MASALAH YANG SERING TERJADI PADA KOMPRESOR

By | November 27, 2019

Halo sobat tehniq setanah air.. gimana nih kabar kalian semua?? semoga pada baik ya.. Oke guys.. kali ini gw mau bahas beberapa masalah yang sering terjadi pada kompresor kalian nih. Dan tentunya kami juga akan menjelaskan tentang penyebab terjadinya masalah tersebut.

 

Menarik kan ya untuk dibahas. Jadi artikel ini kami buat agar kalian bisa memprediksi atau mengatasi secara dini beberapa masalah yang terjadi pada kompresor kalian.

 

Dan tentunya dengan kami menyebutkan penyebab dari masalah yang terjadi tersebut. Nantinya kalian langsung tau masalahnya dan bisa kalian bawa langsung ke pakar permesinan kompresor ini. Hehehe. Atau mungkin bisa kalian atasi sendiri.. Keren banget tuh.

 

Karena emang kita tau ya, banyak dari pengguna kompresor ini adalah pakar-pakar permesinan yang sengaja buka bengkel otomotif sendiri. Jadi selain bisa otak-atik mesin motor dan mobil, tentunya mereka juga bisa otak-atik sendiri mesin kompresornya.

 

 

MASALAH YANG SERING TERJADI PADA KOMPRESOR

Oke langsung kita mulai bahas satu persatu aja ya masalah yang sering terjadi pada kompresor ini. Biar kalian ga penasaran dan bisa langsung cek kompresor kalian. Apakah ada penyakit-penyakitnya gini atau nggak. Hehe

 

Hal pertama yang menjadi masalah paling sering ditemui pada kompresor yaitu Sulitnya kompresor untuk menyala.

 

1. SULIT UNTUK MENYALA

Masalah pertama yang sering kita temui yaitu mesin yang sulit untuk menyala ya. Jadi saat kita menyalakan atau menarik tombol switch powernya, mesin kadang tidak menyala. Atau bisa juga terjadi pada belt kompresor yang kita coba nyalakan tetapi butuh berkali-kali putar baru bisa menyala.

 

Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya daya pada mesin kompresor atau level oli yang kurang. Periksa sil-sil pada mesin kalian barangkali ada kebocoran yang membuat mesin kekurangan oli dan tenaga.

 

Switch-Power-yang-sulit-menyala

 

Tapi jika kita bicara tentang kompresor selain belt kompresor yang menyalakannya hanya butuh saklar saja. Maka yang perlu kalian cek adalah memperbaiki saklarnya. Karena kemungkinan ada switch yang kendor atau udah slek, sehingga mesin tidak dapat menyala.

 

2. SUARA YANG LEBIH BERISIK

Masalah yang sering terjadi pada kompresor selanjutnya yaitu suara yang lebih berisik. Tentunya kalian yang setiap hari bekerja dengan kompresor kalian pastinya hafal dengan suara kompresor kalian. Nah jika ada perubahan dengan suara baik suara mesin ataupun suara chasing bodinya, berarti ada yang salah dengan kompresor kalian.

 

Suara-Kompresor-Lebih-Berisik

 

Biasanya masalah ini terjadi pada motor kompresor kalian yang mengalami masalah. Motor pada kompresor biasanya ada pada jenis belt kompresor ya. Dan untuk hal lainnya biasanya ada kelonggaran di bagian beltnya atau beberapa bagian mesinnya.

 

Kurangnya level oli juga mempengaruhi suara juga benernya. Jadi ada beberapa penyebab dari suara yang lebih berisik pada kompresor kalian ya. Jadi jangan remehken suara kompresor yang lebih berisik.

 

3. KEBOCORAN OLI PADA BAGIAN MESIN

Hal ketiga yang menjadi masalah pada kompresor biasanya terjadi kebocoran pada bagian mesinnya. Jika di bagian mesin kompresor kalian terlihat bercak-bercak atau bahkan rembesan oli, maka dapat dipastikan ada kebocoran di bagian mesin kalian.

Kebocoran-Oli-pada-Mesin

 

Hal ini bisa terjadi pada kompresor kalian jika terjadi kerusakan pada sil mesin sehingga sela-sela mesin menjadi bocor. Gasket yang bocor ataupun silinder yang rusak juga bisa membuat hal ini terjadi. Tetapi jika semua hal tersebut kalian yakin tidak ada masalah, berarti kalian terlalu banyak menuangkan olinya.

 

4. TEKANAN UDARA MENURUN

Hal terakhir yang merupakan masalah yang sering terjadi pada kompresor yaitu tekanan udara menurun. Bagi kalian yang bekerja di bidang pengecatan biasanya berasa tuh kalo tekanan udara menurun. Tapi klo pekerjaan-pekerjaan lainnya agak sulit untuk terdeteksi.

 

Kalo untuk masalah ini biasanya terjadi karena adanya kebocoran pada karet dibagian pemompa udaranya. Nah jadi jika hal ini terjadi pada kompresor kalian, berarti kalian harus segera membeli sparepart ( karetnya ) dan menggantinya.

 

Okeee… jadi itu tadi ya guys, beberapa masalah yang sering terjadi pada kompresor ya. Kalian kudu peka aja intinya untuk segera bertindak sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah. Karena emang kalo mesin itu biasanya rusaknya merembet sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit alias makin bobrok dan makin mahal benerinnya.

 

Jadi cukup sekian ya artikel dari kami, semoga kalian semua bisa memahami apa yang coba kami sampaikan disini. Dan jangan lupa share artikel ini jika kalian rasa perlu untuk diinfokan ke temen-temen atau sodara kalian. Salam..!!

2 thoughts on “MASALAH YANG SERING TERJADI PADA KOMPRESOR

  1. Affuan

    Kenapa boleh ada air di dalam tong angin kompresor? Apakah puncanya dan solusinya?

    Reply
    1. Yudha Yudha Post author

      Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Air di dalam tong kompresor ada karena memang udara luar yang dihisap masuk ke dalam tong itu mengandung air. jadi lama kelamaan air itu akan terkumpul di dalam tong kompresor.

      Dan tong kompresor memang harus di kuras dalam periode waktu tertentu untuk menghilangkan air yang ada dalam tong tersebut

      Jadi penyebabnya adalah udara luar yang mengandung air, sedangkan solusinya memang harus dikuras

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *