TANDA KOMPRESOR SUDAH WAKTUNYA SERVIS

By | November 25, 2019

Halo sobat-sobat tehniq yang setia tanpa batas.. Jadi kali ini kami mau bagi-bagi informasi nih buat kalian yang punya kompresor dirumah atau dibengkel. Informasi kami kali ini yaitu tanda kompresor sudah waktunya servis, jadi harus kalian perhatikan nih tanda-tandanya. Kalo udah nemu tanda-tanda ini berarti kompresor kalian udah harus masuk rumah sakit kompresor.

 

Nah untuk itu kami rasa sangat perlu untuk kita bahas mengenai tanda kompresor sudah waktunya servis ini. Karena tidak lain agar kalian lebih bisa merawat kompresor kalian sebelum kompresor kalian rusak parah. Tapi lebih gw saranin sih sebelum ada tanda-tanda ini kalian udah perlu ganti oli dan perawatan lainnya.

 

Kalo kalian lebih bisa merawat kompresor kalian, tentunya kalian ga perlu gonta-ganti kompresor atau banyak komplain ke toko karena kompresor kalian cepet rusak. Karena memang bisa jadi kita yang tidak instrospeksi diri dengan penggunaan pada kompresor kita sendiri.

 

Jadi langsung aja nih ya.. apa aja sih tanda kompresor sudah waktunya servis? Berikut adalah beberapa rangkuman akan penjelasan dari pertanyaan tersebut.

 

 

TANDA KOMPRESOR SUDAH WAKTUNYA SERVIS

Jadi ada beberapa hal atau tanda yang perlu kalian ketahui guys. Tapi syaratnya kalian harus lebih peka untuk mengetahui hal tersebut ya. Karena banyak orang yang tau tetapi hanya diam dan menyepelekan hal tersebut.

 

Tetapi padahal disaat itulah kompresor kalian membutuhkan pertolongan pertama. Sama lah kaya manusia, kalo kalian cuek dan menolak untuk mengobati orang yang kalian sayangi. Padahal kalian sudah melihat tanda-tanda turunnya kesehatan orang tersebut.

 

Maka yang terjadi perlahan kondisi orang yang kalian sayangi akan lebih parah dan disitulah kalian akan menyesal bahwa kalian sudah terlambat. Mungkin klo contohnya disini adalah orang yang disayangi itu terlalu lebay ya.

 

Tapi emang gitu kenyataannya. Mungkin kompresor bukan sesuatu yang berharga buat kalian, tapi kenapa tidak untuk kalian lebih merawatnya. Sayangi barang-barang kalian seperti kalian menyayangi diri sendiri ataupun orang lain disekitar kalian.

 

Oke cukup penjelasan panjang ini, langsung aja kita mulai bahas tanda kompresor sudah waktunya service dari hal yang pertama yaitu Kelembapan udara yang berlebih.

 

 

1. KELEMBAPAN UDARA YANG BERLEBIH

Hal pertama yang perlu kalian pahami adalah kelembapan udara yang dihasilkan kompresor kalian. Untuk melihat tanda-tanda ini kalian bisa menyemburkan atau menyemprotkan anginnya ke telapak tangan kalian. Jika ada air-air dikit ya masih dalam tahap wajar lah ya.

 

Tapi kalo udah agak basah tangan kalian setelah disembur angin kompresor tersebut. Naahh berarti itu merupakan sebuah tanda bahwa kompresor kalian kudu sudah mulai diganti part yang menyebabkan hal tersebut. Beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini terjadi yaitu :

  • Filter yang sudah mulai kotor
  • Sistem pembuangan udara otomatisnya bermasalah

 

Jadi kalo kalian nemuin tanda yang pertama ini, langsung aja bersihin filternya atau ganti filternya dengan yang baru. Kemudian cek juga pembuangan udara otomatisnya apakah bermasalah atau tidak.

 

Saluran-Pembuangan-Udara-Otomatis

 

Bisa kendor atau memang sudah selek atau dol dratnya. Mungkin bisa kalian kasih lem besi dan isolasi pipa buat mengatasi hal ini. Jadi jangan sepelakan hasil udara yang keluar dari kompresor kalian ya guys.

 

 

2. SUARA MESIN YANG SEMAKIN BERISIK

Hal kedua yang yang perlu kalian pahami adalah suara mesin kompresor kalian. Tentunya kalian yang menggunakan kompresor mulai dari awal beli hingga sekarang, pasti hafal suara kompresor kalian. Intinya kalian kudu peka aja, karena klo ga peka ya susah juga kalo kaya gitu.

 

Untuk berubahnya suara kompresor ini biasanya berpengaruh dari pistonnya guys. Dan untuk mengatasi hal ini sebenarnya agak susah. Paling intinya kalian kudu lebih sering ganti oli kompresor kalian untuk mencegah hal ini semakin parah.

 

Atau bisa jadi ada bagian motornya yang mengalami kerusakan. Jadi kalian bisa dengerin langsung ya, berisiknya dibagian mananya guys. Apa dibagian pistonnya atau motornya

 

Kebisingan-Suara-Kompresor

 

Untuk posisi piston dan motor bisa kalian lihat pada gambar diatas ya guys. Tapi perlu kalian pahami juga, untuk motor pada kompresor hanya ada pada belt kompresor ya. Untuk direct dan oil less kompresor itu tidak ada motor tambahannya. Jadi murni piston aja.

 

 

3. TEKANAN UDARA MENURUN

Tanda kompresor sudah waktunya servis selanjutnya atau yang ketiga yaitu tekanan udara menurun. Hal ini bisa anda rasakan pada rutinitas kalian. Misalnya saat kalian ngecat, itu biasanya 30 menit baru otomatisnya nyala, sekarang jadi cepet misalnya 15 menit udah nyala mesinnya.

 

Berarti disitu ada masalah sama pengeluaran anginnya. Bisa karena ada kebocoran atau ada kerusakaan pada sistem pemasukan udaranya. Biasa juga udara yang keluar saat anda aplikasikan itu semakin terasa pelan dan tidak bertekanan.

 

Kami sarankan kalian cek kebocoran pada kompresor kalian. Rasakan angin-angin yang keluar dari sela-sela atau sambungan yang ada pada kompresor kalian. Baik saat kompresor menyala untuk pengisian angin ataupun saat kompresor kalian sedang kalian gunakan.

 

 

4. SULIT UNTUK MENYALAKAN KOMPRESOR

Yang terakhir yaitu tidak responsifnya kompresor kalian untuk menyala. Baik switch otomatisnya atau saat anda menyalakannya manual dengan v-belt kalian.

 

Jadi saat kompresor kalian mati, terus ingin kalian nyalakan. Pastinya kalian tarik saklarnya ya, dan biasanya kompresor kalian langsung nyala. Eh taunya kompresor kalian ga nyala, dan kalian kudu matiin saklarnya dan tarik lagi saklarnya untuk mancing kompresor itu nyala lagi.

 

Switch-Power-yang-sulit-menyala

 

Mungkin kalian kira ini hal biasa, tapi benernya lagi ada masalah sama switch otomatis kalian tuh atau bisa juga masalah di saklar kalian. Dan jika kompresor kalian itu belt kompresor yang menggunakan V-belt, tentunya kalian tarik tuh pake tali.

 

Digulung-gulung gitu terus ditarik biar mesin nyala. Tapi ternyata butuh berkali-kali diputar baru kompresor bisa nyala. Hal tersebut juga bisa jadi masalah dengan motor kompresor kalian. Buruan periksain deh tuh kalo udah kaya gitu, sebelum makin parah dan akan mengganggu pekerjaan kalian.

 

Naahh itu tadi ya guys beberapa tanda kompresor sudah waktunya servis yang perlu kalian ketahui. Intinya kalian kudu peka dengan keseharian kompresor kalian saat kalian gunakan. Kalo ada perubahan dari kompresor kalian, buru-buru cek kompresor kalian.

 

Kalo kalian males ke servis center, paling nggak bawa aja ke bengkel motor. Montir yang pinter biasanya ngerti juga masalah mesin dan motor kompresor tuh. Karena emang sekolah mereka kan di bidang mesin, jadi udah pasti 11 12 lah mesin kompresor sama kendaraan bermotor.

 

Okee.. sekian dulu artikel dari kami. Semoga bermanfaat buat kalian semua ya.. jangan lupa share artikel ini untuk memberikan info ke temen-temen seprofesi. Biar kita semua bisa makin menyayangi kompresor dan barang-barang milik kita yang lain. Salam..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *