang yang kalian ukur.

 

LEBIH CEPAT SAAT MENGUKUR BIDANG

Penggunaan meteran gulung perlu menarik gulungannya atau mendorongnya terlebih dahulu hingga batas yang ingin diukur. Tentunya hal ini membutuhkan waktu ya, dan apalagi jika jarak yang diukur agak panjang.

Berbeda dengan meteran laser yang hanya tinggal di tekan tombol ukurnya, dan hasil ukurannya akan langsung terlihat. Sangat cepat dan hanya membutuhkan satu detik saja, tanpa perlu harus berjalan ataupun mendorong-dorong meterannya.

 

MUDAH DALAM MEMBACA HASIL UKURNYA

Bagi anda yang sudah berumur, biasanya akan kesulitan membaca tulisan kecil terutama jarak dekat. Seperti kita tau ya, tulisan-tulisan pada meteran gulung berukuran cukup kecil dan berjarak cukup dekat antara satu dan lainnya.

Kelebihan-Meteran-Laser-Tampilan-Display-Digital

Berbeda dengan ukuran yang ditampilkan pada meteran laser yang berupa tampilan digital. Ukuran huruf yang cukup besar dan terang membuatnya sangat mudah untuk dibaca, tanpa perlu harus sedikit memfokuskan mata agar dapat melihatnya.

 

KEMUDAHAN DALAM PENGGUNAAN

Seperti yang udah gw sampein diatas ya, penggunaan meteran gulung sangat membutuhkan waktu dan sedikit ribet dalam penggunaannya. Berbeda dengan meteran laser yang lebih mudah, karena hanya tinggal menekan tombol saja.

Bisa diarahkan kemanapun sesuai dengan area dan sudut yang ingin anda ukur. Jadi sangat jauh lebih mudah dan simple dalam penggunaannya. Sehingga pekerjaan anda akan terasa lebih ringan dan tentunya lebih cepat.

 

KESIMPULAN

Nah dari beberapa kelebihan tersebut maka dapat kita simpulkan bersama ya, bahwa penggunaan meteran laser sangat mudah dan cepat. Dengan kemudahan dan kecepatan dalam bekerja tentunya meteran ini sangat cocok untuk pekerjaan proyek konstruksi kalian. Jadi anda akan lebih produktif dalam bekerja dan lebih presisi dalam bekerja.

 

KEKURANGAN METERAN LASER

Tapi jika kita berbicara kelebihan tentunya ada kekurangan ya guys. Karena yang namanya buatan manusia pasti memiliki kekurangan. Kira-kira apa aja sih kekurangan dari meteran laser ini?? berikut adalah beberapa poin kekurangan dari meteran laser yang perlu kalian ketahui :

  1. Bisa Rusak karena memiliki komponen PCB didalamnya
  2. Harga yang lebih mahal ketimbang meteran gulung
  3. Tidak bisa digunakan dikondisi hujan dan berasap

Untuk poin pertama tentunya sudah jelas ya,, alat-alat kelistrikan yang menggunakan PCB pasti memiliki masa atau dapat rusak seiring waktu. Karena alat-alat seperti ini memiliki masa pakai, sehingga anda harus membawanya ke tukang reparasi elektronik untuk memperbaiki meteran laser kalian yang rusak.

Dan pada poin kedua sudah jelas ya,, harga dari meteran laser tentunya berbeda dengan meteran gulung. Karena meteran laser harganya lebih mahal dan dipatok di harga sekitaran 50.000 hingga ratusan ribu rupiah, tergantung merk, tipe, fitur dan jarak ukurnya.

Yang terakhir yaitu alat ini tidak bisa digunakan di kondisi hujan dan berasap. Jika hujan tentunya meteran ini dapat rusak, dan jika kondisi berasap maka akan mempengaruhi lasernya sehingga akan mengacaukan ukurannya.

 

Naahh itu tadi ya beberapa kelebihan meteran laser dari meteran gulung yang perlu kalian ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

Baca juga :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *