3 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MENGELAS KENDARAAN

By | April 1, 2023
3-Hal-yang-Harus-Diperhatikan-saat-Mengelas-Kendaraan

Halo sobat tehniq setanah air.. bagi kalian para tukang las, tentunya harus mau menerima semua jenis pekerjaan ya. Salah satu pekerjaan mengelas yang cukup beresiko yaitu mengelas kendaraan guys. Kenapa gitu?? karena jika ada salah maka kendaraan tersebut bisa mati total atau malah menghancurkan besi yang kalian las. Untuk itu pada kali ini gw mau kasih info penting yaitu tentang 3 hal yang harus diperhatikan saat mengelas kendaraan, agar nantinya kalian ga salah-salah dan malah boncos.

Tentunya dengan adanya artikel ini, kami berharap kalian ga mendapatkan pengalaman burukĀ  dengan pengelasan kendaraan. Karena biasanya ada tukang las yang menolak langsung pengelasan pada kendaraan, karena mungkin dulunya pernah mendapatkan pengalaman yang kurang enak. Dan atau ada juga tukang las yang takut dan tidak mau mengambil resiko untuk mengelas kendaraan.

Kan sayang banget ya kerjaan ditolak,, padahal itu bisa jadi peluang buat kalian mendapatkan pengalaman dan uang tentunya, hehe. Maka dari itu ya,, kalian kudu wajib baca artikel ini dulu sebelum mulai menerima pekerjaan mengelas kendaraan.

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MENGELAS KENDARAAN

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas ya,, bahwa mengelas kendaraan tidak boleh sembarangan. Kalian harus tau beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengelas kendaraan tersebut. Dan disini kami coba merangkum menjadi 3 hal yang harus diperhatikan saat mengelas kendaraan :

  1. Area Kelistrikan
  2. Tipe & Jenis Mesin Las
  3. Jenis Logam

Nah itu 3 hal penting yang harus kalian perhatikan ya.. Dan tentunya gw ga berhenti sampe disini ya guys.. Karena gw bakalan jelasin ketiga hal itu biar kalian ga ngambang dapet ilmunya. Jadi nanti kalian bisa tau dengan jelas apa yang gw maksud dari ketiga hal itu.

Langsung aja ya,, berikut adalah beberapa penjelasan dari 3 hal yang perlu kalian perhatikan tersebut :

AREA KELISTRIKAN

Kelistrikan-pada-Kendaraan

Yang pertama adalah kalian harus memperhatikan dimana letak area kelistrikan dari kendaraan tersebut. Apakah area yang kalian las itu dekat dengan area-area kelistrikan?? Contoh seperti kabel, kumparan motor, dan sparepart lain yang menggunakan komponen kelistrikan didalamnya.

Hal ini harus kalian singkirkan terlebih dahulu sebelum kalian mengelas. Karena api las dan suhu las yang sangat panas akan dapat merusakan dan melelehkan komponen kelistrikan pada kendaraan anda.

Faktor inilah yang sering terjadi pada kendaraan yang mati atau rusak kelistrikannya setelah dilakukan pengelasan. Pasti terjadi konsleting akibat adanya kerusakan diarea kelistrikan kendaraan anda.

Untuk itu pastikan kalian menyingkirkannya terlebih dahulu ya guys.. Jika kalian tidak bisa ya paling tidak harus dibawa kebengkel dlu untuk dicopotin. Setelah baru kalian bisa mengelas dengan bebas.

TIPE DAN JENIS MESIN LAS

Kami sangat menyarankan untuk menggunakan pengelasan untuk jenis mesin las TIG atau MIG pada kendaraan anda. Karena mesin las ini sangat cocok untuk area pekerjaan logam tipis yang memang banyak ada di kendaraan.

Berbeda dengan kendaraan berat seperti truk ataupun bus. Kalian masih boleh menggunakan mesin las tipe MMA saat melakukan pengelasan pada kendaraan berat tersebut.

Dan untuk tipenya sendiri kalian harus membeli tipe mesin las TIG atau MIG dikisaran 130 – 200 Ampere. Sedangkan untuk pengelasan MMA pada kendaraan berat bisa kalian gunakan tipe 160 – 200. Jika kalian membeli tipe dibawah itu kami tidak menjamin hasil pengelasannya ya guys. Dan untuk tipe yang lebih besar lebih kearah sayang aja malah ga kepake ampere maksimalnya.

JENIS LOGAM

Jenis-Logam-saat-mengelas-kendaraan-harus-diperhatikan

Hal terakhir yang perlu kalian perhatikan yaitu jenis logamnya ya. Karena ada logam besi plat, besi tabung untuk rangka, besi cor pada mesin dan ada juga stainless steel pada knalpot. Semua tipe logam tersebut harus kalian perhatikan, karena tidak semua mesin las cocok digunakan untuk jenis-jenis logam tersebut.

Untuk logam jenis plat dan tabung rangka bisa kalian gunakan mesin las MIG. Dan untuk jenis logam stainless dan besi cor bisa kalian gunakan mesin las TIG ya. Untuk besi cor pada mesin sendiri juga harus pake mesin las AC ya, karena besi ini mengandung alumunium yang tidak bisa dilas sembarangan.

Kalian harus memperhatikan semua jenis logam tersebut dalam memilih untuk menggunakan mesin las yang mana.

KESIMPULAN

Naahh… dari penjelasan yang udah gw sampaikan diatas maka dapat kita tarik kesimpulan ya.. Bahwa mengelas kendaraan tidak boleh sembarangan. Kalian harus memperhatikan dari berbagai sisi terlebih dahulu sebelum mulai mengelas.

Karena saat kalian melakukan kesalahan, maka akan terjadi kerusakan pada kendaraan yang kalian las. Dan tentunya hal tersebut akan sangat merugikan kalian dan juga pelanggan kalian.

Okeee.. jadi itu dulu ya artikel gw kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua.. Salam..!!

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *