PENGERTIAN WELDER DAN TAHAPAN UNTUK MENJADI WELDER PROFESIONAL

By | September 30, 2019

Halo sobat tehniq khususnya para welder se tanah air nih.. Kali ini gw mau bagi-bagi info buat kalian yang saat ini sedang tertarik pada bidang pengelasan. Jadi pada artikel ini kami akan membahas tentang apa itu welder dan kalo kamu ingin menjadi welder profesional itu harus gimana. Intinya artikel ini adalah artikel tentang pengertian welder dan tahapan untuk menjadi welder profesional.

 

Semoga kalian tertarik nih untuk baca artikel ini agar kalian tau apa yang perlu kalian pelajari dan kalian butuhkan untuk menjadi seorang welder yang profesional. Karena dengan menjadi profesional, orang-orang akan lebih percaya kepada kalian untuk mengerjakan suatu projek pengelasan. Dan bahkan kalian juga bisa membuat usaha pengelasan kalian sendiri dan tentunya dengan kehebatan pengelasanmu tentunya usaha kalian akan lancar.

 

 

PENGERTIAN WELDER

Oke kita masuk pada penjelasan. Jadi welder adalah nama lain dari tukang las yang artinya adalah sebuah profesi yang fokus pada bidang pengelasan. Dan pengelasan yang dimaksud disini adalah sebuah teknik penyambungan 2 logam agar menjadi satu bentuk yang dapat digunakan oleh user atau konsumen.

 

Logam yang dapat disambung oleh welder atau tukang las ini sendiri ada banyak macamnya. Berikut adalah beberapa logam yang merupakan objek sambung dari seorang welder :

  • Besi
  • Baja
  • Stainless Steel
  • Alumunium
  • Kuningan / Tembaga
  • Magnesiun
  • Titanium

 

semua jenis logam tersebut hanya bisa disambung oleh welder profesional guys.. Kalo kalian belum terlalu profesional, kalian belum tentu bisa menyambung logam-logam yang sangat jarang di pasaran karena memang membutuhkan teknik tertentu.

Terus gimana untuk menjadi seorang welder profesional? Simak penjelasannya

 

 

TAHAPAN UNTUK MENJADI WELDER PROFESIONAL

Setelah kita membahas pengertian welder dan tahapan untuk menjadi welder profesional adalah bahasan kita selanjutnya. Agar nantinya artikel ini akan menjadi lebih bermanfaat buat kalian khususnya yang baru ingin berkecimplung di dunia pengelasan.

Jadi hal pertama yang harus kalian tau untuk menjadi seorang welder profesional, kalian harus memiliki sertifikat resmi. Karena dengan memiliki sertifikat resmi, kalian akan dapat diakui baik di dalam dan d luar negeri sebagai welder yang sudah terpercaya.

Proses sertifikasinya sendiri biasanya akan diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau bisa disingkat dengan LSP. Dan LSP ini nantinya akan memberikan beberapa sertifikat khusus buat kalian para welder. Jadi sertifikat yang kalian dapatkan nanti lebih fokus dan khusus untuk welder seperti sertifikat pengelasan, terus bisa juga sertifikat pada mesin las tertentu.

 

 

Tapi sebelum kalian melangkah pada proses sertifikasi, ada baiknya terlebih dahulu kalian mengenal jenis dari mesin las itu sendiri. Ada 3 jenis mesin las yang perlu kalian pelajari untuk menjadi seorang welder profesional, karena memang seorang welder profesional harus bisa melakukan pengelasan dengan jenis mesin las apapun.

 

3 Jenis mesin las tersebut diantaranya adalah :

  1. MMA ( SMAW – Shielded Metal Arc Welding )
  2. MIG ( GMAW – Gas Metal Arc Welding )
  3. TIG ( GTAW – Gas Tungsten Arc Welding )

 

MESIN LAS MMA

Jenis-Mesin-Las-MMA

Pengertian Mesin las MMA adalah mesin las yang menggunakan kawat las stik untuk pengelasannya atau bisa disebut juga dengan stik las atau juga dengan sebutan kawat elektroda. Untuk jenis mesin las ini hanya bisa digunakan untuk jenis logam :

  • Besi
  • Baja
  • Stainless Steel

Jadi kalian ga bisa sembarangan buat nyambungan berbagai jenis logam dengan mesin las ini. Dan satu lagi guys.. Mesin las ini hanya direkomendasikan untuk pemakaian di luar ruangan, bukan didalam ruangan. Kenapa demikian? karena asap yang yang dihasilkan mesin las ini sangat banyak dan sangat berbahaya untuk pernafasan dan juga mata.

Untuk itu jika digunakan diluar, asap akan dengan mudah menyebar dan terbawa angin sebelum anda hirup. Tetapi jika di dalam ruangan ya asap bakalan masuk ke paru-paru kalian.

Untuk ukuran logam yang bisa di las dengan mesin las ini yaitu 3 mm.. dibawah itu bisa meleleh dan berlubang karena api panas yang dihasilkan mesin las ini. Malah ga bisa buat nyambung, yang ada malah ngerusak.

 

MESIN LAS MIG

Jenis-Mesin-Las-MIG

Untuk mesin las MIG ini adalah mesin las yang menggunakan kawat gulung dalam pengelasannya. Selain itu dibutuhkan juga gas CO2 dalam pengelasannya, walaupun saat ini ada juga kawat las MIG yang bisa digunakan tanpa menggunakan gas.

Intinya kami bahas secara umum aja lah ya.. Jadi mesin las ini menggunakan kawat las gulung / wire dan juga gas CO2 untuk penggunaannya.

 

Dan untuk menjadi seorang welder profesional, awal mula kalian belajar ngelas itu kami saranin pake mesin las MIG ini guys. Kenapa? karena penggunaannya yang lebih mudah jika dibandingkan dengan jenis mesin las lainnya.
Kalian hanya perlu mempelajari cara pemasangan gas pada mesin las agar didapatkan hasil lasan yang sempurna.

Kalo kalian pengen belajar lebih dalam tentang mesin las MIG ini, kalian bisa kunjungi link tutorial belajar mesin las MIG berikut ini : http://tehniq.com/blog/tutorial-mengelas-mig-untuk-pemula/

 

Oke lanjut untuk objek pengelasannya sendiri. Mesin las MIG ini bisa digunakan untuk jenis logam apa aja sih? berikut adalah beberapa jenis logam yang bisa disambung dengan menggunakan mesin las MIG :

  • Besi
  • Baja
  • Alumunium
  • Stainless Steel

 

Kalo kalian udah ngerti jenis logam apa aja yang bisa disambung dengan menggunakan mesin las ini, maka selanjutnya yang perlu kalian pahami adalah ketebalan dari logam yang dapat disambung dengan mesin las ini.

Untuk ketebalan logam yang bisa disambung menggunakan mesin las MIG ini yaitu mulai dari 1 mm sampai logam yang sangat tebal. Dan untuk aplikasinya sendiri dapat kalian lakukan di indoor maupun outdoor. Karena memang mesin las ini memiliki pelindung gas CO2 pada pengelasannya, sehingga asap las yang keluar tidak terlalu banyak dan tidak terlalu tajam seperti mesin las MMA.

 

 

MESIN LAS TIG

Jenis-Mesin-Las-TIG

Pengertian dari mesin las TIG ini adalah mesin las yang dalam proses pengelasannya menggunakan kawat las khusus TIG seperti batangan panjang gitu yang biasa disebut dengan Filler. Lebih panjang dari kawat las MMA dan yang pastinya lebih panjang dari anumu.. Hehehe :p

Dan sama seperti mesin las MIG, dalam proses pengelasannya, mesin las TIG ini juga menggunakan gas tetapi bukan gas CO2 nih guys. Gas yang digunakan untuk proses pengelasan TIG yaitu gas argon.

 

Dan perlu kalian ketahui, teknik mengelas menggunakan mesin las TIG ini adalah teknik yang paling sulit untuk dilakukan karena membutuhkan keterampilan, keseimbangan dan juga presisi yang tinggi untuk menghasilkan hasil lasan yang sempurna.

Jadi mesin las ini dapat menghasilkan hasil lasan yang halus dan mulus nih jika dibandingkan dengan kedua mesin las sebelumnya. Untuk itu penggunaannya sendiri sangat cocok untuk digunakan pada pekerjaan yang membutuhkan hasil yang bersih dan rapi. Dan bisa digunakan pada ruang tertutup ( indoor ) dan outdoor.

 

Terus logam apa nih yang bisa disambung menggunakan mesin las TIG ini?? berikut adalah daftar logam yang dapat disambung menggunakan mesin las TIG ini :

  • Besi
  • Baja
  • Alumunium
  • Stainless Steel
  • Tembaga / Kuningan ( Mesin las TIG Ukuran tertentu )
  • Besi berlapis Krom
  • Logam Eksotis ( Magnesium, Titanium, Alloy, dll ) – ( Mesin las TIG Ukuran tertentu )

 

Jadi untuk kemampuan menyambung logam mesin las ini lebih bervariasi guys, karena kawat las yang digunakan juga bervariasi. Dan tingkat ketebalan yang bisa disambung dengan menggunakan mesin las ini juga sama seperti mesin las TIG guys.. Mulai dari tipis hinggi logam tebal.

Oia.. masing-masing logam itu tadi memiliki kawat las khusus ya guys.. jadi jangan salah paham dan salah sangka. Takutnya kalian pake satu jenis kawat las doang buat ngelas semua logam itu tadi.. Hehehe

 

PENUTUP

Okeee.. sekarang kalian udah mulai memiliki pandangan dan wawasan lebih ya tentang mesin las. Kami harap kalian bisa mempelajari masing-masing mesin las yang udah kami sebutin tadi ya sebelum masuk ke tahap sertifikasi welder.

Jadi cukup sekian nih artikel tentang pengertian welder dan tahapan untuk menjadi welder profesional. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan bagi kalian yang suka nonton youtube dan pengen tau lebih tentang mesin las dan juga performa masing-masing merk mesin las.

Kalian bisa kunjungi channel youtube kami berikut ini >> CHANNEL YOUTUBE <<

Jangan lupa subscribe channel dan share video-video kami guys sebagai wujud dukungan kalian buat kami, agar kami dapat terus memberikan informasi dan edukasi seputar alat teknik buat kalian semua.. Akhir kata dari kami.. Salam..!!

One thought on “PENGERTIAN WELDER DAN TAHAPAN UNTUK MENJADI WELDER PROFESIONAL

  1. Nael bhetrus timotius

    Artikel nya sangat membantu bagi pemula, apa lagi buat yang baru berkecimpung di dunia LAS. Walaupun ada kata canda nya Sedikit biar yang membaca tidak terlalu tegang.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *