Thumbnail-mesin-las-450-watt-vici-dan-multipro

PERBEDAAN MESIN LAS 450 WATT VICI DAN MULTIPRO

By: Yudha Yudha
10 Jan 2019
Ujicoba Mesin Las 450 Watt Merk Multipro & Vici, Apakah Benar Sesuai Spesifikasinya?

Pada artikel kami kali ini, kami akan mengupas tuntas perbedaan mesin las 450 watt vici dan multipro. Jadi bagi anda yang saat ini sedang bingung memilih mesin las 450 watt untuk kebutuhan anda, mungkin artikel ini dapat membantu anda dalam menentukan pilihan anda. Karena tentu saja saat anda sudah membeli barang, barang tersebut tidak akan bisa diganti dengan barang yang lain. Apalagi jika barang yang anda beli tersebut sudah anda coba gunakan, tentunya kondisi barang tersebut bukan merupakan barang baru lagi melainkan sudah menjadi barang bekas ( second hand ).

Pada video tersebut kami melakukan beberapa percobaan real atau nyata dengan menggunakan alat-alat bantu yang dapat memberikan informasi berupa data real atau data asli, sehingga anda dapat mengetahui secara pasti hasil percobaan ini dengan melihat hasilnya sendiri pada video tersebut.

Beberapa percobaan yang kami lakukan untuk mencari data-data terkait kekuatan dan spesifikasi asli dari mesin las 450 watt merk vici dan multipro. yaitu diantaranya :

  1. Uji Daya ( watt ) minimum.
  2. Uji penggunaan Daya ( watt ) saat mesin las di setting di 50 Amp.
  3. Uji Pengelasan pada settingan 50 Amp.
  4. Uji Pengelasan pada Stainless Steel.

Sedangkan media dan alat-alat pendukung yang akan gunakan pada percobaan kali ini yaitu diantaranya :

  • Kawat Las 1.6 mm ( Stainless )
  • Kawat Las 2.0 mm ( Besi )
  • Clamp Meter
  • Mesin Pendeteksi Listrik

Keempat percobaan tersebut akan kami coba jelaskan satu persatu maksud, tujuan dan juga hasilnya, agar nantinya dapat menjadi acuan anda saat memilih salah satu dari kedua mesin las ini. Dan sebagai acuan keempat percobaan tersebut, kami menyediakan mesin las lakoni yang di bodynya ditulis 900 watt agar anda dapat membandingkan perbedaan kekuatan mesin las yang bertuliskan 900 watt dan 450 watt.

PERBEDAAN DAYA MINIMUM MESIN LAS 450 WATT VICI DAN MULTIPRO

Pada percobaan pertama, kami ingin mengetahui berapa sih daya minimum dari mesin las vici dan multipro ini??.. Kenapa kami melakukan percobaan tersebut??? jadi kami pengen tau apakah daya minimumnya sesuai atau tidak dengan yang di body yaitu 450 watt. Karena di body mesinnya tertulis 450 watt, tentunya mesin las ini harus dapat melakukan pengelasan dengan daya 450 watt dan bahkan lebih kecil lagi.

Percobaan yang pertama adalah percobaan uji daya minimum pada mesin las multipro EG 120A – SC. Pada percobaan ini kami coba setting mesin las ini pada settingan paling rendah di 1 Amp.

Perbedaan-Mesin-Las-450-Setting-Minimum-Multipro-EG-120A-SC

Saat kami coba melakukan pengelasan pada settingan 1 amp, api pengelasan yang kami dapatkan sangat kecil dan juga putus-putus. Jadi dapat kami simpulkan pada settingan 1 amp, mesin las multipro EG 120A-SC ini tidak dapat melakukan pengelasan dengan baik dan sempurna.

Perbedaan-Mesin-Las-450-Daya-Minimum-Multipro-EG-120A-SC

Dan dari percobaan itu juga kami dapatkan hasil penggunaan daya minimum mesin las multipro ini pada setting paling kecil yaitu 1 amp membutuhkan daya 500 – 600 watt. Jadi untuk penggunaan pengelesan dengan daya 450 watt kami rasa tidak mungkin bisa dilakukan dengan mesin ini, karena memang dengan daya minimum 500 – 600 watt saja mesin las ini tidak dapat mengelas dengan baik dan lancar.

Masuk pada percobaan yang pertama untuk percobaan uji daya minimum pada mesin las VICI 4.0. Pada percobaan ini kami coba setting mesin las ini pada settingan paling rendah di 10 Amp, tetapi hasilnya api tidak bisa keluar sama sekali. Jadi akhirnya kami coba untuk melakukan percobaan ini disettingan 20 Amp agar api dapat keluar.

Perbedaan-Mesin-Las-450-Setting-Minimum-Vici-4.0

Saat kami coba melakukan pengelasan pada settingan 20 amp, api pengelasan yang kami dapatkan pun sangat kecil dan juga putus-putus apinya. Jadi untuk mesin Vici ini juga dapat kami simpulkan bahwa pada setting mesin 20 Amp, mesin las Vici 4.0 ini tidak dapat melakukan pengelasan dengan baik dan sempurna.

Perbedaan-Mesin-Las-450-Daya-Minimum-Vici-4.0
p style=”text-align: justify;”>Sedangkan daya minimum yang kami dapatkan dengan settingan 20 amp tersebut adalah di angka 500 – 600 watt juga ( sama dengan multipro EG 120A-SC ). Jadi intinya untuk penggunaan mesin las Vici 4.0 ini kami rasa tidak mungkin bisa dilakukan dengan daya 450 watt, karena memang dengan daya minium 500 – 600 watt saja mesin las ini tidak dapat melakukan pengelasan dengan baik dan lancar.

PENGELASAN NORMAL di SETTINGAN 50 AMP PADA MESIN LAS VICI DAN MULTIPRO

Pada percobaan ini kami mencoba untuk membandingkan antara mesin las 450 watt dengan mesin las 900 watt. Kenapa kami bandingkan 2 tipe las ini?? Jawabannya adalah kami mengambil logika jika kami setting mesin las 900 watt pada settingan 50 ampere, seharusnya daya yang dibutuhkan mesin las 450 watt pada settingan 50 ampere adalah setengah dari daya yang dibutuhkan mesin las 900 watt.

Jadi logika yang kami gunakan adalah perbandingan spesifikasi daya inverter 900 watt dan 450 watt. Jadi jika mesin las 900 watt membutuhkan daya 1.500 watt pada settingan 50 ampere, tentunya daya yang dibutuhkan mesin las 450 watt harus setengah dari mesin las 900 watt tersebut yaitu di daya 750 watt. Karena konsep inverter adalah mengoptimasi daya yang masuk agar menjadi lebih besar saat dikeluarkan. Jadi seharusnya mesin inverter pada mesin las 450 watt harus lebih dapat mengoptimasi daya yang masuk sekecil mungkin untuk dapat menghasilkan api las yang besar. Jika kalian agak bingung dengan penjelasan kami, ada baiknya anda melihat video diatas sebagai bantuan dalam memahami penjelasan yang kami coba sampaikan ini.

Pada percobaan ini kami membandingkan mesin las 450 watt dengan mesin las Lakoni 120e yang dibodynya tertulis 900 watt. Pada percobaan ini kami menggunakan clamp meter untuk mendeteksi ampere yang dikeluarkan mesin las ini, karena seperti yang kami sampaikan tadi seharusnya mesin inverter pada mesin las 450 watt ini lebih dapat mengoptimasi daya yang masuk sekecil mungkin ( bahkan setengah dari mesin las 900 watt )

Perbedaan-Mesin-Las-900-watt-Settingan-50-ampere-Lakoni-120e

Jadi seperti yang ada pada gambar diatas, anda juga dapat melihat video diatas, bahwa hasil yang kami dapat setelah melakukan percobaan pengelasan di settingan 50 ampere adalah mesin lakoni ini membutuhkan daya sekitar 1.400 hingga 1.500 watt. Jadi setelah kita sudah mendapatkan hasil ini, selanjutnya sekarang waktunya untuk membedakannya dengan mesin las yang tertulis 450 watt di bodynya.

Percobaan yang pertama yang akan kami lakukan adalah pada mesin las multipro EG 120A-SC. Jadi nanti kita akan membandingkan hasilnya antara mesin las 900 watt dengan mesin las 450 watt.

Perbedaan-Mesin-Las-450-watt-Settingan-50-ampere-Multipro-EG-120A-SC

Dan hasil percobaan tersebut dapat anda lihat pada gambar diatas, bahwa pada pengelasan dengan settingan keluaran ampere 50 amp, daya yang diperlukan mesin las multipro ini adalah 1.400 – 1.600 W. Sedangkan mesin las lakoni tadi membutuhkan daya 1.400 – 1.500 Watt pada pengelasan dengan keluaran ampere 50 amp.

Kesimpulan percobaan ini adalah mesin las multipro EG 120A-SC – 450 watt dengan Lakoni 120e – 900 watt adalah memiliki kebutuhan daya listrik yang sama.

 

Dan untuk percobaan selanjutnya yaitu pada mesin las VICI 4.0. Kita juga akan melakukan percobaan dengan pengelasan di settingan 50 amp.

Perbedaan-Mesin-Las-450-watt-Settingan-50-ampere-Vici-4.0

Dan dapat anda lihat juga, bahwa dari hasil percobaan tersebut mesin las VICI 4.0 ini membutuhkan daya listrik sebesar 1.400 – 1.600 watt untuk melakukan pengelasan pada settingan keluaran ampere 50 amp. Sedangkan mesin las lakoni tadi membutuhkan daya 1.400 – 1.500 Watt pada pengelasan dengan keluaran ampere 50 amp.

Jadi Kesimpulan percobaan ini adalah mesin las VICI 4.0 – 450 watt dengan Lakoni 120e – 900 watt adalah memiliki kebutuhan daya listrik yang sama.

UJI HASIL PENGELASAN di SETTINGAN 50 AMP PADA MESIN LAS VICI DAN MULTIPRO

Percobaan kami yang ketiga yaitu kami akan melakukan pengelasan pada settingan 50 amp yaitu dengan mencoba untuk menyambung plat besi. Karena setelah kita semua tau daya yang dibutuhkan, maka selanjutnya kita juga perlu tau hasil pengelasannya. Jadi percuma saja kalo kita hanya tau daya listrik yang dibutuhkan tetapi hasil pengelasannya jelek atau bagus, putus-putus atau lancar, kuat tau tidak kita tidak tau. Untuk itu mari kita sama-sama lihat hasil percobaan tersebut.

Perbedaan-Mesin-Las-450-Hasil-Las-Multipro-EG-120A-SC

Untuk pengelasan yang pertama kami menggunakan mesin las multipro EG 120A-SC. Dan bisa kalian lihat hasil lasnya kuat, dan saat pengelasannya pun tidak putus-putus. Kami juga melakukan uji getok sambungan lasnya ternyata kuat dan tidak lepas ( liat video ).

Untuk percobaan selanjutnya yaitu pada mesin las VICI 4.0 yang hasilnya dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

Perbedaan-Mesin-Las-450-Hasil-Las-VICI-4.0

Untuk hasil las mesin las VICI 4.0 ini dapat anda lihat bahwa hasil lasnya kuat dan saat pengelasannya pun tidak putus-putus. Dan saat kami coba untuk uji getok juga sambungan lasnya tidak lepas karena penetrasi pada besinya cukup dalam sama seperti multipro.

PENGELASAN STAINLESS PADA MESIN LAS VICI DAN MULTIPRO

Pada percobaan ini kami ingin mencoba pengelasan yang tidak umum yaitu melakukan pengelasan stainless dengan kawat las 1.6 mm. Biasanya pengelasan stainless dilakukan dengan mesin las TIG atau argon, tetapi kami penasaran ingin melakukan pengelasan dengan mesin las tipe MMA yaitu VICI dan MULTIPRO ini. Pada percobaan ini kami akan melakukan pengelasan pada settingan keluaran ampere di 30 amp, karena kawat las yang ukurannya lebih kecil jadi kita juga menurunkan ampere keluarnya agar kawat tidak terlalu panas yang bisa membuatnya berwarna merah terbakar saat kelebihan ampere tersebut.

Percobaan pertama kita lakukan pada mesin las multipro terlebih dahulu yang hasilnya dapat anda lihat dibawah ini :

Perbedaan-Mesin-Las-450-Pengelasan-Stainless-Steel-Multipro-EG-120A-SC

Hasil las dari mesin las multipro ini cukup matang dan saat pengelasannya juga lancar tidak putus-putus, sehingga kami rasa mesin multipro ini sanggup melakukan pengelasan di 30 amp dengan kawat las 1.6 mm. Dan untuk daya listrik yang dibutukan untuk pengelasan tersebut adalah 900 – 1.000 watt.

Percobaan selanjutnya kita lakukan pada mesin las VICI yang hasilnya dapat anda lihat dibawah ini :

Perbedaan-Mesin-Las-450-Pengelasan-Stainless-Steel-VICI-4.0

Untuk hasil las dari mesin las VICI 4.0 ini cukup matang juga tetapi untuk pengelasannya agak putus-putus diawal. Tetapi overall hasilnya juga memuaskan jika mesin las ini digunakan untuk pengelasan di 30 amp dengan kawat las 1.6 mm. Dan untuk daya listrik yang dibutuhkan untuk pengelasan tersebut adalah 700 – 800 watt, yang artinya lebih hemat daya listrik dibandingkan dengan multipro tadi.

Gimana nih guys?? udah cukup jelas kan penjelasan dari kami??.. Tenang aja guys, kalau kalian bingung dengan penjelasan kami ini, kalian bisa tonton langsung videonya di paling atas artikel ini. Disitu kami jelasin detail banget dan gampang banget buat dipahami. Dan kedepannya kami akan terus coba bagikan informasi-informasi lengkap seputar alat tehnik lainnya, jadi stay tune terus di www.tehniq.com. Salam..!!


4 responses to “PERBEDAAN MESIN LAS 450 WATT VICI DAN MULTIPRO”

    • terima kasih komen dan masukannya pak
      sebenarnya saya pengen banget bikin artikel cara mengelas..
      tapi kalo ditulis di artikel agak susah jelasinnya

      enakan praktek
      mungkin nanti bisa kami bicarakan dengan tim untuk buatin video tutorial cara mengelas pak
      pantengin terus channel youtube kami dibawah ini dan jangan lupa subscribe pak

      >> CHANNEL YOUTUBE <<

  1. Assalamualaikum…
    Saya ingin menanyakan perbedaan dan keunggulan antara Multipro EG 120A-SC dengan 125A-ST..

    Terimakasih

    • Terima kasih telah berkunjung di blog tehniq.com

      Mohon maaf pak, kami belum pernah melakukan uji coba dengan kedua mesin las ini.
      Untuk spesifikasi kurang lebih sama ya

      Hanya saja dari segi harga berbeda. Biasanya mesin las dengan harga lebih murah memiliki komponen lebih kecil
      jadi kemungkinan perbedaannya dari sisi komponen didalamnya pak

      Untuk ketahanan terhadap panas, duty cycle dan lain-lain perlu dilakukan pengujian dulu.

      Semoga kedepannya kami sempat untuk melakukan pengujian pada kedua tipe mesin las ini

      Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *