JENIS GERINDA DAN FUNGSI GERINDA

By | October 29, 2018

Gerinda atau Gurinda adalah alat yang biasa digunakan oleh usernya untuk memoles dan memotong objeknya. Gerinda ini sendiri memiliki jenis gerinda dan fungsi gerinda yang beragam, yang maksudnya tiap jenis dari gerinda tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Nah pada artikel kami kali ini, kami akan coba membahas tentang jenis gerinda dan fungsi gerinda tersebut agar anda dapat membedakannya nanti saat anda memiliki berbagai jenis gerinda tersebut. Karena jika anda salah dalam menggunakan gerinda, tentunya hasilnya nanti tidak akan maksimal dan bahkan lebih buruknya akan membahayakan diri anda sendiri karena bisa terjadi kecelakaan kerja saat menggunakan gerinda tersebut.

Tapi sebelum kami membahas lebih dalam lagi, ada baiknya kami jelaskan terlebih dahulu apa saja jenis gerinda atau gurinda yang ada saat ini. Dengan membahas artikel ini secara bertahap, kami harap anda dapat membacanya secara lebih jelas sehingga dapat mudah untuk anda pahami.

JENIS GERINDA

Gerinda diproduksi manusia tentunya memiliki fungsinya sendiri-sendiri untuk memudahkan pekerjaan manusia. Dan gerinda tersebut terdiri dari beberapa jenis gerinda yang dapat anda ketahui bersama yaitu diantaranya :

  1. Disc Grinder
  2. Die Grinder
  3. Bench Grinder
  4. Surface Grinder

JENIS-DAN-FUNGSI-GERINDA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah anda mengetahui tentang jenis grindernya tentu saja anda perlu juga melihat gambar dari setiap jenis gerinda tersebut. Keempat jenis gerinda tersebut dapat anda lihat gambarnya pada gambar diatas.

Jenis gerinda yang paling umum digunakan orang adalah jenis gerinda yang pertama yaitu jenis gerinda disc grinder, karena kegunaannya sendiri yang memang umum bisa digunakan untuk berbagai macam aplikasi. Untuk itu pada poin penjelasan kami selanjutnya kami akan coba menjelaskan tentang fungsi dari tiap jenis gerinda tersebut agar nantinya anda dapat membedakan tiap jenis gerinda dan fungsi gerinda yang ada nantinya.

JENIS DAN FUNGSI GERINDA

Setelah anda tau tentang jenis dari gerinda yang telah kami sebutkan diatas, maka selanjutnya kami akan coba untuk menjelaskan tentang jenis gerinda dan fungsi gerinda itu sendiri. Jadi tiap-tiap jenis gerinda tersebut akan kami jelaskan tiap-tiap fungsinya, karena tiap jenis gerinda memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jenis gerinda dan fungsi gerinda yang pertama adalah disc grinder.

JENIS DAN FUNGSI GERINDA DISC GRINDER

Jenis-dan-Fungsi-Gerinda-Disc-Grinder

Disc grinder adalah jenis gerinda yang memiliki disc atau piringan yang dipasangkan dikepala gerinda tersebut. Fungsi dari disc grinder ini adalah untuk memotong dan memoles benda atau objeknya. Sedangkan disc atau piringan dari gerinda ini juga memiliki jenis yang berbeda juga yaitu piringan untuk poles dan juga piringan untuk memotong benda atau objeknya. Untuk jenis piringan atau mata gerinda disc grinder ini diantaranya adalah :

  • Mata poles besi
  • Mata poles beton
  • Mata potong besi
  • Mata potong keramik / batu

Berikut ini adalah beberapa gambar untuk jenis-jenis piringan dari disc grinder ini sendiri :

JENIS-DAN-FUNGSI-GERINDA-MATA-PIRINGAN-GERINDA

 

JENIS-DAN-FUNGSI-GERINDA-MATA-PIRINGAN-GERINDA-2

Setelah kami menjelaskan jenis gerinda dan fungsi gerinda disc grinder, maka selanjutnya kami akan menjelaskan tentang jenis dan fungsi gerinda die grinder.

Kami menyediakan berbagai macam disc grinder di website kami https://tehniq.com/power-tools/grinder.html

 

JENIS DAN FUNGSI GERINDA DIE GRINDER

Jenis-dan-Fungsi-Gerinda-Die-Grinder

Jenis gerinda yang kedua adalah jenis gerinda die grinder. Gerinda jenis ini memiliki fungsi hanya untuk memoles benda atau objeknya. Tetapi die grinder ini hanya khusus digunakan untuk memoles pinggiran benda untuk membentuk lekukan atau ukiran-ukiran, sehingga benda yang dipolesnya memiliki lekuk yang halus dan sempurna setelah dipoles dengan mesin gerinda die grinder ini.

Sama seperti mesin gerinda disc grinder, die grinder ini memiliki jenis mata gerinda yang beragam pula. Berikut ini adalah beberapa jenis dari mata gerinda poles die grinder :

Jenis-dan-Fungsi-Gerinda-mata-gerinda-die-grinder

Jenis-dan-Fungsi-Gerinda-Die-Grinder-2

Gambar diatas adalah macam-macam bentuk mata gerinda die grinder yang kesemua bentuk mata gerinda tersebut adalah digunakan untuk memoles permukaan objek polesnya. Sebenarnya saat ini sudah mulai ada mata gerinda die grinder ini untuk digunakan sebagai alat potong, tetapi belum familiar dan fungsinya kurang maksimal. Hal tersebut dikarenakan oleh kecilnya ukuran mata potong gerinda ini, sehingga fungsi potongnya pun hanya dapat digunakan untuk besi berukuran kecil saja. Berikut adalah contoh gambar mata potong gerinda die grinder ini :

Jenis-dan-Fungsi-Gerinda-Potong-Die-Grinder

Kami menyediakan berbagai macam die grinder di website kami https://tehniq.com/power-tools/grinder.html

Poin berikutnya yang akan kami jelaskan adalah mengenai fungsi dari Bench Grinder.

 

 

JENIS DAN FUNGSI GERINDA BENCH GRINDER

Bench grinder adalah salah satu jenis gerinda yang fungsinya digunakan khusus untuk aplikasi poles. Dengan bench grinder ini anda dapat memoles objek poles anda sesuai keinginan anda. Dan yang paling menonjol dari kelebihan menggunakan bench grinder ini adalah anda dapat memoles objek poles anda dengan angle atau sudut manapun dan juga anda juga dapat memoles objek polesnya dibagian manapun. Hal ini dikarenakan anda anda memoles objek polesnya dengan memenangnya langsung, sehingga anda dapat mengatur sendiri sudut dan bagian mana yang ingin anda poles, tanpa perlu kesulitan membolak balikkan mesin gerinda anda ini. Lebih mudahnya dapat anda lihat pada gambar dibawah ini untuk pengaplikasiannya :

Jenis-dan-Fungsi-Gerinda-bench-grinder-untuk-poles

Nah dari gambar diatas tentunya anda dapat melihat sendiri bagaimana cara kerja bench grinder ini. Tentunya sangat mudah untuk digunakan bagi anda baik yang sudah berpengalaman ataupun bagi yang belum berpengalaman. Tinggal bagaimana feeling anda saat memoles objek poles anda, kira-kira sudah cukup halus atau belum bagian yang ingin anda poles tersebut.

Untuk mata atau batu poles bench grinder ini tidak memiliki jenis-jenis lain seperti mata poles dan mata potong disc dan die grinder. Karena mata poles dari bench grinder ini sudah termasuk pada satu kesatuan barang atau unitnya. Tetapi karena kreatifnya para user bench grinder ini, mereka mencoba untuk membuat mata polesnya sendiri atau memodifikasi bench grindernya agar dapat digunakan untuk memoles benda-benda yang lebih lunak dan halus. Biasanya mereka membuat mata poles bench grinder mereka dengan kain woll atau kertas gosok halus yang ditempelkan pada batunya, sehingga hasil poles yang mereka dapatkan sesuai dengan keinginan mereka.

Berikut ini adalah gambar mata atau batu poles jenis gerinda bench grinder :

JENIS-DAN-FUNGSI-GERINDA-BATU-POLES-BENCH-GRINDER

JENIS-DAN-FUNGSI-GERINDA-BATU-POLES-BENCH-GRINDER-2

Kedua mata atau batu poles tersebut fungsinya sama, hanya bentuknya saja yang berbeda. Tetapi material sama-sama terbuat dari batu poles yang digunakan untuk memoles objeknya baik memoles batu maupun besi. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa mata atau batu poles bench grinder ini dapat diganti-ganti, tentunya hal ini dapat menjadi kelebihan tersendiri bagi bench grinder ini. Jadi secara keseluruhan bench grinder ini lebih flexible dalam hal untuk memoles objek poles apapun.

Kami menyediakan berbagai macam bench grinder di website kami https://tehniq.com/power-tools/grinder.html

Poin yang terakhir yang jarang orang mengenalnya yaitu jenis gerinda dan fungsi gerinda surface grinder.

JENIS DAN FUNGSI GERINDA SURFACE GRINDER

Jenis-dan-Fungsi-Gerinda-Surface-Grinder

Gambar diatas adalah jenis gerinda yang terakhir yaitu surface grinder. Jika dilihat dari bentuk fisiknya, jenis gerinda ini berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran jenis-jenis gerinda lainnya yang sudah kami sebutkan diatas. Sedangkan pengertiannya sendiri surface grinder ini adalah salah satu mesin gerinda yang fungsinya untuk memoles permukaan yang kebanyakan digunakan untuk memoles besi baik yang memiliki kepadatan tinggi maupun lunak. Sebagai pembanding dengan jenis gerinda yang lain, kami ingin mencoba untuk menjelaskan tentang keunggulan dari penggunaan surface grinder ini untuk anda agar anda dapat membedakan fungsi gerinda surface grinder ini dengan jenis gerinda yang lainnya. Dengan mengerti masing-masing fungsi dari setiap jenis gerinda tersebut, kami harapkan nantinya anda dapat menyesuaikan kebutuhan gerinda anda sendiri dengan memilih jenis gerinda apa yang paling cocok untuk kebutuhan anda di lapangan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh surface grinder :

  • Dapat digunakan untuk memoles benda yang sangat keras.
  • Akurasi dimensi tinggi.
  • Hasil poles sangat halus dan sempurna.
  • Perkakas lebih murah.
  • Terdapat sistem magnetic chuck yang memudahkan dalam pekerjaan.
  • Mesin dapat bekerja otomatis tanpa perlu dikerjakan sendiri.

Tentunya kelebihan-kelebihan tersebut sangat berpengaruh bagi industri besar seperti pabrik yang intensitas produksinya memang lebih besar jika dibandingkan dengan bengkel-bengkel dan toko-toko.

Sedangkan untuk jenis matanya sendiri tidaklah beragam. Sama seperti bench grinder yang tidak memiliki variasi mata gerinda, surface grinder juga hanya memiliki jenis mata gerinda satu jenis saja. Gambar dari jenis mata gerinda surface grinder dapat anda lihat dibawah ini :

JENIS-DAN-FUNGSI-GERINDA-MATA-PIRINGAN-GERINDA-SURFACE_GRINDER

Naahh.. sekarang udah pada tau kan apa aja jenis gerinda dan fungsi gerinda yang ada saat ini. Kami berharap anda dapat membedakan masing-masing jenis gerinda tersebut dan sehingga nantinya anda dapat menentukan pilihan jenis gerinda anda sendiri yang paling cocok dengan kebutuhan anda di Lapangan.

Jika anda ingin mencari gerinda dengan kualitas yang baik dan terpercaya, silahkan kunjungi website kami di www.tehniq.com.

Untuk mengetahui pilihan gerinda terlengkap silahkan kunjungi katalog gerinda pada website kami disini>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *