Thumbnail-Beberapa-Jenis-Meteran-Pengukur-Panjang

BEBERAPA JENIS METERAN PENGUKUR PANJANG

By: Yudha Yudha
21 Jan 2020

Halo sobat tehniq setanah air.. jumpa lagi ya di blog kami yang selalu membahas seputar alat-alat teknik buat kalian semua. Jadi kali ini kami mau berbagi info buat kalian semua tentang beberapa jenis meteran pengukur panjang yang perlu kalian ketahui. Sebenernya penggunaannya sama-sama untuk mengukur panjang benda, tetapi penggunaannya bisa lebih spesifik jika menggunakan jenis meteran yang tepat.

 

Nah kalo kalian udah tau masing-masing jenis meteran dan kegunaannya, tentunya kedepannya kalian akan lebih profesional dalam bekerja di bidang kalian. Makanya untuk menjadi lebih profesional, kita harus belajar dan terus belajar ya guys. Setuju ga,,?

 

Makanya kita harus baca artikel tentang beberapa jenis meteran pengukur panjang ini, biar menjadi jembatan kita menuju profesional. Hehe

 

 

BEBERAPA JENIS METERAN PENGUKUR PANJANG

Jadi ada berapa nih jenis meteran yang perlu kita ketahui? Sebelum kita membahas semua jenis meteran ini. Ada baiknya kita bahas dulu tipe dari meteran pengukur panjang terlebih dahulu. Karena beda ya guys tipe dan jenis itu. Kalo tipe itu lebih luas, tapi kalo jenis itu lebih spesifik dan lebih detail biasanya.

 

Terus apa aja tipe meteran pengukur panjang ini? Nah jadi meteran dibagi menjadi 2 tipe ya. Tipe meteran tersebut diantaranya adalah :

  • Meteran Manual
  • Meteran Digital

 

Jadi ada 2 tipe meteran ya guys. Meteran yang manual yang memang manual ditarik dan dikembalikan lagi panjangnya keukuran semula. Ada yang digulung manual dan ada juga yang otomatis tinggal pencet.

 

Terus yang kedua ada meteran digital yang cara penggunaannya biasanya menggunakan cahaya infrared. Dan sumber listrik yang digunakan biasanya menggunakan. Dan perlu kalian ketahui ya guys. Meteran digital ini canggih banget.. Cuma tinggal tembakin sinar lasernya, kita udah bisa tau jarak antara kita berdiri dengan ujung titik poin yang kita tembak.

 

Cuma untuk tingkat keakuratannya juga tidak 100% ya.. Ya ada lah meleset dikit, tapi ga terlalu pengaruh juga kalo untuk ngukur jalan. Asal jangan buat ngukur bangunan ya, karena ditakutkan nanti pemasangannya masalah miring sepersekian mili.

 

 

JENIS METERAN PENGUKUR PANJANG

Jika kalian udah mengetahui tipe meteran yang 2 biji tadi yaitu manual dan digital. Maka sekarang kita akan mulai masuk pada penjelasan yang lebih detail dan spesifik ya. Penjelasan kali ini akan membahas tentang jenis meteran pengukur panjang dan kegunaannya ya guys.

 

Untuk jenis meteran pengukur panjang ini ada beberapa, yaitu diantaranya adalah :

  1. Meteran Gulung
  2. Meteran Tangan
  3. Kaliper ( Jangka Sorong )
  4. Mikro Meter
  5. Penggaris ( Busur, Siku, Panjang )
  6. Meteran Jalan / Dorong

 

Naahh.. jadi ada 6 jenis meteran pengukur panjang ya guys. Inget-inget dah tuh, dan ga sampai disini aja guys. Tenang aja, kami bakalan jelasin satu persatu tentang kegunaan dari meteran tersebut. Jadi langsung kita bahas aja ya mulai dari yang pertama.

 

 

1. METERAN GULUNG

Jenis-Meteran-Gulung

Jenis meteran yang pertama yaitu meteran Gulung. Meteran jenis ini banyak digunakan di konstruksi gedung, jembatan dan juga jalan. Kenapa demikian? Karena meteran ini dibuat dengan panjang lebih dari 20 meter, sehingga memungkinkan orang untuk mengukur panjang jalan ataupun bangunan yang akan dibangun atau dibongkarnya.

 

Jadi bagi kalian yang bekerja di bidang konstruksi khususnya, kami sarankan untuk membeli meteran ini. Karena memang dengan meteran ini, kalian dapat mengukur bermeter-meter tanpa perlu terputus beberapa kali untuk mencatat hasil meteran kalian karena keterbatasan panjang meteran tersebut.

 

 

2. METERAN TANGAN

Jenis-Meteran-Tangan

Beberapa jenis meteran pengukur panjang yang kedua yaitu salah satunya adalah meteran tangan ini. Meteran tangan ini merupakan meteran yang sangat umum digunakan baik oleh orang rumahan maupun orang-orang proyek.

 

Karena emang meteran ini sangat simple, kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Hanya saja meteran ini adalah versi kecil dari meteran gulung diatas. Jadi ukuran panjang dari meteran ini cukup pendek yaitu sekitar 3 – 5 meter. Sedikit yang lebih panjang dari itu, karena memang disesuaikan dengan konsepnya yang kecil dan bisa dibawa kemana-mana.

 

 

3. KALIPER / JANGKA SORONG

Jenis-Meteran-Kaliper-Jangka-Sorong

Jenis meteran yang ketiga yaitu kaliper atau banyak yang menyebutnya dengan jangka sorong. Jenis meteran yang satu ini digunakan untuk mengukur panjang benda berukuran kecil dengan presisi hingga nol koma sekian mili. Jadi benar-benar nilai yang didapat dengan menggunakan jenis meteran ini sangat pas.

 

Dan titik atau bagian ujung kepala dari jangka sorong ini dapat mengukur ketebalan benda hanya dengan menitikkan salah satu ujung kepala. Dan mengukurnya dengan menitikkan ke ujung kepala yang lain. Biasanya jenis meteran ini digunakan untuk mengukur permesinan dan peralatan-peralatan yang berhubungan dengan mesin.

 

 

4. MIKRO METER

Jenis-Meteran-Mikro-meter

Selain jangka sorong tadi, ada juga jenis meteran yang khusus digunakan untuk mengukur benda berukuran kecil dan sangat presisi hasil ukurnya. Jadi jenis meteran yang satu ini namanya mikro meter. Jenis meteran ini juga bisa mengukur hingga nol koma sekian mili, jadi sangat presisi.

 

Dan biasanya alat ini juga digunakan untuk mengukur ketebalan benda dan panjang. Bedanya dengan jangka sorong yaitu cara kerjanya. Kalo alat ini hanya bisa mengukur dengan cara menjepit benda yang ingin diukur. Beda halnya pada jangka sorong yang dapat dititikkan pada benda.

 

Penggunaan dari mikro meter ini juga biasa digunakan dibidang permesinan dan peralatan-peralatan lain yang berhubungan dengan mesin.

 

 

5. PENGGARIS

Jenis-Meteran-Penggaris

 

Beberapa jenis meteran pengukur panjang selanjutnya salah satunya adalah penggaris. Kalian semua tau lah ya fungsi dari penggaris ini buat apa. Banyak digunakan untuk kebutuhan sekolah, kerja dan bahkan proyek juga nih. Terus macemnya juga ada banyak. Seperti contohnya :

  • Penggaris panjang
  • Busur
  • Penggaris segitiga
  • Dll

 

 

6. METERAN JALAN / DORONG

Jenis-Meteran-Jalan-Dorong

Jenis meteran yang terakhir yaitu meteran jalan atau dorong ini. Meteran ini dapat digunakan untuk mengukur panjang hingga maksimal digit angka yang bisa ditampilkan alat ini. Sama seperti meteran gulung yang pertama udah kami jelasin tadi, meteran dorong ini memiliki panjang yang sangat panjang.

 

Jadi meteran jenis ini sangat cocok untuk mengukur panjang jalan, jembatan dan gedung guys. Dan untuk panjang dari kemampuan ukuran meteran ini ternyata lebih panjang dari meteran gulung guys. Jadi kalian bisa ngukur lebih panjang lagi dengan jenis meteran ini.

 

Naahhh jadi itu tadi ya guys beberapa jenis meteran pengukur panjang yang perlu kalian ketahui. Dan jangan nanya lagi nih tentang fungsinya, karena semua udah gw jelasin disitu ya. Sebenarnya ada lagi sih meteran badan yang bisa digunakan untuk ngukur badan kita buat bikin pakaian.

 

Cuma ga kami masukin list aja, karena kayanya ga sesuai bidang kami di teknik. Jadi terserah kalian mau masukin daftar jenis meteran juga apa nggak. Hehehe

 

Oke guys.. jadi sampai disini aja ya artikel kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan bagi kalian yang pengen cari beberapa meteran yang udah kami sebutkan diatas, kecuali meteran badan ya. Hehehe. Kalian bisa cek katalog meteran kami dibawah ini untuk mengetahui harganya.

 

>> KATALOG METERAN <<

 

Yaw dah kalo gitu guys.. Sampai disini aja perjumpaan kita kali ini.. Salam..!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *