PERBEDAAN METERAN BAGUS DAN JELEK

By | January 17, 2019
LUAR BIASA ! Meteran Dibanting Berkali-kali Tidak "RUSAK", Kamu Harus Punya !

Halo guys..!! gimana nih kabarnya.. kami berharap kalian semua berkabar baik. Yak pada artikel kami kali ini, kami ingin berbagi info mengenai perbedaan meteran bagus dan jelek. Sebenernya simple sih.. ini cuma meteran yang harganya ga lebih dari 100rb. Cuma emang kadang kita kecewa dengan suatu barang yang walaupun harganya murah tetapi cepet banget rusaknya. Pastinya kita berharap walaupun murah tapi paling nggak bisa tahan agak lama lah, walaupun ga bisa selama produk yang harganya lebih mahal hal itu cukup membuat kita puas sebenarnya.

 

1. PERBEDAAN METERAN BAGUS DAN JELEK DARI SEGI HARGA

Hal pertama yang perlu anda ketahui tentang perbedaan meteran bagus dan jelek adalah dari segi harga. Tentunya harga meteran bagus pasti lebih mahal jika dibandingkan dengan harga meteran yang jelek.

 

Dan yang pengen kami tekankan disini adalah sebenarnya perbedaan antara harga meteran yang mahal dan yang murah sebenarnya itu cuma antara 5.000 – 8.000. Jadi anda hanya perlu sedikit merogoh kantong anda dengan mengeluarkan uang sekitar 5.000 sampai 8.000 rupiah, maka anda akan sudah dapat mendapatkan meteran dengan kualitas yang bagus. Jadi perbedaan meteran bagus dan jelek yang pertama ini sudah pasti adalah dari segi harga. Dan faktor ini tentunya sudah pasti anda ketahui bersama, cuma memang kami hanya ingin mengajak anda untuk lebih memilih meteran dengan harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan meteran yang berharga murah tetapi kualitasnya jelek dan cepet rusak tentunya.

 

2. PERBEDAAN METERAN BAGUS DAN JELEK DARI SEGI CHASING

Dan hal kedua yang perlu kamu tau tentang perbedaan meteran bagus dan jelek yaitu dari segi chasingnya. Meteran dengan kualitas yang bagus tentunya memiliki chasing yang lebih tebal dan kuat. Hal ini dapat anda buktikan dengan mengetoknya atau memukulnya dengan jari anda. Tingkat ketebalan plastik chasing dari meteran yang bagus bunyinya akan lebih padat. Berbeda dengan meteran yang murah pasti jika digetok atau dipukul dengan jari maka suaranya akan lebih kasar atau bisa dapat kami ilustrasikan berbunyi “CETAK / TAK” sedangkan perbedaan dengan meteran yang bagus yaitu berbunyi seperti “CETOK / TOK”.

 

Perbedaan-Meteran-Bagus-dan-Jelek-dari-segi-chasing

 

Tapi poin bahasan kita tentang chasing yang kuat ini bukan sampai hanya disitu, poin yang kedua tentang perbedaan meteran bagus dan jelek dari segi chasing yang kuat ini adalah dapat dilihat pada baut pengunci chasingnya. Perbedaan meteran yang bagus dengan yang jelek dapat anda lihat pada jumlah baut penguncinya seperti pada gambar diatas. Jadi meteran yang bagus memiliki jumlah baut pengunci berjumlah 4, dan bahkan akan lebih bagus lagi jika jumlah baut penguncinya lebih dari 4. Tapi biasanya meteran dengan jumlah baut / mur pengunci lebih dari 4 harganya lebih mahal lagi.

 

CHASING METERAN YANG KUAT LEBIH BAGUS

Jadi kami cukup menyarankan pada jumlah baut / mur pengunci berjumlah 4 saja, karena jumlah tersebut sudah cukup memperkuat chasing. Sedangkan untuk meteran yang jelek perbedaan jumlah baut / mur penguncinya berjumlah 3. Jadi logikanya jumlah mur / baut yang lebih banyak akan lebih memperkuat penguncian dari chasing meteran tersebut. Hal ini dapat dibuktikan setelah kami melakukan percobaan dengan melempar meteran ini dengan ketinggian lebih dari 2 meter.

Perbedaan-Meteran-Bagus-dan-Jelek-dari-segi-chasing-mudah-pecah-lepas

 

Jadi dapat anda lihat, setelah kami melakukan percobaan pelemparan meteran yang bagus dan yang jelek maka dapat kami tarik kesimpulan bahwa chasing meteran yang jelek langsung hampir pecah dan rengat / mau terlepas 2 bagian. Dan setelah kami coba untuk menarik penggarisnya, meteran yang jelek tidak dapat kembali lagi pada posisi semula ( nyangkut). Sedangkan meteran yang bagus tetap kembali seperti biasa dengan halus ( smooth ) tanpa kendala. Jadi sudah tau ya untuk poin yang kedua tentang perbedaan meteran yang bagus dan jelek dari segi chasing ini dapat anda lihat dengan cara digetok atau dipukul chasingnya dan juga dengan menghitung jumlah baut / mur penguncinya. Jika anda masih ragu, anda bisa coba melemparnya dari ketinggian 2 meter tetapi kami hanya berpesan kepada anda, nantinya chasing meteran anda akan lecet setelah dilempar.. hehehe.. :D.. Bukan berarti rusaknya ya :p..

 

3. PERBEDAAN METERAN BAGUS DAN JELEK DARI PUTARAN KEMBALINYA

Poin selanjutnya yaitu poin yang ketiga untuk mengetahui perbedaan meteran yang bagus dan jelek yaitu dapat anda lihat dari segi putaran kembalinya. Jadi cobalah untuk menarik penggaris meteran anda sekitar satu meter kemudian lepaskan dan lihat putaran kembalinya. Meteran yang bagus pasti memiliki perputaran yang halus atau smooth, sehingga tidak berbunyi kasar dan tidak merusak poros tengahnya saat terjadi tabrakan anda ujung meteran dengan body meteran di titik akhir kembalinya.

Perbedaan-Meteran-Bagus-dan-Jelek-dari-segi-putaran-kembalinya

 

Jadi jika kita menarik logika pada putaran kembali meteran ini yaitu, jika putaran kembalinya halus dan tidak kasar, maka poros intinya dan juga chasingnya tidak akan mendapatkan dentuman atau hentakan yang keras ( lembut ). Dengan mendapatkan dentuman atau hentakan yang lembut, tentunya hal tersebut tidak akan cepat merusak meteran tersebut.

 

Lain halnya putaran kembali dari meteran yang jelek. Putaran kembalinya lebih kasar dan hentakan yang terjadi tentunya menjadi keras juga, sehingga poros tengahnya bisa cepat rusak. Dan jika anda menarik terlalu panjang, bisa jadi penggarisnya bisa agak berbahaya karena dapat melukai tangan anda. Bisa jadi tangan atau jari anda bisa sakit dan bahkan bisa berdarah, sehingga tentunya hal tersebut akan merugikan anda. Bisa jadi anda ingin membeli meteran yang murahan tetapi malah melukai tangan anda sendiri.

 

4. PERBEDAAN METERAN BAGUS DAN JELEK DARI TEBAL BESI PENGUKUR

Poin selanjutnya untuk mengetahui perbedaan meteran bagus dan jelek yaitu dari tebal besi pengukurnya. Tentunya besi yang lebih tebal akan mempengaruhi umur dari meteran tersebut. Meteran yang tipis akan mudah patah ataupun tertekuk, sehingga bentuk aslinya dapat berubah dan dapat mempengaruhi putaran porosnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan percobaan yang kami lakukan, yaitu dengan menarik penggaris dengan panjang hampir 2 meter dan kemudian menahannya dengan tombol. Cara mengetahui ketebalan dari besi penggaris meteran ini adalah dengan melihat penggaris tersebut saat ditarik dengan panjang 2 meter tersebut. Dan perlu anda ketahui, kami mencoba percobaan ini pada meteran dengan panjang 3 meter, jadi untuk meteran yang memiliki panjang lebih dari 3 meter dapat anda lakukan percobaan ini dengan menarik penggaris meteran tersebut lebih panjang lagi.

Perbedaan-Meteran-Bagus-dan-Jelek-dari-segi-tebal-besi-pengukurnya

 

Balik lagi nih pada penjelasan cara mengetahui ketebalan besi penggaris. Setelah kita tarik sampai panjang 2 meter, meteran yang bagus akan tetap pada posisinya tanpa patah yang dapat anda lihat pada gambar diatas. Sedangkan meteran yang jelek tentunya akan langsung patah karena tidak dapat menahan beban dari besi itu sendiri ( saking tipisnya besi penggarisnya ).

Perbedaan-Meteran-Bagus-dan-Jelek-mudah-patah

Setelah kita tau apa saja perbedaan meteran bagus dan jelek, maka selanjutnya kami ingin memberikan optional info lagi terkait perbedaan meteran bagus dan jelek. Tapi karena optional, hal ini bukan merupakan sebagai acuan penting. Jadi hal ini semacam fitur tambahan yang dimiliki meteran yang bagus, karena tentunya semakin banyak fitur yang dimiliki maka semakin mahal harganya. Dan salah satu faktor pertama yang membedakan meteran bagus dan jelek adalah harganya.

 

5. PERBEDAAN METERAN BAGUS DAN JELEK DARI TOMBOL PENAHAN

Poin kita selanjutnya untuk mengetahui perbedaan meteran bagus dan jelek yaitu dari sisi tombol penahannya. Meteran yang bagus memiliki tombol penahan lebih dari satu. Biasanya terletak dibagian atas dan dibagian bawah. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada video diatas atau dapat anda lihat pada gambar dibawah ini.

Perbedaan-Meteran-Bagus-dan-Jelek-dari-segi-tombol-penahan

Dan untuk meteran yang jelek tentunya hanya memiliki satu tombol penahan. Tetapi hal ini bukanlah hal yang paling penting. 4 Faktor yang telah kami sebutkan diatas adalah yang paling penting.

 

6. PERBEDAAN METERAN BAGUS DAN JELEK DARI DUA SISI PENGUKUR

Perbedaan-Meteran-Bagus-dan-Jelek-dari-segi-angka-pengukur-sisi-bolak-balik

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas. Faktor optional lainnya untuk mengetahui perbedaan meteran bagus dan jelek yaitu meteran tersebut memiliki 2 sisi penggaris. Sisi dapat digunakan untuk mengukur panjang sebuah benda atau tempat. Dan sisi lainnya dapat digunakan untuk mengukur dan juga sebagai media penggaris untuk menandai area yang diukur meteran tersebut.

 

Jadi gimana nih? udah pada tau kan apa-apa aja yang menjadi faktor untuk mengetahui perbedaan meteran bagus dan jelek ?? tentunya udah pada jelas ya.. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para user semua yang telah membaca artikel ini. Dan jangan lupa pantengin terus channel youtube kita untuk mengetahui update-update video edukasi kami untuk anda hanya di tehniq.com

 

Dan jika anda membutuhkan meteran atau alat-alat teknik lain dirumah atau tempat anda bekerja, tetep percayakan terus kebutuhan alat teknik anda di www.tehniq.com untuk belanja alat teknik yang mudah, aman dan cepat.

3 thoughts on “PERBEDAAN METERAN BAGUS DAN JELEK

    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Kalo untuk penyebutan merk apa yang bagus kami tidak bisa menyebutkan pak
      kami hanya menyebutkan ciri-cirinya saja

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *